Cara Memperbaiki Warna TV Sharp

Cara Memperbaiki Warna TV Sharp Agar Normal Kembali

Posted on

Finoo.id – Cara Memperbaiki Warna TV Sharp Agar Normal Kembali. Merek-merek TV yang beragam sangat mudah ditemukan dan tidak lagi asing bagi sebagian orang. Termasuk di antaranya adalah merek ternama, yaitu Sharp.

Dalam penggunaan TV Sharp, pemilik TV tentu pernah mengalami masalah tertentu yang menyebabkan TV tidak berfungsi seperti biasanya. Salah satunya adalah ketika TV tidak mengeluarkan suara, tidak dapat menangkap siaran, atau bahkan menampilkan warna dominan.

Warna dominan tersebut bisa berupa hijau, merah, biru, atau warna lainnya. Hal ini mengakibatkan pemilik TV Sharp bertanya-tanya tentang penyebab masalah tersebut dan cara memperbaikinya.

Warna dominan tersebut mengganggu dan mengurangi kejelasan saat TV digunakan atau dinyalakan untuk menonton acara. Oleh karena itu, langkah utama yang harus diambil adalah memperbaiki TV Sharp agar kembali normal.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan penyebab masalah tersebut dan cara memperbaiki TV Sharp yang mengalami warna dominan tertentu. Jadi, mari terus ikuti pembahasan ini untuk memperbaikinya secara mandiri.

Penyebab Beberapa Warna Lain Dominan di TV Sharp

Seperti yang telah diperkirakan oleh pemilik TV Sharp, penyebab TV menampilkan warna dominan tertentu adalah masalah pada komponen penghasil warna di dalam TV. Misalnya, masalah dapat terjadi pada tabung TV, IC chroma, dan mesin RGB.

Umumnya, warna dominan hijau pada TV mengindikasikan adanya masalah lain. Misalnya, jika TV Sharp telah digunakan selama lebih dari 5 tahun, beberapa bagian mungkin sudah mengalami kelemahan.

Jika demikian, benar bahwa masalah ada pada komponen-komponen tersebut. Mari kita bahas dengan lengkap penyebab dan cara memperbaikinya. Pertama-tama, kita harus mengenali faktor penyebabnya.

1. Transistor RGB Mati

Penyebab utama warna yang muncul pada TV Sharp adalah kerusakan atau kegagalan komponen sirkuit RGB. Transistor RGB merupakan bagian terakhir dalam rangkaian yang mengolah sinyal warna gambar sebelum dikirim ke tabung melalui terminal katoda.

Pada umumnya, transistor digunakan sebagai penguat sinyal warna gambar dalam sistem RGB, meskipun ada juga beberapa TV yang menggunakan IC sebagai komponen penguatnya.

Jika terdapat transistor RGB yang rusak atau mati, maka warna gambar pada layar TV akan hilang. Hilangnya warna tersebut akan mempengaruhi tampilan warna pada TV, misalnya jika warna hijau mati, maka warna hijau pada layar TV juga akan terpengaruh.

Baca Juga :   Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start Yang Tepat

2. Rusaknya IC Chroma

Kedua, jika salah satu input RGB tidak memiliki tegangan ketika diukur, maka kerusakan bukan terjadi pada bagian RGB itu sendiri. Kemungkinan masalah terletak pada bagian pengolah warna yang disebut chroma.

Biasanya, bagian chroma ini terdapat dalam IC chroma yang juga mengandung beberapa blok rangkaian lainnya. Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, tetapi dalam kebanyakan kasus, kerusakan diakibatkan oleh dioda atau resistor yang rusak dan menyebabkan warna dominan pada TV.

3. Soket Tabung Muncul Karat

Ketiga, penyebab munculnya warna dominan pada TV Sharp juga dapat disebabkan oleh adanya karat pada soket tabung. Karat ini dapat menghambat tegangan dari RGB untuk bekerja secara maksimal.

4. Kondisi Tabung Sudah Tua

Terakhir, munculnya warna dominan pada TV Sharp juga bisa disebabkan oleh tabung yang sudah tua atau telah digunakan terlalu lama. Dalam kondisi tersebut, kerusakan ditkaliani dengan dominasi warna tertentu yang lebih kuat.

Cara Memperbaiki Warna TV Sharp

Setelah mengetahui penyebab warna dominan pada TV Sharp, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara memperbaikinya. Cara memperbaiki dapat disesuaikan dengan faktor penyebab munculnya warna yang berbeda pada TV.

1. Ganti RGB Mati

Apabila penyebab warna dominan adalah kerusakan pada komponen RGB, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengukuran pada setiap terminal katoda tabung untuk mengetahui besar tegangannya. Pada kondisi normal, tegangan pada tiga terminal katoda (KR, KG, KB) seharusnya memiliki nilai yang sama.

Namun, jika terdapat salah satu terminal katoda yang memiliki tegangan yang lebih tinggi, maka blok penguat tegangan katoda tersebut akan mengalami kendala. Untuk memperbaikinya, lakukan solder ulang pada retakan yang terdapat di terminal transistor.

Sementara itu, jika terjadi kerusakan pada RGB yang tidak dapat diperbaiki, satu-satunya cara adalah melepas RGB yang rusak dan menggantinya dengan RGB baru. Secara umum, dengan melakukan perbaikan ini, warna pada TV akan kembali normal dan tidak lagi menampilkan warna dominan seperti hijau, merah, atau biru.

2. Ganti Chroma Rusak

Prinsip yang sama berlaku dalam memperbaiki atau memperbaiki masalah lainnya, jika ada komponen yang rusak yang menyebabkan warna dominan pada TV Sharp. Periksa dan perbaiki komponen tersebut terlebih dahulu, dan jika tidak dapat diperbaiki, gantilah dengan komponen yang baru.

Baca Juga :   Kode Remot Joker TV Premio Paling Lengkap

Pastikan penggantian IC chroma dilakukan dengan jenis yang sesuai agar hasilnya tidak berbeda. Untuk memastikannya, lepaskan IC chroma yang rusak dan bawalah sebagai contoh saat membeli penggantinya.

3. Coba Hilangkan Karat

Untuk memperbaiki masalah yang disebabkan oleh karat pada soket yang menyebabkan TV Sharp menunjukkan warna dominan, langkah awalnya adalah mencoba melepas dan membersihkan karat tersebut, jika diperlukan.

Namun, jika soket tabung terkena karat parah dan tidak dapat dibersihkan, yang mengakibatkan hilangnya warna pada TV, maka langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan melepas soket yang rusak dan menggantinya dengan soket yang serupa.

4. Periksa Kondisi Tabung

Untuk memastikan apakah tabung berfungsi dengan baik, lakukan pemeriksaan secara manual terlebih dahulu. Jika ditemukan kerusakan, kalian dapat memperbaiki tabung menggunakan alat tembak tabung yang dapat dibuat sendiri. Selain itu, untuk memeriksa kondisi warna tabung, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Lepaskan koneksi terminal katoda tabung dengan PCB.
  • Gunakan multimeter dan atur ke mode pengukuran tegangan DC 250V.
  • Tempelkan probe hitam multimeter ke jalur ground.
  • Kemudian sentuhkan probe merah multimeter ke setiap katoda.
  • Jika tampilan layar menghasilkan warna sesuai dengan terminal katoda yang disentuh, maka kondisinya normal.
  • Namun, jika ada tampilan warna yang redup, itu menkaliankan bahwa emisi katoda tabung melemah.

Angka Kecerahan TV Sharp Yang Bagus

Setelah mengetahui cara memperbaiki warna pada TV Sharp, untuk mengoptimalkan tampilan TV Sharp dan menghindari dominasi warna tertentu, kalian dapat mengatur tingkat kecerahan LED TV Sharp dengan langkah-langkah berikut:

  1. Hidupkan TV Sharp Aquos.
  2. Tekan tombol Menu pada remote.
  3. Gunakan tombol panah kiri/kanan untuk memilih Pengaturan Gambar.
  4. Tekan tombol Enter.
  5. Pilih Lampu Latar menggunakan tombol panah bawah.
  6. Ubah pengaturannya ke angka 16, nilai default biasanya pada angka 5.
  7. Atur kontras menjadi 17 atau 21.
  8. Jika gambar terlalu terang, atur kecerahan menjadi 15 dan ketajaman sesuai keinginan.
  9. Sesuaikan pengaturan Temperatur Warna menjadi rendah agar keseimbangan warna putih dan kemerahan sesuai.
  10. Sesuaikan pengaturan Noise Digital, Penambahan Gerakan Halus, Kontras Aktif, dan Hemat Daya sesuai preferensi.
  11. Matikan Kontrol Gambar Optik, jika tersedia. Fitur ini digunakan untuk mengatur kecerahan sesuai dengan pencahayaan lingkungan.
  12. Meskipun ada fitur Super Eco pada TV Sharp yang memiliki pencahayaan otomatis, hal itu tidak selalu cocok untuk semua orang.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kalian dapat mengoptimalkan pengaturan gambar TV Sharp untuk mendapatkan tampilan yang sesuai dengan preferensi kalian.

Baca Juga :   Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp Semua Tipe

Jika kalian bingung dengan pengaturan kecerahan, kalian dapat mengikuti contoh berikut ini:

  1. Pilih Lampu Latar Film 14
  2. Kecerahan: 47
  3. Kontras: 95
  4. Warna: 50
  5. Ketajaman: 47
  6. Tint G50/R50

Angka-angka ini dapat digunakan sebagai panduan untuk mengatur TV Sharp kalian. Jika hasilnya masih kurang memuaskan, kalian dapat mengatur ulang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas cara-cara untuk memperbaiki warna TV Sharp yang mungkin mengalami masalah. Dengan menggunakan langkah-langkah berikut, kalian dapat mencoba memperbaiki masalah warna yang muncul pada TV Sharp kalian.

Pertama, pastikan bahwa koneksi kabel antara TV Sharp dan sumber video (seperti dekoder kabel atau perangkat streaming) terhubung dengan baik. Pastikan semua kabel terpasang dengan kuat dan tidak ada koneksi yang longgar.

Selanjutnya, periksa pengaturan warna pada TV Sharp kalian. Coba atur ke level default atau stkalianr untuk melihat apakah perubahan tersebut mempengaruhi masalah warna yang ada. Jika masih terjadi masalah, kalian dapat mencoba mengatur ulang pengaturan warna secara manual. Perhatikan kontras, kecerahan, dan saturasi warna untuk melihat apakah ada perbedaan dalam kualitas warna.

Jika masalah warna terjadi hanya pada satu sumber video, seperti konsol game atau DVD player, pastikan pengaturan warna pada perangkat tersebut benar. Periksa koneksi dan pengaturan warna di perangkat tersebut untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, kalian dapat mencoba mengatur ulang TV Sharp ke pengaturan pabrik. Namun, ingatlah bahwa mengatur ulang TV akan menghapus semua pengaturan dan preferensi yang ada. Pastikan untuk mencatat pengaturan sebelumnya jika kalian ingin mengembalikannya setelah pengaturan ulang.

Terakhir, jika semua upaya di atas tidak berhasil, mungkin ada masalah dengan komponen hardware di dalam TV Sharp. Dalam hal ini, disarankan untuk menghubungi pusat layanan resmi Sharp atau seorang teknisi profesional untuk memperbaiki masalah tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan kalian dapat memperbaiki masalah warna pada TV Sharp kalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *