Harga Borongan Pasang Batako

Harga Borongan Pasang Batako Per Meter Terbaru Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Pasang Batako Per Meter Terbaru Paling Lengkap. Seperti yang diketahui, belakangan ini, batako sering digunakan sebagai bahan dinding dalam konstruksi bangunan. Hal ini disebabkan oleh keunggulan batako, yaitu ukurannya yang lebih besar daripada bata merah, memungkinkan pemasangan yang lebih cepat.

Selain itu, batako diproduksi dengan mesin press atau mesin cetak, sehingga ukurannya konsisten dan presisi. Namun, sebagian besar batako memiliki rongga atau lubang di tengahnya, sehingga kekuatannya cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bata merah.

Mengenai pemasangan dinding batako, di Indonesia saat ini terdapat banyak pekerja borongan dan kontraktor yang menyediakan layanan pemasangan. Mereka biasanya menentukan tarif atau upah pemasangan batako per meter persegi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana membangun rumah dengan menggunakan batako, penting untuk mengetahui terlebih dahulu berapa harga borongan pemasangannya. Pada kesempatan ini, kami akan membahas secara detail daftar harga pemasangan pagar batako per meter, termasuk opsi dengan dan tanpa menyertakan bahan.

Apa Itu Batako?

Batako adalah jenis batu bata yang terbuat dari campuran beton, seperti semen dan agregat (pasir serta kerikil halus). Kombinasi ini memberikan batako kepadatan tinggi, membuatnya lebih kuat dan kokoh daripada bata merah biasa. Selain itu, batako memiliki warna keabu-abuan yang membedakannya dari bata merah yang biasanya berwarna merah.

Dalam dunia konstruksi, batako termasuk salah satu material pracetak yang umum digunakan, terutama dalam pembuatan dinding. Batako biasanya memiliki satu atau lebih rongga, dan sisi-sisinya dapat dicor dengan halus atau memiliki desain khusus. Dalam penggunaannya, batako disusun satu per satu dan dipasang dengan mortar beton.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli batako, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan batako yang akan kita bahas selanjutnya.

Jenis-Jenis Batako

Batako hadir dalam beragam jenis, tergantung pada bahan pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa varian batako yang tersedia di pasaran.

1. Batako Putih (Tras)

Batako jenis ini dikenal juga dengan sebutan “tras.” Batako putih terbuat dari campuran batu kapur, air, dan tras. Komponen utama dalam pembuatan batako putih ini adalah tras, sebuah jenis tanah berwarna putih atau putih kecoklatan yang berasal dari pelapukan batuan gunung berapi.

2. Batako Semen (Batako Press)

Batako semen, yang sering disebut juga sebagai “batako press,” dibuat dari campuran pasir, semen, dan abu batu. Campuran ini kemudian mengalami proses pencetakan atau press, itulah sebabnya disebut sebagai batako press.

Baca Juga :   √ Rekomendasi Merk HPL yang Bagus dan Berkualitas Lengkap

Secara umum, batako press memiliki ukuran yang lebih besar daripada batako tras. Untuk ukuran besar, panjang batako press biasanya berkisar antara 36-40 cm, dengan ketebalan mencapai 8-10 cm, dan tinggi mencapai 18-20 cm. Sementara itu, batako press berukuran kecil memiliki panjang mulai dari 30 cm, tinggi 14-15 cm, dan ketebalan mencapai 10 cm.

3. Batako Beton

Batako beton adalah hasil dari campuran pasir dengan semen Portland (PC). Proses pembuatannya mirip dengan batako press, yaitu melalui pencetakan, tanpa melalui proses pembakaran. Kadang-kadang, untuk mengurangi beratnya, batako beton juga menggunakan tambahan bahan seperti batubara dan styrofoam.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Seperti telah diuraikan sebelumnya, BATAKO: PENJELASAN DAN KARAKTERISTIK adalah sebuah bahan konstruksi yang terbentuk dari perpaduan semen dan pasir. Proses selanjutnya melibatkan pencetakan campuran semen dan pasir ini dengan menggunakan metode manual atau mesin press guna mencapai dimensi yang akurat dan seragam.

Meskipun batako menawarkan sejumlah kelebihan dibandingkan dengan bahan konstruksi dinding lainnya, hal ini tidak berarti bahwa material ini tidak memiliki kelemahan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kami akan menguraikan beberapa kelebihan dan kekurangan yang melekat pada penggunaan batako.

Kelebihan Batako:

  1. Tahan Terhadap Air: Batako memiliki sifat yang tahan terhadap air, sehingga cocok digunakan dalam kondisi lingkungan yang lembab atau berisiko terkena air.
  2. Ukuran Besar dan Seragam: Batako hadir dalam ukuran besar dan seragam, memudahkan proses pemasangan. Hal ini juga memberikan tampilan dinding yang rapi dan merata.
  3. Harga Terjangkau: Batako umumnya memiliki harga yang terjangkau, sehingga menjadi pilihan yang ekonomis dalam proyek konstruksi.
  4. Bobot Ringan: Batako memiliki bobot yang ringan, memudahkan dalam pengangkutan dan pemasangan, serta mengurangi beban struktural pada bangunan.
  5. Bentuk Rata dan Halus: Batako memiliki permukaan yang rata dan halus, memungkinkan untuk penyelesaian yang baik pada dinding.
  6. Proses Pengerjaan Cepat: Penggunaan batako mempercepat proses konstruksi, terutama karena ukurannya yang besar, sehingga meminimalkan waktu pemasangan.

Kekurangan Batako:

  1. Rentan Retak: Batako dapat membuat dinding menjadi rentan terhadap retak, terutama jika terkena beban berat atau getaran.
  2. Rongga Mudah Pecah: Bagian rongga atau tengah batako cenderung mudah pecah, yang dapat mengurangi kekuatan dinding.
  3. Menyerap Panas: Batako memiliki kemampuan untuk menyerap panas, sehingga pada hari panas, suhu di dalam ruangan yang terbuat dari batako bisa meningkat.
  4. Redaman Suara Kurang Efektif: Batako kurang efektif dalam meredam suara. Oleh karena itu, mungkin diperlukan tambahan material atau langkah-langkah lain untuk meningkatkan isolasi suara dalam bangunan.
Baca Juga :   √ Mengenal Kayu Trembesi: Karakteristik, Kelebihan & Kekuranganya

Ukuran Standar Batako

Perlu dipahami bahwa besaran harga borongan pemasangan batako per meter biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ukuran. Ukuran batako menjadi parameter yang penting ketika menghitung KEBUTUHAN BATAKO PER METER.

Biasanya, batako yang tersedia di pasaran memiliki tinggi antara 14 cm hingga 18 cm dan panjang antara 20 cm sampai 30 cm. Selain itu, ketebalannya juga bervariasi, mulai dari 8 cm hingga 10 cm, tergantung pada pesanan dari pembeli.

Harga Borongan Pasang Batako Per Meter

Setelah memahami kelebihan, kekurangan, dan ukuran standar batako, langkah berikutnya adalah memahami seberapa besar besaran HARGA BORONGAN PEMASANGAN. Mirip dengan harga borongan bangunan lainnya, harga borongan pemasangan batako per meter bisa bervariasi di berbagai daerah.

Umumnya, para pemborong dan kontraktor menawarkan dua jenis sistem borongan, yaitu borongan tanpa material (non bahan) dan borongan termasuk material (plus bahan). Borongan non bahan berarti pihak kontraktor atau pemborong hanya menyediakan tenaga kerja, sementara borongan plus bahan berarti kontraktor menyediakan tenaga kerja beserta materialnya.

Untuk harga borongan pemasangan batako tanpa material, biasanya berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 100.000 per meter persegi. Sementara harga borongan pemasangan batako plus material sedikit lebih tinggi, yakni sekitar Rp 120.000 hingga Rp 140.000 per meter persegi, tergantung pada kualitas material yang dipilih.

Perhitungan Biaya Pemasangan Batako

Sudah diuraikan dengan lengkap tentang perkiraan harga borongan pemasangan batako per meter persegi, baik yang tanpa material (non bahan) maupun yang termasuk material (plus bahan). Selanjutnya, Anda perlu memahami CARA MENGHITUNG BIAYA PEMASANGAN BATAKO saat menggunakan pekerja borongan.

Sebenarnya, perhitungannya cukup sederhana, karena Anda hanya perlu mengalikan volume pekerjaan dinding yang akan dipasangi batako dengan harga borongan per meter. Sebagai contoh, jika Anda akan memasang batako sebagai pagar rumah menggunakan pekerja borongan tanpa material dengan panjang 8 meter dan tinggi 1.5 meter, perhitungannya akan sebagai berikut:

Hitung Volume Pekerjaan Pagar: Panjang x Tinggi.

  • Volume Pekerjaan Pagar: 8 meter x 1.5 meter = 12 meter persegi.

Hitung Biaya Pemasangan Pagar: Volume Pekerjaan x Harga Borongan per Meter.

  • Biaya Pemasangan Pagar: 12 meter persegi x Rp 80.000 = Rp 960.000.

Jadi, dari perhitungan tersebut, total biaya yang diperlukan untuk memasang batako sebagai pagar rumah dengan panjang 8 meter dan tinggi 1.5 meter, menggunakan pekerja borongan tanpa material, adalah sekitar Rp 960.000.

Dikarenakan kontraktor hanya menyediakan tenaga kerja, Anda perlu melakukan survei HARGA BATAKO di berbagai toko bangunan atau pemasok material. Selain itu, perlu diingat bahwa biaya yang telah dihitung di atas belum mencakup biaya pembuatan pondasi sebagai penopang dinding batako.

Baca Juga :   Apa Itu Roster Beton? Serta Harga Borongan Pemasangnya Lengkap

Tips Memilih Batako

Dalam proses pembangunan suatu bangunan, perhitungan dan pertimbangan yang cermat sangat penting, terutama dalam pemilihan bahan material yang digunakan. Untuk memastikan Anda mendapatkan batako berkualitas sebagai bahan dasar pembuatan dinding bangunan, berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Pilih Batako dengan Permukaan Lembut: Pilih batako yang memiliki permukaan lembut dan rata. Permukaan yang rata akan memudahkan proses pemasangan dan memberikan tampilan akhir yang estetis.
  2. Pastikan Bobot Batako Berat: Batako berkualitas umumnya memiliki bobot yang lebih berat. Bobot yang lebih tinggi menunjukkan bahwa batako memiliki kepadatan yang baik, yang berarti kualitasnya lebih kuat dan kokoh.
  3. Keberadaan Batako yang Lurus: Semakin lurus batako, semakin baik kualitasnya. Batako yang memiliki bentuk yang presisi akan memudahkan dalam proses pemasangan dan menghasilkan dinding yang rapi.
  4. Carilah Batako Berkualitas Meskipun Harganya Sedikit Lebih Mahal: Terkadang, batako berkualitas sedikit lebih mahal daripada yang lain. Namun, investasi pada batako berkualitas tinggi dapat menghasilkan dinding yang lebih tahan lama dan kokoh, serta menghemat biaya perawatan jangka panjang.
  5. Belilah Material Batako yang Memiliki Masa Garansi: Saat membeli batako, pastikan Anda memilih material yang disertai dengan masa garansi. Garansi menunjukkan kepercayaan produsen terhadap kualitas produknya dan memberikan jaminan bahwa Anda mendapatkan batako yang dapat diandalkan.

Dengan mempertimbangkan tips-tips ini, Anda dapat memastikan pemilihan batako yang berkualitas untuk pembangunan dinding bangunan Anda, yang akan berkontribusi pada kekuatan, tahan lama, dan keindahan bangunan Anda.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menutup artikel finoo.id tentang “Harga Borongan Pasang Batako Per Meter,” perlu diingat bahwa pemahaman mengenai estimasi biaya pemasangan batako menjadi kunci dalam perencanaan konstruksi.

Dalam memilih kontraktor, memahami jenis sistem borongan yang ditawarkan, serta menghitung biaya pemasangan dengan teliti, Anda dapat menjalani proses pembangunan bangunan dengan lebih efisien dan efektif.

Dengan begitu, Anda dapat menghindari kejutan biaya yang tidak diinginkan dan memastikan bahwa proyek konstruksi Anda berjalan sesuai anggaran.

Selain itu, pemilihan batako berkualitas juga merupakan faktor penting dalam memastikan kekuatan dan daya tahan dinding bangunan Anda.

Dengan pertimbangan yang matang, Anda dapat menciptakan bangunan yang kokoh dan estetis dengan harga borongan pemasangan batako per meter yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *