Harga Borongan Pasang Wallpaper

√ Harga Borongan Pasang Wallpaper Per Meter Terbaru Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Wallpaper Per Meter Terbaru Lengkap. Seperti yang sudah umum diketahui, wallpaper dinding memiliki perbedaan signifikan dengan cat tembok konvensional. Wallpaper dinding ini memiliki beragam motif, mulai dari bunga, fauna, animasi, hingga tumbuhan, yang membuatnya sangat beragam dalam pilihan desainnya.

Pemasangan wallpaper pada dasarnya dapat menciptakan kesan indah dan mempercantik setiap sisi bangunan. Yang menarik, proses pemasangan wallpaper terbilang cukup mudah, karena hanya memerlukan lem atau perekat khusus yang ditempelkan pada dinding rumah.

Di Indonesia, saat ini banyak pekerja borongan atau kontraktor yang menawarkan layanan pemasangan wallpaper dinding rumah. Namun, pasti ada ketentuan tarif atau upah pekerja borongan yang biasanya dihitung per meter persegi.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk memasang wallpaper di dinding rumah, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu berapa besar harga borongan yang dikenakan. Untuk membantu kalian, dalam artikel ini kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai besaran harga pemasangan wallpaper per meter persegi.

Apa Itu Wallpaper?

Dalam bahasa Indonesia, istilah “wallpaper” mengacu pada gambar latar belakang. Wallpaper umumnya digunakan pada perangkat gawai, laptop, atau sebagai elemen dekorasi dalam suatu ruangan. Perlu diperhatikan bahwa wallpaper yang digunakan pada perangkat gawai berbeda dengan wallpaper untuk dekorasi ruangan.

Secara sederhana, wallpaper dinding, yang sering disebut sebagai wallpaper rumah, adalah selembar kertas yang digunakan untuk menutup dan menghias dinding ruangan.

Wallpaper dinding bisa menjadi pilihan alternatif jika seseorang ingin mendekorasi ulang dinding rumah tanpa perlu melukis ulangnya.

Tersedia beragam motif wallpaper dinding yang dapat disesuaikan dengan tema dekorasi yang diinginkan oleh seseorang.

Jenis Wallpaper Dinding

Terdapat berbagai jenis wallpaper dinding yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan karakteristik dan kelebihan tersendiri:

1. Kertas

Wallpaper dinding berbahan kertas adalah salah satu yang paling umum. Motifnya sangat beragam, dan bahkan dapat dicetak sesuai selera pemilik rumah. Namun, karena mudah robek, pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati. Dinding yang bermasalah, seperti yang berjamur atau tidak rata, dapat membuat wallpaper bergelombang dan keriting.

2. Kain

Wallpaper dinding kertas yang terbuat dari serat kain memiliki tingkat ketahanan yang baik. Mereka memiliki tekstur yang sedikit lentur, bisa dicuci, dan tahan terhadap air. Namun, pilihan motif dan desainnya terbatas, dan pemasangannya memerlukan lem khusus.

3. Vinyl

Wallpaper dinding dari bahan Vinyl (serat plastik) populer karena tahan terhadap kelembaban dan jamur. Jenis ini cocok untuk digunakan di kamar mandi dan dapur. Perawatannya mudah, cukup dengan membersihkannya menggunakan cairan pembersih.

Baca Juga :   √ Mengenal Exhaust Dapur, Pengertian, Fungsi dan Pemasanganya

4. Serat Alami

Wallpaper dinding berbahan serat alami, seperti serat kayu yang menyerupai serat bambu, memberikan sentuhan klasik dan etnik. Teksturnya tebal dan kuat. Motifnya sering didominasi oleh warna-warna earth tone seperti coklat, abu-abu, putih, dan merah bata. Namun, wallpaper jenis ini mungkin agak sulit ditemukan di pasaran.

5. Foil

Wallpaper dinding foil memberikan efek mengkilap yang menciptakan kesan modern dan futuristik pada ruangan. Mereka dapat memberikan kesan luas dan terang pada ruangan kecil dengan minim cahaya. Namun, mereka rentan robek, memerlukan pemasangan oleh ahli, dan lebih cocok untuk dinding yang rata dan halus.

6. Fiberglass

Wallpaper dinding berjenis fiberglass cocok untuk dinding yang mudah berjamur, lembab, atau rentan terhadap panas. Terbuat dari serat kaca, mereka mudah dibersihkan dari minyak dan noda. Wallpaper ini memiliki kualitas yang baik dan dapat bertahan selama 10-15 tahun, meskipun harganya cenderung lebih tinggi.

7. Tiga Dimensi (3D)

Wallpaper dinding 3D terbuat dari bahan plastik yang tebal. Mereka menampilkan motif geometri, abstrak batu bata, dan motif kayu. Kelebihan utama wallpaper ini adalah efek tiga dimensinya yang memberikan kesan nyata dan cocok untuk semua jenis ruangan. Mereka juga lebih mudah ditemukan di pasaran.

Dengan berbagai pilihan ini, kalian dapat memilih wallpaper dinding yang paling sesuai dengan gaya dan kebutuhan dekorasi rumah kalian.

Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper

Hampir semua jenis material bahan bangunan tentu memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan tersendiri, termasuk wallpaper dinding. Oleh karena itu, sebagai pertimbangan sebelum membeli dan memasang wallpaper dinding, kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan:

  1. Tersedia dalam Beragam Motif: Wallpaper dinding menawarkan pilihan desain yang sangat luas, mulai dari motif klasik hingga yang sangat modern, sehingga kalian dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan gaya dekorasi rumah kalian.
  2. Mampu Menutupi Retakan Tembok: Wallpaper memiliki kemampuan untuk menyembunyikan retakan atau ketidaksempurnaan pada dinding, memberikan tampilan yang lebih mulus dan rapi.
  3. Proses Pemasangan Mudah: Proses pemasangan wallpaper dinding relatif mudah dan cepat, sehingga dapat menghemat waktu selama pekerjaan dekorasi.
  4. Mampu Membuat Rumah Tampak Lebih Mewah dan Elegan: Wallpaper dinding dapat memberikan kesan kemewahan dan elegan pada ruangan, menciptakan atmosfer yang berbeda dan menarik.
  5. Mudah Dibersihkan: Wallpaper dapat dibersihkan dengan mudah dengan hanya menggunakan lap lembap, sehingga memudahkan perawatan dan pemeliharaan.
  6. Lebih Praktis dan Efisien: Wallpaper adalah solusi praktis untuk merubah tampilan dinding rumah tanpa perlu melakukan pekerjaan pengecatan yang lebih rumit dan berantakan.

Kekurangan:

  1. Kurang Tahan Lama: Wallpaper cenderung memiliki umur pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan cat tembok, sehingga mungkin perlu diganti lebih sering.
  2. Harganya Cukup Mahal: Harga wallpaper dan biaya pemasangannya cenderung lebih tinggi daripada cat tembok, yang dapat menjadi faktor pembatas bagi sebagian orang.
  3. Mudah Mengalami Kerusakan atau Berjamur: Wallpaper dapat rentan terhadap kerusakan fisik dan berpotensi berjamur jika terkena kelembaban yang berlebihan.
  4. Bisa Menimbulkan Bekas pada Dinding Hunian: Ketika wallpaper harus dilepaskan atau diganti, hal ini dapat meninggalkan bekas pada dinding yang mungkin memerlukan perbaikan tambahan.
  5. Membutuhkan Perawatan Secara Rutin: Untuk menjaga penampilan yang baik, wallpaper memerlukan perawatan rutin, seperti membersihkan noda atau kerusakan yang mungkin terjadi.
Baca Juga :   √ Apa Itu Mebel? Fungsi dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Harga Borongan Pasang Wallpaper Per Meter

Sama seperti harga borongan pemasangan cat tekstur, tarif pemasangan wallpaper dinding juga cenderung bervariasi di berbagai daerah. Tentu saja, perbedaan harga borongan antar daerah ini memiliki alasannya, mengingat proses pemasangan wallpaper dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Beberapa faktor yang memengaruhi harga borongan pemasangan wallpaper mencakup kondisi pekerjaan, tingkat kompleksitas, dan risiko yang terlibat. Biasanya, para kontraktor menentukan harga borongan pemasangan wallpaper dengan kisaran mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per meter persegi.

Semakin rumit pekerjaan yang harus dilakukan, semakin tinggi tarif jasa kontraktor borongan. Harus diingat pula bahwa harga borongan ini hanya mencakup biaya tenaga kerja. Oleh karena itu, pemilik rumah perlu membeli material wallpaper dinding secara terpisah, entah itu di toko bangunan atau dari penyedia material terdekat.

Cara Menghitung Biaya Pasang Wallpaper

Telah dijelaskan secara rinci berbagai harga borongan pemasangan wallpaper per meter persegi untuk berbagai jenisnya di berbagai daerah. Setelah kalian memahaminya, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana menghitung biaya pemasangan wallpaper dinding dengan menggunakan jasa pekerja borongan.

Perhitungan pemasangan wallpaper serupa dengan metode perhitungan kebutuhan cat dinding, karena langkah pertama adalah menentukan luas bidang pekerjaannya. Agar kalian tidak perlu bertanya-tanya, berikut adalah panduan langkah demi langkah dalam menghitung biaya pemasangan wallpaper dinding.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama adalah menentukan luas dinding atau tembok rumah yang akan dihiasi dengan wallpaper. Sebagai contoh, jika kalian ingin memasang wallpaper kualitas stkalianr di salah satu dinding kamar tidur dengan panjang 4.5 meter dan tinggi 3.5 meter, perhitungannya akan seperti berikut:

Diketahui:

  • Panjang dinding: 4.5 meter.
  • Tinggi dinding: 3.5 meter.

Perhitungan:

  • Volume pekerjaan: Panjang x Tinggi dinding.
  • Volume pekerjaan: 4.5 meter x 3.5 meter = 15.75 meter persegi.

Biaya Pasang Wallpaper

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan wallpaper pada dinding kamar tidur berukuran 15.75 meter persegi dengan menggunakan jasa pekerja borongan. Cara perhitungannya sederhana, kalian hanya perlu mengalikan harga borongan pemasangan wallpaper per meter persegi dengan volume bidang pekerjaan.

  • Biaya pemasangan wallpaper: Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan wallpaper: 15.75 meter persegi x Rp 25.000 = Rp 393.750.

Jadi, total biaya pemasangan wallpaper kualitas stkalianr pada satu sisi dinding kamar dengan ukuran 4.5 meter x 3.5 meter, menggunakan jasa pekerja borongan, sekitar Rp 393.750 (dibulatkan menjadi Rp 394.000). Penting untuk diingat, biaya ini hanya mencakup ongkos tenaga kerja borongan dan belum termasuk biaya pembelian material wallpaper.

Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Mempercantik Rumah

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih wallpaper dinding agar pemasangannya sesuai dengan konsep ruangan dan tidak membuang-buang waktu atau uang. Berikut adalah beberapa poin penting:

Baca Juga :   √ Apa Itu Plint Lantai? Fungsi dan Jenis-Jenisnya Lengkap

  1. Sesuaikan Motif dengan Konsep Ruangan: Pertimbangkan konsep dan suasana yang ingin kalian ciptakan dalam ruangan. Jika kalian ingin menciptakan atmosfer yang hangat dan nyaman, pilih wallpaper dengan warna netral atau pastel. Selaras dengan itu, pilih motif yang tidak terlalu ramai agar ruangan tetap terlihat minimalis dan tidak terlalu ramai.
  2. Perhatikan Ukuran Ruangan: Sesuaikan pemasangan wallpaper dengan ukuran ruangan. Jika ruangan kalian cukup kecil, pertimbangkan untuk hanya memasang wallpaper di satu sisi dinding. Hal ini akan membantu ruangan terlihat lebih luas dan tidak terasa terlalu penuh karena motif wallpaper.
  3. Selaraskan dengan Dekorasi Lainnya: Pastikan bahwa motif wallpaper dinding kalian cocok dan berpadu dengan dekorasi lainnya dalam ruangan. Ini akan menciptakan kesan harmonis dan menghindari konflik motif yang dapat membuat ruangan terasa bingung.
  4. Perhatikan Pencahayaan Ruangan: Pilih wallpaper yang sesuai dengan pencahayaan ruangan. Jika kalian menginginkan suasana yang hangat, pertimbangkan wallpaper dengan tema earth tone atau minimalis. Sebaliknya, jika kalian ingin menciptakan ruangan yang lebih terang, pilih wallpaper dengan warna putih atau warna netral lainnya yang dapat memantulkan cahaya dengan baik.

Dengan mempertimbangkan jenis wallpaper, kelebihan, dan kekurangannya, kalian akan lebih mudah memilih motif wallpaper dinding yang paling sesuai dengan visi kalian untuk ruangan tersebut.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menjalani proses dekorasi ruangan dengan menggunakan wallpaper, pemahaman akan harga borongan pemasangan wallpaper sangatlah penting.

Dengan mengetahui besaran tarif, kalian dapat merencanakan anggaran secara lebih akurat. Setelah memahami jenis-jenis wallpaper dan faktor-faktor yang memengaruhi harga borongan, kalian dapat memilih motif yang sesuai dengan konsep ruangan kalian.

Dengan demikian, pengaplikasian wallpaper dinding tidak hanya akan mempercantik ruangan, tetapi juga akan mengikuti budget yang telah kalian siapkan.

Harga borongan pemasangan wallpaper memang bervariasi, namun dengan informasi yang tepat, kalian dapat membuat keputusan yang cerdas untuk mengubah ruangan menjadi lebih indah dan berkesan sesuai dengan keinginan kalian.
Harga borongan pasang wallpaper telah menjadi bagian penting dalam proses dekorasi, dan sekarang kalian siap untuk melangkah menuju ruangan yang kalian impikan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Wallpaper Per Meter Terbaru Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *