Apa Itu Roller Blind

√ Apa Itu Roller Blind? Fungsi, Jenis dan Cara Pengoprasianya

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Roller Blind? Fungsi, Jenis dan Cara Pengoprasianya. Apa yang terpikirkan oleh kalian ketika mendengar istilah “roller blind”? Meskipun mungkin tidak begitu dikenal oleh banyak orang, bentuknya telah umum digunakan di rumah dan kantor. Selain itu, roller blind memiliki berbagai jenis dan manfaat yang menarik.

Sebagian besar orang lebih akrab dengan istilah “kerai”. Namun, perlu dicatat bahwa kerai biasanya terbuat dari bambu, sedangkan roller blind terbuat dari berbagai jenis bahan kain dengan manfaat yang bervariasi. Ayo kita temukan lebih banyak informasi tentang tirai penutup modern ini sebelum menggunakannya.

Apa Itu Roller Blinds?

Roller Blinds memiliki bentuk serupa dengan kerai, namun perbedaannya terletak pada bahan pembuatannya; kerai terbuat dari bambu, sedangkan Roller Blinds terbuat dari kain atau plastik. Roller Blinds adalah tirai penutup jendela yang dapat dioperasikan dari bawah ke atas atau sebaliknya. Roller Blinds terdiri dari satu set kain atau plastik beserta casing-nya. Ada jenis Roller Blinds yang dapat dioperasikan secara otomatis dan masih ada yang menggunakan pengoperasian manual.

Untuk Roller Blinds yang dioperasikan secara manual, kalian dapat membuka atau menutupnya dengan menarik tali yang terhubung pada casing-nya. Sementara itu, untuk Roller Blinds yang sudah dilengkapi dengan teknologi modern, kalian hanya perlu menekan tombol pada remot yang terhubung langsung ke Roller Blinds untuk mengendalikannya.

Fungsi Roller Blinds

Fungsi utama dari roller blinds tidak hanya terbatas sebagai dekorasi jendela, melainkan juga menyediakan beberapa manfaat tambahan yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kepraktisan ruangan. Beberapa fungsi tambahan dari roller blinds antara lain:

  1. Menjadi Penghalang Masuknya Sinar Matahari:
    Ketika cuaca sedang terik pada siang hari, sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat mengganggu kenyamanan dan kejelasan aktivitas di dalamnya. Dengan roller blinds, kalian dapat mengontrol sejauh mana sinar matahari yang ingin masuk ke dalam ruangan dengan mudah. Ini membantu menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan berdaya guna.
  2. Elemen Dekorasi yang Beragam:
    Roller blinds tidak hanya berfungsi sebagai pelindung matahari, tetapi juga dapat dijadikan elemen dekorasi yang menarik. Dengan desain yang beragam, roller blinds dapat disesuaikan dengan tema dan gaya desain rumah kalian. Ini memberikan sentuhan estetika yang menyatu dengan interior ruangan.
  3. Membuat Ruangan Menjadi Gelap (Blackout):
    Roller blinds jenis blackout menjadi solusi efektif ketika kalian membutuhkan kegelapan total di dalam ruangan. Ini sangat bermanfaat untuk presentasi atau menonton film menggunakan LCD, di mana blok total cahaya dapat menciptakan suasana yang lebih fokus dan imersif.
  4. Mengurangi Panas dari Luar:
    Beberapa jenis roller blinds dilengkapi dengan bahan khusus yang mampu menolak panas dari luar ruangan. Ini membantu mengurangi pemanasan berlebih di dalam ruangan, menjaga suhu tetap nyaman, dan mengurangi kebutuhan penggunaan pendingin udara.
Baca Juga :   Ukuran Kusen Pintu Kupu Tarung Yang Tepat Untuk Rumah Minimalis!

Dengan berbagai fungsi ini, roller blinds tidak hanya menjadi solusi estetika untuk jendela, tetapi juga menyediakan solusi praktis untuk meningkatkan kenyamanan dan fungsionalitas ruangan.

Jenis-Jenis Roller Blind

Roller Blind adalah sebuah penutup jendela yang proses pengoperasiannya dilakukan dari bawah ke atas atau sebaliknya, berbeda dengan gorden biasa yang hanya digeser ke kanan atau ke kiri. Selain dapat dioperasikan secara manual, tirai modern ini juga dapat dengan mudah dibuka dan ditutup dari jarak jauh menggunakan remote control. Roller Blind dapat ditempatkan di dalam ruangan, di sekitar jendela, atau bahkan digunakan sebagai roller outdoor untuk area luar ruangan.

Berdasarkan fungsinya, terdapat tiga jenis Roller Blind yang dapat ditemui di pasaran, yaitu:

1. Roller Blind Blackout

Jenis pertama adalah Roller Blind Blackout yang dirancang khusus untuk melindungi ruangan dari cahaya matahari yang masuk melalui jendela. Dengan roller blind ini, pada siang hari, ketika lampu ruangan dimatikan, ruangan dapat menjadi gelap total, menciptakan suasana yang nyaman dan tenang. Bahkan pada malam hari, kegelapan yang dihasilkan oleh jenis ini memberikan ketenangan yang lebih dalam di dalam ruangan.

2. Sunscreen

Roller Blind jenis Sunscreen memiliki fungsi untuk meminimalisir intensitas cahaya matahari yang masuk melalui jendela. Meskipun ditutup, ruangan tetap terasa terang, namun sinar matahari yang menyilaukan dapat diminimalkan. Kelebihan lainnya, saat berada di dalam ruangan yang tertutup oleh Sunscreen, kamu masih bisa menikmati pemkalianngan luar ruangan tanpa harus mengorbankan privasi.

3. Translucent

Jenis ketiga adalah Roller Blind Translucent yang memiliki sifat tidak transparan, namun menawarkan beragam motif dekoratif. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga privasi penghuni ruangan sambil memberikan sedikit cahaya yang menyaring masuk. Roller Blind Translucent menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruangan, sambil tetap memungkinkan adanya pencahayaan alami yang lembut.

Dengan berbagai pilihan ini, Roller Blind memberikan solusi yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna, tidak hanya dalam hal fungsionalitas melainkan juga sebagai unsur dekoratif yang dapat meningkatkan estetika ruangan.

Baca Juga :   √ Pengertian Interior Kantor: Fungsi, Tujuan dan Unsurnya Lengkap

Jenis-Jenis Pengoperasian

Sebelumnya, kamu telah diperkenalkan dengan berbagai jenis yang tersedia di pasaran. Sekarang, sebaiknya kamu juga mengetahui bagaimana cara mengoperasikan roller blind.

1. Spring Flext Stop

Pengoperasian Roller Blind tipe Spring Flext Stop dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menarik bagian bandul yang terletak di bagian tengah bawah tirai. Cara ini tergolong sederhana, namun tetap memerlukan kehati-hatian agar bagian bandul tidak mudah terlepas. Kelebihannya, proses ini memberikan kontrol yang baik atas tingkat penutupan dan pembukaan roller blind.

2. Spring Chain

Untuk Roller Blind dengan sistem Spring Chain, pengoperasiannya juga sangat simpel. Cukup dengan menarik atau mengulur bagian rantainya, roller dapat diatur naik turun sesuai kebutuhan. Kepraktisan dalam penggunaannya membuat sistem ini menjadi pilihan yang efisien dan mudah digunakan sehari-hari.

3. Automatic

Sistem Automatic merupakan opsi yang lebih canggih karena telah dilengkapi dengan motor penggerak. Pengguna hanya perlu menekan tombol pada remote control untuk membuka, menutup, atau mengatur posisi roller blind. Keunggulan dari sistem ini adalah kemudahan dan kenyamanan dalam mengendalikan roller blind tanpa perlu melakukan pengoperasian secara manual.

4. One Touch

Sistem terakhir adalah One Touch, di mana proses pengoperasiannya masih menggunakan rantai secara manual. Namun, kelebihannya terletak pada kemudahan penggunaan; kalian hanya perlu menarik sedikit rantainya untuk menutup tirai, dan tirai akan bergerak dengan sendirinya setelah tarikan tersebut. Ini memberikan kenyamanan ekstra dalam penggunaan sehari-hari.

Dengan berbagai sistem pengoperasian ini, Roller Blind memberikan fleksibilitas dan pilihan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna, dari yang sederhana hingga yang lebih canggih.

Manfaat Menggunakan Roller Blind

Penggunaan roller blind memang umumnya lebih sering ditemui di lingkungan perkantoran. Meskipun begitu, saat ini penggunaan roller blind juga semakin populer di rumah-rumah dengan desain modern dan minimalis. Hal ini disebabkan oleh beragam manfaat yang dimiliki oleh roller blind, di antaranya:

  1. Mengontrol Sinar Matahari dan Menjaga Keberlanjutan Pendingin Ruangan:
    Fungsi utama roller blind adalah mengatur masuknya sinar matahari ke dalam ruangan melalui jendela. Dengan demikian, ruangan yang menggunakan roller blind cenderung lebih sejuk karena pengurangan panas yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain itu, ketika pendingin ruangan diaktifkan, roller blind membantu perangkat elektronik tersebut bekerja secara optimal, menghasilkan pendinginan ruangan lebih efisien dan cepat.
  2. Privasi yang Terjaga:
    Saat roller blind diturunkan, mereka berperan penting dalam menjaga privasi penghuni rumah. Hal ini memberikan rasa aman dan nyaman, karena aktivitas di dalam ruangan tidak dapat dengan mudah terlihat oleh orang luar yang lewat.
  3. Pencegahan Tindak Kriminal:
    Pemakaian roller blind juga berkontribusi dalam mengurangi risiko tindak kriminal. Dengan menjaga bagian dalam rumah tidak terlihat dari luar, roller blind secara tidak langsung mengurangi daya tarik bagi potensi pelaku kejahatan. Ini mencakup pengelihatan interior dan furnitur yang mungkin menarik perhatian.
  4. Perlindungan Furniture dari Paparan Sinar Matahari:
    Roller blind tidak hanya membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan, tetapi juga memberikan perlindungan pada furniture di dalam rumah dari potensi perubahan warna akibat paparan sinar matahari berlebihan dan terus-menerus. Ini dapat memperpanjang umur furniture dan menjaga kualitasnya.
  5. Unsur Dekorasi yang Menarik:
    Pemilihan motif dan warna yang tepat pada roller blind dapat menjadikannya sebagai unsur dekorasi rumah yang menarik. Dengan memilih warna dan motif yang sesuai dengan kebutuhan, roller blind tidak hanya berfungsi sebagai penutup jendela, tetapi juga dapat meningkatkan nilai estetika ruangan. Keserasian dengan elemen lain di rumah menjadi pertimbangan penting dalam memilih roller blind yang cocok.
Baca Juga :   √ Apa Itu Sketsel? Fungsi Serta Jenis-Jenisnya Lengkap

BACA JUGA :

Penutup

Dalam dunia desain interior dan penataan ruangan, istilah “Roller Blind” semakin menjadi perbincangan yang menarik.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Roller Blind? Roller Blind adalah jenis tirai penutup jendela yang kini semakin populer digunakan, tidak hanya di lingkungan perkantoran, tetapi juga di rumah-rumah dengan konsep modern dan minimalis.

Dalam artikel ini, kita telah melihat betapa beragam dan bermanfaatnya Roller Blind, dari menjaga privasi hingga melindungi furniture dari paparan sinar matahari.

Jadi, jika kalian masih bertanya-tanya, “Apa itu Roller Blind?” – jawabannya adalah sebuah inovasi dalam desain interior yang tidak hanya praktis tetapi juga dapat memberikan sentuhan gaya dan keindahan pada ruangan kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Roller Blind? Fungsi, Jenis dan Cara Pengoprasianya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *