Harga Borongan Pasang Plafon Kalsiboard

√ Harga Borongan Pasang Plafon Kalsiboard Per Meter Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Plafon Kalsiboard Per Meter Terbaru. Seperti yang diketahui, saat ini terdapat berbagai pilihan bahan material untuk membuat plafon rumah yang tersedia di pasaran. Setiap jenis bahan bangunan tersebut memiliki karakteristiknya sendiri.

Salah satu jenis material bangunan yang sering digunakan untuk pembuatan plafon rumah, baik untuk interior maupun eksterior, adalah kalsiboard. Pemilihan kalsiboard oleh sebagian besar masyarakat sebagai bahan dasar pembuatan plafon rumah ini tentu tidak dilakukan tanpa alasan.

Keunggulan dari plafon kalsiboard termasuk kemudahan dalam proses pemasangannya, sehingga dapat menghemat waktu. Selain itu, saat ini banyak tersedia jasa pemborong atau kontraktor yang menawarkan layanan pemasangan plafon kalsiboard.

Jika kalian berencana memasang plafon kalsiboard dengan menggunakan pekerja sistem borongan, disarankan untuk mengetahui besaran harga terlebih dahulu. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap besaran harga borongan pemasangan kalsiboard per meter persegi.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Kalsiboard

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih plafon kalsiboard daripada jenis lainnya adalah karena proses pemasangannya yang mudah. Meskipun demikian, sebagai bahan material bangunan, kalsiboard juga memiliki beberapa kekurangan.

Sebagai pertimbangan sebelum membahas lebih lanjut harga borongan pemasangan plafon kalsiboard per meternya, berikut ini kami akan menyajikan beberapa kelebihan beserta kekurangannya.

Kelebihan:

  1. Pemasangan Mudah dan Cepat: Plafon kalsiboard dapat dipasang dengan mudah dan cepat, menghemat waktu pemasangan dan biaya tenaga kerja.
  2. Mudah Dibentuk: Kalsiboard dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan, memberikan fleksibilitas dalam menciptakan plafon dengan berbagai bentuk dan pola.
  3. Risiko Kebakaran Sangat Kecil: Kalsiboard memiliki tingkat keamanan tinggi terhadap risiko kebakaran, menjadikannya pilihan yang aman untuk digunakan di dalam rumah.
  4. Ramah Terhadap Lingkungan: Material kalsiboard umumnya ramah lingkungan, karena dapat didaur ulang dan memiliki jejak karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa bahan bangunan lainnya.
  5. Anti Rayap: Keberlanjutan plafon kalsiboard dijamin dengan sifatnya yang tahan terhadap serangan rayap, menjadikannya pilihan yang awet dan tahan lama.
  6. Tahan Lama: Plafon kalsiboard memiliki daya tahan yang baik terhadap kondisi cuaca dan lingkungan, membuatnya cocok untuk penggunaan jangka panjang.
  7. Daya Tahannya Tinggi: Material ini memiliki daya tahan tinggi terhadap benturan dan tekanan, menjadikannya pilihan yang kokoh dan tahan terhadap deformasi.
  8. Memiliki Sifat Lentur: Kalsiboard memiliki sifat lentur yang memungkinkannya disesuaikan dengan desain yang lebih kompleks atau kontur plafon yang berbeda.
  9. Proses Perawatannya Mudah: Perawatan plafon kalsiboard relatif mudah, hanya memerlukan pembersihan periodik untuk menjaga tampilannya tetap prima.
Baca Juga :   √ Pengertian Interior Kantor: Fungsi, Tujuan dan Unsurnya Lengkap

Kekurangan:

  1. Plafon Kalsiboard Bisa Menyusut: Terdapat potensi penyusutan pada plafon kalsiboard, yang perlu diperhatikan dalam perencanaan instalasi.
  2. Tidak Tahan Air: Kalsiboard tidak tahan air, sehingga tidak cocok untuk area yang terkena paparan air berlebihan atau kelembaban tinggi.
  3. Kurang Estetik: Beberapa orang mungkin menganggap bahwa plafon kalsiboard kurang memberikan nilai estetika yang tinggi dibandingkan dengan beberapa material plafon lainnya.

Ukuran Standar Kalsiboard

Di beberapa daerah, besaran harga borongan pasang plafon kalsiboard seringkali dipengaruhi oleh dimensi atau ukurannya. Meskipun begitu, kalsiboard yang umumnya tersedia di pasaran memiliki ukuran stkalianr panjang 2.440 mm dan lebar 1.220 mm.

Adapun ketebalannya bervariasi, dimulai dari 3 mm hingga 4 mm. Faktor ukuran ini, bersama dengan merk tertentu, dapat memengaruhi harga kalsiboard di pasaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semakin besar dimensi kalsiboard yang kalian butuhkan, semakin tinggi pula harga yang perlu dibayarkan.

Ukuran stkalianr plafon kalsiboard yang mencapai 2.440 mm x 1.220 mm memberikan fleksibilitas dalam penyesuaian dan pemotongan sesuai dengan kebutuhan proyek. Sementara itu, ketebalan yang bervariasi menawarkan opsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan struktural dan estetika.

Penting untuk dicatat bahwa selain dari dimensi dan ketebalan, merk tertentu juga dapat memainkan peran dalam menentukan harga kalsiboard. Beberapa merek yang terkenal atau berkualitas tinggi mungkin memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan merek lainnya.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, konsumen dan pihak yang berkepentingan dapat lebih baik memahami bagaimana harga kalsiboard dibentuk dan memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran proyek mereka.

Harga Borongan Pasang Plafon Kalsiboard Per Meter

Sama seperti dalam konteks tarif borongan pemasangan plafon PVC, tarif atau ongkos jasa pemasangan plafon kalsiboard juga dapat bervariasi di beberapa wilayah tertentu. Perbedaan harga dalam bentuk borongan ini umumnya disebabkan oleh faktor-faktor seperti kondisi pekerjaan, tingkat kerumitan, dan risiko yang terlibat dalam proses pemasangan.

Baca Juga :   √ Apa Itu Bathtub? Serta Jenis dan Materialnya Lengkap

Meskipun begitu, perbedaan harga tersebut biasanya tidak terlalu signifikan. Secara umum, kontraktor atau pemborong konstruksi bangunan biasanya menetapkan harga borongan pemasangan plafon kalsiboard dalam kisaran Rp 25.000 hingga Rp 40.000 per meter persegi.

Penting untuk diingat bahwa harga borongan tersebut hanya mencakup jasa pemasangan oleh tukang, dan tidak termasuk materialnya. Dengan kata lain, pemilik rumah perlu secara mandiri mencari dan membeli material plafon kalsiboard yang akan digunakan, yang tersedia di pasaran sesuai dengan preferensi dan kebutuhan proyek masing-masing.

Cara Menghitung Upah Pasang Plafon Kalsiboard

Di atas, sudah diuraikan secara komprehensif besaran harga borongan pemasangan plafon kalsiboard per meter persegi di beberapa wilayah. Selanjutnya, akan kami sampaikan langkah-langkah menghitung upah atau ongkos jasa pemasangan plafon kalsiboard dengan menggunakan pekerja borongan.

Perhitungan upah pemasangan plafon kalsiboard ini mungkin mirip dengan perhitungan biaya pemasangan plafon GRC. Agar tidak ada kebingungan, mari kita perhatikan dengan seksama tata cara menghitung upah pemasangan plafon kalsiboard menggunakan pekerja borongan berikut ini.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama, carilah informasi tentang volume atau luas bidang pekerjaan yang akan diterapkan plafon kalsiboard. Misalnya, jika kalian berencana memasang plafon kalsiboard di dalam kamar dengan ukuran 5 m x 4 m menggunakan pekerja borongan, prosedur perhitungannya akan seperti yang dijelaskan berikut ini.

  • Volume pekerjaan : Panjang x Lebar.
  • Volume pekerjaan : 5 m x 4 m = 20 m2.

Ongkos Pemasangan

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya jasa pemasangan plafon kalsiboard untuk ruangan kamar seluas 20 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Caranya cukup dengan mengalikan volume pekerjaan pemasangan plafon kalsiboard di ruangan kamar dengan harga borongan per meter persegi.

  • Ongkos pemasangan : Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Ongkos pemasangan : 20 m2 x Rp 25.000 = Rp 500.000.
Baca Juga :   √ Apa Itu Sketsel? Fungsi Serta Jenis-Jenisnya Lengkap

Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, total biaya jasa pemasangan plafon kalsiboard untuk ruangan kamar berukuran 5 m x 4 m menggunakan pekerja sistem borongan adalah sekitar Rp 500.000.

Baca Juga :

Penutup

Dalam mengakhiri pembahasan mengenai harga borongan pasang plafon kalsiboard, dapat disimpulkan bahwa pemilihan bahan plafon ini tidak hanya dipengaruhi oleh kepraktisan pemasangannya, tetapi juga oleh faktor ekonomis.

Dengan kisaran harga borongan mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 40.000 per meter persegi, pemilik rumah dapat mempertimbangkan dengan cermat sesuai dengan anggaran proyek dan kebutuhan estetika ruangannya.

Dengan demikian, keputusan untuk menggunakan plafon kalsiboard dengan harga borongan tertentu perlu dipertimbangkan dengan matang.

Setiap pemilik rumah diharapkan dapat mengambil keputusan yang tepat, mengingat bahwa plafon bukan hanya sekadar elemen dekoratif, tetapi juga memiliki peran penting dalam menciptakan kenyamanan dan estetika dalam ruang hunian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Plafon Kalsiboard Per Meter Terbaru. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *