Apa Itu Plafon PVC

√ Apa Itu Plafon PVC? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Plafon PVC? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya. Ketika kalian sedang merencanakan pembangunan atau renovasi rumah, tidak boleh mengabaikan peran penting dari plafon. Plafon rumah, atau langit-langit, tidak hanya berfungsi sebagai penutup untuk melindungi rumah dari cuaca ekstrem, tetapi juga sebagai elemen penambah keindahan interior ruangan.

Bicara tentang bahan plafon rumah, ada berbagai pilihan yang dapat dipilih, seperti triplek, papan GRC, hingga gypsum. Salah satu pilihan populer adalah bahan plafon dari Polyvinyl Chloride (PVC) karena dapat disesuaikan dengan konsep rumah kalian berkat beragam desain yang tersedia.

Meskipun PVC umumnya dikenal sebagai bahan untuk pipa air dengan kekuatan dan ketahanan yang baik, untuk plafon, jenis PVC yang digunakan biasanya lebih fleksibel. Meskipun memiliki dasar yang sama, penggunaan PVC untuk plafon membutuhkan karakteristik yang berbeda.

Jika kalian tengah mencari bahan plafon untuk rumah kalian, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan PVC, mengetahui harganya, serta mendapatkan inspirasi yang sesuai dengan gaya rumah kalian.

Apa Itu Plafon PVC?

Plafon PVC dibuat dari Polyvinyl Chloride (PVC), bahan polimer yang umumnya digunakan untuk pembuatan pipa paralon. Perbedaan antara PVC yang digunakan untuk pipa air dan PVC plafon terletak pada fleksibilitasnya, di mana bahan PVC plafon lebih lentur dan tidak begitu kaku. Kekurangan kekakuan ini membuat PVC plafon lebih mudah diterapkan dalam berbagai bentuk dan sudut bangunan.

Jenis – Jenis Plafon PVC

Ada beberapa varian plafon PVC yang tersedia di pasaran, di antaranya adalah seperti yang tercantum di bawah ini:

1. Plafon 3D

Plafon 3D merupakan pilihan yang sempurna untuk menghiasi langit-langit kamar anak. Dengan desain kotak 3D yang dipadukan dengan cahaya lampu mini, plafon ini menciptakan efek timbul tiga dimensi yang memukau. Hasilnya adalah kesan luas yang memperindah langit-langit kamar, menciptakan atmosfer yang kreatif dan menyenangkan bagi anak-anak.

2. Plafon Motif Kayu

Plafon motif kayu menjadi favorit karena keindahan estetikanya. Penggunaan plafon dengan motif kayu ini memberikan kesan segar dan alami pada langit-langit rumah. Plafon ini sangat cocok untuk rumah dengan desain minimalis, menambahkan sentuhan kehangatan dan keindahan yang bersahaja. Dengan tampilan yang elegan, plafon motif kayu menciptakan atmosfer yang nyaman dan menawan di dalam ruangan.

3. Plafon Motif Garis

Plafon motif garis menawarkan beragam pilihan dengan empat model yang dapat kalian pilih, antara lain kayu hologram, garis hologram, campuran warna perak, dan campuran warna merah persik. Setiap model memberikan karakteristik yang unik, menciptakan variasi tampilan yang menarik. Selain itu, tersedia pilihan tekstur bahan yang glossy maupun matte, memberikan fleksibilitas dalam menyesuaikan dengan selera dan gaya dekorasi ruangan kalian.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Granit Per Meter Semua Ukuran

4. Plafon Kotak-Kotak

Plafon jenis kotak-kotak, atau yang sering disebut sebagai coffered ceiling, sangat diminati di luar negeri. Penggunaan plafon ini tidak hanya memberikan sentuhan eksklusif namun juga meningkatkan nilai estetika ruangan. Dengan desain kotak-kotak yang teratur, plafon ini menciptakan tampilan yang simetris dan rapi, memberikan nuansa elegan dan mewah pada ruangan. Pilihan yang populer ini dapat memberikan transformasi signifikan pada desain interior, menciptakan ruang yang terasa lebih istimewa dan indah.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Jika dibandingkan dengan material plafon lainnya, plafon yang terbuat dari bahan PVC menampilkan beberapa keunggulan dan kelemahan, sebagaimana dijelaskan berikut.

Kelebihan Plafon PVC

Berbagai jenis material plafon tersedia di pasaran saat ini, termasuk gypsum, akustik, GRC, WPC, dan lainnya. Plafon PVC menjadi pilihan unggul karena keunikannya:

1. Anti Rayap

Plafon PVC sering dijadikan sebagai alternatif untuk plafon kayu (lumber ceiling) karena keunggulannya dalam menahan serangan rayap. Plafon PVC tidak mengandung selulosa, yang merupakan makanan utama rayap, sehingga menjadi pilihan yang tidak diminati oleh hama tersebut. Saat ini, plafon PVC hadir dalam berbagai motif serat kayu dengan variasi desain yang dapat disesuaikan dengan tata letak ruangan kalian. Selain itu, harga plafon PVC umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan plafon kayu.

2. Anti Bocor (Waterproof) dan Tidak Lapuk

Gypsum adalah material umum yang digunakan untuk plafon. Namun, gypsum memiliki kelemahan karena tidak tahan air, sehingga dapat lapuk dan bocor jika terkena rembesan air. Selain itu, ketika dipasang di daerah dengan kelembapan udara tinggi, gypsum dapat rentan terhadap pertumbuhan jamur. Sebaliknya, plafon PVC memiliki keunggulan tersendiri karena terbuat dari bahan PVC yang tahan air (waterproof). Seperti halnya pada pipa air, plafon PVC tidak akan mengalami rembesan air, sehingga mencegah kerusakan dan kebusukan. Dengan plafon PVC, masalah kebocoran dan kelembapan tinggi dapat diatasi dengan lebih efektif.

3. Api Tidak Merambat (Self-Extinguishing)

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko kerusakan selama kebakaran adalah kemampuan plafon untuk merambatkan api dan ambruk. Plafon PVC mengurangi risiko ini karena api tidak akan menyebar di permukaan plafon PVC. Ketika terjadi kebakaran, plafon PVC hanya akan mengalami proses gosong dan berubah warna menjadi hitam, namun tidak akan menyebarkan api ke area sekitarnya. Keistimewaan ini membuat plafon PVC dikenal sebagai bahan yang aman dari segi kebakaran. Begitu sumber api dijauhkan, api pada plafon PVC akan padam dengan sendirinya, mengadopsi konsep self-extinguishing. Karakteristik keamanannya terhadap api menjadikan plafon PVC sebagai pilihan yang populer untuk digunakan dalam berbagai ruang, termasuk plafon dapur, rumah, gudang, dan pabrik.

4. Tidak Memerlukan Finishing

Plafon PVC memiliki keunggulan khusus di mana setiap lembarannya merupakan produk jadi. Artinya, plafon PVC sudah siap untuk dipasang tanpa memerlukan proses finishing tambahan. Umumnya, bahan plafon lainnya memerlukan langkah finishing untuk mencapai tampilan akhir yang diinginkan. Sebagai contoh, gypsum harus di-dempul agar permukaannya rata sebelum dicat. Proses finishing ini memakan waktu dan biaya yang cukup signifikan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dengan menggunakan plafon PVC, kalian dapat menghemat waktu dan biaya karena plafon tersebut tidak lagi memerlukan proses finishing tambahan.

Baca Juga :   √ Apa itu Kaca Riben? Fungsi, Kelebihan dan Kekuranganya Lengkap

5. Pemasangan Praktis dan Cepat

Plafon PVC dipasang menggunakan sistem interlocking, di mana setiap lembarannya disambungkan seperti menyusun potongan puzzle. Dengan menggunakan sistem ini, sisi-sisi lembaran PVC akan menyembunyikan sekrup, memberikan kesan kerapihan pada plafon PVC. Keuntungan lainnya adalah bahwa sistem interlocking ini membuat proses instalasi menjadi lebih mudah dan cepat karena tidak diperlukan lagi waktu untuk meratakan sambungan antar papan.

6. Ringan, Elastis, dan Berstruktur Kuat

Plafon PVC umumnya memiliki ketebalan berkisar antara 6-9 mm, dengan ketebalan optimal biasanya berada pada 8 mm. Di antara dua lapisannya, terdapat struktur berongga yang memberikan sifat ringan pada plafon PVC, sementara tetap mempertahankan kepadatan dan kekokohan. Plafon PVC yang berkualitas tinggi memiliki sifat fisik yang elastis, memungkinkan pembentukan melengkung tanpa risiko patah. Kombinasi ringan, elastis, dan kokoh menjadi ciri khas yang unik pada plafon PVC, sebuah karakteristik yang jarang ditemui pada bahan plafon lainnya.

7. Bebas Biaya Perawatan

Plafon PVC menjadi favorit karena tidak memerlukan perawatan khusus agar tetap bersih dan terlihat rapi. Membersihkan plafon PVC sangatlah mudah. Cukup dengan menyeka bagian yang berdebu atau bercak dengan menggunakan kain lap dan cairan pembersih yang umum digunakan dalam rumah tangga. Plafon ini tidak memerlukan biaya perawatan rutin seperti coating yang diperlukan pada plafon kayu. Selain itu, tidak perlu khawatir mengeluarkan uang ekstra untuk mengganti plafon yang rusak akibat rembesan air, seperti yang sering terjadi pada plafon gypsum.

Kekurangan Plafon PVC

Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk plafon PVC. Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli plafon PVC antara lain:

1. Tidak Tahan Sinar Matahari Langsung

Plafon PVC hanya sesuai untuk pemasangan di dalam ruangan (indoor). Jika terpapar sinar matahari secara langsung dan terus-menerus, plafon ini dapat mengalami perubahan warna yang cepat dan menjadi rentan terhadap retak (getas). Namun, apabila dilindungi dari paparan sinar matahari, plafon PVC mampu tetap awet dan kokoh selama bertahun-tahun.

2. Tampak Adanya Sambungan

Plafon PVC berbentuk lembaran panjang, umumnya dengan lebar antara 20-30 cm dan panjang berkisar 4-6 m. Pemasangan plafon dilakukan dengan menggabungkan setiap lembaran secara berurutan. Jika diperhatikan secara cermat, akan terlihat garis sambungan antar panel. Untuk menyiasati hal ini, bisa memilih motif plafon yang memiliki nat (groove / drain line) agar garis sambungan tersebut tersamarkan. Dengan memilih motif ber-nat, plafon PVC akan memberikan kesan seperti plank-plank yang tersambung, menyerupai tampilan plafon kayu (lumber ceiling).

3. Tidak Bisa Mengganti Motif

Motif pada plafon PVC sudah dicetak sebagai produk jadi yang siap dipasang. Untuk mengubah motif plafon PVC, kalian perlu membeli lembaran baru yang sesuai dengan desain yang diinginkan. Tidak memungkinkan untuk hanya melakukan pengecatan ulang seperti pada plafon gypsum. Selain itu, tidak ada opsi untuk memilih motif khusus dengan gambar sesuai keinginan seperti pada wallpaper. Motif pada plafon PVC dicetak seragam pada setiap lembarannya, sehingga motif akan terlihat berulang pada setiap panel.

Baca Juga :   √ Pengertian Side Table Serta Kelebihan dan Kekuranganya Lengkap

Tips Memilih Plafon PVC

Shunda Plafon menjadi pionir dalam penggunaan plafon PVC di Indonesia, sehingga merk ini telah menjadi yang paling populer di antara merk-merek plafon PVC lainnya. Namun, harganya tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan merk-merk lainnya. Saat ini, ada banyak merk plafon PVC yang bersaing dengan kualitas Shunda Plafon namun dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun demikian, tidak semua merk memiliki kualitas yang baik dan mampu bertahan lama. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengidentifikasi plafon PVC berkualitas baik:

1. Kepadatan dan Kelenturan Papan

Plafon PVC yang berkualitas baik ditkaliani dengan kepadatan yang optimal, namun tetap memiliki tingkat kelenturan yang cukup sehingga aman saat dipasang. Jika terlalu padat dan keras, plafon PVC akan sulit untuk dibentuk. Sebaliknya, jika kurang padat, plafon PVC dapat mudah rusak saat dipasang atau menerima beban. Umumnya, ketebalan sekitar 8 mm dianggap sudah memadai untuk menjadikan plafon PVC sebagai bahan yang kokoh.

2. Kualitas Printing Motif

Motif pada plafon PVC umumnya dihasilkan dengan cara melapis lembaran PVC menggunakan film atau laminasi. Baik menggunakan teknik apa pun, kualitas hasil cetakan perlu diperhatikan agar tampilannya indah dan elegan. Plafon dengan kualitas printing yang baik ditkaliani dengan motif yang jelas terlihat (tidak pudar) dan tidak mudah mengelupas.

3. Pastikan Kode Produksi Sama

Sebelum membeli plafon PVC, pastikan bahwa setiap lembaran PVC berasal dari kode produksi yang identik. Seperti halnya pada keramik, perbedaan kode produksi dapat mengakibatkan perbedaan warna. Plafon berwarna putih, khususnya, memiliki kecenderungan tampak belang jika berasal dari kode produksi yang berbeda.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan menggali lebih dalam pada topik “Apa Itu Plafon PVC?”, kita dapat memahami secara lebih detail mengenai karakteristik, keunggulan, serta pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memilih dan memasang plafon PVC.

Artikel ini telah membahas beragam aspek, mulai dari kepadatan dan kelenturan material, motif dan teknik pembuatannya, hingga faktor kualitas yang perlu dicermati, seperti selisih warna pada kode produksi.

Seiring berkembangnya teknologi dan desain, plafon PVC terus mengalami inovasi, memberikan pelanggan berbagai pilihan motif dan keunggulan sesuai kebutuhan.

Oleh karena itu, pertanyaan “Apa Itu Plafon PVC?” bukan hanya sekadar permulaan untuk mengenal, melainkan juga pintu masuk untuk memahami bagaimana plafon PVC dapat menjadi pilihan yang cerdas dan estetis dalam mendesain ruang.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Plafon PVC? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *