Harga Borongan Pasang Granit

√ Harga Borongan Pasang Granit Per Meter Semua Ukuran

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Granit Per Meter Semua Ukuran. Seperti yang umum diketahui, granit sering digunakan sebagai bahan pelapis lantai di berbagai jenis rumah. Granit memiliki kekuatan, ketahanan, dan kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan sejenisnya.

Daya tarik tambahan granit atau marmer terletak pada kilauan permukaannya, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Oleh karena itu, dalam konteks hunian minimalis modern, granit sering dipilih sebagai pilihan lantai dibandingkan dengan keramik biasa.

Sebelum memutuskan menggunakan granit untuk lantai atau meja dapur, penting untuk mengetahui estimasi biaya pemasangannya. Di Indonesia, ada dua sistem pembayaran pekerja bangunan, yakni pekerja harian dan pekerja borongan.

Beberapa orang lebih suka menggunakan jasa tukang borongan karena dianggap lebih ekonomis daripada pekerja harian. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara detail kisaran harga pasang granit per meter untuk berbagai ukuran, agar kalian dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kalian.

Jenis-Jenis Granit

Sebelum kita membahas daftar harga borongan pasang granit, mari kita eksplorasi beberapa jenis granit yang umum digunakan:

  1. Granit Nero Impala:
    Granit ini dikenal dengan warna hitamnya yang mendalam, memberikan kesan elegan dan mewah pada lantai atau permukaan yang dilapisi.
  2. Granit Juparana Colombo:
    Memiliki motif beraneka ragam yang menciptakan tampilan unik, granit ini sering dipilih untuk memberikan sentuhan artistik pada ruangan.
  3. Granit Santa Cecilia:
    Dengan kombinasi warna yang hangat, granit ini memberikan nuansa yang ramah dan cocok untuk berbagai desain interior.
  4. Granit Giallo Ornamental:
    Dikenal dengan warna kuning keemasan, granit ini menciptakan atmosfer cerah dan menarik di ruangan.
  5. Granit Kashmir White:
    Warna putih dengan sedikit corak abu-abu memberikan kesan bersih dan modern, sering digunakan dalam desain minimalis.
  6. Granit Baltic Brown:
    Granit ini terkenal dengan corak cokelatnya yang khas, memberikan tampilan hangat dan alami pada lantai atau permukaan meja.

Setiap jenis granit memiliki karakteristik yang unik, termasuk dalam hal warna, motif, dan tentu saja, harga. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan jenis granit yang sesuai dengan selera, kebutuhan ruangan, dan tentu saja, anggaran kalian sebelum memilih yang terbaik untuk proyek kalian.

Kelebihan dan Kekurangan Granit

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, granit atau marmer memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan bahan bangunan sejenisnya. Secara sederhana, material tersebut memiliki beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan.

Baca Juga :   Biaya Pasang Plafon Triplek Per Meter Terbaru Beserta Pejelasanya

Namun demikian, ketika digunakan sebagai material penutup lantai, granit juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan granit yang akan kami bahas.

Kelebihan Granit:

  1. Kuat dan Tahan Lama:
    Granit dikenal sebagai material yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi, membuatnya cocok untuk digunakan sebagai lantai yang akan sering terkena beban dan aktivitas.
  2. Tahan Terhadap Berbagai Macam Cuaca:
    Granit memiliki sifat yang tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem, sehingga cocok untuk digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.
  3. Perawatannya Tergolong Mudah:
    Merawat granit relatif mudah dilakukan. Cukup dengan membersihkannya secara rutin, granit dapat tetap mempertahankan keindahannya.
  4. Memiliki Permukaan Mengkilap:
    Salah satu daya tarik utama granit adalah kemampuannya menghasilkan permukaan yang mengkilap, memberikan sentuhan elegan dan mewah pada ruangan.
  5. Tahan Terhadap Goresan:
    Granit memiliki ketahanan terhadap goresan, sehingga lebih tahan terhadap penggunaan sehari-hari dan pergerakan furnitur.

Kekurangan Granit:

  1. Warnanya Tidak Menentu:
    Beberapa jenis granit dapat memiliki variasi warna yang tidak konsisten, sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan desain dan preferensi estetika.
  2. Harga Granit Terbilang Tinggi:
    Salah satu kelemahan utama granit adalah harganya yang cenderung tinggi dibandingkan dengan beberapa material penutup lantai lainnya.
  3. Bobotnya Cukup Berat:
    Bobot granit yang cukup berat memerlukan pemasangan yang teliti dan struktur yang kuat, sehingga mungkin memerlukan biaya tambahan untuk pemasangan yang tepat.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Borongan Pasang Granit

Biaya pemasangan granit bervariasi tergantung pada beberapa faktor yang memengaruhi. Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi harga borongan untuk pemasangan granit.

1. Jenis Granit

Pemilihan jenis granit memiliki dampak signifikan terhadap harga borongan pemasangan granit. Granit dengan kualitas tinggi, seperti Brazilian Granite, memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis granit lainnya. Semakin tinggi kualitas granit, tentu biaya pemasangan yang harus dikeluarkan juga semakin besar.

Sebelum membuat keputusan mengenai jenis granit yang akan dipilih, disarankan untuk mengevaluasi kualitasnya terlebih dahulu. Biasanya, beberapa produsen menyediakan sampel granit sehingga kalian dapat merasakan sendiri kelembutan permukaan dan karakteristik lainnya sebelum memutuskan.

2. Ukuran dan Bentuk

Ukuran dan bentuk dari lantai, dinding, atau countertop turut berperan dalam menentukan harga borongan untuk pemasangan granit. Semakin besar ukuran dan semakin kompleks bentuknya, semakin tinggi pula biaya pemasangan granit.

3. Jumlah dan Lokasi

Jumlah area yang akan dilapisi dengan granit dan lokasi tempat pemasangan juga memengaruhi harga borongan granit. Semakin luas area yang akan diterapkan granit dan semakin jauh lokasi instalasi, biaya pemasangan granit pun akan meningkat.

4. Pemasangan dan Finishing

Proses pemasangan dan finishing granit turut memengaruhi harga borongan pemasangan. Pemasangan yang memerlukan keterampilan khusus dan proses finishing yang melibatkan teknik khusus dapat menambah biaya pemasangan granit. Oleh karena itu, tingkat kesulitan pemasangan dan tingkat keahlian yang diperlukan dalam penyelesaian proyek juga memainkan peran penting dalam menentukan harga akhir.

Baca Juga :   Cara Menghitung Kebutuhan Plafon PVC Terbaru Yang Paling Tepat

5. Material dan Alat

Kualitas material dan alat yang digunakan dalam proses pemasangan granit memiliki dampak signifikan terhadap harga pasang. Penggunaan alat dan material granit yang berkualitas tinggi akan menambah biaya pemasangan secara keseluruhan, namun, ini juga dapat menjamin hasil akhir yang lebih baik.

6. Biaya Transportasi

Biaya transportasi dari pabrik granit ke lokasi instalasi turut memengaruhi total biaya pemasangan granit. Semakin jauh jarak transportasi, semakin tinggi biaya yang diperlukan untuk pengiriman, dan ini akan berkontribusi pada penentuan harga akhir pemasangan granit.

7. Harga Pasar

Kondisi harga pasar granit saat ini juga memiliki dampak langsung terhadap harga pemasangan granit. Apabila harga pasar granit mengalami kenaikan, harga borongan untuk pemasangan granit pun cenderung naik. Oleh karena itu, pemahaman tentang tren harga pasar granit dapat membantu dalam menentukan anggaran yang sesuai untuk proyek pemasangan granit.

Prosedur Pasang Lantai Granit

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai harga borongan pemasangan granit per meter, penting untuk memahami terlebih dahulu tata cara pemasangannya. Sebenarnya, proses pemasangan granit sebagai pelapis lantai tidak berbeda jauh dengan proses pemasangan keramik.

Dengan demikian, hampir setiap tukang yang memahami tahapan-tahapan umum pemasangan keramik sebenarnya dapat melakukan pemasangan granit lantai. Untuk pemahaman yang lebih baik, berikut adalah prosedur langkah demi langkah untuk pemasangan granit.

1. Persiapan Pemasangan

Langkah awal adalah memastikan bahwa lantai dasar telah kering dan memiliki permukaan yang sedikit kasar. Pekerja umumnya menggunakan alat penggaruk, seperti balok tipis atau sapu lidi, untuk meningkatkan kekasaran permukaan dengan cepat.

2. Teknik Pemasangan

Teknik pemasangan granit yang tepat dimulai dengan membentuk barisan memanjang. Sebaiknya, arah pemasangan granit dimulai dari sisi bagian dalam menuju ke bagian luar untuk menciptakan hasil yang lebih rapi.

3. Tahap Pemasangan

Pada tahap ini, umumnya tukang akan menggunakan campuran adonan semen dan pasir untuk melekatkan granit ke permukaan dasar. Penting juga untuk memastikan bahwa adonan perekat tersebut memiliki kekentalan yang sesuai agar tidak mengalami penyusutan berlebihan.

Sebelum dipasang, aplikasikan adonan pada bagian bawah granit. Setelah itu, letakkan granit secara perlahan di atas permukaan lantai dasar. Teknik pemasangan ini juga berlaku untuk bahan material selanjutnya.

Harga Borongan Pasang Granit Per Meter

Sama seperti perhitungan harga borongan pemasangan keramik, biaya pemasangan granit juga diukur per meter persegi (m2). Umumnya, tukang mematok harga borongan pemasangan granit mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 115.000 per meter persegi, baik untuk ukuran 60 x 60 maupun 80 x 80.

Oleh karena itu, besaran harga borongan pemasangan granit per meter dapat dipengaruhi oleh jenis dan ukuran granit yang digunakan. Berikut adalah tabel estimasi harga borongan pemasangan granit per meter untuk berbagai ukuran, mulai dari tahap awal hingga finishing.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Plamir Tembok Per Meter Terbaru

KeteranganHarga / Meter
Upah pekerja boronganRp60,000
Biaya pemotongan plinRp15,000
Biaya pembersihanRp10,000
JUMLAH TOTALRp85,000

Harga dapat bervariasi tergantung daerah.

Perlu dicatat bahwa biaya tersebut belum termasuk pembelian material granit, karena umumnya pemilik rumah yang menyediakan materialnya. Oleh karena itu, disarankan untuk membeli material granit yang berkualitas meskipun harganya sedikit lebih tinggi.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa harga borongan di suatu daerah mungkin lebih terjangkau daripada pekerja harian. Namun, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan sistem borongan sebelum memilihnya.

Tips Merawat Lantai Granit

Setelah kami menyajikan informasi lengkap mengenai harga borongan pemasangan granit per meter dan prosedur pemasangannya, tidak kalah pentingnya adalah mengetahui cara merawat granit agar tetap kuat dan tahan lama setelah pemasangan. Berikut beberapa tips merawat lantai granit agar tetap mengkilap:

  1. Hindari Penggunaan Pel Basah Setelah Pemasangan:
    Saat granit baru saja dipasang, disarankan untuk menghindari penggunaan pel basah saat membersihkannya. Ini akan membantu adonan perekat mengering dengan baik dan mengoptimalkan hasil akhir pemasangan.
  2. Membersihkan Setiap Hari:
    Usahakan untuk membersihkan lantai granit secara rutin setiap hari. Penggunaan sapu lembut atau kain microfiber dapat membantu menghilangkan debu dan kotoran ringan yang menempel.
  3. Segera Bersihkan Tumpahan Cairan:
    Apabila ada tumpahan cairan di atas granit, segera bersihkan untuk mencegah noda yang sulit dihilangkan. Gunakan kain bersih atau tisu untuk menyerap cairan dengan lembut.
  4. Gunakan Pembersih dengan pH Seimbang:
    Ketika hendak membersihkan lantai granit, pastikan untuk menggunakan pembersih dengan pH seimbang. Hindari penggunaan bahan pembersih yang bersifat asam atau terlalu basa, karena dapat merusak permukaan granit dan mengurangi kekilapannya.

Dengan mengikuti tips perawatan di atas, kalian dapat memastikan bahwa lantai granit tetap bersih, mengkilap, dan tahan lama, menjaga penampilan estetis ruangan kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menggali informasi terkait harga borongan pasang granit, kita telah menyingkap berbagai aspek penting yang perlu dipertimbangkan.

Dari prosedur pemasangan yang benar hingga faktor-faktor yang memengaruhi harga, artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan komprehensif bagi mereka yang tengah mempertimbangkan opsi lantai atau permukaan granit.

Dengan menggabungkan pengetahuan mendalam mengenai harga borongan pasang granit dan upaya perawatan yang tepat, kita dapat menghasilkan hasil akhir yang memukau dan memadai.

Selamat menjelajahi dunia pemasangan granit, di mana setiap keputusan dapat membentuk nuansa dan kenyamanan di dalam ruangan kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Granit Per Meter Semua Ukuran. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *