Cara Menghitung Biaya Pemasangan Batako

√ Cara Menghitung Biaya Pemasangan Batako: Material & Pekerja

Posted on

Finoo.id – √ Cara Menghitung Biaya Pemasangan Batako: Material & Pekerja. Selain bata merah, batako kini menjadi salah satu pilihan material bangunan yang populer di Indonesia. Batako digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan dinding rumah, terbuat dari campuran semen dan pasir.

Setelah campuran kedua bahan tersebut, proses pencetakan dilakukan secara manual menggunakan alat sederhana atau dengan bantuan teknologi mesin press untuk mendapatkan hasil yang lebih presisi. Oleh karena itu, batako sering disebut sebagai batako press.

Salah satu alasan mengapa batako sering dipilih sebagai pengganti bata merah adalah ukurannya yang lebih besar dan bobotnya yang ringan, memudahkan dalam proses pemasangan. Selain itu, keunikan ukurannya yang seragam juga menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang.

Namun, jika kalian berencana menggunakan batako sebagai material dinding, sebaiknya hitung terlebih dahulu biaya pemasangannya. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang cara menghitung biaya pemasangan batako per meter persegi.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Walaupun batako memiliki beberapa keunggulan, hal tersebut tidak berarti bahwa bahan bangunan ini tidak memiliki kekurangan sama sekali. Sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari batako.

Kelebihan:

  1. Tahan Terhadap Air: Batako memiliki sifat tahan terhadap air, sehingga cocok digunakan di daerah yang memiliki curah hujan tinggi.
  2. Ukurannya Besar dan Seragam: Kelebihan lainnya adalah ukuran batako yang besar dan seragam, memberikan kemudahan dalam proses konstruksi dan menciptakan tampilan dinding yang lebih rapi.
  3. Harganya Lebih Murah: Secara ekonomis, batako memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis bata lainnya, membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk kebutuhan konstruksi.
  4. Bobot Lebih Ringan: Bobot batako yang cenderung lebih ringan memudahkan proses pengangkutan dan pemasangan, sehingga menghemat waktu dan tenaga.
  5. Hasil Cetakan Lebih Rapi: Proses pembuatan batako menggunakan teknologi cetak, menghasilkan produk dengan tampilan lebih rapi dan presisi dibandingkan dengan bata merah yang dibuat secara manual.
  6. Proses Pemasangan Cepat: Berkat ukurannya yang besar dan proses produksinya yang lebih modern, pemasangan batako dapat dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan dengan bata merah tradisional.
  7. Lebih Mudah Dipotong: Batako memiliki kemudahan dalam pemotongan, memungkinkan penyesuaian dengan bentuk dan kebutuhan konstruksi yang beragam.

Kekurangan:

  1. Kekuatan Rendah Dibanding Bata Merah: Meskipun memiliki keunggulan lain, kekuatan batako cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bata merah, sehingga perlu perhatian khusus dalam desain struktural.
  2. Mudah Pecah atau Retak: Batako memiliki kecenderungan mudah pecah atau retak apabila terbentur dengan benda keras, sehingga perlu penanganan yang hati-hati selama proses konstruksi.
  3. Kurang Baik untuk Insulasi Suara dan Panas: Batako tidak seefektif bata merah dalam isolasi suara dan panas, sehingga perlu tambahan material atau metode isolasi tambahan untuk meningkatkan kenyamanan termal dan akustik.
  4. Tidak Termasuk Material Peredam Suara yang Baik: Batako bukanlah material yang optimal untuk fungsi peredam suara, sehingga diperlukan solusi tambahan untuk mencapai tingkat isolasi suara yang diinginkan.
Baca Juga :   √ Harga Batako Semua Ukuran Terbaru Per Biji & Per Kubik

Kebutuhan Pemasangan Batako

Sebelum kita memperdalam pembahasan mengenai metode perhitungan biaya pemasangan batako, disarankan untuk memahami beberapa komponen dan material yang termasuk dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pemasangan tersebut. Secara umum, kebutuhan pemasangan batako ini tidak berbeda jauh dengan perhitungan BIAYA PEMBUATAN PAGAR TEMBOK, termasuk di antaranya sebagai berikut.

Bahan Material

Konstruksi tembok batako melibatkan beberapa bahan bangunan yang dapat diperoleh dari toko bangunan atau toko material terdekat. Jenis bahan material ini bervariasi tergantung pada produsen batako yang digunakan dan jenis semen yang dipilih. Untuk memberikan gambaran lebih rinci, berikut ini adalah daftar KEBUTUHAN BATAKO PER METER yang umumnya digunakan dalam konstruksi tembok batako:

  1. Batako Lubang:
    Batako lubang digunakan sebagai elemen dasar dalam pembangunan tembok. Ketersediaan batako lubang yang berkualitas memastikan kestabilan dan kekokohan tembok yang dibangun.
  2. Semen Portland (PC):
    Semen Portland (PC) merupakan bahan dasar yang esensial dalam campuran pembuatan batako. Pemilihan jenis semen ini dapat memengaruhi kekuatan dan daya tahan tembok. Sejumlah semen yang memadai diperlukan untuk menciptakan campuran yang kuat dan tahan lama.
  3. Pasir Pasang:
    Pasir pasang digunakan sebagai salah satu komponen utama dalam campuran batako. Pasir ini berperan dalam memberikan kekuatan dan kekompakan pada batako. Kualitas pasir pasang yang baik diperlukan untuk hasil konstruksi yang optimal.
  4. Besi Beton 8 mm:
    Besi beton dengan ukuran 8 mm digunakan sebagai tulangan dalam struktur tembok. Tulangan ini memberikan kekuatan tambahan dan mencegah tembok dari retak atau pecah. Pemilihan besi beton yang sesuai ukuran dan kualitasnya sangat penting untuk memastikan kekuatan struktur.

Setiap komponen dalam daftar kebutuhan di atas memiliki peran khusus dalam menciptakan tembok batako yang kokoh dan tahan lama. Perhatian yang baik terhadap kualitas dan proporsi bahan-bahan ini akan memberikan hasil konstruksi yang memuaskan dan tahan lama.

Pekerja Bangunan

Dalam menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pemasangan tembok batako, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan komponen pengerjaan yang melibatkan tenaga kerja. Secara umum, pemasangan batako memerlukan keahlian dari beberapa jenis tukang sesuai dengan Stkalianr Nasional Indonesia (SNI). Berikut adalah beberapa jenis pekerja bangunan yang biasanya diperlukan dalam pemasangan batako:

Baca Juga :   √ Pengertian Advisor: Tugas dan Tanggung Jawabnya Dalam Perusahaan

  1. Pekerja:
    Pekerja biasanya merupakan tenaga kerja yang membantu dalam proses pemasangan secara keseluruhan. Mereka membantu mempersiapkan material, mengangkat, dan mendukung proses kerja tukang.
  2. Tukang Batu:
    Tukang batu memiliki keahlian khusus dalam menata batako, menciptakan pola yang tepat, dan memastikan kekokohan struktur tembok. Mereka berperan penting dalam memastikan kualitas dan kekuatan tembok yang dibangun.
  3. Kepala Tukang:
    Kepala tukang memiliki tanggung jawab lebih dalam mengawasi seluruh proses pemasangan batako, memastikan pekerjaan berjalan sesuai rencana, dan mengoordinasikan tugas antara pekerja dan tukang. Untuk proyek skala kecil, peran kepala tukang mungkin tidak terlalu diperlukan.
  4. Mandor:
    Mandor berperan sebagai supervisor yang mengawasi seluruh proses kerja, memastikan kualitas pekerjaan, dan mengatur alur kerja. Seperti kepala tukang, peran mandor bisa dihilangkan untuk proyek pemasangan batako dengan skala yang lebih kecil.

Dalam praktiknya, untuk proyek skala kecil atau sederhana, komponen kepala tukang dan mandor mungkin dapat dieliminasi. Selain itu, tukang batu dapat digantikan oleh tukang sipil atau tukang konstruksi lainnya yang memiliki keahlian dalam pekerjaan serupa. Penyesuaian ini dapat membantu mengoptimalkan biaya dan sumber daya sesuai dengan kebutuhan proyek yang spesifik.

Analisa Biaya Pemasangan Batako Per Meter

Ketika ingin mengetahui cara menghitung biaya pemasangan batako, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami analisis harga pemasangan per meter. Untuk memperjelas, berikut kami sajikan analisis biaya pemasangan batako per meter persegi dengan perbandingan campuran 1PC:5PS.

Bahan Bangunan

Bahan MaterialKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Batako lubang12,500bhRp2,050Rp25,625
Semen portland15,160kgRp1,450Rp21,982
Pasir pasang0.0364m3Rp400,000Rp14,560
Besi beton 8 mm0.2800kgRp9,750Rp2,730
TOTAL---Rp64,897

Upah Pekerja

Jenis PekerjaKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Pekerja0.3000OHRp95,000Rp28,500
Tukang batu0.1000OHRp100,000Rp10,000
Kepala tukang0.0100OHRp115,000Rp1,150
Mandor0.0150OHRp130,000Rp1,950
TOTAL---Rp41,600

Dari hasil perhitungan di atas, total biaya pemasangan batako per meter persegi mulai dari pembelian material hingga upah para pekerjanya adalah sekitar Rp 64.897 + Rp 41.600 = Rp 106.497.

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Batako

Setelah memahami analisis harga satuan pemasangan batako per meter persegi, langkah berikutnya adalah memahami cara menghitung biaya pemasangan batako. Sebagai contoh, jika kalian berencana membangun pagar batako setinggi 3.2 meter di dalam ruangan kamar dengan panjang 4 meter dan lebar 3 meter, berikut adalah tata cara menghitung biaya pemasangan batako:

Baca Juga :   √ Model Atap Rumah Minimalis 3 Trap Paling Lengkap

Diketahui :

  • Ukuran bangunan : 4 m x 3 m.
  • Tinggi dinding : 3.2 m.
  • Kusen pintu swing : 1 m x 2.3 m.
  • Kusen jendela : 0.8 m x 1.2 m.

Perhitungan :

  • Luas tembok (4 sisi) : (2 x (Panjang x Tinggi dinding)) + (2 x (Lebar x Tinggi dinding)).
  • Luas tembok (4 sisi) : (2 x (4 m x 3.2 m)) + (2 x (3 m x 3.2m)).
  • Luas tembok (4 sisi) : 25.6 + 19.2 = 44.8 m2.
  • Luas pintu : 1 m x 2.3 m = 2.3 m2.
  • Luas jendela : 0.8 m x 1.2 m = 0.96 m2.
  • Luas tembok : 44.8 – 2.3 – 0.96 = 41.54 m2.

Setelah mengetahui total volume pekerjaan, langkah selanjutnya dalam menghitung biaya pemasangan batako adalah dengan mengalikan luas tembok dengan harga per meter persegi yang telah ditentukan.

  • Biaya pasang batako : Luas tembok x Harga per meter.
  • Biaya pasang batako : 41.54 m2 x Rp 106.497 = Rp 4.423.885.

Jadi, berdasarkan data perhitungan di atas, total biaya yang dibutuhkan untuk membangun pagar batako setinggi 3.2 meter di dalam ruang kamar dengan ukuran 4 m x 3 m adalah sekitar Rp 4.423.885, atau dapat dibulatkan menjadi Rp 4.450.000. Kami menyarankan untuk memilih material berkualitas, meskipun HARGA BATAKO mungkin sedikit lebih tinggi.

Pemilihan material berkualitas ini dilakukan dengan tujuan agar konstruksi dan struktur bangunan yang menggunakan batako dapat memiliki kekokohan dan ketahanan yang optimal. Selain itu, dengan menggunakan bahan material yang berkualitas, pemilik rumah dapat menghemat biaya dalam jangka panjang karena kebutuhan perawatan dan perbaikan akan lebih minim.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan demikian, pembahasan mengenai “Cara Menghitung Biaya Pemasangan Batako” telah kami rangkum secara komprehensif.

Melalui langkah-langkah perhitungan yang terinci, diharapkan pembaca dapat memiliki panduan yang jelas ketika akan memulai proyek konstruksi menggunakan batako.

Semoga panduan ini membantu kalian dalam merencanakan dan mengestimasi biaya pemasangan batako dengan lebih akurat.

Dengan pemahaman yang baik mengenai setiap komponen biaya, diharapkan proyek konstruksi kalian dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang memuaskan. Selamat mengerjakan proyek kalian dan semoga berhasil!

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Cara Menghitung Biaya Pemasangan Batako: Material & Pekerja. Semoga artikel kami dapat bermafaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *