Mengapa Memilih Plafon GRC

Mengapa Memilih Plafon GRC? Berikut Kelebihan & Kekuranganya

Posted on

Finoo.id – Mengapa Memilih Plafon GRC? Berikut Kelebihan & Kekuranganya. Plafon berfungsi sebagai penutup bagian langit-langit rumah yang memberikan kesan lebih rapi. Seiring dengan perkembangannya, plafon kini memiliki nilai estetik yang turut menambah keindahan interior rumah. Salah satu jenis material yang banyak digunakan untuk plafon adalah GRC. Terdapat berbagai model plafon GRC yang unik dan menarik.

Singkatan GRC sendiri merujuk pada Glassfiber Reinforced Cement. Bahan ini merupakan hasil campuran antara semen dan serat.

Kelebihan permukaan GRC adalah kehalusan yang melebihi gypsum. Dari segi karakteristik, GRC memiliki kesamaan dengan eternit.

Pengertian Plafon GRC

GRC adalah singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement, merupakan jenis plafon yang terbuat dari campuran semen dan serat. Ketika dilihat sekilas, plafon GRC memiliki bahan dasar yang mirip dengan beton, tetapi memiliki bobot yang lebih ringan. Sama seperti konstruksi beton yang diperkuat dengan tulang baja di dalamnya, plafon GRC menggunakan serat glass fiber sebagai penguatnya.

Beberapa orang mungkin mengira plafon GRC sama dengan gypsum. Namun, sebenarnya keduanya memiliki karakteristik yang berbeda.

Papan semen fiberglass ringan ini memiliki ketahanan terhadap kelembaban sehingga tidak mudah lapuk. Secara umum, komposisinya terdiri dari serat kaca berdaya tahan tinggi dan tahan terhadap alkali, serta campuran semen dan bahan serupa dengan beton.

Berdasarkan beberapa sumber, plafon ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1960-an sebagai alternatif untuk beton yang diperkuat dengan Steel Reinforced Concrete. Awalnya, GRC digunakan sebagai lapisan eksterior. Namun, seiring berjalannya waktu, bahan ini dapat diolah menjadi berbagai jenis produk arsitektur yang memiliki berbagai kegunaan dalam pembangunan. Salah satunya adalah plafon GRC.

Model Plafon GRC Untuk Rumah

1. Plafon GRC Motif Kayu

Pilihan yang paling tepat untuk melengkapi konsep interior rumah minimalis adalah plafon GRC motif kayu. Selain terlihat sederhana dan bersih, plafon ini memberikan kesan luas dan lapang pada ruangan.

2. Desain Simpel

Tetap memikat, desain minimalis tak pernah usang. Meski tampilannya sederhana, desain ini mampu memikat hati.

Plafon dibentuk dalam bentuk persegi panjang atau disesuaikan dengan bentuk ruangan, dengan sentuhan tumpukan di bagian tengahnya.

Baca Juga :   √ Apa Itu Kalsiboard? Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Lampu-lampu ditempatkan di sekitar tepian plafon, memberikan cahaya sekaligus mempercantik tampilan plafon.

Di tengah plafon, lampu bercahaya putih ditempatkan untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Plafon minimalis ini sangat cocok untuk ruang tamu atau ruang keluarga.

3. Model Modern

Suasana ruangan bisa diubah menjadi modern dengan memilih plafon GRC model ini.

Permainan bentuk pada plafon memberikan nuansa segar dan inovatif. Desain plafon ini menyerupai sinar yang terpancar, dengan ujung-ujungnya mengarah ke sudut ruangan.

Bagian panjangnya membentang melintasi ruangan, dihiasi dengan lampu-lampu di setiap garisnya.

Ujung plafon membentuk setengah lingkaran, di tengahnya ditempatkan lampu biru.

Warna plafon didominasi oleh putih untuk menggambarkan permainan cahaya dan bentuknya yang unik.

4. Model Industrial

Plafon ini menggabungkan papan GRC dengan kayu. Di bagian langit-langit, GRC menutupi sebagian ruangan.

Sisi lainnya menggunakan kombinasi GRC dan kayu yang dibentuk menjadi garis-garis. Setiap baris dilengkapi dengan lampu tersembunyi yang memperindah tampilan plafon.

5. Model Klasik

Plafon klasik adalah pilihan yang umum. Desainnya simpel, menutupi seluruh permukaan langit-langit.

Desainnya memiliki sedikit variasi pada ketinggian bingkai, tanpa banyak hiasan tambahan.

Pada dasarnya, plafon klasik ini adalah permukaan datar. Tetapi dengan sentuhan lampu hias, bisa memberikan tampilan yang lebih segar.

Karena kesederhanaannya, lebih baik menggunakan lampu dengan desain sederhana pula.

6. Desain Mewah

Plafon GRC ringan ini bisa diubah menjadi tampilan mewah.

Dengan mengikuti desain tertentu, plafon terbagi menjadi dua bidang, yaitu persegi panjang dan lingkaran.

Bidang persegi panjang mencakup seluruh ruangan, dengan lingkaran di bagian tengah yang terhubung oleh garis-garis menuju bingkai.

Bagian tengah lingkaran dihiasi dengan lampu kristal gantung berdesain melingkar.

7. Desain Sederhana

Berbagai desain plafon bisa diwujudkan dengan GRC, termasuk desain sederhana ini. Meskipun simpel, tetap menawan.

Plafon terdiri dari kombinasi lingkaran dan persegi panjang. Setiap bidang memiliki ruang untuk lampu penerangan.

Tiga baris persegi panjang dibuat atau disesuaikan dengan ukuran ruangan, dihadapkan ke bagian tengah lingkaran.

Lampu berwarna putih digunakan untuk menciptakan kontras dengan dinding berwarna krem. Plafon ini tidak memerlukan hiasan tambahan.

8. Desain Elegan

Desain plafon elegan ini cocok untuk berbagai ruangan.

Bentangan utamanya adalah lingkaran yang dikelilingi oleh bingkai melengkung menutupi seluruh langit-langit. Lingkaran ini besar, hampir mencakup seluruh ruangan, dengan lapisan gkalian.

Bingkai melengkung memiliki aksen di bawahnya untuk menyembunyikan rel gorden.

Untuk sentuhan manis, lampu hias unik digantung di tengah lingkaran. Warna putih dipertahankan untuk plafon agar ruangan tetap terasa bersih.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC

Kelebihan

  1. Tahan Api dan Air
    Plafon GRC dikenal akan ketangguhannya dalam menghadapi kelembaban dan air. Dengan sifat ini, plafon akan memiliki umur yang panjang dan tidak mudah mengalami kebocoran. Tidak hanya itu, plafon GRC juga memiliki ketahanan terhadap api sehingga risiko terbakarnya sangat minim.
  2. Fleksibilitas dalam Pembentukan
    Dalam konteks beragam desain plafon yang ada saat ini, GRC menjadi bahan yang sangat mudah dibentuk. Kemampuannya yang fleksibel dan lentur menjadikan pilihan yang cerdas ketika kalian ingin memiliki plafon dengan bentuk yang unik dan kreatif.
  3. Daya Tahan yang Lama
    Jika kalian menginginkan plafon yang mampu bertahan lama dan awet, GRC adalah pilihan yang tepat. Material ini memiliki daya tahan hingga 25 tahun. Karakteristik GRC yang tahan terhadap api, air, dan lingkungan lembap menjadikan plafon memiliki masa pakai yang panjang.
  4. Pemasangan yang Cepat
    GRC tersedia dalam lembaran papan. Pada lembaran ini, terdapat area yang disebut sebagai recessed, yang biasanya ditkaliani dengan lapisan yang lebih tipis. Fitur ini mempermudah proses penyambungan, sehingga pemasangan lebih cepat dan menghemat penggunaan bahan tambahan.
  5. Harga yang Ekonomis
    Material GRC memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis material plafon lainnya. Keunggulan ini tentu sangat membantu dalam mengontrol anggaran. Meskipun harganya lebih ekonomis, kualitas dan umur panjangnya tetap terjaga.
  6. Ramah Lingkungan
    GRC tidak menggunakan asbes sebagai bahan pembuatannya. Perlu diingat bahwa asbes adalah bahan berbahaya jika digunakan dalam konteks rumah tinggal. Paparan asbes dapat berisiko menyebabkan penyakit kanker paru-paru.
  7. Aman bagi Kesehatan
    GRC tidak mengandung asbes dalam komposisi pembuatannya. Ini penting untuk diperhatikan karena asbes termasuk bahan yang berbahaya jika terpapar dalam lingkungan rumah. Orang yang terpapar asbes berisiko tinggi terkena kanker paru-paru.
Baca Juga :   √ Biaya Buat Dapur Type 36: Kebutuhan Material & Ongkos Tukang

Kekurangan

Di antara berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh GRC, ternyata terdapat juga beberapa kekurangannya.

  1. Rentan Terhadap Benturan
    Kekurangan pertama adalah kerentanannya terhadap benturan, dan proses perbaikannya dapat cukup rumit. Saat dipasang, perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan retakan pada permukaan papan GRC.
  2. Proses Finishing yang Waktu-Consuming
    Proses penyelesaian plafon GRC memerlukan waktu yang cukup lama. Proses ini memerlukan keahlian khusus dan juga biaya yang relatif tinggi.
  3. Tidak Semua Tukang Ahli dalam Pemasangan
    Tidak semua tukang memiliki keterampilan untuk memasang plafon GRC dengan baik dan benar. Oleh karena itu, pemilihan tukang yang kompeten menjadi faktor penting dalam pemasangan plafon ini.
  4. Plafon merupakan elemen penting untuk mempercantik tampilan langit-langit rumah.
  5. Beragam Model Plafon GRC dapat Memperindah Rumah
    Ragam model plafon GRC akan menambah keindahan rumah. Selain itu, GRC board memiliki daya tahan yang lebih lama, sehingga kalian dapat menghemat biaya perawatan jangka panjang.

Daftar Harga Plafon GRC

Jenis Plafon GRCKetebalanUkuranHarga/lembar
GRC Board Super Panel9 mm1.2 x 2.4 mRp172,000
GRC Board Super Panel12 mm1.2 x 2.4 mRp227,000
GRC Board Super Panel15 mm1.2 x 2.4 mRp303,000
GRC Board Super Panel20 mm1.2 x 2.4 mRp504,000
GRC Board Aplus3.5 mm1.2 x 2.4 mRp43,000
GRC Board Aplus6 mm1.2 x 2.4 mRp82,000
GRC Board Aplus8 mm1.2 x 2.4 mRp127,000
GRC Board Aplus10 mm1.2 x 2.4 mRp155,000
GRC Board Aplus15 mm1.2 x 2.4 mRp280,000
GRC Vespaboard4 mm1.2 x 2.4 mRp58,000
GRC Vespaboard6 mm1.2 x 2.4 mRp98,000
GRC Vespaboard9 mm1.2 x 2.4 mRp133,000
GRC Board4 mm1.2 x 2.4 mRp61,000
GRC Board6 mm1.2 x 2.4 mRp110,000
GRC Board8 mm1.2 x 2.4 mRp147,000
GRC Board10 mm1.2 x 2.4 mRp189,000
Baca Juga :   Harga Jasa Pemasangan Ducting Semua Jenis Terbaru Paling Lengkap

Plafon GRC vs PVC

Seringkali, kita merasa dilema antara memilih GRC board atau model PVC untuk interior rumah kita. Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan sebelum kalian memilih jenis plafon yang tepat.

Plafon GRCPlafon PVC
Sedikit lebih berat, namun bisa dibuat berbagai bentukBahan ringan sehingga mudah untuk pemasangan
Bisa menggunakan rangka kayu/besi yang beronggaDalam pemasangan butuh banyak rangka
Gampang merembes jika terkena airTidak tahan terhadap panas

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup, plafon GRC tawarkan keunggulan yang tak terbantahkan. Kepraktisannya, daya tahan yang tinggi, serta estetika yang menawan menjadikannya pilihan utama bagi banyak pemilik rumah dan bangunan.

Kualitas dan fungsionalitasnya memberikan jawaban yang jelas atas pertanyaan “Mengapa Memilih Plafon GRC?”. Investasi pada plafon GRC bukan hanya soal estetika, namun juga investasi untuk kenyamanan dan keawetan jangka panjang.

Jadi, saat berpikir tentang renovasi atau pembangunan baru, pertimbangkan plafon GRC sebagai pilihan terbaik kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Mengapa Memilih Plafon GRC? Berikut Kelebihan & Kekuranganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *