Bunyi Kulkas yang Normal

Bagaimana Seharusnya Bunyi Kulkas yang Normal?

Posted on

Finoo.id – Bagaimana Seharusnya Bunyi Kulkas yang Normal?. Salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang hampir dimiliki oleh semua orang saat ini adalah kulkas atau lemari pendingin. Dengan kulkas, kalian dapat menyimpan, mendinginkan, atau membekukan makanan dan minuman.

Tidak hanya itu, kulkas juga memungkinkan pemiliknya untuk menjaga kesegaran sayuran, buah-buahan, daging, minuman kemasan, dan sisa makanan. Dengan demikian, makanan dan minuman tersebut dapat dikonsumsi di waktu yang lain.

Mengenai kulkas, pernahkah kalian mendengar suara kadang-kadang ketika berada di dekatnya? Suara tersebut adalah hal yang normal dan merupakan bagian dari proses kerjanya. Terkadang, suara tersebut membuat kita berpikir bahwa kulkas mengalami masalah.

Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, suara tersebut adalah suara normal yang dihasilkan oleh komponen kulkas itu sendiri. Lalu, bagaimana sebenarnya suara kulkas yang normal? Kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai suara kulkas yang normal.

Bunyi Kulkas yang Normal

Untuk memberikan penjelasan yang lebih jelas mengenai bunyi kulkas yang normal, kami telah merangkumnya secara lengkap. Jadi, bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana bunyi kulkas yang normal, berikut adalah gambaran bunyi yang seharusnya dihasilkan oleh kulkas lemari pendingin kalian.

1. Bunyi Kulkas dari Kompresor

Salah satu bunyi kulkas yang normal adalah bunyi yang berasal dari kompresor. Ketika kompresor diaktifkan, biasanya terdengar bunyi dengungan, dan pada beberapa tipe kompresor, kecepatannya dapat bervariasi.

Ini menjadikan bunyi dengungan bisa sedikit lebih keras dalam beberapa saat. Hal ini juga terjadi ketika kompresor menggerakkan zat pendingin refrigerant, mengalami kontraksi dan ekspansi termal.

Dalam proses ini, kulkas dapat menghasilkan bunyi seperti klik, letupan, atau bahkan benturan. Saat zat pendingin bergerak melalui saluran, terkadang terdengar seperti suara gemericik atau aliran air.

Selain itu, bunyi klik juga mungkin terdengar pada kulkas setelah pemadaman listrik. Bunyi ini berasal dari kompresor. Secara umum, bunyi-bunyi tersebut akan berlangsung selama 3-5 menit.

2. Bunyi dari Alat Pembuat Es (Pembeku)

Bunyi kulkas yang normal lainnya adalah bunyi yang berasal dari alat pembuat es. Ketika alat pembuat es terisi air, kalian akan mendengar suara aliran listrik yang mengalir melalui katup air saat alat tersebut diaktifkan.

Baca Juga :   Cara Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas Sharp Paling Mudah

Pada saat yang sama, kalian juga akan mendengar bunyi aliran air melalui kulkas secara otomatis. Bunyi tersebut biasanya berlangsung selama sekitar 5-10 detik saja, jadi tidak perlu khawatir jika kalian mendengar bunyi ini pada kulkas.

Selain itu, pada bagian pembuat es, akan terdengar bunyi keras ketika es yang membeku jatuh ke wadah penyimpanan es. Pada saat itu, terkadang juga terdengar dengungan atau bunyi klik saat pembuat es diisi dengan air.

Selama proses ini, komponen pembuat es akan mengeluarkan bunyi mendengung saat mencoba mengisi air, kira-kira setiap 15 menit. Dalam hal ini, pastikan bahwa air telah diaktifkan untuk alat pembuat es.

Namun, jika alat pembuat es tidak terhubung dengan air, kalian mungkin akan mendengar bunyi berderak atau bergetar. Jika itu terjadi, disarankan untuk mematikan mesin pembuat es kulkas terlebih dahulu.

3. Bunyi di Komponen Evaporator Kulkas

Bunyi kulkas yang normal lainnya adalah bunyi yang berasal dari sekitar evaporator. Kadang-kadang, kulkas akan mengeluarkan bunyi berderak atau suara tertentu, dan terkadang zat pendingin yang mengalir melalui saluran dapat menghasilkan bunyi seperti detak.

Saat kulkas mencairkan semua es beku, kalian mungkin akan mendengar bunyi benturan atau letupan yang berasal dari evaporator. Bunyi ini merupakan hal normal yang disebabkan oleh proses ekspansi dan kontraksi termal.

Selain itu, sebagai pemilik kulkas, kalian mungkin juga akan mendengar suara mendesis saat es menetes ke pemanas evaporator, suara tetesan dan aliran air saat es mencair dari evaporator dan berubah menjadi air.

Bunyi atau suara retak atau letupan juga dapat terdengar oleh pemilik kulkas ketika kumparan evaporator pada model kulkas dengan tipe freezer atas dan tipe no-frost mulai mendingin setelah siklus pencairan selesai.

4. Bunyi Normal Lainnya

Secara umum, jika terdengar bunyi atau suara seperti yang disebutkan di atas, besar kemungkinan kulkas berada dalam kondisi normal. Namun, tidak hanya bunyi-bunyi tersebut yang dapat terdengar saat kulkas atau lemari pendingin beroperasi.

Pada penggunaan kulkas yang normal, juga akan menghasilkan beberapa suara atau bunyi lainnya. Berikut ini adalah beberapa bunyi kulkas atau lemari pendingin normal lainnya:

  1. Bunyi suara gemericik pada bagian pintu, terdengar setelah pintu ditutup karena adanya air di area perangkap tabung pembuang.
  2. Bunyi suara gertakan, terdengar sekitar 4 detik setelah mengeluarkan gelas dari dispenser, yang merupakan suara penutup saluran dispenser.
  3. Bunyi suara ketukan atau benturan, terdengar saat katup air terbuka dan tertutup, akibat tekanan air pada saluran pasokan air yang tinggi.
  4. Bunyi suara kipas, perubahan kecepatan kipas saat kulkas menyesuaikan perubahan suhu saat pintu terbuka juga akan menghasilkan bunyi.
  5. Bunyi suara klik, terdengar saat unit pengontrol suhu menghidupkan dan mematikan lemari es.
  6. Bunyi suara klik/tik-tok, terdengar saat pengatur waktu pencairan es dinyalakan maupun dimatikan.
  7. Bunyi suara mendengung, terdengar selama dan setelah mengambil air dari pintu dispenser.
  8. Bunyi suara mendesis, terdengar pada kulkas dengan fitur pencairan otomatis, yang terjadi saat air menetes pada pemanas defrost.
  9. Bunyi suara mendidih, gemericik, atau ketukan, disebabkan oleh sirkulasi refrigerant.
  10. Bunyi suara motor kipas, umumnya kulkas memiliki setidaknya dua kipas, jadi pengguna dapat mendengar bunyi motor kipas saat lemari es mulai mendinginkan.
  11. Bunyi suara tetesan, terdengar saat air pencairan es menetes ke dalam tempat pembuangan di bawah kulkas.
Baca Juga :   Panduan Penggunaan Kulkas Baru Yang Paling Tepat

Hal yang Perlu Dilakukan Bila Kulkas Mengeluarkan Bunyi Tidak Normal

Selain perbedaan suara yang normal, terdapat pula suara bising yang terus-menerus. Jangan mengabaikannya, karena bisa menjadi tkalian masalah kecil atau bahkan masalah yang lebih kompleks yang membutuhkan keahlian dari tenaga profesional. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan jika suara kulkas terus-menerus muncul dan mengganggu:

1. Periksa Segel Pintu Kulkas

Hal pertama yang perlu diperiksa adalah kondisi segel pintu yang mungkin rusak atau bahkan pecah. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya benda-benda yang menghalangi agar segel pintu tidak menutup dengan sempurna. Selain itu, bagian segel atau pintu yang kotor juga dapat menyebabkan endapan yang menghalangi antara segel dan pintu. Namun, jika yang mengalami kerusakan adalah bagian alarm pintu, disarankan untuk memanggil tenaga profesional dari service center resmi untuk memperbaikinya.

2. Jaga Keseimbangan Penempatan Kulkas

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan keseimbangan kulkas dengan meletakkannya pada permukaan yang datar dan rata. Jika kulkas diletakkan pada permukaan yang tidak rata, beberapa komponen di dalamnya dapat bergeser dan tidak berfungsi dengan optimal, yang dapat menyebabkan timbulnya bunyi yang mengganggu.

3. Coba Hindari Kelebihan Muatan di Dalam Kulkas

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan muatan dan beban yang terlalu banyak pada kulkas atau freezer, karena hal ini dapat menyebabkan suara yang mengganggu atau bahkan menyebabkan bunyi alarm karena pintu tidak tertutup rapat seperti masalah sebelumnya. Kelebihan muatan ini sering kali terjadi karena adanya penumpukan es yang berlebihan di dalam freezer. Oleh karena itu, disarankan untuk secara rutin melakukan proses defrosting baik secara manual maupun menggunakan fitur defrost yang tersedia di dalam kulkas.

4. Periksa Kipas Kondensor

Kipas kondensor dan kipas evaporator yang kotor juga dapat menyebabkan beban berlebih dan menghasilkan suara yang mengganggu. Untuk membersihkan kipas evaporator yang berada di belakang bagian freezer, Kamu perlu menggunakan obeng untuk mengaksesnya dengan melepas isi freezer terlebih dahulu. Pastikan untuk mencabut kabel listrik kulkas agar tidak ada aliran listrik saat Kamu melakukan pemeriksaan.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kulkas Polytron Tidak Dingin Paling Tepat

5. Pemeriksaan Oleh Teknisi Berpengalaman

Sebagai langkah terakhir, sebaiknya meminta bantuan seorang teknisi untuk memeriksa motherboard atau papan sirkuit kulkas. Jika memang terdapat masalah pada papan sirkuit, kemungkinan besar perlu dilakukan penggantian. Karena lokasi dan kompleksitas papan sirkuit tersebut, disarankan untuk menyerahkan penanganan kepada tenaga profesional yang berpengalaman.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menentukan keadaan normal atau tidaknya bunyi kulkas kalian, beberapa faktor perlu dipertimbangkan. Meskipun bunyi kulkas dapat sedikit berbeda antara merek dan model yang berbeda, ada ciri-ciri bunyi yang menunjukkan keadaan normal pada kulkas.

Secara umum, bunyi kulkas yang normal seharusnya lembut dan berulang dalam pola tertentu. Bunyi normal meliputi suara blower atau kipas yang berputar untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kulkas. kalian juga mungkin mendengar bunyi kompresor yang menyala dan mati secara berkala untuk menjaga suhu stabil di dalam kulkas.

Namun, ada beberapa bunyi yang dapat menunjukkan adanya masalah pada kulkas. Bunyi yang keras, berderak, atau berisik yang tidak biasa bisa menkaliankan masalah pada kompresor atau bagian lainnya. Jika kalian mendengar suara gemuruh yang tidak wajar atau berulang kali, sebaiknya konsultasikan kulkas kalian kepada teknisi berpengalaman untuk evaluasi lebih lanjut.

Selain itu, perlu diingat bahwa bunyi kulkas juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lokasi penempatan kulkas, kebersihan, dan penataan bahan makanan di dalamnya. Pastikan kulkas ditempatkan pada permukaan yang datar dan stabil, serta bebas dari hambatan yang mengganggu sirkulasi udara. Jaga kebersihan kulkas secara teratur dan pastikan tidak ada bahan makanan yang jatuh atau tergesek dengan bagian dalam kulkas yang dapat menyebabkan bunyi tidak diinginkan.

Kesimpulannya, bunyi kulkas yang normal seharusnya lembut, berulang dalam pola tertentu, dan tidak terlalu mengganggu. Jika kalian merasa ada yang tidak beres dengan bunyi kulkas kalian, lebih baik berkonsultasi dengan teknisi berpengalaman untuk memeriksanya. Memahami bunyi kulkas yang normal dapat membantu mengidentifikasi masalah potensial dan menjaga agar kulkas kalian berfungsi dengan baik.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Bagaimana Seharusnya Bunyi Kulkas yang Normal? Semoga artikel dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *