Harga Borongan Plamir Tembok

√ Harga Borongan Plamir Tembok Per Meter Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Plamir Tembok Per Meter Terbaru. Banyak orang mungkin berpikir bahwa hanya dengan menggunakan cat yang tepat sudah cukup untuk mencapai hasil akhir yang sempurna. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, diperlukan lebih dari sekadar cat berkualitas, salah satunya adalah plamir.

Meskipun proses plamir tembok memerlukan waktu dan tenaga ekstra, namun jaminannya adalah dinding akan lebih terawat dan hasil pengecatan akan lebih sempurna. Plamir memiliki kemampuan untuk menutup celah atau pori pada tembok sehingga permukaannya menjadi lebih rata dan halus.

Di Indonesia, sudah banyak pemborong atau kontraktor yang menawarkan jasa plamir tembok rumah. Namun, setiap pekerja borongan biasanya memiliki ketentuan terkait tarif atau biaya pengerjaannya.

Umumnya, para pekerja borongan plamir tembok menetapkan upah berdasarkan perhitungan per meter persegi. Pada kesempatan ini, kita akan membahas secara detail mengenai daftar harga borongan plamir tembok per meter persegi, baik itu dengan atau tanpa menyertakan bahan material.

Pengertian & Fungsi Plamir Tembok

Sebelum membahas secara rinci mengenai biaya borongan plamir tembok, penting untuk memahami apa itu plamir dan fungsinya. Plamir tembok merupakan proses pelapisan tembok menggunakan material khusus sebelum melakukan pengecatan. Proses plamir tembok melibatkan penggunaan cairan putih yang terdiri dari kalsium, air, dan lem. Meskipun proses ini terbilang sedikit rumit, namun seringkali diabaikan oleh beberapa pengembang.

Fungsi plamir tembok mencakup beberapa aspek penting, di antaranya:

  1. Sebagai penutup celah atau pori-pori pada tembok: Plamir tembok mampu menutup celah atau pori-pori pada permukaan tembok, menciptakan dasar yang lebih solid untuk pengecatan.
  2. Dapat menutupi warna asli tembok: Plamir membantu menyamarkan warna asli tembok, sehingga hasil akhir pengecatan tampak lebih bersih dan seragam.
  3. Hasil pengecatan tembok menjadi lebih halus dan rata: Plamir menciptakan permukaan tembok yang lebih halus dan rata, meningkatkan kualitas estetika dari pengecatan.
  4. Mampu memaksimalkan warna cat: Plamir membantu memaksimalkan daya serap warna cat, sehingga warna yang diaplikasikan akan terlihat lebih cerah dan menarik.
  5. Warna cat dinding terlihat lebih seragam: Dengan penutupan pori-pori dan celah, plamir membantu menciptakan hasil pengecatan yang seragam dan konsisten.
  6. Meningkatkan daya tahan cat tembok: Penggunaan plamir dapat membantu cat tembok agar lebih tahan lama, melindungi tembok dari efek cuaca dan kerusakan seiring waktu.
Baca Juga :   √ Apa itu Lantai Tegel? Karakteristik, Kelebihan & Kekuranganya

Mengerti fungsi-fungsi tersebut dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang pentingnya proses plamir tembok sebelum melakukan pengecatan.

Kebutuhan Komponen Plamir Tembok

Dalam proses pengerjaan plamir tembok rumah, terdapat beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan, mulai dari kebutuhan bahan material hingga pekerja bangunannya. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, plamir merupakan cairan putih yang umumnya terbuat dari campuran beberapa bahan tertentu.

Berikut adalah sejumlah komponen yang diperlukan dalam pengerjaan plamir tembok, baik dari segi bahan material maupun tenaga kerja:

Bahan Material:

  1. Semen Putih: Digunakan sebagai dasar pembentukan plamir dan memberikan kekuatan pada lapisan tembok.
  2. Lem Putih PVAC: Berfungsi sebagai perekat untuk menciptakan campuran yang kohesif dan mudah diaplikasikan.
  3. Kalsium: Menjadi salah satu komponen penting untuk membentuk struktur plamir yang solid.
  4. Casting: Digunakan untuk memberikan tekstur dan kelembutan pada plamir.
  5. Air Bersih: Sebagai pelarut dan pengatur kekentalan plamir.

Tenaga Kerja:

  1. Pekerja: Melibatkan tenaga kerja umum yang terlibat dalam pengerjaan plamir, membantu dalam berbagai tahapan proses.
  2. Tukang Bangunan: Ahli dalam persiapan dan aplikasi plamir, memastikan bahwa campuran teraplikasi dengan baik.
  3. Kepala Tukang: Bertanggung jawab atas koordinasi dan pengawasan seluruh pekerjaan plamir, memastikan kualitas hasil akhir.
  4. Mandor: Memegang peran penting dalam mengatur dan mengawasi seluruh proyek pengerjaan plamir tembok.

Setiap komponen memiliki peran masing-masing untuk mencapai hasil plamir tembok yang berkualitas dan tahan lama. Dengan koordinasi yang baik antara bahan material dan tenaga kerja yang terampil, proses plamir tembok dapat berjalan lancar dan menghasilkan hasil akhir yang memuaskan.

Catatan : Komponen kepala tukang dan mandor bisa dihilangkan apabila pekerjaan plamir tembok rumah dalam skala kecil.

Material Plamir Tembok

Plamir adalah bahan campuran yang terdiri dari semen putih, lem putih PVAC, kalsium, casting, dan air. Beberapa bahan ini dicampurkan secara proporsional sesuai dengan pedoman yang berlaku untuk menghasilkan plamir berkualitas.

Baca Juga :   Apa itu Epoxy Lantai? Kelebiah dan Kekuranganya Serta Harga Boronganya

Pentingnya menjaga proporsi yang tepat dalam mencampurkan bahan-bahan tersebut karena jika dilakukan secara asal-asalan, hasilnya tidak akan optimal dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada warna cat. Oleh karena itu, proses pencampuran harus mematuhi takaran yang ditetapkan, yang disesuaikan dengan kebutuhan tembok yang akan dilapisi plamir. Dengan memperhatikan takaran yang benar, kualitas plamir dapat terjaga, sehingga menciptakan hasil akhir yang maksimal dan melindungi warna cat dari potensi kerusakan.

Harga Borongan Plamir Tembok Per Meter

Seperti halnya pada umumnya harga borongan konstruksi, harga borongan plamir tembok rumah juga dapat bervariasi di berbagai daerah. Faktor-faktor tertentu mempengaruhi besarnya harga borongan, termasuk kondisi atau lokasi proyek, tingkat kompleksitas plamir, dan risiko pengerjaannya.

Kontraktor atau pemborong biasanya menyediakan dua jenis layanan pengerjaan, yaitu borongan non material dan borongan plus material. Harga borongan plamir tembok non material biasanya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per meter persegi.

Sementara itu, harga borongan plamir tembok plus material sedikit lebih tinggi, mencapai sekitar Rp 50.000 hingga Rp 65.000 per meter persegi. Perlu diingat kembali bahwa besaran biaya jasa borongan ini dapat berbeda di berbagai wilayah atau daerah, bergantung pada kondisi pasar dan faktor-faktor lokal lainnya.

Cara Menghitung Biaya Plamir Tembok

Sudah dijelaskan secara rinci mengenai daftar harga borongan plamir tembok rumah per meter persegi, baik untuk tenaga kerja saja maupun borongan plus material. Selanjutnya, penting bagi kalian untuk memahami langkah-langkah dalam menghitung biaya plamir tembok.

Sebenarnya, perhitungan biaya plamir tembok dengan menggunakan pekerja borongan hampir mirip dengan perhitungan borongan cat tembok. Agar lebih jelas, mari perhatikan dengan seksama pembahasan perhitungan biayanya di bawah ini.

Volume Pekerjaan Plamir

Langkah awal yang perlu kalian lakukan adalah menentukan luas atau volume tembok yang akan mendapat lapisan plamir. Sebagai contoh, jika kalian berencana melakukan plamir dengan menggunakan pekerja borongan plus material pada salah satu sisi tembok ruang tamu berukuran 6 m x 4 m, berikut adalah tata cara perhitungannya.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Granit Per Meter Semua Ukuran

Diketahui :

  • Panjang tembok : 6 meter.
  • Tinggi tembok : 4 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan tembok : Panjang x tinggi.
  • Volume pekerjaan tembok : 6 m x 4 m = 24 m2.

Biaya Plamir Tembok

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya plamir tembok dengan menggunakan pekerja borongan. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengalikan volume pekerjaan tembok dengan harga borongan plamir tembok plus material per meter persegi.

  • Biaya plamir : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya plamir : 24 m2 x Rp 50.000 = Rp 1.200.000.

Jadi, jumlah biaya yang harus kalian siapkan untuk melapisi tembok berukuran 6 m x 4 m dengan plamir menggunakan pekerja borongan plus material adalah sekitar Rp 1.200.000. Penting untuk diingat bahwa jumlah biaya tersebut sudah mencakup upah pekerja borongan dan biaya pembelian bahan material plamir.

Baca Juga :

Penutup

Dengan membahas secara mendalam mengenai harga borongan plamir tembok, kita dapat menyimpulkan bahwa pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi besaran biaya sangat penting.

Setiap langkah, baik itu menentukan jenis plamir yang digunakan, menghitung luas tembok, hingga perhitungan biaya, merupakan bagian integral dari proses pengerjaan plamir.

Dalam merencanakan dan melaksanakan proyek plamir tembok, keseimbangan antara kualitas dan biaya menjadi kunci.

Dengan begitu, rumah yang kalian impikan dapat dihasilkan dengan hasil plamir yang memukau tanpa harus menguras anggaran.

Sebagai penutup, selamat melangkah dalam merancang tata ruang rumah kalian dengan penuh perhitungan dan kebijaksanaan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Plamir Tembok Per Meter Terbaru. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *