Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

Penyebab Kerusakan TV LED LG Layar Gelap dan Solusinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab Kerusakan TV LED LG Layar Gelap dan Solusinya. Agar dapat memperbaiki TV LED LG yang mengalami layar gelap, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami jenis layar gelap yang terjadi. Hal ini dikarenakan, penyebabnya dapat berupa lampu backlight yang mati atau menyala namun hanya menampilkan warna hitam yang dominan sehingga gambar tidak terlihat tetapi suara masih terdengar normal.

Namun, masalah pada layar TV LED tidak hanya terbatas pada layar gelap saja, tetapi juga dapat berupa gambar redup, gambar blank, tidak ada gambar dan suara, tidak ada gambar tapi ada suara, ada suara tidak ada gambar, serta layar TV LED yang hanya sebagian gelap. Masalah ini dapat terjadi pada televisi merek LG, Samsung, Sharp, Toshiba, dan merek lainnya, dengan berbagai penyebab yang berbeda tergantung pada jenis kerusakan pada layar LED.

Pada umumnya, penyebab kerusakan layar TV LED adalah matinya lampu backlight yang memerlukan penggantian. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu jenis kerusakan pada televisi LG, yaitu kerusakan layar gelap pada TV LED LG. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan di bawah ini.

Apa itu TV LED

LED merupakan singkatan dari Light-Emitting Diode. TV LED memiliki prinsip kerja yang mirip dengan panel LCD, namun sumber cahayanya menggunakan dioda sebagai pengganti lampu fluoresen.

Jika kalian memiliki TV LED, maka panel yang digunakan pada TV tersebut adalah panel LCD yang menggunakan LED sebagai sumber cahaya. Dioda penerang pada TV LED dapat diletakkan di belakang layar atau di sekitarnya, yang membedakan jenis lampu dan penempatan penerangan ini memungkinkan TV LED lebih tipis dibandingkan dengan TV LCD, meskipun hal ini mulai berubah.

Kelebihan TV LED adalah efisiensi energi yang lebih besar sehingga lebih hemat listrik dan dapat memberikan gambar yang lebih jelas dan lebih baik daripada TV LCD pada umumnya.

Penyebab TV LED LG Layar Gelap

Beberapa faktor dapat menyebabkan kerusakan layar gelap pada TV LED. Salah satunya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, adalah lampu backlight yang mati. Berikut adalah beberapa penyebab lainnya dari layar gelap pada TV LED:

Baca Juga :   Persamaan Flyback Polytron Paling Lengkap Semua Tipe

1. Lampu Backlight Rusak / Mati

Di balik panel atau layar TV LED terdapat beberapa lampu LED yang berfungsi memberikan cahaya pada panel sehingga gambar dapat terlihat. Sebelum memeriksa lampu backlight, perlu untuk memeriksa tegangan DC yang digunakan untuk mensuplai panel LED. Biasanya, tegangan DC yang digunakan untuk mensuplai panel LED berkisar sekitar 135 volt.

Tegangan tersebut digunakan untuk mensuplai sekitar 45 lampu backlight yang disusun secara seri. Oleh karena itu, jika salah satu lampu backlight mati atau terputus, maka semua lampu akan mati.

2. Kerusakan Sofware

Selain itu, penyebab lain dari layar gelap pada TV LED dapat disebabkan oleh masalah pada software. Solusinya adalah dengan melakukan flashing pada televisi menggunakan firmware yang sesuai dengan jenis dan tipe televisi tersebut.

3. Kerusakan IC Dibagian Modul T Con

Jika salah satu IC di modul T Con mengalami short, ini juga dapat menjadi penyebab masalah layar gelap pada TV LED. Cara untuk memeriksanya adalah dengan menyentuh bagian IC yang berdekatan dengan modul T Con. Jika terasa panas atau bahkan sangat panas saat disentuh, ini menkaliankan bahwa IC tersebut bermasalah.

Untuk mengatasinya, perlu mengganti IC yang bermasalah dengan yang baru dan tentunya memiliki tipe yang sama.

Memperbaiki TV LED LG Layar Gelap

Salah satu penyebab kerusakan layar gelap pada TV LED LG adalah karena masalah pada panel LED yang biasanya digunakan sebagai pencahayaan latar. Masalah seperti ini sering ditemukan pada televisi jenis LED karena televisi ini menggunakan pencahayaan latar (backlight) yang didapat dari cahaya lampu LED.

Kami akan membahas cara memperbaiki TV LED LG layar gelap sebagai referensi bagi yang mengalami permasalahan serupa. Dalam langkah-langkah berikut, akan dijelaskan cara memastikan penyebab kerusakan dan memperbaikinya, baik itu disebabkan oleh lampu backlight yang mati atau karena ada kerusakan lain pada TV LED LG.

1. Cara Pertama Mengecek Lampu Backlight

Salah satu cara yang mudah untuk memeriksa kerusakan layar TV LED adalah dengan menggunakan bantuan senter atau senter HP. Caranya adalah dengan memastikan bahwa televisi dalam posisi On atau menyala, lalu arahkan senter pada layar TV LED untuk melihat apakah ada pencahayaan di depan layar tersebut. Jika layar TV LED normal dan tidak bermasalah, maka pada layar akan terlihat gambar tayangan siaran televisi.

Jika penyebab kerusakan pada TV LED LG adalah karena lampu backlight yang mati, maka solusinya adalah dengan mengganti lampu backlight yang bermasalah.

2. Cara Kedua Mengatasi TV LED LG Layar Gelap

Cara kedua ini dilakukan setelah melakukan pengecekan pada lampu backlight seperti cara pertama di atas yang hasilnya menunjukkan bahwa panel atau layar TV LED LG normal atau tidak bermasalah.

Baca Juga :   Biaya Service TV LED Samsung Tidak Ada Gambar Lengkap

Langkah pertama adalah membongkar televisi tersebut dan memeriksa tegangan backlight, terutama pada bagian inverter. Biasanya, output tegangan inverter pada TV LED LG berkisar antara 55 volt DC hingga 95 volt DC, tergantung pada kebutuhan televisi.

Selanjutnya, pastikan untuk memeriksa apakah ada tegangan berdenyut saat posisi televisi dalam keadaan menyala, untuk memastikan apakah power supply untuk bagian backlight normal atau tidak. Jika terdapat tegangan, itu menkaliankan power supply masih normal. Hal ini juga berlaku pada televisi merek lain mengenai penanganan layar gelap pada TV LED, dengan penerapan servis serta langkah-langkah pengukuran yang kurang lebih sama.

Kemudian, langkah paling penting dalam proses ini adalah membuka casing atau frame depan panel LED dengan hati-hati. Sebab jika panel LED rusak atau pecah, akan sulit mencari penggantinya dan harganya pun cukup mahal.

Selanjutnya, angkat panel LED dengan hati-hati dan letakkan di tempat yang aman. Lalu, angkat fibernya untuk melihat lampu backlightnya. Setelah itu, ukur lampu backlight dengan menggunakan tester backlight atau diukur satu persatu sampai menemukan lampu backlight yang putus atau mati. Kemudian, ganti lampu backlight yang putus dengan yang baru.

3. Cara Ketiga Mengatasi TV LED LG Layar Gelap

Sebelum memulai langkah-langkahnya, perlu melepaskan kabel screen dan kapasitor screen kabel fokus di soket CRT. Kemudian, siapkan kabel yang ujungnya diberi dioda kecil untuk short. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Solder ujung kabel yang telah disiapkan sebelumnya dan hubungkan pada tegangan 180 volt (bisa melalui kaki flyback atau CRT).
  • Jangan solder ujung kabel yang terdapat dioda karena akan disentuh G2.
  • Nyalakan televisi sampai start.
  • Ambil ujung kabel yang berdioda dan shortkan pada pin G2 (bebas sentuh). Maka akan terdengar bunyi di dalam tabung televisi.
  • Matikan televisi kembali dan periksa apakah gambar sudah muncul. Jika gambar muncul, maka tabung atau G2 masih normal atau tidak ada masalah. Namun, jika tabung atau G2 bermasalah, gambar tidak akan muncul.

Kelebihan TV LED

Ada banyak kelebihan dan kekurangan TV LED. Berikut beberapa kelebihan dari TV LED:

1. Desain Tipis dan Ringan

Salah satu keunggulan TV LED adalah bentuknya yang tipis dan ringan. Hal ini membuatnya mudah dipindahkan ke mana saja. Desain tipis pada TV LED disebabkan oleh teknologi backlighting yang digunakan. Sehingga tidak perlu menggunakan desain yang besar seperti pada TV tabung.

Ketebalan TV LED pada umumnya hanya sekitar 25 mm, sehingga masih banyak ruang yang tersedia ketika TV LED diletakkan.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Polytron Layar Blank Putih & Solusinya

2. Memiliki Banyak Fitur Tambahan

Keunggulan TV LED selanjutnya adalah memiliki banyak fitur tambahan. Misalnya, TV LED bisa digunakan untuk menonton film menggunakan perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau hard disk eksternal. Selain itu, TV LED juga bisa digunakan untuk berbagi layar (share screen) dari PC atau smartphone. Pada TV LED biasanya juga terdapat port HDMI atau USB untuk keperluan lain yang terhubung dengan TV LED tersebut. Fitur-fitur tersebut tergantung pada merek pembuat.

Semakin mahal harga sebuah TV LED, maka fitur-fitur yang terdapat di dalamnya juga semakin banyak dan canggih.

3. Perawatannya Mudah

Selain memiliki banyak fitur tambahan, kelebihan lain yang dimiliki TV LED adalah perawatannya yang mudah. Kamu hanya perlu mengatur kecerahan layar yang cukup dan menempatkannya dengan baik agar tidak terjatuh karena terbentur benda lain atau oleh anak-anak kamu. Hal tersebut juga dilakukan untuk menjaga TV LED agar tetap dalam kondisi yang baik dan tidak cepat rusak.

4. Lebih Awet

Tidak hanya mudah dalam hal perawatan, keunggulan lain dari memilih TV LED adalah memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan dengan jenis TV lainnya.

TV LED memiliki daya tahan yang jauh lebih baik, dengan masa pakai mencapai 75 ribu jam. Hal ini menkaliankan bahwa TV LED adalah jenis televisi yang awet dan tahan lama, sehingga kamu tidak perlu mengganti televisi dalam jangka waktu yang lama.

Namun demikian, sebelum membeli TV LED, kamu juga perlu mempertimbangkan kekurangan-kekurangannya.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, kerusakan TV LED LG layar gelap bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masalah pada backlight, panel layar, atau bagian elektronik lainnya.

Penting untuk memperhatikan tkalian-tkalian kerusakan sejak awal dan segera memperbaikinya agar masalah tidak semakin memburuk.

Jika kerusakan terjadi pada garansi, jangan ragu untuk memperbaikinya di tempat servis resmi LG untuk hasil yang lebih baik dan jaminan keaslian suku cadang.

Selalu periksa dan gunakan TV LED LG dengan benar untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab Kerusakan TV LED LG Layar Gelap dan Solusinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *