Harga Borongan Pasang Kaca Tempered

√ Harga Borongan Pasang Kaca Tempered Per Meter Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Kaca Tempered Per Meter Terbaru. Kini, kaca tempered menjadi pilihan umum bagi kebanyakan orang dalam memilih bahan untuk pintu, partisi, atau kanopi. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kaca tempered memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis kaca lain, terutama dalam hal kekuatan.

Biasanya, kaca tempered sering digunakan dalam rumah-rumah dengan desain futuristik. Bahkan, dalam beberapa kasus, kaca tempered sering digunakan dalam berbagai area rumah, mulai dari fasad hingga atap.

Menariknya, di Indonesia saat ini, terdapat banyak kontraktor dan pemborong yang menawarkan layanan pemasangan kaca tempered. Sebagian besar dari mereka biasanya menentukan harga berdasarkan perhitungan per meter atau borongan.

Namun, harga borongan pemasangan bahan bangunan ini dapat bervariasi di berbagai daerah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, sebelum kalian memasangnya, penting untuk mengetahui estimasi harga borongan pemasangan kaca tempered per meter.

Apa Itu Kaca Tempered?

Pada umumnya, kaca tempered adalah jenis kaca yang dibuat melalui proses pemanasan dan pencampuran bahan kimia. Melalui dua tahap proses ini, kaca menjadi kuat, aman, dan memiliki daya tahan yang baik.

Selain kekuatannya yang luar biasa dan daya tahan yang tinggi, kaca tempered didesain untuk menjaga keamanan saat mengalami tekanan dan benturan yang keras. Ketika kaca tempered pecah, pecahan kaca tersebut berbentuk butiran kecil yang tidak tajam, berbeda dengan kaca biasa yang serpihannya bisa sangat berbahaya.

Keunggulan ketahanan dan kekuatan kaca tempered ini diperoleh melalui proses pemanasan pada suhu mencapai 700 derajat Celsius. Meskipun kaca tempered biasanya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kaca biasa, kaca ini tetap sangat cocok digunakan untuk berbagai keperluan seperti shower box, pintu kaca, jendela kaca, railing tangga, dan sebagainya.

Fungsi dan Kelebihan Kaca Tempered

Dengan kekuatan luar biasa dalam menahan beban, kaca tempered menjadi elemen penting yang banyak digunakan dalam konstruksi rumah. Hal ini tidak mengherankan, mengingat kaca tempered memiliki tampilan yang sangat elegan dan mampu memberikan dekorasi maksimal, terutama dalam gaya dekorasi rumah modern.

Ada banyak kelebihan dari kaca tempered yang membuatnya sangat diminati dan sering digunakan. Berikut beberapa keunggulan kaca tempered:

  1. Ketebalan yang Lebih Besar: Kaca tempered memiliki ketebalan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kaca biasa, membuatnya lebih kuat dan tahan lama.
  2. Tahan Terhadap Berbagai Tekanan: Kaca tempered mampu menahan beban angin, tekanan air, benturan, dan perubahan suhu tanpa mudah rusak.
  3. Kekuatan yang Luar Biasa: Kaca tempered memiliki kemampuan menahan beban hingga 3-5 kali lipat dari kaca biasa, menjadikannya pilihan yang sangat kuat untuk berbagai aplikasi.
  4. Material Padat dan Tahan Pecah: Kaca tempered terbuat dari material kaca yang padat dan keras, sehingga tidak mudah pecah. Ketika pecah, pecahannya berbentuk butiran kecil yang tidak tajam.
  5. Tahan Goresan: Kaca tempered memiliki kemampuan yang baik dalam menahan goresan, menjaga tampilannya tetap bersih dan jernih.
  6. Risiko Kerusakan Rendah: Kaca tempered memiliki risiko kerusakan atau pecah yang lebih rendah dibandingkan dengan kaca biasa, sehingga memberikan keamanan tambahan.
  7. Tingkat Keamanan yang Tinggi: Kaca tempered memberikan tingkat keamanan yang cukup tinggi ketika pecah, mengurangi risiko cedera.
  8. Kekuatan dan Daya Tahan Jangka Panjang: Kaca tempered terbukti kuat dan tahan lama, sehingga dapat digunakan dengan baik dalam jangka waktu yang lama tanpa memerlukan penggantian.
Baca Juga :   √ Cara Pemasangan Marmer Lantai yang Baik dan Benar

Jenis-Jenis Kaca Tempered atau Tempered Glass

Karena tingkat keamanan dan fungsionalitas yang tinggi, kaca tempered telah menjadi favorit dan semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi yang beragam. Di bawah ini, berikut beberapa jenis kaca tempered yang perlu kalian kenali:

1. Clear Tempered Glass

Jenis kaca tempered pertama adalah kaca tempered bening. Dari segi penampilan, kaca ini mirip dengan kaca biasa yang umumnya digunakan. Kaca ini sengaja dirancang untuk tetap bening agar dapat dengan mudah diaplikasikan dalam berbagai konteks arsitektur dan berbagai keperluan. Sebagai contoh, jenis kaca ini sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan pagar kaca di sepanjang pinggirannya, bertujuan untuk memberikan perlindungan agar tidak ada yang jatuh ke lantai di bawahnya.

2. Laminated Tempered Glass

Jenis tempered glass lainnya adalah laminated tempered glass. Kaca ini sedikit berbeda dari jenis kaca yang diperkuat karena telah dilengkapi dengan lapisan laminasi yang ditempatkan di satu atau kedua sisi kaca. Tujuan dari lapisan laminasi ini adalah untuk meningkatkan tingkat keamanan kaca saat terkena benturan benda tumpul. Apabila kaca pecah, pecahan kaca akan tetap terjaga dan tidak akan berserakan karena adanya lapisan laminasi.

Kaca jenis ini sering digunakan di tempat-tempat yang memerlukan perlindungan tambahan, seperti pesawat terbang, loket bank, dan kendaraan khusus yang digunakan oleh individu yang memerlukan tingkat keamanan lebih tinggi.

3. Reflective Tempered Glass

Apakah kalian menginginkan privasi tambahan? kalian bisa mempertimbangkan penggunaan reflective tempered glass yang telah dilapisi dengan permukaan yang mirip dengan cermin dan mampu memantulkan refleksi dengan baik. Kaca jenis ini sangat aman digunakan sebagai cermin, karena jika terjadi kerusakan, pecahan kaca tidak akan menyebabkan cedera pada orang lain.

4. Tinted Tempered Glass

Jika kalian tinggal di daerah yang cenderung panas, tinted tempered glass bisa menjadi solusi utama. Kaca ini telah dilapisi dengan lapisan film tipis yang memiliki warna. Tujuan dari warna tersebut adalah untuk mengurangi intensitas panas matahari yang masuk ke dalam ruangan, sehingga menciptakan suasana yang lebih sejuk di dalam ruangan.

5. Frosted Tempered Glass

Untuk menciptakan privasi yang lebih baik, selain menggunakan reflective tempered glass, kalian juga dapat memanfaatkan frosted tempered glass. Kaca jenis ini memiliki permukaan yang agak kasar dan sengaja dirancang sedemikian rupa sehingga tidak dapat dilihat dengan jelas seperti kaca biasa. Meskipun kalian masih dapat melihat bayangan di baliknya, namun identitas atau detailnya tidak dapat dikenali dengan jelas. Kaca jenis ini sering digunakan untuk panel kaca di kamar mandi, seperti yang digunakan pada area shower.

Kelebihan dan Kekurangan Kaca Tempered

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan kaca tempered dibandingkan dengan jenis kaca lainnya adalah kekuatannya. Meskipun kaca tempered memiliki banyak kelebihan, itu tidak berarti bahwa material ini tidak memiliki kelemahan sama sekali.

Baca Juga :   √ Apa Itu Sketsel? Fungsi Serta Jenis-Jenisnya Lengkap

Oleh karena itu, sebelum kalian membeli dan memasang kaca tempered sebagai bagian dari konstruksi suatu bangunan, kami akan menyajikan beberapa kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan:

  1. Keamanan Tinggi: Kaca tempered lebih aman jika digunakan sebagai material bangunan karena ketika pecah, pecahan kaca ini memiliki bentuk butiran kecil yang tidak tajam, mengurangi risiko cedera.
  2. Anti Gores dan Anti Rusak: Kaca tempered memiliki sifat anti gores dan anti rusak yang menjadikannya tahan terhadap kerusakan yang mungkin terjadi dari goresan atau gesekan.
  3. Tahan Panas: Kaca tempered memiliki kemampuan untuk menahan panas, menjadikannya pilihan yang baik untuk daerah-daerah dengan paparan sinar matahari yang kuat.
  4. Multi Guna atau Serba Guna: Kaca tempered sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pintu, jendela, partisi, dan banyak lagi.
  5. Beragam Desain: Tersedia dalam berbagai macam desain dan pilihan, memungkinkan penyesuaian dengan berbagai kebutuhan dekoratif dan arsitektural.
  6. Kualitas Terjamin: Kualitas kaca tempered biasanya terjamin karena melalui proses produksi yang ketat untuk memastikan kekuatan dan daya tahan yang maksimal.

Kekurangan:

  1. Ketidakpresisian Ukuran: Kaca tempered tidak selalu memiliki ukuran yang benar-benar presisi, sehingga perlu perhatian khusus dalam proses pengukuran dan pemasangan.
  2. Bercak Hitam saat Terkena Sinar Matahari: Saat terkena sinar matahari, permukaan kaca tempered mungkin terlihat memiliki bercak-bercak hitam, yang bisa memengaruhi tampilan estetisnya.
  3. Tidak Dapat Dipotong atau Dibentuk: Kaca tempered sulit untuk dipotong atau dibentuk setelah proses tempering, sehingga perlu perencanaan yang matang sebelum pemasangan.

Harga Borongan Pasang Kaca Tempered Per Meter

Seperti halnya dengan harga borongan tenaga bangunan lainnya, harga borongan pemasangan kaca tempered juga dapat bervariasi di berbagai wilayah. Perbedaan dalam tarif borongan ini seringkali dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari kompleksitas pekerjaan, tingkat kesulitan pemasangan, hingga risiko yang terlibat.

Selain itu, jumlah material kaca tempered yang dibutuhkan juga seringkali memengaruhi besaran harga borongan. Biasanya, para pekerja borongan akan menentukan harga pemasangan kaca tempered dengan kisaran antara Rp 200.000 hingga Rp 700.000 per meter persegi.

Harap diingat bahwa harga borongan tersebut hanya mencakup biaya tenaga kerja pemasangan. Oleh karena itu, kalian perlu membeli material kaca tempered sendiri. Untuk mendapatkan harga produk yang kompetitif, disarankan untuk melakukan survei harga kaca ke beberapa toko bangunan atau pemasok material terpercaya.

Cara Menghitung Biaya Pasang Kaca Tempered

Setelah mengetahui seberapa besar harga borongan pemasangan kaca tempered, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana menghitung biayanya. Untuk menghindari kebingungan, mari kita simak dengan cermat langkah-langkah perhitungan biaya pemasangan kaca tempered menggunakan jasa pekerja borongan berikut ini.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama, mari kita tentukan total volume area pekerjaan yang akan dipasangi kaca tempered. Misalnya, jika kalian akan memasang kaca tempered sebagai partisi atau pemisah ruangan dengan panjang 4 meter dan tinggi 3 meter, berikut adalah cara perhitungannya.

Diketahui:

  • Panjang partisi: 4 meter.
  • Tinggi partisi: 3 meter.

Perhitungan:

  • Volume partisi kaca: Panjang x tinggi.
  • Volume partisi kaca: 4 meter x 3 meter = 12 meter persegi.

Biaya Pasang Kaca Tempered

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan kaca tempered dengan menggunakan jasa pekerja borongan. Perhitungannya sederhana, yaitu dengan mengalikan volume atau luas bidang partisi kaca dengan harga borongan per meter persegi.

Baca Juga :   √ Apa Itu Nakas? Fungsi dan Ukuranya Untuk Kamar

  • Biaya pemasangan kaca tempered: Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pemasangan kaca tempered: 12 meter persegi x Rp 300.000 = Rp 3.600.000.

Dari perhitungan di atas, total biaya untuk memasang partisi kaca tempered berukuran 4 meter x 3 meter dengan bantuan pekerja borongan adalah sekitar Rp 3.600.000. Penting untuk diingat lagi bahwa biaya ini hanya mencakup upah tenaga kerja, sedangkan biaya material kaca tempered belum termasuk.

Tips Membeli Kaca Tempered

Di atas, kami telah menjelaskan rincian harga borongan pemasangan kaca tempered per meter beserta perhitungan biaya pemasangannya. Namun, agar kalian dapat memperoleh material kaca tempered berkualitas, ada beberapa tips yang perlu diikuti saat membelinya:

  1. Kenali Fungsi Kaca Tempered: Pahami dengan baik fungsi kaca tempered dalam proyek kalian. Apakah itu akan digunakan sebagai pintu, jendela, partisi, atau dalam aplikasi lainnya? Memahami tujuan penggunaan kaca tempered akan membantu kalian memilih jenis yang tepat.
  2. Sesuaikan Ketebalan Kaca Tempered: Pilih ketebalan kaca tempered yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Ketebalan kaca akan bervariasi tergantung pada penggunaan dan tingkat kekuatan yang diperlukan.
  3. Perhitungkan Biaya Pembelian Kaca Tempered: Selain biaya pemasangan, pertimbangkan dengan cermat biaya pembelian kaca tempered itu sendiri. Bandingkan harga dari berbagai pemasok atau toko bangunan untuk mendapatkan penawaran terbaik.
  4. Perhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar: Pertimbangkan faktor lingkungan di sekitar area di mana kaca tempered akan diaplikasikan. Apakah daerah tersebut sering terkena angin kencang, sinar matahari yang kuat, atau kondisi cuaca ekstrem lainnya? Hal ini dapat memengaruhi pemilihan jenis dan ketebalan kaca tempered.
  5. Pilih Kaca Tempered Bermerek: Pilih kaca tempered dari merek yang terkemuka dan terpercaya. Merek terkenal biasanya menjamin kualitas dan daya tahan produk mereka.
  6. Belilah Produk yang Memiliki Masa Garansi: Pastikan kalian membeli kaca tempered yang dilengkapi dengan masa garansi. Ini akan memberikan jaminan bahwa kalian dapat mengkalianlkan kualitas kaca tempered tersebut dalam jangka waktu tertentu, dan jika ada masalah, kalian dapat mengklaim garansi.

Baca Juga :

Penutup

Dalam dunia desain interior dan eksterior, pemilihan material dan produk berkualitas tinggi sangat penting untuk menciptakan tampilan yang menarik dan fungsional.

Salah satu bahan yang semakin populer dalam penggunaan kaca adalah kaca tempered. Kaca tempered adalah kaca yang mengalami perlakuan panas khusus sehingga lebih kuat dan tahan terhadap tekanan.

Namun, ketika kalian mempertimbangkan untuk menggunakan kaca tempered, salah satu pertimbangan utama adalah harga borongan pasang kaca tempered.

Dengan memahami harga borongan pasang kaca tempered, kalian dapat membuat keputusan yang bijak dalam proyek desain interior atau eksterior kalian.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan para ahli untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Kaca Tempered Per Meter Terbaru. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimamaskih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *