Harga Borongan Pasang Plafon Kayu

√ Harga Borongan Pasang Plafon Kayu: Tenaga & Bahan

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Plafon Kayu: Tenaga & Bahan. Dari berbagai jenis bahan material pembuatan plafon, kayu atau lambersering masih tetap diminati oleh sebagian besar orang hingga saat ini. Pilihan ini tidak tanpa alasan, karena plafon kayu memiliki kemampuan untuk memberikan kesan yang unik pada langit-langit bangunan, baik itu rumah tinggal maupun gedung perkantoran.

Plafon kayu juga dapat dijadikan alternatif menarik sebagai pengganti plafon gypsum atau jenis lain yang biasanya memiliki tampilan yang monoton. Tidak hanya itu, saat ini telah banyak pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan plafon kayu, baik hanya untuk tenaga kerja maupun paket borongan termasuk material.

Dalam konteks pemasangan plafon kayu di rumah, biasanya pemborong menetapkan harga atau tarif pekerjaan per meter persegi. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi pemilik rumah karena biaya pekerjaan borongan cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan sistem harian.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk memasang plafon kayu di rumah menggunakan jasa pekerja borongan, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu besaran harga yang diterapkan. Dalam pembahasan ini, kami akan menjelaskan secara rinci mengenai harga borongan pemasangan plafon kayu untuk semua jenis per meter persegi.

Mengenal Plafon Kayu

Plafon kayu umumnya dikenal sebagai Lumber Ceiling atau sering disebut lambersering. Plafon sendiri merupakan jenis penutup yang digunakan untuk bagian atas atau atap.

Plafon kayu memiliki berbagai jenis bahan yang dapat digunakan, namun penting untuk mengenal Plafon kayu yang banyak digunakan dalam era saat ini.

Secara umum, plafon kayu digunakan di ruangan yang ingin menciptakan kesan hangat, seperti atap di ruang tamu atau bahkan sebagai penutup dinding rumah untuk meningkatkan tingkat kenyamanan dan estetika.

Bagi kalian yang ingin memiliki dan memasang Plafon kayu dengan kualitas terbaik, kalian berada di tempat yang tepat. Kami, sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri dalam bidang Kayu, siap membantu kalian dalam proses pemasangan Plafon dan Lambersering.

Jenis-Jenis Plafon Kayu

Sebagaimana kita ketahui, plafon atau langit-langit rumah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan atmosfer suatu ruangan dan berkontribusi pada kenyamanan penghuninya. Oleh karena itu, pemilihan model plafon yang tepat menjadi langkah krusial agar hasil akhir sesuai dengan keinginan dan menciptakan suasana yang diinginkan.

Baca Juga :   √ Biaya Pasang Plafon GRC Per Meter: Kebutuhan Material & Upah

Di Indonesia, terdapat beragam jenis kayu yang kini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan plafon rumah. Beberapa jenis kayu tersebut mencakup:

  1. Kayu Jati: Dikenal akan kekuatan dan keindahannya, kayu jati sering menjadi pilihan unggul untuk plafon rumah.
  2. Kayu Merbau: Memiliki kepadatan tinggi dan daya tahan yang baik, kayu merbau cocok untuk plafon yang tahan lama.
  3. Kayu Bengkirai: Kayu ini tahan terhadap serangan hama dan cuaca ekstrem, menjadikannya pilihan yang baik untuk plafon outdoor.
  4. Kayu Keruing: Terkenal karena kekuatan dan keawetannya, kayu keruing sering digunakan untuk plafon di daerah dengan kondisi cuaca ekstrem.
  5. Kayu Agathis: Kayu ringan dengan serat yang indah, cocok untuk menciptakan plafon dengan tampilan elegan.
  6. Kayu Ulin: Kayu ulin memiliki daya tahan tinggi terhadap air, membuatnya ideal untuk plafon di area yang rentan terhadap kelembaban.
  7. Kayu Kumea: Kayu Kumea memiliki warna yang menarik dan sering digunakan untuk memberikan sentuhan estetika pada plafon rumah.
  8. Kayu Momala: Dikenal karena tekstur dan pola yang unik, kayu momala sering dipilih untuk menciptakan plafon yang artistik.

Dengan beragam pilihan ini, pemilik rumah dapat memilih jenis kayu yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka untuk menciptakan plafon yang indah dan berfungsi secara optimal.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Kayu

Saat memilih untuk menggunakan kayu sebagai material plafon rumah, tentu saja ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Mengetahui karakteristik plafon kayu menjadi langkah preventif yang penting.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai harga borongan pemasangan plafon kayu per meter, penting untuk memahami beberapa keunggulan dan kelemahannya terlebih dahulu. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan plafon kayu.

Kelebihan:

  1. Memberikan Kesam Natural: Plafon kayu memiliki kemampuan unik untuk memberikan kesan alami dan hangat pada sebuah ruangan, menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan bersahaja.
  2. Proses Pemasangan Mudah: Proses pemasangan plafon kayu tergolong mudah, sehingga memungkinkan penyelesaian proyek dengan cepat dan efisien.
  3. Akustik yang Baik: Plafon kayu termasuk dalam kategori material akustik yang baik, mampu meredam kebisingan dan menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan nyaman.
  4. Kesan Mewah: Penggunaan plafon kayu mampu memberikan kesan mewah pada ruangan, meningkatkan nilai estetika dan citra keseluruhan interior.
  5. Fleksibilitas Aplikasi: Plafon kayu dapat diaplikasikan di berbagai jenis ruangan, baik di rumah tinggal, perkantoran, atau ruang publik lainnya, memberikan fleksibilitas dalam desain interior.
  6. Redaman Suhu yang Baik: Keberadaan plafon kayu dapat membantu meredam suhu ruangan dengan baik, menjadikannya pilihan yang cocok untuk menciptakan kesejukan atau kenyamanan termal.
Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Plafon Kalsiboard Per Meter Terbaru

Kekurangan:

  1. Rawan Berjamur: Plafon kayu memiliki kecenderungan untuk menjadi tempat tumbuhnya jamur, terutama jika terpapar kelembaban tinggi atau kurang ventilasi.
  2. Tidak Tahan Terhadap Api: Salah satu kelemahan plafon kayu adalah ketidakmampuannya untuk tahan terhadap api dengan baik, sehingga perlu perhatian ekstra terhadap faktor keamanan.
  3. Proses Pengerjaan Lama: Proses pengerjaan plafon kayu membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan beberapa material lainnya, terutama jika desain atau pola yang rumit.
  4. Harga Material Lebih Mahal: Harga material plafon kayu cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa alternatif lainnya, sehingga perlu dipertimbangkan dalam perencanaan anggaran proyek.

Harga Borongan Pasang Plafon Kayu Per Meter

Mirip dengan harga borongan pemasangan plafon Kalsiboard, tarif untuk jasa pemasangan plafon kayu juga dapat bervariasi di berbagai wilayah. Perbedaan harga borongan tersebut disebabkan oleh faktor-faktor seperti kondisi proyek, tingkat kompleksitas, dan risiko pemasangan.

Harga borongan untuk pemasangan plafon kayu hanya untuk tenaga kerja biasanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per meter persegi. Namun, harga ini belum termasuk biaya untuk pekerjaan finishing seperti pengecatan dan tahapan lainnya.

Sementara itu, harga borongan untuk pemasangan plafon kayu beserta materialnya biasanya sedikit lebih tinggi. Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut adalah daftar harga borongan pemasangan plafon kayu untuk berbagai jenis, diukur per meter persegi, mencakup harga produk dan biaya jasa pemasangan.

Harga Plafon Kayu

JenisUkuranHarga / M2
Plafon Kayu Agathis1.1/1 x 9 x 100 cmRp190,000
Plafon Kayu Keruing1.1/1 x 9 x 100 cmRp260,000
Plafon Kayu Kumea1.1/1 x 9 x 100 cmRp295,000
Plafon Kayu Bengkirai1.1/1 x 9 x 100 cmRp360,000
Plafon Kayu Ulin1.1/1 x 9 x 100 cmRp450,000

Harga Pasang Plafon Kayu

KeteranganHarga / M2
Pemasangan Menggunakan Finishing Latsur EksteriorRp170,000
Pemasangan Menggunakan Bahan Melamik Standar Impra Metode SprayerRp200,000
Pemasangan Adu ManisRp80,000
Pemasangan ProfilRp20,000
Pembuatan Lubang LampuRp15,000

Tarif pemasangan plafon kayu secara keseluruhan di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, bergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh pemborong atau kontraktor.

Cara Menghitung Borongan Pasang Plafon Kayu

Setelah mengetahui harga borongan pemasangan plafon kayu untuk berbagai jenis per meter persegi, langkah berikutnya adalah memahami bagaimana menghitung anggaran biaya pengerjaannya. Pada dasarnya, perhitungan biaya pemasangan plafon kayu hampir serupa dengan perhitungan biaya pemasangan plafon triplek.

Hal ini karena pada akhirnya, kalian perlu mengidentifikasi luas atau volume bidang pekerjaan atap rumah terlebih dahulu. Tanpa membuang waktu lebih lama, mari kita langsung perhatikan dengan saksama tata cara menghitung anggaran biaya untuk pekerjaan borongan pemasangan plafon kayu berikut ini.

Baca Juga :   √ Apa Itu Desain Mezzanine? Fungsi, Kelebihan & Kekuranganya

Volume Plafon Rumah

Langkah awal dalam menghitung biaya pemasangan plafon kayu adalah menentukan luas atau volume bidang pekerjaannya. Sebagai ilustrasi, jika kalian hendak memasang plafon kayu Bengkirai dengan lapisan finishing latsur eksterior di ruang tamu berukuran 6,5 m x 5 m dengan menggunakan pekerja borongan, langkah-langkah perhitungannya akan sebagai berikut:

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 6.5 m.
  • Lebar ruangan : 5 m.

Perhitungan :

  • Volume plafon rumah : Panjang x Lebar.
  • Volume plafon rumah : 6.5 m x 5 m = 32.5 m2.

Biaya Pasang Plafon

Langkah selanjutnya adalah menghitung total anggaran biaya yang harus disiapkan untuk pemasangan plafon kayu Bengkirai dengan lapisan finishing latsur eksterior di ruangan seluas 32,5 meter persegi dengan menggunakan pekerja borongan. Cara perhitungannya adalah dengan mengalikan harga borongan pemasangan plafon kayu dengan luas bidang pekerjaan tersebut.

Diketahui :

  • Volume pekerjaan : 32.5 m2.
  • Harga plafon kayu Bengkirai : Rp 360.000.
  • Harga borongan pemasangan : Rp 170.000.

Perhitungan :

  • Biaya pemasangan : Volume pekerjaan x (Harga plafon kayu Bengkirai + Harga pemasangan).
  • Biaya pemasangan : 32.5 m2 x (Rp 360.000 + Rp 170.000).
  • Biaya pemasangan : 32.5 m2 x Rp 530.000 = Rp 17.225.000.

Berdasarkan hasil perhitungan di atas, total biaya yang harus dipersiapkan untuk pemasangan plafon kayu Bengkirai dengan lapisan finishing latsur eksterior di ruangan berukuran 6,5 m x 5 m menggunakan jasa pekerja borongan adalah kira-kira Rp 17.225.000. Penting untuk diingat bahwa dalam anggaran tersebut sudah termasuk biaya pembelian produk plafon kayu Bengkirai dan ongkos jasa pemasangannya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menutup artikel ini yang membahas tentang “Harga Borongan Pasang Plafon Kayu,” kita dapat menyimpulkan bahwa pemilihan plafon kayu tidak hanya memperhatikan aspek estetika, tetapi juga mempertimbangkan anggaran biaya pemasangan.

Dengan mengetahui jenis-jenis plafon kayu beserta harga borongannya, pemilik rumah dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dalam merencanakan proyek interior mereka.

Dengan adanya pemahaman tentang proses pengerjaan, kelebihan, dan kekurangan plafon kayu, serta cara menghitung anggaran biaya, diharapkan pembaca dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Semoga artikel finoo.id ini memberikan wawasan yang berguna bagi kalian yang tengah mempertimbangkan untuk mengaplikasikan plafon kayu di ruang interior rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *