Skema Kulkas 1 Pintu

Skema & Cara Kerja Kelistrikan Kulkas Sharp 1 Pintu

Posted on

Finoo.id – Skema & Cara Kerja Kelistrikan Kulkas Sharp 1 Pintu. Sebagai alat elektronik yang terkait dengan kebutuhan makanan, skema kulkas 1 pintu adalah hal yang penting untuk dipahami oleh pemiliknya. Dalam hal ini, pemahaman tentang cara kerja dan skema kulkas tersebut akan memudahkan perawatan dan menangani masalah yang mungkin terjadi.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara kerja dan skema pada kulkas 1 pintu, perlu dipahami bahwa kulkas bekerja berdasarkan hukum termodinamika. Hukum ini menyatakan bahwa udara panas selalu bergerak ke udara yang lebih dingin.

Skema & Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 1 Pintu

Dalam kulkas, konsep hukum termodinamika dijalankan secara terbalik, di mana panas yang telah diserap akan diubah untuk mendinginkan bahan makanan di dalamnya. Komponen yang bertanggung jawab untuk menjalankan prinsip ini disebut Evaporator. Namun, Evaporator tidak bekerja sendirian, karena ada freon sebagai kunci utama dalam proses pendinginan kulkas.

Jika dijelaskan secara sederhana, prinsip kerja kulkas dapat diilustrasikan sebagai berikut: Bayangkan setelah mandi dengan air dingin, tubuh akan terasa dingin karena sisa air di kulit mengambil panas dari dalam tubuh dan menguap. Dalam ilustrasi tersebut, kulit kita berperan sebagai evaporator, isi kulkas sebagai jaringan di bawah kulit, dan sisa air pada kulit sebagai freon. Freon mengalir ke dalam evaporator dalam bentuk cair, dan setelah menyerap panas dari dalam kulkas, freon akan dialirkan keluar dari kulkas.

Sementara itu, kipas motor akan mengeluarkan udara dingin yang berasal dari evaporator ke seluruh bagian kulkas. Inilah yang menyebabkan isi kulkas menjadi lebih dingin daripada suhu di luar kulkas.

Bagaimana Cara Kerja Kulkas Sharp 1 Pintu?

Pada dasarnya, cara kerja dan skema kulkas 1 pintu dan 2 pintu tidak berbeda jauh. Keduanya menggunakan komponen-komponen seperti evaporator, kondensor, dan freon untuk pendinginan. Namun, kulkas 2 pintu memiliki kapasitas yang lebih besar dan suhu yang bisa diatur secara terpisah antara bagian atas dan bawah.

Baca Juga :   Berapa Daya Listrik Freezer Box? Berikut Ulasan Lengkapnya

Sebagai contoh, kulkas Sharp 1 pintu memiliki rating tegangan 220 VAC dan frekuensi 50 Hz. Prinsip kerja rangkaian pada kulkas 1 pintu tersebut adalah sebagai berikut:

Pada keadaan normal, kompresor kulkas akan bekerja dengan arus 220 VAC. Keadaan normal ini terjadi ketika rangkaian overload relay dan thermostat dalam keadaan saklar tertutup (close), sehingga arus listrik mengalir ke kompresor.

Jika suhu dalam kulkas telah mencapai nilai tertentu yang dingin, biasanya akan ada tombol yang disetel untuk membuat saklar thermostat menjadi terbuka.

Kondisi saklar terbuka akan menyebabkan rangkaian menjadi terputus, sehingga arus listrik tidak mengalir ke kompresor.

Beberapa menit kemudian, suhu dalam kulkas akan meningkat hingga mencapai nilai tertentu yang hangat, sehingga saklar thermostat akan berubah kondisi dari terbuka menjadi tertutup.

Kondisi saklar tertutup ini akan membuat rangkaian menjadi tertutup kembali, sehingga kompresor akan kembali menerima aliran listrik.

Fungsi komponen kulkas 1 pintu

Kompresor

Kompresor merupakan sebuah mesin pompa listrik yang berperan penting dalam menghisap dan mengeluarkan gas freon untuk berputar dalam pipa pendingin atau kapiler. Di dalam kompresor terdapat kumparan yang menghasilkan putaran untuk menggerakkan pompa di dalam kompresor.

Semua komponen kompresor dibungkus dalam sebuah tabung dan direndam di dalam oli pendingin untuk mencegah terjadinya panas yang berlebihan. Oleh karena itu, jika ingin memperbaiki kompresor, tabung kompresor harus dibuka dengan cara membelahnya.

Thermostat

Thermostat kulkas adalah sensor suhu yang berfungsi untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap stabil sesuai dengan pengaturan yang diinginkan. Alat Pengontrol kulkas terhubung langsung dan merupakan bagian dari sistem timer kulkas. Sistem timer kulkas berperan dalam mengendalikan kerja mesin kompresor.

Jika suhu kulkas mencapai tingkat dingin tertentu yang telah diatur, maka timer akan memutus arus listrik yang mengalir ke kompresor sehingga kompresor akan berhenti bekerja. Sebaliknya, jika suhu di dalam kulkas meningkat, maka sensor akan menggerakkan timer untuk menghubungkan arus listrik ke kompresor.

Baca Juga :   Letak Defrost Bimetal Kulkas 2 Pintu Paling Tepat

Door switch

Door switch pada dasarnya adalah sebuah saklar atau switch yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik yang menuju lampu di dalam kulkas. Saat pintu kulkas dibuka, door switch akan menutup sehingga arus listrik mengalir ke lampu dan membuatnya menyala.

Sebaliknya, ketika pintu kulkas ditutup, door switch akan membuka dan memutus arus listrik yang menuju lampu. Door switch diperlukan agar lampu di dalam kulkas tidak menyala terus menerus yang dapat mempengaruhi suhu di dalam kulkas.

Lampu

Lampu kulkas memiliki fungsi untuk memberikan penerangan pada ruang di dalam kulkas sehingga memudahkan kita untuk menaruh atau mengambil barang di dalamnya. Saat ini, sebagian besar lampu kulkas menggunakan jenis lampu LED yang lebih awet dan tahan lama.

PTC

PTC (Positive Temperature Coefficient) merupakan jenis resistor yang nilainya dipengaruhi oleh suhu penampangnya. Ketika suhu resistor PTC meningkat, nilai hambatannya juga semakin besar.

Di dalam kulkas, PTC berperan dalam mengatur aliran listrik ke kumparan bantu kompresor. Ketika kompresor mulai beroperasi atau berputar, hambatan PTC masih rendah sehingga arus listrik dapat mengalir ke kumparan bantu kompresor.

Kumparan bantu berfungsi untuk membantu kumparan utama dalam menghasilkan momen putaran yang besar untuk memutar rotor. Setelah rotor berputar, PTC akan semakin panas karena aliran listrik yang melewatinya.

Suhu panas pada PTC ini menyebabkan hambatan PTC semakin besar sehingga arus listrik yang menuju ke kumparan bantu kompresor akan terhenti. Selanjutnya, hanya kumparan utama yang akan beroperasi untuk memutar rotor.

Overload relay

Overload relay pada kulkas berfungsi untuk mencegah terjadinya panas berlebih pada kompresor. Biasanya, overload relay dipasang pada body kompresor dan terletak di dalam atau di luar mesin kulkas.

Di dalam overload relay terdapat bimetal yang dapat berubah bentuk ketika terkena panas. Perubahan bentuk bimetal tersebut akan menggerakkan batang konduktor agar terhubung ke terminal listrik.

Baca Juga :   Cara Membersihkan Kulkas Polytron: Tips Mudah dan Efektif

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam rangka menjaga agar kulkas Sharp 1 pintu dapat berfungsi secara optimal, memahami skema dan cara kerja kelistrikan pada kulkas tersebut sangat penting.

Pada dasarnya, kelistrikan kulkas Sharp 1 pintu terdiri dari beberapa komponen, seperti kompresor, kipas, lampu, dan thermistor. Semua komponen tersebut bekerja secara terintegrasi untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap stabil dan mencegah kerusakan pada makanan yang disimpan.

Skema kelistrikan kulkas Sharp 1 pintu dapat dilihat pada buku manual atau dengan meminta bantuan dari teknisi ahli. Sedangkan untuk cara kerjanya, kulkas Sharp 1 pintu menggunakan prinsip termodinamika dan sirkulasi refrigerant untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap stabil.

Refrigerant akan mengalir melalui pipa-pipa yang terhubung dengan kompresor. Ketika suhu di dalam kulkas terlalu tinggi, thermistor akan mengirimkan sinyal ke kompresor untuk memompa refrigerant ke dalam pipa-pipa sehingga suhu di dalam kulkas dapat turun. Kipas akan membantu dalam sirkulasi udara di dalam kulkas agar suhu dapat tersebar dengan merata.

Dengan memahami skema dan cara kerja kelistrikan pada kulkas Sharp 1 pintu, kita dapat lebih mudah dalam melakukan perawatan dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada kulkas tersebut. Selain itu, pemahaman yang baik tentang kelistrikan kulkas dapat membantu kita dalam menghemat energi dan mengurangi biaya perawatan yang diperlukan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Skema & Cara Kerja Kelistrikan Kulkas Sharp 1 Pintu. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *