TV LED Gambar Biru

Penyebab TV LED Gambar Biru & Cara Mengatasinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab TV LED Gambar Biru & Cara Mengatasinya. TV LED adalah jenis perangkat TV yang menggunakan teknologi pencahayaan dengan LED di belakang layar, yang amplitudonya secara otomatis mengikuti alur cahaya yang muncul bersamaan dengan besar kecilnya tingkat cahaya pada gambar. Berbeda dengan model TV sebelumnya, TV LED memiliki banyak keunggulan, seperti kualitas gambar yang jauh lebih baik dan sirkuit yang lebih sederhana.

Selain itu, TV LED juga lebih hemat listrik karena daya yang dibutuhkan tidak sebesar TV model sebelumnya. Meskipun memiliki banyak kelebihan, TV LED juga rentan mengalami masalah atau kerusakan. Jenis kerusakan bervariasi dari yang mudah diatasi hingga yang memerlukan penanganan khusus.

Beberapa kerusakan pada TV LED antara lain suara ada tetapi tidak ada gambar, ada gambar tapi tidak ada suara, remot TV tidak berfungsi, mainboard TV LED rusak, panel TV rusak, hingga TV mati total. Kerusakan pada layar LED juga sering terjadi, seperti layar bergaris, layar pecah, layar berubah warna, layar blank biru atau putih, dan masih banyak lagi.

Salah satu indikasi kerusakan pada layar TV LED adalah warna yang tidak normal. Pada artikel ini, kita akan membahas kerusakan pada layar TV LED, terutama mengenai TV LED dengan gambar dominan biru. Berikut penjelasannya.

Penyebab Warna TV LED Gambar Biru

Pernahkah kalian mengalami masalah saat menonton TV, di mana warna yang ditampilkan tidak sesuai? Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat membuat warna TV tidak normal, seperti kerusakan pada komponen dalam TV LED, LCD, atau digital yang dapat menyebabkan warna menjadi hijau, merah, atau bahkan biru.

Terkadang, TV menampilkan ketiga warna tersebut secara bersamaan, meskipun gambar tidak kabur. Dominasi warna yang tidak sesuai tentu akan sangat mengganggu, dan TV tidak akan menampilkan warna yang jernih.

Jika kalian mengalami masalah TV LED Gambar Biru, ada beberapa komponen yang harus diperiksa terlebih dahulu untuk mencari tahu penyebab dan solusinya. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat mengubah warna TV, yang perlu kalian ketahui:

1. Gangguan Transistor Warna

Pada dasarnya, televisi (TV) memiliki tiga warna dominan (RGB) yaitu merah (red), hijau (green), dan biru (blue). Ketiga warna ini dicampurkan untuk menciptakan warna lain pada TV. Misalnya, warna putih pada TV merupakan hasil dari gabungan ketiga warna di atas, sedangkan warna cyan merupakan gabungan dari warna hijau dan biru.

Untuk mengontrol warna pada TV, digunakan transistor warna yang melekat pada PCB. Biasanya, transistor warna ini terletak di bagian belakang TV tabung. Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, umumnya akan hilang satu atau dua warna. Untuk memperbaikinya, perlu diketahui ampere dan kadar mikrofarad pada Pins.

Namun, memeriksa semua transistor warna dominan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui transistor warna mana yang rusak dan perlu diganti.

Baca Juga :   Cara Menyambungkan HP Ke TV Panasonic Paling Mudah dan Tepat

Cara menemukan transistor warna yang rusak bisa dilakukan dengan menukar transistor satu dengan yang lainnya. Misalnya, jika transistor warna biru diganti dengan transistor warna merah, maka transistor warna yang error dapat diganti setelahnya.

Lebih lanjut, transistor warna yang lemah juga dapat menjadi penyebab warna TV tidak normal. Kelemahan ini biasanya ditkaliani dengan hilangnya salah satu warna.

Jika Pins mengalami kondisi ini, segera lakukan pemeriksaan solderan pada transistor. Jika solderan pecah, solder ulang agar warna TV kembali normal dan tidak terganggu.

2. Kerusakan Soket Tabung/IC Kroma

Soket tabung yang berkarat dapat menyebabkan warna TV menjadi tidak normal. Masalah ini sering terjadi pada TV yang sudah tua karena TV yang dinyalakan terus menerus dapat panas dan merusak soket tabung.

Soket tabung berfungsi menjaga warna TV agar tetap stabil. Jika soket tabung rusak, kalian dapat menggantinya dengan soket yang baru. Selain itu, bagian IC kroma pada tabung juga rentan terhadap kerusakan. Untuk memeriksa kerusakan pada bagian ini, periksa bagian output paling depan hingga belakang.

Jika kerusakan pada IC dibiarkan, maka TV bisa kehilangan suara, gambar bahkan mati. Biasanya, jika warna hilang, maka bagian indent menjadi masalah utama yang harus diperbaiki. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi soket tabung dan bagian IC kroma pada TV kalian secara teratur untuk menjaga kualitas gambar dan suara yang optimal.

3. Tegangan Turun

Penyebab warna TV tidak normal bisa disebabkan oleh penurunan tegangan pada katoda. Tegangan yang tidak stabil dapat merusak pantulan warna.

Warna TV dapat menjadi lebih gelap atau tertutup oleh bayang tipis berwarna hitam. Lakukan pengukuran masing-masing katoda RGB. Bila normal, angka yang seharusnya tertera adalah 75-125 VDC.

Setelah melakukan pengukuran katoda RGB, lanjutkan dengan memeriksa setiap komponen yang satu jalur dengan unit katoda. Misalnya, jika katoda KR tidak normal, maka ukur komponen yang satu jalur dengan KR.

Ganti komponen yang memiliki tegangan tidak normal. Dengan cara ini, warna TV akan kembali seperti semula.

4. Masalah Resistor

Resistor merupakan salah satu komponen penting dalam barang elektronik, termasuk pada TV. Pada TV, terdapat resistor pembatas yang berfungsi mengatur arus masuk dan bekerja pada sistem TV.

Resistor tidak memiliki polaritas atau kutub positif maupun negatif. Oleh karena itu, pemasangan resistor pada PCB dapat dilakukan dengan bolak-balik.

Resistor memiliki gelang warna pada badannya dan berisi nilai dari sebuah resistor. Terdapat dua jenis komponen resistor, yaitu tetap dan tidak tetap. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa resistor tidak tetap dapat diubah nilainya, sementara resistor tetap nilainya pas. Perubahan nilai pada resistor tidak tetap dipengaruhi oleh suhu.

Apabila resistor memanjang dan terkena voltase tinggi, maka resistor akan mudah putus. Hal ini dapat menyebabkan warna TV menjadi tidak normal. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan pergantian pada resistor pembatas sesuai dengan jenis dan spesifikasinya yang sesuai. Pastikan resistor yang digunakan memiliki nilai yang tepat dan memadai untuk memastikan kualitas gambar dan suara yang optimal pada TV kalian.

5. Kerusakan Mainboard TV

Jika warna TV tidak normal, periksa bagian mainboard terlebih dahulu. Lihat bagian kabel LVDS pada mainboard yang tersambung dengan controller board.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Polytron Standby Susah Start & Solusinya

Pastikan kabel antena dan kabel lainnya tidak longgar dan terpasang di posisi yang tepat. Jika kabel tercabut, pasang kembali dengan benar. Setelah itu, reset FPCB dari controller board ke driver board.

Jangan lupa untuk memeriksa sambungan solder yang ada di konektor kabel ke board. Dengan cara ini, TV dapat beroperasi kembali dengan baik.

Cara Mengatasi TV LED Gambar Biru

TV LED Gambar Biru, jika layar TV tiba-tiba berubah warna menjadi biru, hal itu mungkin disebabkan oleh kesalahan pada perangkat keras di dalam TV tersebut.

Jika masalah tersebut tidak dapat diperbaiki, maka kalian perlu memanggil teknisi untuk mengatasinya.

Jika layar yang berwarna biru disebabkan oleh masalah backlight pada layar, hal tersebut mungkin merupakan cacat produk saat pembelian. kalian dapat segera menukar unit tersebut dengan yang lain sebelum masa garansi habis.

Namun, untuk masalah yang sederhana, kalian dapat memperbaikinya sendiri di rumah. Ikuti saja setiap tahapan cara mengatasi layar TV berwarna biru yang telah kami siapkan di bawah ini.

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki TV LED Gambar Biru yang telah kami siapkan untuk kalian:

1. Pastikan Kabel Sinyal Terhubung Ke Tv

Jika layar TV tiba-tiba berubah warna menjadi biru, hal itu mungkin disebabkan oleh kesalahan pada perangkat keras di dalam TV tersebut.

Jika masalah tersebut tidak dapat diperbaiki, maka kalian perlu memanggil teknisi untuk mengatasinya.

Jika layar yang berwarna biru disebabkan oleh masalah backlight pada layar, hal tersebut mungkin merupakan cacat produk saat pembelian. kalian dapat segera menukar unit tersebut dengan yang lain sebelum masa garansi habis.

Namun, untuk masalah yang sederhana, kalian dapat memperbaikinya sendiri di rumah. Ikuti saja setiap tahapan cara mengatasi layar TV berwarna biru yang telah kami siapkan di bawah ini.

2. Pastikan Tidak Ada Gangguan Dari Sumber Sinyal Lain

Cara mengatasi layar TV berwarna biru selanjutnya adalah dengan memeriksa sinyal input TV atau video, apakah ada sumber sinyal lain yang tersambung dengan TV kalian. Misalnya, masih terhubung dengan DVD player atau game konsol.

Jika antena sudah terhubung dengan benar ke port HDMI TV, namun muncul tulisan “tidak ada sinyal” dan layar berubah menjadi biru, kalian dapat mengatasi masalah tersebut dengan mengganti kabel sinyal ke port HDMI lainnya.

Namun, jika port HDMI yang kedua masih saja menampilkan layar TV berwarna biru dan masih tidak ada sinyal saluran TV yang terdeteksi, mari kita lanjut ke cara memperbaiki TV LED layar biru selanjutnya..

3. Lakukan Reset Saluran Tv

Salah satu cara untuk menghilangkan warna biru pada layar TV adalah dengan mereset saluran TV. Caranya adalah dengan mencabut kabel power TV dan menunggu selama 15 hingga 20 menit.

Hal ini dilakukan untuk menormalkan suhu komponen dalam TV, karena pada beberapa kasus, layar TV yang berubah warna menjadi biru disebabkan oleh suhu komponen TV yang terlalu panas.

Langkah ini juga dapat digunakan sebagai cara memperbaiki TV yang tidak memiliki suara pada semua merek.

Selain itu, jangan lupa untuk melepaskan kabel HDMI yang terhubung ke TV. Setelah kurang lebih 20 menit, pasang kembali semua kabel sesuai dengan port masing-masing dan colokan kembali kabel power TV.

Jika masalah ini masih belum teratasi, maka lanjutkan ke cara berikutnya.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Bergaris Semua Merk dan Cara Mengatasinya

4. Pastikan Kabel Sinyal Hanya Terhubung ke Satu Tv Saja.

Mungkin saja akar masalah ini memang berasal dari kecerobohan kalian sendiri. Jika kalian berusaha untuk menghubungkan sebuah antena dengan dua buah Tv itulah yang menjadi penyebab warna tv tidak normal.

Karena itu sangat tidak mungkin bisa di lakukan jika kalian menghubungkan satu kabel sinyal untuk dua Tv yang berbeda.

Nah, cara mengatasi layar tv berwarna biru pada masalah ini dengan menambah kabel sinyal antena baru, supaya kalian tetap bisa menampilkan gambar pada dua tv.

5. Periksa Kebel

Salah satu penyebab layar TV dominan biru adalah masalah pada kabel antena yang putus atau rusak. Serat kabel pada kabel antena mudah putus jika ditekuk secara paksa.

Untuk mengembalikan warna TV seperti semula, Kalian dapat mengganti seluruh kabel antena yang digunakan saat ini. Karena sulit untuk menentukan bagian kabel yang putus.

Bagaimana cara mengetahui bahwa kabel antena menjadi sumber masalah? Kalian dapat memeriksanya dengan mengganti kabel antena lama dengan yang baru. Jika gambar TV kembali normal setelah mengganti kabel, maka dapat disimpulkan bahwa kabel antena yang menjadi penyebabnya. Langkah ini juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi TV yang tidak memiliki gambar.

6. Posisi Antena Yang Salah

Posisi antena yang tepat sangat penting untuk memastikan kualitas gambar yang optimal pada TV Kalian. Salah memposisikan antena bisa menjadi penyebab warna TV yang tidak normal.

Ketika memasang antena, pastikan untuk memasangnya pada posisi yang benar. Pada komponen antena terdapat alat penangkap sinyal channel TV. Jika arah antena tidak sesuai dengan arah datangnya sinyal, maka gambar di TV tidak akan jernih.

Jika Kalian menggunakan antena indoor, pastikan untuk menjauhkannya dari barang elektronik lainnya untuk menghindari gangguan medan elektromagnetik dari perangkat lain. Dengan cara ini, Kalian dapat memastikan bahwa sinyal TV terjaga dengan baik dan memungkinkan tampilan gambar yang jernih dan berkualitas pada TV Kalian.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, masalah gambar biru pada TV LED adalah masalah umum yang dapat diatasi dengan beberapa cara. Beberapa penyebab utama termasuk kabel yang tidak terhubung dengan benar, masalah pada panel layar, atau bahkan masalah pada perangkat penerima sinyal kalian.

Jangan terburu-buru membuang TV LED kalian jika kalian mengalami masalah gambar biru. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki masalah ini. Namun, jika masalah terus berlanjut, disarankan untuk menghubungi teknisi profesional yang berpengalaman untuk mendapatkan solusi terbaik.

Dengan sedikit perawatan dan perbaikan, kalian dapat menikmati pengalaman menonton yang lebih baik dan menyenangkan dengan TV LED kalian tanpa terganggu oleh masalah gambar biru.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab TV LED Gambar Biru & Cara Mengatasinya Dengan Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *