Cara Memperbaiki Warna TV LG

Cara Memperbaiki Warna TV LG Agar Menjadi Normal Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Memperbaiki Warna TV LG Agar Menjadi Normal Paling Tepat. Saat ini, berbagai merek TV dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Mulai dari merek ternama hingga merek TV yang lebih sederhana. Semua dapat dimiliki atau dibeli dengan harga yang beragam.

Salah satu merek TV yang terkenal dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia, termasuk kalian, adalah LG. Produk TV LG selalu hadir dengan kualitas terbaik dan komponen pilihan untuk memberikan performa yang baik.

Bagi pemilik TV LG, baik itu jenis tabung, LED, atau smart TV, tentu akan menghadapi masalah dalam penggunaannya. Misalnya, TV tidak mengeluarkan suara, gagal menangkap siaran, atau muncul warna tertentu di layar.

Tentu saja, sebagai pengguna TV LG, kalian perlu memperbaikinya agar dapat menikmati acara nonton atau siaran TV dengan lancar. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memperbaiki warna TV LG yang tidak normal atau tidak sesuai.

Warna TV yang tidak normal atau terdapat kecenderungan warna merah, biru, hijau, atau oranye dapat mengganggu pengguna. Berikut ini beberapa cara untuk memperbaikinya, simak hingga akhir pembahasan ini untuk informasi lebih lengkap.

Penyebab Warna di TV LG Tidak Sesuai

Namun, sebelum kita membahas cara memperbaiki atau mengatasi warna TV yang tidak normal, penting bagi para pemilik TV LG untuk mengetahui penyebab masalah tersebut. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan warna TV menjadi tidak normal, dan masalahnya bisa bervariasi.

Penyebabnya dapat berasal dari pengaturan, komponen TV yang sudah tua atau telah digunakan dalam waktu yang lama. Untuk memahami lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang menyebabkan dominasi warna TV LG yang tidak normal, berikut beberapa faktor penyebab masalah tersebut yang bisa kalian simak di bawah ini.

Baca Juga :   Cara Mengaktifkan WiFi Di TV LG Paling Mudah

1. Pengaturan Warna TV Tidak Tepat

Salah satu penyebab utama perubahan warna pada TV LG adalah pengaturan atau setting yang tidak tepat. Hal ini dapat menyebabkan tampilan gambar pada layar TV LG menjadi didominasi oleh warna tertentu, seperti hijau, merah, biru, atau oranye.

2. Transistor RGB Mati

Penyebab lain dari warna yang tidak normal pada TV LG dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen sirkuit RGB. Komponen ini merupakan rangkaian terakhir yang mengolah sinyal warna gambar sebelum disalurkan ke tabung melalui terminal katoda.

3. IC Chroma Rusak

Penyebab ketiga yang dapat menyebabkan warna tidak normal pada TV LG adalah kerusakan pada komponen IC chroma yang mengolah warna. Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan, dan umumnya ditemukan bahwa dioda atau resistor yang rusak dapat menyebabkan dominasi warna yang tidak normal pada TV LG.

4. Soket Tabung Berkarat

Terdapat penyebab tambahan yang dapat menyebabkan munculnya warna tertentu pada TV LG, yaitu adanya karat pada soket tabung. Hal ini mengakibatkan tegangan dari RGB tidak bekerja secara optimal, yang secara otomatis mempengaruhi tampilan layar TV LG dan munculnya warna tertentu.

5. Usia TV yang Cukup Berumur

Penyebab terakhir munculnya warna tertentu pada TV LG adalah penggunaan TV yang sudah tua atau telah digunakan dalam waktu yang lama. Dalam kondisi ini, kerusakan dapat terjadi pada berbagai komponen, termasuk tabung atau panel layar, yang menyebabkan tampilan warna yang tidak normal saat TV dinyalakan.

Cara Memperbaiki Warna TV LG

Setelah mengetahui berbagai penyebab dominasi warna pada TV LG, selanjutnya kalian perlu mengetahui cara mengatasi masalah tersebut. Cara memperbaikinya serupa dengan cara memperbaiki warna pada TV Sharp dan Polytron, di mana kalian perlu menyesuaikan dengan faktor penyebabnya:

1. Atur Ulang Kecerahan TV

Apabila masalah disebabkan oleh pengaturan yang tidak tepat, berikut adalah solusi atau cara untuk memperbaikinya dengan melakukan pengaturan ulang kecerahan:

  • Masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Pilih opsi “Gambar”.
  • Pilih mode “Stkalianr” atau “Vivid”.
  • Selanjutnya, atur kembali pengaturan gambar seperti kontras (contrast), kecerahan (brightness), warna (color), tint, dan lain-lain sesuai preferensi kalian.
  • Setelah selesai, tekan tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.

Dengan langkah-langkah tersebut, kalian dapat memperbaiki permasalahan warna yang disebabkan oleh pengaturan yang kurang tepat pada TV LG.

Baca Juga :   Cara Program TV Sharp Paling Mudah dan Praktis

2. Mengganti RGB yang Mati

Apabila penyebab warna tidak normal adalah karena RGB mati, langkah-langkah berikut perlu dilakukan:

  • Lakukan pengukuran tegangan pada setiap terminal katoda tabung untuk mengetahui besarnya tegangan. Pada kondisi normal, tegangan pada tiga terminal katoda (KR, KG, KB) akan terukur dengan nilai yang sama.
  • Jika terdapat salah satu terminal katoda yang memiliki tegangan yang lebih tinggi, maka blok penguat tegangan katoda tersebut akan mengalami masalah. Untuk memperbaikinya, lakukan solder ulang pada retakan di terminal transistor.
  • Namun, jika RGB mati sepenuhnya, satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan melepas RGB yang rusak dan menggantinya dengan RGB yang baru. Dengan melakukan ini, warna pada TV LG kalian akan kembali normal dan tidak menampilkan warna tertentu pada layar.

3. Mengganti IC Chroma yang Rusak

Seperti langkah-langkah perbaikan sebelumnya, jika komponen rusak menyebabkan dominasi warna tertentu pada TV LG, berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti:

  • Periksa dan pastikan apakah benar-benar IC chroma yang rusak. Lakukan pemeriksaan dan upaya perbaikan terlebih dahulu. Jika ditemukan bahwa IC chroma tidak dapat diperbaiki, maka gantilah dengan yang baru.
  • Saat mengganti IC chroma, pastikan kalian memilih jenis yang sesuai agar hasilnya menjadi normal. Untuk memastikannya, lepaskan IC chroma yang rusak dan bawa sebagai contoh saat kalian membeli penggantinya di toko elektronik terdekat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat memeriksa dan memperbaiki komponen IC chroma yang rusak pada TV LG. Jika diperlukan, gantilah IC chroma dengan yang baru agar warna pada TV LG kembali normal.

4. Bersihkan Karat

Apabila permasalahan disebabkan oleh adanya karat pada soket tabung penghubung, kalian dapat memperbaikinya dengan membersihkannya. Untuk melakukannya, lepaskan soket tersebut dan bersihkan karat yang ada.

Namun, jika karat pada soket tabung sangat parah dan tidak dapat dibersihkan, hal ini dapat menyebabkan hilangnya warna pada TV LG. Solusinya adalah dengan melepas soket yang rusak dan menggantinya dengan soket yang serupa.

Dengan membersihkan karat pada soket tabung atau menggantinya jika diperlukan, kalian dapat memperbaiki permasalahan warna yang terjadi akibat karat pada soket tabung pada TV LG.

Baca Juga :   Cara Setting TV LG Semua Tipe Paling Mudah & Simpel

5. Cek Kondisi Tabung

Sebagai langkah terakhir, pastikan untuk melakukan pengecekan terhadap tabung apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa kondisi tabung atau panel secara manual:

  • Lepaskan hubungan terminal katoda tabung dengan PCB.
  • Gunakan multimeter dan atur ke mode pengukuran tegangan DC 250V.
  • Tempelkan probe hitam multimeter ke jalur ground.
  • Tempelkan probe merah multimeter pada setiap terminal katoda.
  • Jika saat probe merah disentuhkan ke layar, warna yang muncul sesuai dengan terminal katoda yang disentuh, maka kondisinya normal.
  • Namun, jika tampilan warna pada layar TV LG terlihat redup pada salah satu terminal katoda, hal ini menunjukkan bahwa emisi katoda tabung telah melemah.

Dengan melakukan pengecekan seperti di atas, kalian dapat mengetahui kondisi tabung atau panel pada TV LG. Jika ditemukan emisi katoda yang melemah, hal ini dapat menjadi indikasi perluasan perbaikan pada tabung atau panel tersebut.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah menjelajahi beberapa langkah sederhana yang dapat membantu kalian memperbaiki warna TV LG yang bermasalah. Mulai dari pengecekan sumber sinyal, penyesuaian pengaturan warna dan kecerahan, hingga memeriksa kabel dan konektor yang terhubung dengan TV kalian.

Menghadapi masalah warna pada TV bisa sangat frustrasi, tetapi dengan menggunakan panduan ini, kalian dapat mencoba memperbaiki masalah tersebut sendiri sebelum memanggil teknisi. Ingatlah untuk selalu memastikan TV kalian terhubung dengan sumber sinyal yang baik dan memeriksa pengaturan warna di menu TV.

Jika setelah melakukan langkah-langkah ini masalah warna belum teratasi, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan LG atau teknisi terkait untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Semoga panduan ini membantu kalian memperbaiki warna TV LG kalian dan mengembalikan pengalaman menonton yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *