Harga Borongan Pasang Partisi Triplek

√ Harga Borongan Pasang Partisi Triplek Per Meter Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Partisi Triplek Per Meter Terbaru. Pembangunan dinding atau partisi dalam sebuah rumah tinggal dapat menggunakan beragam jenis bahan. Jika anggaran terbatas, kalian dapat memilih material yang ekonomis seperti triplek.

Keuntungan utama dari penggunaan triplek sebagai partisi adalah bentuk lembarannya, yang mempermudah proses pemasangan. Selain itu, ukuran yang relatif besar juga memungkinkan pemasangan partisi dilakukan dengan lebih cepat.

Di Indonesia, ada banyak pekerja borongan dan kontraktor yang menyediakan layanan pemasangan partisi triplek. Umumnya, mereka menawarkan tarif pemasangan per meter persegi.

Jika kalian berencana menggunakan triplek sebagai bahan konstruksi dinding atau partisi di rumah kalian, disarankan untuk memahami lebih dulu estimasi harga jasa pemasangannya. Dalam kesempatan ini, kami akan menjelaskan dengan detail perkiraan biaya pemasangan partisi triplek per meter persegi.

Kelebihan dan Kekurangan Partisi Triplek

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemilihan triplek sebagai bahan dasar partisi dalam rumah didasari oleh berbagai alasan yang beragam. Namun, triplek juga memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli dan memasangnya.

Salah satu keunggulan utama triplek sebagai konstruksi partisi ruangan adalah kemudahannya dalam pembentukan dan pemasangan di berbagai lokasi. Selain itu, di bawah ini akan diuraikan beberapa kelebihan dan kekurangan triplek sebagai struktur partisi dalam suatu ruangan.

Kelebihan

Selanjutnya, mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai alasan mengapa triplek menjadi pilihan yang perlu dipertimbangkan sebagai bahan pembatas ruangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari penggunaan triplek sebagai material partisi dibandingkan dengan bahan material lainnya:

  1. Cepat dalam Pengerjaan dan Mudah Dikreasikan:
    Triplek sangat mudah diolah dan dikreasikan, baik sebagai bahan furniture maupun material interior. Proses pengerjaannya cepat dan dapat dibentuk sesuai kebutuhan dengan mudah.
  2. Permukaan Rata, Halus, dan Seragam:
    Permukaan triplek yang halus, rata, dan seragam membuatnya ideal untuk digunakan sebagai pembatas ruangan. Tukang atau pekerja akan dengan mudah mengkreasikannya karena permukaannya datar dan seragam. Untuk tampilan yang lebih menarik dan berkilau, kalian bisa menggunakan pelapis seperti melamin atau resin.
  3. Beragam Jenis Triplek:
    Dalam perkembangan desain interior yang terus maju, berbagai jenis triplek telah hadir di pasaran. Ketersediaan beragam jenis triplek ini memberikan fleksibilitas dalam menciptakan berbagai kreasi untuk pembatas ruangan atau perabotan/furniture. Salah satu jenis triplek yang sering dipilih adalah yang sudah dilapisi dengan obat anti rayap, sehingga pembatas ruangan tetap awet, tidak mudah retak, lapuk, dan tidak mengalami perubahan bentuk.
  4. Harga Ramah di Kantong:
    Keunggulan utama triplek adalah harganya yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kayu solid, dinding tembok, atau bahan partisi lainnya. Harga triplek bervariasi tergantung pada ukuran, ketebalan, jenis material, dan bahan kayu yang digunakan. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk pembuatan pembatas ruangan atau partisi.
Baca Juga :   Ukuran Kusen Pintu Kupu Tarung Yang Tepat Untuk Rumah Minimalis!

Kekurangan

Sementara itu, penggunaan triplek juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah sejumlah kekurangan dan cara mengatasinya ketika kalian menggunakan triplek sebagai bahan partisi ruangan:

  1. Rentan Terhadap Serangan Hama:
    Triplek cenderung rentan terhadap serangan hama seperti rayap dan jamur, terutama jika kondisi ruangan cenderung lembab. Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat menerapkan perlindungan dengan menggunakan obat anti hama, seperti BioCide, pada partisi triplek tersebut. Dengan perlindungan ini, kalian dapat memastikan bahwa triplek tetap terjaga dari serangan hama yang merusak.
  2. Estetika Kurang Menarik:
    Secara estetika, triplek mungkin kurang menarik jika tidak diolah dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mengaplikasikan finishing setelah perlindungan terhadap serangan hama. Penerapan finishing tidak hanya memberikan lapisan perlindungan tambahan, tetapi juga membuat pembatas ruangan dari triplek terlihat lebih menarik secara visual. kalian dapat memilih dari berbagai pilihan finishing, seperti pewarnaan atau pelapisan untuk mencapai tampilan yang sesuai dengan gaya desain ruangan kalian.
  3. Kurang Kokoh:
    Triplek mungkin memiliki kelemahan dalam hal kekuatan dan ketahanan fisik dibandingkan dengan bahan lain seperti kayu solid. Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat menggunakan kayu penyangga atau rangka sebagai pendukung tambahan. Dengan menggunakan kayu penyangga, kalian dapat meningkatkan kekokohan dan stabilitas partisi triplek, menjadikannya lebih tahan terhadap tekanan fisik dan guncangan.

Harga Borongan Pasang Partisi Triplek Per Meter

Perlu diperhatikan bahwa biasanya, pemasangan triplek sebagai partisi ruangan dalam sebuah rumah melibatkan penggunaan rangka kayu. Dengan demikian, jelas bahwa harga borongan untuk pemasangan partisi triplek akan cenderung lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pemasangan partisi gypsum.

Alasan utama di balik hal ini adalah bahwa pemasangan partisi gypsum memerlukan material rangka hollow sebagai strukturnya. Sebaliknya, proses pemasangan partisi triplek dengan rangka kayu cenderung lebih ekonomis.

Selain itu, harga borongan untuk pemasangan partisi triplek dapat bervariasi di beberapa wilayah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Meskipun begitu, secara umum, para pekerja borongan cenderung menetapkan harga atau upah jasa pemasangan partisi triplek dengan tarif yang serupa.

Untuk memahami lebih lanjut, mari kita langsung lihat rincian harga borongan pemasangan partisi triplek per meter persegi, baik untuk pemasangan dengan satu sisi maupun dua sisi rangka kayu, dalam informasi berikut.

Cara Menghitung Biaya Pasang Partisi Triplek

Di atas telah dijelaskan secara komprehensif mengenai estimasi harga pemasangan partisi triplek per meter persegi, baik untuk pemasangan dengan satu sisi atau dua sisi rangka kayu. Selanjutnya, penting juga untuk memahami cara menghitung biaya pemasangan partisi triplek saat menggunakan jasa pekerja borongan.

Proses perhitungan biaya pemasangan partisi triplek sebenarnya hampir serupa dengan saat menghitung biaya pemasangan plafon triplek. kalian perlu mulai dengan mengidentifikasi total luas atau volume pekerjaan yang diperlukan, lalu mengalikannya dengan harga borongan per meter persegi yang telah disepakati. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut adalah perincian perhitungannya:

Baca Juga :   √ Cara Memasang Engsel Pintu Kayu Berbagai Jenis di Rumah Paling Tepat

SpesifikasiHarga
Partisi triplek 1 sisi rangka kayuRp 80.000 – Rp 120.000
Partisi triplek 2 sisi rangka kayuRp 130.000 – Rp 170.000

Dengan memahami cara melakukan perhitungan ini, kalian akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berapa biaya yang diperlukan untuk pemasangan partisi triplek oleh pekerja borongan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Volume Partisi

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi luas atau volume bidang kerja yang akan dipasangi partisi triplek. Sebagai contoh, jika kalian berencana memasang triplek dengan rangka kayu pada dinding yang memiliki panjang 7 meter dan tinggi 3 meter, perhitungan dapat dilakukan seperti berikut:

Diketahui:

  • Panjang partisi: 7 meter
  • Tinggi partisi: 3 meter

Perhitungan:

  • Volume partisi: Panjang x Tinggi
  • Volume partisi: 7 meter x 3 meter = 21 meter persegi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kalian dapat menentukan volume atau luas pekerjaan yang diperlukan untuk pemasangan partisi triplek dengan akurat.

Biaya Pasang Partisi Triplek

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan partisi triplek dengan rangka kayu dua sisi pada dinding seluas 21 meter persegi menggunakan jasa pekerja borongan. Perhitungan sederhananya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan per meter persegi.

  • Rumus biaya pemasangan partisi: Volume x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan partisi: 21 meter persegi x Rp 130.000 = Rp 2.730.000.

Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemasangan partisi triplek dua sisi dengan rangka kayu menggunakan pekerja borongan memerlukan biaya sekitar Rp 2.730.000. Harap dicatat bahwa biaya ini sudah mencakup ongkos pekerjaan serta pengeluaran untuk pembelian material seperti triplek, rangka kayu, dan paku.

Jenis dan Harga Triplek

Setiap jenis triplek memiliki karakteristiknya sendiri. Tidak semua triplek cocok digunakan untuk pembuatan pembatas ruangan, karena setiap jenis triplek memiliki pola urat kayu dan lapisan dengan ketebalan yang khas. Karena itulah, daya tahan, fungsi, dan kualitas triplek dapat berbeda.

Secara umum, terdapat beberapa jenis triplek yang umumnya tersedia di pasaran, di antaranya adalah:

1. Triplek Teakwood atau Teakblock

Triplek Teakwood terbuat dari lembaran papan kayu jati yang disusun menjadi bahan baku utama. Jenis triplek ini dikenal sebagai salah satu pilihan unggulan berkat daya tahannya yang tinggi terhadap perubahan cuaca. Selain itu, triplek Teakwood juga memiliki kekuatan yang luar biasa dan menawarkan variasi motif yang cantik. Hal ini menjadikannya ideal untuk digunakan sebagai pembatas ruangan, yang mampu menciptakan suasana hangat dan menawan.

Harga: Dimulai dari Rp110.000.

2. Triplek Melamin

Triplek Melamin, yang sering dikenal sebagai decorative plywood, biasanya digunakan untuk menambahkan unsur dekoratif pada papan kayu. Permukaan triplek ini dilapisi dengan lapisan melamin dan poliester, memberikan tekstur yang halus dan licin ketika disentuh. Karena karakteristik ini, triplek Melamin sering digunakan dalam pembuatan kitchen set dan elemen dekoratif lainnya.

Harga: Dimulai dari Rp235.000 (ketebalan 15 mm) dan Rp265.000 (ketebalan 18 mm).

3. Triplek Meranti (Blockboard)

Triplek Meranti, sering juga disebut sebagai blockboard, memiliki karakteristik khusus dengan tiga susunan kayu yang membentuk setiap lembarannya. Jika kalian melihatnya sekilas, lapisan luar tidak setebal lapisan dalam. Namun, hal ini diatasi oleh kehadiran lapisan dalam yang terbuat dari kayu meranti yang padat dan kokoh. Dengan struktur ini, triplek Meranti menjadi pilihan yang ideal untuk digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan pembatas ruangan baik di hunian maupun di kantor. Kekuatan dan ketahanan yang dimilikinya membuatnya sangat cocok untuk keperluan tersebut.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Partisi GRC Per Meter Terbaru

Harga: Dimulai dari Rp110.000.

4. Medium Density Fiberboard atau MDF

MDF adalah jenis triplek yang cocok digunakan sebagai penyekat ruangan. Terbuat dari campuran serat kayu lunak dan keras yang direkatkan dengan lem, MDF adalah pilihan yang serbaguna. Selain sebagai pembatas ruangan, MDF juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai perabotan rumah, seperti meja kecil. Kelebihan MDF adalah kemampuannya untuk dibentuk dengan mudah dan tahan terhadap perubahan cuaca, menjadikannya bahan yang serbaguna untuk berbagai proyek interior.

5. Particle Block

Particle Block adalah jenis triplek yang dapat digunakan sebagai partisi ruangan. Triplek ini terbuat dari serpihan-serpihan kayu yang telah dicetak menjadi papan. Salah satu kelebihan utama dari particle block adalah harganya yang terjangkau, sehingga cocok untuk proyek-proyek dengan anggaran terbatas. Namun, perlu diperhatikan bahwa triplek jenis ini tidak disarankan digunakan sebagai material utama dalam konstruksi, terutama di area yang rentan terkena air, karena sangat rentan dan rapuh terhadap kelembaban.

6. Multiplek

Multiplek merupakan jenis sekat ruangan dari triplek yang merupakan alternatif yang solid. Triplek ini terdiri dari lapisan-lapisan kayu yang telah dipadatkan dengan mesin khusus, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih rapat dan solid. Hal ini menjadikan multiplek sebagai pilihan yang kuat dan tahan lama untuk pembuatan pembatas ruangan. Keunggulannya juga termasuk daya tahan terhadap perubahan cuaca dan kelembaban yang membuatnya ideal untuk digunakan dalam berbagai kondisi ruangan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam mengakhiri pembahasan mengenai harga borongan pasang partisi triplek, kita dapat menyimpulkan bahwa pemilihan jenis triplek dan perhitungan biaya yang teliti sangat penting dalam merencanakan proyek pembuatan partisi ruangan.

Setiap jenis triplek memiliki karakteristiknya sendiri, dan harganya juga bervariasi, memberikan fleksibilitas dalam menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan kalian.

Jadi, dalam merencanakan proyek pembuatan partisi triplek, pertimbangkan dengan matang pilihan jenis triplek, perhitungan biaya, serta tenaga kerja yang berpengalaman.

Dengan demikian, kalian dapat mencapai hasil akhir yang sesuai dengan keinginan kalian dan tetap sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Partisi Triplek Per Meter Terbaru. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *