Biaya Service TV Tabung

Biaya Service TV Tabung Semua Merk Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Biaya Service TV Tabung Semua Merk Paling Tepat. Pada era kemajuan teknologi saat ini, masih banyak orang yang setia menggunakan TV jenis Tabung sebagai sarana hiburan keluarga di dalam rumah. Namun, TV tabung yang telah digunakan dalam jangka waktu yang lama pasti akan mengalami kerusakan.

Jika hal tersebut terjadi, tentunya akan sangat merepotkan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendeteksi penyebab kerusakan terlebih dahulu. Selain berguna untuk menentukan langkah service yang harus dilakukan, hal ini juga untuk mengetahui atau menentukan biaya service televisi. Sebab, jika akan membawa TV tabung yang rusak ke tukang service TV, pasti akan ditanyakan mengenai biaya service televisi tersebut.

Terdapat beberapa kerusakan yang biasa dialami pada televisi jenis tabung, seperti gambar blur, gambar setengah, suara kemerisik, suara hilang, gambar bergaris vertikal / horizontal, bahkan mati total. Biaya service untuk setiap jenis kerusakan berbeda, tergantung pada tingkat kesulitan dan juga komponen televisi tabung yang rusak.

Oleh karena itu, sesuai dengan judul artikel di atas, kali ini kami akan membahas mengenai biaya service TV tabung. Bagi yang sedang mencari atau membutuhkan informasi mengenai hal tersebut, silakan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Biaya Service TV Tabung

Kenyataannya, hanya teknisi atau bengkel service TV yang dapat menentukan biaya service untuk jenis TV tabung. Hal ini disebabkan karena sebelum melakukan langkah service, teknisi akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada bagian atau komponen yang rusak pada TV tabung.

Dalam pemeriksaan tersebut, teknisi akan melihat komponen-komponen yang bermasalah dan menentukan apakah perlu dilakukan penggantian atau tidak. Setelah itu, barulah biaya service dapat ditentukan. Berikut adalah daftar estimasi biaya perbaikan TV tabung dan juga LCD / LED:

Biaya SERVICE TV
JasaHarga
Jasa Pengecekan*Rp 100.000,-
Jasa Service TV LCD & LED
31 inch kebawahRp 250.000,-
32 inch – 41 inchRp 300.000,-
42 inch keatasRp 350.000,-
Jasa Service TV Tabung
31 inch kebawahRp 170.000,-
32 inch ke atasRp 220.000,-
*Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya dan akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa service.
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait
Baca Juga :   Cara Paralel TV Kabel Indihome Layaknya Hotel

Kerusakan yang Sering Terjadi pada TV Tabung

Ada berbagai macam kerusakan yang bisa terjadi pada TV tabung Anda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan service TV tabung untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pastikan juga Anda mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada TV Anda agar dapat menentukan harga perbaikannya.

Kerusakan pada TV tabung bisa terjadi karena penggunaan yang terlalu sering sehingga mesin menjadi panas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengatur waktu menonton TV agar tidak cepat rusak. Beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada TV tabung adalah sebagai berikut:

1. Masalah Pada Kabel Power

Salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi pada TV tabung adalah masalah pada kabel power. Kerusakan ini termasuk sederhana karena biasanya disebabkan oleh kabel yang terbelit sehingga tidak pas atau longgar. Oleh karena itu, perlu untuk menggantinya dengan kabel power yang baru.

Jika TV Anda tidak dapat dinyalakan, pastikan untuk memeriksa kabel power terlebih dahulu sebelum membawanya ke tukang service. Anda bisa melakukan penggantian kabel tersebut sendiri di rumah. Oleh karena itu, perhatikan kondisi kabel power TV Anda dengan baik.

2. Masalah Pada Warna

Kadang-kadang TV Anda dapat tiba-tiba mengalami perubahan warna yang tidak normal, hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada panel board. Anda dapat mencoba mematikan TV sejenak dan kemudian menyalakannya kembali. Atau, mencabut kabel power selama 1 menit untuk memperbaiki perubahan warna pada TV.

Namun, jika perubahan warna tidak membaik, maka Anda perlu membawanya ke bengkel service TV tabung terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya. Jangan mencoba memukul TV Anda untuk memperbaikinya, karena hal tersebut dapat memperparah kerusakan.

3. Tidak Bersuara

Jika TV Anda tidak mengeluarkan suara, masalah tersebut dapat disebabkan oleh kabel audio yang rusak atau tidak tercolok dengan sempurna. Anda bisa mencoba memperhatikan kabel audio TV Anda terlebih dahulu.

Selain itu, masalah tersebut juga bisa disebabkan oleh pengaturan audio pada TV yang tidak tepat. Anda bisa mengatur pengaturan audio TV melalui remote TV. Namun, jika masih tidak bisa mengeluarkan suara, maka perlu untuk memperbaikinya di tempat service TV.

Demikianlah pembahasan mengenai service TV tabung, mulai dari harga hingga ciri-ciri kerusakan yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda memperhatikan kondisi TV Anda dengan baik sebelum membawanya ke tempat service.

Panduan Merawat TV Agar Awet

Diperlukan pengetahuan agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih besar, bahkan ada beberapa kasus di mana biaya perbaikan hampir setara dengan harga pembelian TV yang baru. Jika sudah begitu, lebih baik membeli TV baru daripada mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk perbaikan.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan TV Panasonic Terbaru

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat TV agar lebih awet. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat TV agar tetap awet:

1. Letakkan TV pada Posisi yang Tepat

Pahami cara meletakkan TV dengan benar, seperti tidak meletakkannya di tempat yang mudah terkena debu. Debu dapat menutupi lubang sirkulasi udara pada TV dan membuat suhu TV lebih panas. Sebaiknya, TV dipasang di dinding dengan menggunakan bracket agar lebih aman daripada meletakkannya di atas meja.

Ukuran LED TV yang tipis dan ringan rentan jatuh jika terdorong. Selain itu, jangan lupa memberikan jarak sekitar 10 cm antara TV dan dinding belakang. Tindakan sederhana ini dapat mencegah TV menjadi cepat panas.

Hindari sinar matahari langsung pada TV. Jauhkan TV dari barang elektronik yang memiliki medan magnet tinggi, seperti speaker aktif. Alat-alat yang memiliki medan magnet dapat menyebabkan distorsi pada kualitas gambar.

2. Bersihkan TV dengan Benar

Jika terlihat debu atau kotoran menempel pada TV, segera bersihkan. Jangan biarkan debu menumpuk pada TV sebelum dibersihkan. Saat membersihkan LED TV, jangan gunakan cairan yang mengandung alkohol. Anda dapat menggunakan cleaning kit atau cairan pembersih kacamata, kemudian lap dengan kain flanel, magic cloth atau kain kanebo.

Perhatikan suhu ruangan di mana TV diletakkan. Jika terlalu panas, segera nyalakan AC agar TV tidak overheat. Gunakan stavolt. Tindakan ini tidak hanya berlaku untuk TV, tapi juga untuk semua barang elektronik. Saat beberapa peralatan elektronik dinyalakan bersama, akan ada persaingan listrik dan membuat jumlah listrik yang masuk ke suatu barang elektronik tidak selalu sama. Seiring waktu, hal ini akan mempengaruhi kondisi TV Anda.

Jika terjadi masalah pada TV Anda, jangan mencoba membongkarnya sendiri. Lebih baik segera panggil tukang servis atau membawanya ke dealer resmi untuk diperbaiki.

3. Matikan TV saat Tidak Ditonton

Hal ini dapat memperpanjang umur TV Anda, karena semakin sering digunakan, tampilan gambar akan semakin redup akibat lampu yang sudah tua.

Tips Memilih dan Membeli TV

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat hendak membeli TV baru:

  1. Pertama, pastikan ukuran TV yang dibeli sesuai dengan ukuran ruangan di rumah. Jangan membeli TV dengan ukuran besar untuk ruangan kecil dan sebaliknya. Ukuran TV yang cocok untuk ruangan standar adalah 55-65 inci atau minimal 1/3 jarak duduk dengan kualitas HD, dan 1 ½ jarak duduk dengan layar 4K.
  2. Kedua, perhatikan jenis layar TV yang ingin dibeli. Saat ini, LED dan OLED menjadi jenis layar yang dominan, namun yang terpenting adalah memperhatikan kualitas layar, terutama resolusinya. Saat ini, resolusi layar HD dan 4K paling dominan.
  3. Ketiga, perhatikan bentuk layar TV, apakah ingin membeli TV dengan layar lengkung atau tidak. Selain itu, pastikan TV memiliki port HDMI dan fasilitas koneksi yang cukup lengkap.
  4. Keempat, perhatikan refresh rate TV. Semakin tinggi refresh rate, semakin bagus gambar yang ditampilkan. Refresh rate standar adalah 60Hz, namun yang terbaik adalah dengan refresh rate 240Hz.
  5. Terakhir, pastikan TV yang dibeli memiliki garansi yang cukup lama dan service center yang mudah dijangkau.
Baca Juga :   Daftar TV LG Yang Sudah Digital Paling Lengkap

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam era modern saat ini, TV tabung mungkin bukanlah pilihan utama untuk menikmati tontonan televisi. Namun, masih ada banyak orang yang memilih untuk mempertahankan TV tabung lama mereka karena alasan tertentu. Salah satu masalah yang mungkin dihadapi oleh pemilik TV tabung adalah biaya perbaikan atau service yang terkadang dapat menjadi mahal.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membuang TV tabung lama Anda dan membeli yang baru, pastikan untuk mempertimbangkan biaya service terlebih dahulu. Terkadang, memperbaiki TV tabung lama Anda mungkin lebih ekonomis daripada membeli TV baru. Selain itu, Anda juga dapat mencari teknisi atau bengkel yang menawarkan biaya service yang lebih terjangkau.

Namun, meskipun biaya service TV tabung terkadang dapat menjadi mahal, penting untuk tetap memperbaiki TV Anda jika terjadi masalah. Jangan biarkan masalah kecil menjadi lebih buruk dan memperburuk situasi. Dengan melakukan perawatan yang baik dan mengatasi masalah sejak awal, Anda dapat memperpanjang umur TV tabung Anda dan menghemat biaya service di masa depan.

Dalam kesimpulannya, biaya service TV tabung mungkin terkadang dapat menjadi mahal. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli TV baru, pertimbangkanlah biaya service terlebih dahulu. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan yang baik dan mengatasi masalah sejak awal untuk menghemat biaya service di masa depan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Biaya Service TV Tabung Semua Merk Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *