Biaya Pasang Plafon GRC

√ Biaya Pasang Plafon GRC Per Meter: Kebutuhan Material & Upah

Posted on

Finoo.id – √ Biaya Pasang Plafon GRC Per Meter: Kebutuhan Material & Upah. Mungkin sebagian besar dari Anda telah mengetahui bahwa fungsi langit-langit rumah adalah untuk melindungi hunian dari debu dan berbagai kotoran pada kerangka atap. Di Indonesia, kini telah tersedia berbagai jenis plafon dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Dari banyak jenis plafon yang ada, salah satu bahan material yang sering digunakan untuk membuat langit-langit rumah adalah plafon jenis GRC Board. GRC sendiri merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement, di mana material ini terbuat dari campuran bahan semen dan serat.

Plafon GRC hadir dengan cetakan yang kuat, tahan bocor, sulit rusak, tahan terhadap serangan rayap, dan ramah lingkungan. Yang menarik, perawatan plafon GRC juga tidak rumit dan relatif mudah dibersihkan, sehingga dapat menghemat biaya perbaikan.

Jika di antara Anda berencana menggunakan GRC sebagai material plafon, sebaiknya hitung terlebih dahulu berapa besar biaya pemasangannya. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pemasangan plafon GRC per meter untuk semua jenis dan ukurannya.

Mengenal GRC Board

Glassfiber Reinforce Concrete, atau yang sering dikenal di Indonesia sebagai GRC Board atau papan GRC, merupakan kepanjangan dari istilah tersebut. GRC Board adalah merek papan semen yang terbuat dari campuran serat kaca dan semen.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, GRC saat ini mengalami banyak pembaruan baik dari segi kualitas maupun fungsinya. Sebelumnya, pengguna GRC menghadapi masalah berat bobot, tetapi sekarang GRC Board hadir dengan bobot yang lebih ringan serta kemampuan lebih baik dalam menahan air dan api.

Penggunaan GRC untuk Plafon

Meskipun saat ini telah ada beberapa bahan sebagai alternatif untuk menggantikan GRC sebagai bagian dari langit-langit rumah, sebagian masyarakat yang ingin menghemat biaya pemasangan plafon masih mempertimbangkan GRC sebagai solusi. Dalam penawaran kami, Harga Borongan Pasang Plafon PVC menawarkan berbagai jenis motif, mulai dari motif bahan kayu yang terlihat alami hingga warna-warna dan desain unik.

Meski demikian, GRC juga tidak kalah dalam hal motif jika dibandingkan dengan Plafon PVC. GRC menawarkan motif kayu yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Keunggulan bahan ini terletak pada tampilannya yang lebih alami karena memiliki tonjolan motif.

Namun, untuk mencapai tampilan yang alami dan mirip kayu, plafon GRC perlu dilakukan pengecatan dengan bahan cat politur.

Meskipun Harga Borongan Pasang Plafon GRC mungkin lebih tinggi daripada Harga Pasang Gypsum, namun untuk masalah kelembaban, plafon gypsum memiliki kelemahan yang tidak dapat diabaikan, yaitu rentan terhadap jamur ketika terus-menerus dalam keadaan lembab.

Baca Juga :   √ Ukuran Meja Kerja Paling Ideal Agar Tetap Nyaman

Oleh karena itu, pemilihan bahan untuk konstruksi plafon ini sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan anggaran Anda sebagai konsumen. Kami menyarankan untuk area seperti plafon kamar mandi yang sering terpapar kelembaban, dapat dipertimbangkan untuk menggunakan GRC atau PVC karena keduanya lebih tahan terhadap kelembaban.

Ukuran Standar Plafon GRC

Seperti yang diketahui, ukuran plafon GRC yang tersedia di pasaran memiliki variasi yang cukup luas, mencakup panjang, lebar, dan ketebalannya. Oleh karena itu, sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya pemasangan plafon GRC, penting untuk memahami ukuran standar plafon GRC terlebih dahulu.

Secara umum, material GRC yang digunakan dalam konstruksi plafon biasanya memiliki ukuran 60 cm x 120 cm dan 122 cm x 244 cm. Ketebalannya dapat disesuaikan dengan preferensi pemilik rumah, baik menggunakan plafon GRC berketebalan 3 mm, 4 mm, atau 5 mm.

Adapun rangka plafon GRC juga dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah, baik menggunakan kaso atau besi hollow. Jika belum familiar dengan cara menghitung kebutuhannya, Anda dapat merujuk pada PERHITUNGAN VOLUME RANGKA PLAFON HOLLOW terlebih dahulu.

Biaya Pasang Plafon GRC

Secara umum, perhitungan biaya pemasangan plafon GRC per meter hampir mirip dengan BIAYA PEMASANGAN PLAFON TRIPLEK. Hal ini karena Anda perlu menghitung volume atau luas pekerjaan, mengestimasi biaya pembelian bahan material, dan menghitung upah para pekerja.

Untuk menghitung volume pekerjaan, Anda dapat menggunakan rumus luas ruangan, yakni mengalikan panjang dengan lebar ruangan. Agar lebih jelas, di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci perhitungan biaya pemasangan plafon GRC per meter.

Volume Pekerjaan

Langkah awal adalah menghitung luas atau volume bidang pekerjaan untuk pemasangan plafon GRC. Sebagai contoh, jika Anda ingin memasang plafon GRC di ruang tamu dengan panjang 5 meter dan lebar 5 meter, cara menghitung volume pekerjaannya adalah sebagai berikut.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 5 meter.
  • Lebar ruangan : 5 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan : 5 m x 5 m = 25 m2.

Oleh karena itu, total volume pekerjaan pemasangan plafon di ruangan dengan panjang 5 meter dan lebar 5 meter adalah 25 meter persegi.

Kebutuhan Plafon GRC

Langkah berikutnya adalah menghitung total kebutuhan material plafon GRC. Jika Anda menggunakan plafon GRC dengan ukuran 122 cm x 244 cm, berikut adalah rincian perhitungan kebutuhan material plafon GRC untuk ruangan seluas 25 meter persegi.

  • Luas plafon GRC : 122 cm x 244 cm = 29.768 cm2 (2.9768 m2).
  • Kebutuhan plafon GRC : Luas ruangan ÷ luas plafon GRC.
  • Kebutuhan plafon GRC : 25 m2 ÷ 2.9768 m2 = 8.398 buah.

Dari data perhitungan di atas, total kebutuhan material plafon GRC untuk ruangan seluas 25 meter persegi adalah 8.398 buah, atau dibulatkan menjadi 9 buah. Jika kita asumsikan HARGA PLAFON GRC saat ini adalah Rp 60.000 per buah, maka total biaya pembelian bahan materialnya adalah 9 x Rp 60.000 = Rp 540.000.

Baca Juga :   √ Apa Itu Engsel Sendok? Jenis dan Hal Yang Harus Diketahui

Ongkos Pekerja

Selain menghitung biaya pembelian plafon GRC, Anda juga perlu menghitung besarnya ongkos para tukang pemasangannya. Saat ini di Indonesia, terdapat dua jenis tukang, yaitu tukang dengan sistem harian dan tukang dengan sistem borongan atau pemborong.

Kami menyarankan untuk memilih tukang dengan sistem borongan saat hendak memilih pembangunannya. Hal ini tidak tanpa alasan, karena HARGA BORONGAN PASANG PLAFON diklaim lebih ekonomis dibandingkan dengan upah pekerja sistem harian.

Untuk menghitung total upah pekerja borongan dalam pemasangan plafon GRC, cari tahu terlebih dahulu tarif per meter. Sebagai contoh, jika harga borongan pasang plafon GRC adalah Rp 160.000 per meter, maka Anda perlu menyediakan anggaran sekitar Rp 160.000 x 25 meter = Rp 4.000.000.

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa total biaya pemasangan plafon GRC mulai dari pembelian material hingga ongkos tukang adalah sekitar Rp 540.000 + Rp 4.000.000 = Rp 4.540.000. Perlu diingat, biaya ini belum termasuk biaya pembelian rangka plafon hollow sebagai struktur penahan.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap bahan material bangunan memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, termasuk plafon GRC. Sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda membelinya, berikut adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan dari plafon GRC.

Kelebihan:

  1. Tahan Air: Plafon GRC memiliki keunggulan tahan air, sehingga cocok untuk ruangan yang rentan terhadap kelembapan.
  2. Tahan Terhadap Api: Sifat tahan api plafon GRC membuatnya menjadi pilihan yang aman di dalam bangunan.
  3. Sifat Lentur: Plafon GRC memiliki sifat lentur yang memudahkan dalam penyesuaian bentuk sesuai kebutuhan desain ruangan.
  4. Proses Pemasangan Cepat: Proses pemasangan plafon GRC relatif cepat, memungkinkan penyelesaian proyek dengan efisiensi waktu.
  5. Tahan Lama: Plafon GRC memiliki umur pakai yang lama, bahkan bisa mencapai 25 tahun, memberikan nilai investasi jangka panjang.
  6. Harga Terjangkau: Harganya yang terjangkau membuat plafon GRC menjadi pilihan ekonomis untuk kebutuhan konstruksi.
  7. Ramah Lingkungan: Material GRC ramah terhadap lingkungan karena dapat didaur ulang dan memiliki jejak karbon yang rendah.
  8. Tahan Terhadap Cuaca, Kelembapan, serta Panas: Plafon GRC dapat menahan pengaruh cuaca eksternal, kelembapan, dan suhu panas.
  9. Permukaan Halus: Permukaan halus plafon GRC memberikan tampilan estetis yang menarik.
  10. Mudah Finishing: Plafon GRC mudah di-finishing, memungkinkan variasi penampilan sesuai dengan preferensi.

Kekurangan:

  1. Pembuatan Melalui Pabrik: Pembuatan plafon GRC harus melalui pabrik karena membutuhkan tingkat presisi yang tinggi.
  2. Bentuk Tidak Customizable: Bentuk plafon GRC tidak dapat dibuat sesuai pesanan atau custom, harus dipesan dalam jumlah tertentu.
  3. Baut Sulit dihindari: Tekstur padat GRC membuat sulit menghindari baut, yang mungkin menjadi pertimbangan estetis.

Tips Memilih Plafon GRC

Di atas, kami telah menjelaskan secara komprehensif mengenai perhitungan rincian biaya pemasangan plafon GRC per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Agar plafon GRC dapat memiliki daya tahan yang lama, berikut beberapa tips memilih plafon GRC berkualitas:

Baca Juga :   Mengapa Memilih Plafon GRC? Berikut Kelebihan & Kekuranganya

  1. Cari Produsen atau Supplier Terkemuka:
    Pastikan memilih produsen atau supplier GRC yang sudah memiliki reputasi terkenal di industri tersebut. Ulas reputasi mereka dan tinjau ulasan pelanggan sebelum membuat keputusan.
  2. Survei Langsung ke Produsen GRC:
    Melakukan survei langsung ke pabrik produsen GRC adalah langkah yang baik. Dengan melihat produk secara langsung, Anda dapat memastikan kualitas dan standar produksinya.
  3. Tanyakan Tentang Kualitas Material:
    Ajukan pertanyaan terkait bahan material yang digunakan. Pastikan bahwa GRC yang digunakan merupakan campuran berkualitas tinggi dan memiliki ketahanan terhadap faktor lingkungan seperti air dan panas.
  4. Perhatikan Tingkat Proporsional Produk:
    Pastikan bahwa tingkat proporsional produk GRC sesuai dengan desain yang diinginkan. Hal ini akan memastikan bahwa plafon terpasang dengan rapi dan estetis.
  5. Perhatikan Tingkat Kerapian dan Kehalusan Permukaan:
    Tinjau tingkat kerapian dan kehalusan pada permukaan produk. Plafon GRC yang berkualitas biasanya memiliki permukaan yang halus dan rapi, memberikan kesan visual yang menarik.
  6. Pilih Produk dengan Masa Garansi:
    Sebagai jaminan kualitas, pilihlah produk plafon GRC yang disertai dengan masa garansi. Garansi dapat memberikan kepercayaan tambahan terhadap kualitas dan daya tahan produk.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa plafon GRC yang Anda pilih memiliki kualitas yang optimal dan dapat memberikan performa yang baik dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, membahas Biaya Pasang Plafon GRC Per Meter menjadi langkah yang sangat penting dalam perencanaan konstruksi.

Dengan memahami rincian biaya secara detil, Anda dapat mengelola anggaran dengan lebih efektif dan memastikan keberhasilan proyek.

Setiap aspek perhitungan, dari pembelian material hingga upah tukang, memegang peranan penting dalam menentukan total biaya pemasangan plafon GRC.

Selain itu, kualitas plafon GRC juga merupakan faktor kunci untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dengan mengikuti tips dalam pemilihan plafon GRC berkualitas, Anda dapat menjamin ketahanan, keindahan, dan kenyamanan dalam ruangan Anda.

Dengan begitu, pemilihan dan perhitungan biaya pasang plafon GRC per meter tidak hanya sekadar kebutuhan teknis, tetapi juga investasi untuk jangka panjang.

Semoga informasi artikel finoo.id ini bermanfaat dalam mendukung keputusan Anda terkait konstruksi plafon GRC untuk rumah atau bangunan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *