Panduan Penggunaan Kulkas Baru

Panduan Penggunaan Kulkas Baru Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Panduan Penggunaan Kulkas Baru Yang Paling Tepat. Setiap pembeli perlu mengetahui cara menggunakan kulkas baru agar dapat berfungsi secara optimal dan awet. Seringkali hal ini diabaikan, dan kulkas baru langsung dinyalakan dan diisi dengan berbagai makanan atau benda.

Meskipun tidak berdampak langsung, tindakan ini dapat membuat kulkas tidak optimal dan memperpendek usia pakainya. Jika digunakan dengan benar, kulkas dapat bertahan lebih dari 10 tahun.

Artikel ini akan membahas beberapa tips yang dapat diterapkan saat membeli kulkas baru agar kulkas tersebut awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Cara Menggunakan Kulkas Baru Agar Tetap Awet

Meskipun merek kulkas yang dibeli berbeda-beda, pada dasarnya memiliki panduan dasar yang hampir sama. Biasanya cara pengoperasian pertama kali untuk kulkas baru sudah dijelaskan dalam buku petunjuk yang disertakan.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kulkas baru tetap awet saat digunakan:

Pindahkan Secara Hati – Hati dan Secara Vertikal

Di dalam kulkas terdapat kompresor yang berfungsi untuk mendinginkan kulkas. Kompresor tersebut mengandung oli di dalamnya. Oleh karena itu, saat memindahkan atau meletakkan kulkas, sebaiknya ditempatkan secara vertikal dan tidak dimiringkan.

Hal ini dimaksudkan agar kompresor dapat bekerja dengan baik. Mengangkat kulkas dalam posisi miring atau meletakkannya dalam posisi yang tidak vertikal dapat menyebabkan oli di dalam kompresor tumpah dan mengenai pipa di dalam kulkas.

Kulkas Jangan Langsung Dinyalakan

Hal ini masih berhubungan dengan oli kompresor. Saat kulkas dikirimkan, terdapat kemungkinan terguncang dan oli di dalam kompresor ikut bergoyang. Ini dapat menyebabkan oli bocor ke dalam sistem pendingin dan menyumbat sirkulasi. Jika kulkas langsung dinyalakan, hal ini dapat merusak kulkas karena posisi oli belum kembali ke tempatnya dan menyebabkan penyumbatan.

Baca Juga :   Ukuran Ampere Kulkas 2 Pintu Beberapa Merek Terkenal

Selain itu, disarankan agar kulkas tidak langsung dinyalakan setelah pengiriman agar suhu dalam kulkas sama dengan suhu ruangan terlebih dahulu. Suhu kulkas dapat menjadi lebih panas selama proses pengiriman akibat terpapar sinar matahari, sehingga sebaiknya kulkas didiamkan dan dibiarkan sejuk sebelum dinyalakan.

Jangan Langsung Isi Penuh Kulkas saat Dinyalakan

Setelah kulkas didiamkan selama beberapa jam, kalian bisa menyambungkan kulkas ke stop kontak dan menyalakannya. Namun, setelah kulkas menyala, sebaiknya biarkan kulkas terlebih dahulu untuk mendingin tanpa mengisinya dengan makanan atau minuman.

Hal ini dimaksudkan agar proses pendinginan kulkas optimal dan kinerja kompresor tidak berat. Jika kulkas langsung diisi dengan makanan atau minuman, maka kompresor perlu bekerja lebih keras untuk mendinginkan kulkas dari suhu awal, yang dapat mengganggu kinerja kompresor.

Atur Suhu Dengan Baik

Setelah kulkas sudah dingin, kalian bisa mulai memasukkan makanan dan minuman ke dalamnya. Selanjutnya, atur suhu kulkas agar sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk tidak mengatur suhu terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kulkas baru agar tetap awet. Pastikan juga untuk mengikuti petunjuk yang disertakan atau tertulis dalam buku panduan, agar kinerja kulkas kalian bisa optimal.

Berapa Lama Kulkas Baru Boleh Dinyalakan dan Berapa Lama Akan Dingin ?

Sebagai pembeli kulkas baru, penting untuk mengetahui berapa lama kulkas boleh dinyalakan setelah dipindahkan. Banyak orang tidak menyadari bahwa hal ini sangat dipengaruhi oleh cara memindahkan kulkas, karena komponen internal kulkas sangat sensitif saat dipindahkan.

Jangka waktu berapa lama kulkas baru boleh dinyalakan tergantung pada cara pemindahan kulkas itu sendiri. Meskipun mungkin terdengar tidak masuk akal bagi sebagian orang, namun teori ini sudah terbukti dan sangat disarankan untuk diikuti oleh para pembeli kulkas baru.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kulkas:

1. Posisi

Pemilik kulkas baru sebaiknya hanya menghidupkan kulkas tersebut setelah dipindahkan dalam posisi tegak lurus. Sayangnya, hal ini sering kali diabaikan, terutama oleh pegawai toko yang bertugas memindahkan kulkas. Mereka mungkin hanya menyesuaikan posisi barang dengan kondisi pengiriman dan tata letak di rumah pemilik.

2. Durasi

Cara menggunakan kulkas baru merk Sharp sama dengan cara penggunaan kulkas merek lainnya. Pengguna dapat langsung menghidupkannya saat kulkas dipindahkan dalam posisi tegak lurus. Namun, jika kulkas diletakkan dengan cara dibaringkan di salah satu sisi, maka pengguna harus segera menegakkannya dengan durasi waktu yang sama. Misalnya, jika kulkas diletakkan terbaring di sisi kanan selama 20 menit, maka pengguna harus menegakkannya dan menunggu selama 20 menit sebelum menghidupkannya.

Baca Juga :   Tempat Pembuangan Air Kulkas Polytron Belleza Yang Tepat

3. Lawan Sisi

Apabila kulkas diletakkan dengan cara dibaringkan di sisi, maka mekanisme internalnya dapat rusak dan oli dalam kompresor akan mengalir dari tabung kompresor ke jalur pendingin. Jika kulkas terpaksa dipindahkan dengan posisi terbaring di samping, maka pemilik harus segera meletakkannya di sisi yang berlawanan dari jalur kompresor, agar oli tidak mengalir ke jalur pendingin.

Apakah Kulkas Baru Boleh Langsung Diisi?

Tentu saja sebagai pemilik kulkas baru, keinginan untuk segera menaruh semua bahan makanan dan minuman di dalamnya sangatlah besar. Namun, mengisi kulkas sebenarnya tidak semudah itu. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kulkas dengan bahan makanan tergantung pada beberapa faktor, yaitu:

1. Ukuran Kulkas

Semakin kecil kulkas tersebut, semakin lama waktu yang dibutuhkan pengguna untuk dapat mengisi kulkas dengan makanan atau minuman setelah kulkas dinyalakan. Untuk kulkas kecil, pengguna perlu menunggu selama 24 jam sebelum dapat menggunakannya dengan mengisi bahan-bahan yang harus disimpan di dalamnya.

2. Temperatur

Pengguna harus menunggu kulkas mengumpulkan daya agar dapat berfungsi dengan baik. Hal ini diperlukan agar suhu di dalam kulkas menjadi stabil dengan suhu dingin yang sesuai. Jika pengguna sabar menunggu, kulkas dapat mendinginkan makanan dan minuman dengan baik dan mempertahankan daya tahannya lebih lama.

3. Lokasi

Kulkas sebaiknya ditempatkan di tempat yang kering dan tidak lembab. Selain itu, jarak antara kulkas dengan dinding harus cukup jauh dan tidak menempel. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan menumpuknya debu, sehingga sebaiknya koil kulkas dibersihkan secara teratur agar kulkas dapat berfungsi dengan normal dalam jangka waktu yang lama.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Baru

Berikut adalah beberapa tips penting untuk mengatur suhu kulkas yang masih baru:

1. Suhu Stabil

Suhu dalam kulkas yang masih baru memang belum stabil. Dibutuhkan waktu minimal dua jam untuk mencapai suhu yang tepat agar dapat menjaga bahan makanan dan minuman di dalamnya. Hal ini juga dijelaskan sebagai cara menghidupkan kulkas Sharp atau merek lainnya di situs resmi atau buku panduan.

2. Temperatur Optimal

Waktu dua jam merupakan waktu yang tepat untuk menentukan apakah kulkas bekerja normal atau tidak. Apabila pengguna menaruh makanan di dalam kulkas sebelum kulkas mencapai suhu optimal, maka perlu waktu lama untuk mendinginkan makanan tersebut. Jika hal ini terjadi, maka kulkas dapat cepat rusak dan biaya perbaikannya akan lebih mahal.

Baca Juga :   Ukuran Overload Kulkas Polytron 1 Pintu Yang Tepat

3. Waktu Pas untuk Produk Beku dan Mengisi Es

Terdapat beberapa jenis kulkas yang memerlukan waktu minimal 24 jam sebelum diisi dengan bahan makanan. Kulkas tersebut biasanya memiliki lebih banyak fungsi dibandingkan kulkas biasa. Waktu 24 jam tersebut merupakan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kontainer es. Selain itu, bahan makanan beku juga tidak akan beku secara optimal jika ditempatkan di dalam kulkas tersebut, karena suhu dingin yang belum stabil tidak dapat melindungi makanan tersebut dengan baik.

Hal yang Keliru Dilakukan Pada Kulkas Baru

Banyak orang yang masih keliru dalam mengoperasikan kulkas baru yang mereka beli. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dan berpotensi mengurangi kinerja dan masa pakai kulkas:

  1. Menyalakan kulkas baru secara langsung atau menghubungkannya ke listrik segera setelah membeli.
  2. Mengisi kulkas dengan makanan atau minuman secara penuh dan langsung setelah menyalakan kulkas.
  3. Meletakkan kulkas dalam posisi yang tidak vertikal sempurna.
  4. Memindahkan kulkas dengan cara yang tidak tepat.

Kebanyakan dari hal-hal di atas mungkin dilakukan tanpa disadari, namun dapat berdampak pada kinerja kulkas yang tidak optimal. Oleh karena itu, bagaimana cara menggunakan kulkas baru agar tetap awet?

Artikel Terkait :

Penutup

Dengan mengikuti artikel finoo.id yang membahas tentang panduan penggunaan kulkas baru yang paling tepat, kalian dapat memastikan bahwa kulkas kalian berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan penyimpanan makanan kalian.

Penting untuk membaca petunjuk penggunaan yang disediakan oleh produsen, dan juga untuk mempertimbangkan beberapa tips penting seperti menempatkan kulkas pada tempat yang tepat, menjaga suhu yang tepat, dan menghindari penempatan makanan yang tidak tepat di dalamnya.

Dengan sedikit perawatan dan perhatian, kulkas baru kalian dapat bertahan lama dan membantu kalian menghemat uang dan mencegah pemborosan makanan. Ikuti panduan ini dan nikmati manfaat yang terbaik dari kulkas baru kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *