Harga Borongan Interior

√ Harga Borongan Interior Per Meter Terbaru: Tenaga & Material

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Interior Per Meter Terbaru: Tenaga & Material. Penting untuk disadari bahwa penampilan atau visual eksterior suatu bangunan sering kali sangat bergantung pada desain interiornya. Hal ini tidak terjadi tanpa alasan, karena bagian luar suatu ruang atau bangunan sering kali mencerminkan tampilan interior di dalamnya.

Walaupun tidak selalu demikian, desain interior memainkan peran penting dan tanggung jawab besar dalam hal ini. Kedua komponen, baik interior maupun eksterior, sebenarnya memiliki tingkat penting yang sama, terutama jika kalian mempertimbangkan bahwa penampilan luar sebenarnya mencerminkan apa yang ada di dalam bangunan.

Untungnya, di Indonesia, ada banyak kontraktor dan pemborong yang saat ini menawarkan layanan desain interior dengan harga per meter persegi. Namun, pasti setiap jasa pemborong dan kontraktor memiliki ketentuan yang berbeda-beda mengenai tarif borongan.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk melakukan pekerjaan interior dengan sistem borongan, penting untuk mengetahui terlebih dahulu berapa biayanya. Untuk membantu kalian, pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai harga borongan interior per meter persegi untuk berbagai jenis pekerjaan.

Apa Itu Interior?

Secara sederhana, interior merujuk pada bagian dalam suatu ruangan yang mencakup pengaturan fisik seperti perabotan untuk memenuhi kebutuhan ruangan tersebut. Ini berbeda dengan desain eksterior, yang mengacu pada tampilan luar rumah atau bangunan.

Ini sejalan dengan definisi interior dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang menggambarkan interior sebagai bagian dalam gedung (seperti ruangan) atau pengaturan perabotan (termasuk dekorasi) di dalam ruangan gedung.

Interior juga mengacu pada tatanan fisik yang memenuhi kebutuhan ruangan dan membentuk karakteristik ruangan itu sendiri.

Sementara itu, desain interior adalah proses perencanaan, pengaturan, dan perancangan ruang-ruang di dalam sebuah bangunan.

Fungsi Pekerjaan Interior

Secara keseluruhan, desain interior merupakan proses perencanaan, pengaturan, dan perancangan ruang-ruang dalam bangunan. Ini melibatkan pengaturan yang memenuhi kebutuhan dasar individu untuk tempat berlindung dan berkumpul, mengatur aktivitas di dalam bangunan, serta mempengaruhi penampilan, perasaan, dan bahkan kepribadian seseorang.

Komponen-komponen interior memiliki kemampuan untuk menggambarkan aspirasi dan mengungkapkan ide-ide yang mendukung berbagai tindakan. Tujuan utama desain interior adalah meningkatkan fungsi ruang, memperkaya nilai estetika, dan memperbaiki aspek psikologis dari suatu ruangan.

Setiap desain interior bertujuan untuk merangkai elemen-elemen menjadi suatu tatanan yang teratur, mencapai tujuan tertentu. Dalam pemilihan dan penataan elemen-elemen interior, perhatian diberikan pada penciptaan pola tiga dimensi yang sesuai dengan fungsi, aspek estetika, dan perilaku yang diinginkan.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Keramik Lantai 60X60 : Volume Pekerjaan & Biaya

Harga Borongan Interior Per Meter

Seperti halnya pada harga borongan konstruksi dan bahan material pada umumnya, harga jasa borongan interior per meter tentu akan bervariasi berdasarkan lokasi geografis. Ini bukan tanpa alasan, karena harga jasa borongan pekerjaan interior per meter dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Beberapa faktor yang memengaruhi harga ini termasuk kondisi area kerja, tingkat kompleksitas tugas, dan tingkat risiko yang terlibat dalam pelaksanaannya. Secara garis besar, pekerjaan interior bangunan melibatkan berbagai jenis perabotan dan furnitur rumah tangga yang akan memengaruhi aspek estetika ruangan.

Selain itu, pemilihan jenis material yang digunakan dalam pembuatan komponen interior juga akan memengaruhi harga borongan. Untuk penjelasan lebih lanjut, kami akan menyediakan informasi lengkap mengenai harga borongan interior per meter untuk berbagai jenis pekerjaan.

Jenis PekerjaanSatuanHarga Borongan
Kitchen Setper meter lariRp1,950,000
Lemari Baju / Pakaian / Wardrobeper meter persegiRp1,950,000
Walk In Closet Tanpa Pintuper meter persegiRp1,850,000
Walk In Closet dengan Pintuper meter persegiRp1,950,000
Divan / Ranjang Tanpa Laciper meter persegiRp1,850,000
Divan / Ranjang dengan Laciper meter persegiRp1,950,000
Divan Lipat / Ranjang Lipatper meter persegiRp3,550,000
Headboard Divanper meter persegiRp 950.000 – Rp 1.250.000
Meja Riasper meter lariRp1,850,000
Nakas / Drawerper setRp1,250,000
Lemari TV / Credenza TVper meter lariRp1,850,000
Backdrop TV / Panel Dindingper meter pesegiRp950,000
Hambalan / Rak / Rak Panjangper meter lariRp550,000
Coffe Tableper setRp 1.250.000 – Rp 1.500.000
Partisi Pembatas Ruanganper meter persegiRp 950.000 – Rp 1.250.000
Wall Treatment / Wall Panelper meter persegiRp 1.250.000 – Rp 1.550.000
Wall Moulding / Wall Decoratifper meterRp450,000
Meja Makanper meter lariRp1,850,000
Kursi Tamuper setRp650,000
Meja Receptionist / Meja Customer Service / Meja Kasirper meter lariRp1,950,000
Meja Kantor / Meja Kerjaper meter lariRp 1.550.000 – Rp 1.750.000
Sofa Customper meter lariRp2,450,000
Puff / Benchper meter lariRp900,000
Desain 3D / Desain 3D Interior Ruanganper projectRp450,000
Revisi HPL / Pelapisan HPL Ulangper meter persegiRp250,000

Harap diperhatikan bahwa harga borongan pekerjaan interior per meter dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan kontraktor atau pemborong yang bersangkutan.

Cara Menghitung Borongan Interior

Di atas, kami telah memberikan informasi yang lengkap mengenai besaran harga borongan interior per meter untuk berbagai jenis pekerjaan, termasuk biaya tenaga kerja dan kebutuhan materialnya. Selanjutnya, penting untuk mengetahui bagaimana melakukan perhitungan biaya borongan pekerjaan interior.

Baca Juga :   Apa itu Epoxy Lantai? Kelebiah dan Kekuranganya Serta Harga Boronganya

Sebenarnya, prosedur perhitungan biaya borongan interior hampir serupa dengan ketika kalian mengestimasi biaya pembuatan kitchen set. Untuk menghindari kebingungan, berikut ini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai langkah-langkah perhitungan biaya borongan pekerjaan interior.

Luas Pekerjaan

Langkah pertama yang penting adalah memahami jenis dan volume pekerjaan interior yang akan dilakukan. Sebagai contoh, jika kalian berencana membuat sebuah backdrop TV atau panel dinding di ruang tamu dengan ukuran 2 meter x 1.5 meter, maka cara menghitung volume pekerjaannya adalah sebagai berikut:

Tentukan Luas Pekerjaan: Pertama, kalian perlu menghitung luas pekerjaan dengan rumus panjang kali lebar.

  • Luas pekerjaan = Panjang x Lebar.
  • Luas pekerjaan = 2 meter x 1.5 meter = 3 meter persegi.

Ongkos Borongan

Tahap selanjutnya adalah menghitung total biaya atau upah bagi pekerjaan pembuatan backdrop TV seluas 3 meter persegi menggunakan sistem borongan. Caranya adalah dengan mengalikan luas pekerjaan backdrop TV dengan harga borongan interior per meter persegi.

Rumus perhitungan biaya borongan adalah sebagai berikut:

  • Biaya Borongan = Luas Pekerjaan x Harga Borongan per Meter Persegi.

Dalam hal ini:

  • Biaya Borongan = 3 meter persegi x Rp 950.000 = Rp 2.850.000.

Berdasarkan perhitungan di atas, total anggaran biaya yang diperlukan untuk pembuatan backdrop TV atau panel dinding berukuran 2 meter x 1.5 meter untuk ruang tamu menggunakan pekerja borongan adalah sekitar Rp 2.850.000. Penting untuk diingat bahwa dalam besaran biaya borongan tersebut sudah termasuk biaya pekerjaan serta kebutuhan material yang diperlukan untuk proyek tersebut.

Tips Menata Interior

Setelah memahami unsur-unsur dan prinsip dasar desain interior, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana cara menata interior dengan benar. Tujuannya adalah agar para penghuni rumah dapat merasakan kenyamanan yang lebih saat berada di dalam ruangan tersebut.

1. Perhatikan Kerapian Ruangan

Dalam merancang interior rumah, tatanan yang rapi adalah faktor penting. Penting untuk tidak membiarkan barang-barang berserakan di seluruh rumah.

Meskipun mungkin tidak semua orang menyadarinya, rumah yang berantakan dapat menjadi salah satu penyebab stres. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan adalah dengan menyediakan berbagai ruang penyimpanan, sehingga barang-barang dapat diatur dengan rapi dan tertata dengan baik.

2. Pilihlah Warna yang Tepat dalam Setiap Ruangan

Daya tarik warna dalam desain interior rumah seharusnya tidak diabaikan, Pins! Berbagai warna memiliki dampak yang berbeda pada suasana hati seseorang.

Sebagai contoh, warna hijau dan biru muda terbukti memiliki efek menenangkan yang sangat cocok untuk digunakan dalam ruang tidur. Di sisi lain, warna merah dan kuning cenderung cocok digunakan di ruang makan karena dapat merangsang nafsu makan penghuni.

Warna-warna netral dan alami mampu menciptakan kesan cerah dan lapang dalam interior. Selain itu, pemilihan perpaduan warna yang tepat dapat membawa suasana yang ringan dan nyaman ke dalam ruang-ruang dalam rumah kalian.

Baca Juga :   √ Harga List Gypsum Per Batang Terbaru: Jenis & Ukuranya Lengkap

3. Menambah Tanaman Hijau

Penyelipan tanaman hijau di dalam ruangan memberikan sejumlah manfaat yang berharga bagi kalian dan keluarga, Pins. Selain memberikan nuansa segar, beberapa jenis tanaman telah terbukti dapat memperbaiki kualitas udara.

Tanaman dianggap memiliki kemampuan membersihkan toksin atau zat berbahaya dalam udara. Dengan udara yang lebih bersih dan sehat, kesejahteraan kalian, termasuk kesehatan Pins, dapat lebih terjaga dengan baik.

4. Sediakan Akses Terbuka untuk Cahaya Matahari

Sebuah desain interior rumah yang sehat tidak dapat dipkalianng lengkap tanpa adanya akses cahaya matahari yang cukup. Sebaiknya, pasanglah jendela kaca di berbagai sudut rumah. Hal ini akan memungkinkan Pins untuk menikmati manfaat sinar matahari, yang dapat memberikan kehangatan dan pencahayaan alami ke seluruh area dalam rumah.

5. Atur Furnuitur untuk Kemudahan Berlalu Lalang

Terakhir, jangan lupakan pentingnya penempatan furnitur dalam menciptakan kenyamanan di dalam rumah. Furnitur seperti meja, kursi, tempat tidur, lemari, dan furnitur berat lainnya perlu ditempatkan dengan cermat untuk menghindari kesan ruangan yang sumpek.

Selain itu, penataan furnitur juga harus mempertimbangkan kenyamanan penghuni dalam bergerak di dalam rumah. Hal ini akan memudahkan perpindahan dari satu area ke area lain, serta menciptakan aliran yang nyaman dan efisien dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menentukan harga borongan interior per meter, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Harga ini akan bervariasi tergantung pada berbagai elemen dan pilihan desain yang kalian pilih untuk proyek interior kalian.

Oleh karena itu, penting untuk bekerja sama dengan seorang profesional yang berpengalaman dalam bidang ini untuk mendapatkan perkiraan harga yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Ingatlah bahwa setiap proyek interior memiliki karakteristik uniknya sendiri, sehingga harga borongan per meter akan bervariasi dari satu proyek ke proyek lainnya.

Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang harga borongan interior per meter dan bagaimana merencanakan proyek interior kalian, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para profesional di bidang ini.

Dengan bantuan mereka, kalian dapat mencapai desain interior impian kalian tanpa melebihi anggaran yang telah kalian tetapkan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Interior Per Meter Terbaru: Tenaga & Material. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *