Biaya Pasang Plafon Triplek

Biaya Pasang Plafon Triplek Per Meter Terbaru Beserta Pejelasanya

Posted on

Finoo.id – Biaya Pasang Plafon Triplek Per Meter Terbaru Beserta Pejelasanya. Dalam industri desain interior, plafon jenis triplek atau playwood tetap menjadi salah satu pilihan yang populer hingga saat ini. Selain memberikan tampilan langit-langit rumah yang teratur dan estetis, plafon juga berfungsi sebagai elemen dekoratif yang melengkapi keindahan ruangan.

Seperti jenis plafon lainnya, plafon triplek memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dalam hal kualitas, ketahanan, harga, maupun kemudahan pemasangannya. Namun, plafon triplek juga memberikan sejumlah manfaat dan fungsi yang menjadikannya pilihan yang diminati.

Ketika membahas tentang proses pemasangan plafon triplek, biaya atau upah jasa pemasangan tentunya merupakan pertimbangan penting. Umumnya, para pekerja atau tukang pemasangan plafon menetapkan harga jasa mereka per meter persegi.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk memasang plafon triplek di rumah, disarankan untuk membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) terlebih dahulu. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai rincian biaya pemasangan plafon triplek, mulai dari biaya pembelian material hingga ongkos jasa pekerja.

Apa Itu Plafon Triplek?

Plafon triplek terbuat dari kayu triplek dengan berbagai ketebalan, mulai dari 3 mm, 4 mm, 5 mm, hingga 6 mm.

Sebelum gypsum populer, plafon triplek sudah menjadi favorit karena keunggulannya yang beragam.

Harga plafon triplek juga terjangkau dibandingkan dengan plafon akustik yang lebih mahal.

Biasanya, plafon triplek dijual dalam lembaran berbagai ukuran dan ketebalan. Jenis plafon ini cocok untuk dipasang dengan rangka kayu dan kaso.

Untuk setiap meter persegi pemasangan, kalian memerlukan sekitar 0,347 lembar triplek, sekitar 0,220 kg paku, dan sekitar 1,5 batang kaso 5/7 atau 4/6 dengan panjang 4 meter.

Pada pemasangan, triplek dapat dipasang secara utuh tanpa harus dipotong, atau dapat dibagi menjadi 4 bagian berukuran 61 x 122 cm.

Fungsi Plafon Triplek

Triplek adalah bahan yang dikenal sangat serbaguna. Selain digunakan sebagai material konstruksi rumah dan pembuatan furniture, triplek juga digemari karena pemasangannya yang sederhana dan harganya yang terjangkau.

Plafon triplek memiliki fleksibilitas dan bobot ringan, memungkinkan pembentukan berbagai model dan desain sesuai keinginan.

Selain berperan sebagai penutup langit-langit rumah, plafon triplek juga memiliki berbagai fungsi lain dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Meredam suara hujan yang berisik.
  2. Melindungi ruangan dari debu, kotoran, atau rembesan air hujan dari atap.
  3. Menjaga suhu ruangan tetap stabil, tidak terlalu dingin saat musim hujan dan tidak terlalu panas saat musim kemarau.
  4. Memudahkan pemasangan lampu atau dekorasi di atas atap rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek

Dalam konteks yang telah diuraikan sebelumnya, plafon triplek memiliki karakteristik khusus sebagai salah satu bahan konstruksi. Sebagai panduan sebelum memutuskan untuk menggunakannya, berikut beberapa keunggulan dan kelemahan plafon triplek yang akan kami sampaikan.

Kelebihan:

  1. Harganya Lebih Terjangkau: Plafon triplek menawarkan alternatif yang lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis plafon lainnya, membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis bagi banyak orang.
  2. Tekstur Halus: Plafon triplek memiliki permukaan yang halus, memberikan tampilan yang estetis dan rapi pada langit-langit ruangan.
  3. Proses Pemasangan Mudah: Pemasangan plafon triplek relatif mudah dan cepat, menghemat waktu serta upaya dalam proses instalasinya.
  4. Kekuatan dan Ketahanan: Triplek memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik, sehingga plafon ini dapat bertahan lama tanpa mengalami kerusakan yang signifikan.
  5. Ketersediaan yang Luas: Plafon triplek mudah ditemukan di berbagai toko bangunan dan pusat material, sehingga memudahkan aksesibilitasnya.
  6. Tidak Mudah Menyusut atau Melengkung: Plafon triplek cenderung stabil dalam perubahan kondisi lingkungan, sehingga tidak mudah menyusut atau melengkung.
  7. Bobot Ringan: Bobot plafon triplek ringan, mempermudah proses pemasangan dan mengurangi tekanan pada struktur bangunan.
  8. Kemudahan Perbaikan atau Penggantian: Jika terjadi kerusakan, plafon triplek dapat diperbaiki atau diganti dengan relatif mudah dan biaya yang terjangkau.
Baca Juga :   √ Cara Plamir Tembok Yang Tepat : Lama, Baru & Tidak Rata Bagi Pemula

Kekurangan:

  1. Rentan terhadap Kerusakan Akibat Air: Plafon triplek rentan terhadap kerusakan jika terus-menerus terkena air, seperti akibat kebocoran atap.
  2. Tidak Tahan Terhadap Api: Plafon triplek tidak memiliki sifat tahan api yang baik, sehingga rentan terhadap kerusakan akibat panas atau api.
  3. Pudarnya Warna: Warna plafon triplek cenderung pudar seiring berjalannya waktu dan paparan sinar matahari.
  4. Terlihatnya Sambungan: Sambungan antara lembaran plafon triplek dapat terlihat, memberikan tampilan yang kurang homogen pada langit-langit ruangan.

Ukuran Standar Plafon Triplek

Sebelum kita mendiskusikan lebih lanjut tentang perincian biaya pemasangan plafon triplek, penting untuk memahami stkalianr ukurannya terlebih dahulu. Secara umum, ukuran stkalianr triplek yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plafon rumah adalah 122 cm x 244 cm dengan ketebalan yang berkisar antara 3 mm, 4 mm, hingga 6 mm.

Plafon triplek ini biasanya dipasang dengan menggunakan rangka plafon jenis kaso 4/6 atau 5/7, yang memiliki ukuran rangka kayu sekitar 60 cm x 60 cm. Oleh karena itu, sebelum memulai proses pemasangan, sangat penting untuk memahami bagaimana cara menghitung volume rangka plafon kayu yang akan digunakan.

Biaya Pasang Plafon Triplek

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan serta ukuran stkalianr plafon kayu, langkah selanjutnya adalah memahami berapa biaya yang dibutuhkan untuk pemasangannya. Ketika kalian ingin menghitung biaya pemasangan plafon triplek, terdapat beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan.

Beberapa elemen penting ini meliputi perhitungan total volume pekerjaan, harga satuan plafon triplek, dan biaya jasa pekerja pemasangan. Untuk memahaminya lebih lanjut, mari kita bahas secara detail perhitungan biaya pemasangan plafon triplek per meter persegi berikut ini.

Volume Pekerjaan

Langkah awal adalah menghitung total volume pekerjaan pemasangan plafon triplek. Sebagai contoh, jika kalian ingin memasang plafon triplek di ruang tamu dengan panjang 6 meter dan lebar 5 meter, cara menghitung volume pekerjaannya adalah sebagai berikut:

Informasi yang diberikan:

  • Panjang ruangan: 6 meter.
  • Lebar ruangan: 5 meter.
  • Ukuran plafon triplek: 122 cm x 244 cm.

Perhitungan:

  • Luas ruangan: Panjang x lebar.
  • Luas ruangan: 6 m x 5 m = 30 m2.
  • Luas plafon triplek: 122 cm x 244 cm = 29.768 cm2 (atau 2.9768 m2).
  • Kebutuhan plafon triplek: Luas ruangan ÷ Luas plafon triplek.
  • Kebutuhan plafon triplek: 30 m2 ÷ 2.9768 m2 = 10.077 lembar.

Oleh karena itu, total volume pekerjaan atau luas ruangan yang akan dilengkapi dengan plafon triplek adalah 30 meter persegi, dan kalian akan memerlukan sekitar 10.077 lembar, yang dapat dibulatkan menjadi 11 lembar material plafon triplek.

Harga Plafon Triplek

Langkah berikutnya adalah mencari harga terbaru plafon triplek. Misalnya, jika harga plafon triplek ukuran 122 cm x 244 mm dengan ketebalan 4 mm saat ini adalah Rp 100.000 per lembar, maka total biaya yang perlu kalian siapkan untuk membeli plafon triplek adalah Rp 100.000 x 11 = Rp 1.100.000.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Granit Per Meter Semua Ukuran

Upah Pekerja

Aspek yang tak kalah penting dari elemen-elemen sebelumnya adalah upah para pekerja yang akan melakukan pemasangan. Kami merekomendasikan untuk menggunakan pekerja dengan sistem borongan atau seorang pemborong, karena HARGA BORONGAN PASANG PLAFON biasanya lebih ekonomis daripada sistem harian.

Umumnya, para pekerja borongan mematok harga pemasangan plafon triplek sekitar Rp 55.000 per meter persegi. Jadi, untuk ruangan seluas 30 meter persegi, kalian perlu mempersiapkan anggaran sekitar Rp 55.000 x 30 m2 = Rp 1.650.000.

Berdasarkan perhitungan di atas, total biaya pemasangan plafon triplek untuk ruangan berukuran 30 meter persegi adalah sekitar Rp 1.100.000 (biaya material plafon) + Rp 1.650.000 (biaya jasa pemasangan) = Rp 2.750.000. Harap diingat bahwa biaya ini sudah mencakup pembelian bahan material untuk rangka plafon kayu.

Tips Memilih Plafon Triplek

Kami telah menjelaskan secara rinci perhitungan biaya pemasangan plafon triplek per meter persegi untuk berbagai ukuran. Agar plafon triplek tetap awet dan tahan lama, ada beberapa tips dalam memilihnya yang sebaiknya kalian perhatikan:

  1. Periksa Grading Triplek: Periksa tingkat kualitas triplek dengan memeriksa bahan baku kayu yang digunakan dan jenis lem yang digunakan dalam proses pembuatan. Grading yang baik akan memengaruhi ketahanan dan kualitas plafon.
  2. Pastikan Kelurusan: Perhatikan apakah material triplek tersebut lurus, tanpa adanya lengkungan atau kelengkungan yang tidak diinginkan. Ketidaklurusan dapat membuat pemasangan menjadi sulit dan hasil akhir kurang estetis.
  3. Face dan Back Triplek: Perhatikan bagian face (permukaan depan) dan back (permukaan belakang) triplek. Pastikan keduanya dalam kondisi baik dan bebas dari cacat yang mencolok, seperti retakan atau goresan yang signifikan.
  4. Periksa Pinggiran: Pastikan bahwa setiap pinggiran triplek masih terlem dengan sempurna. Pengikisan atau kerusakan pada pinggiran dapat mempengaruhi penampilan dan kekuatan keseluruhan plafon.
  5. Hati-hati dengan Harga Murah: Harga yang terlalu murah mungkin menkaliankan kualitas yang kurang baik. Sebaiknya, pertimbangkan dengan hati-hati kualitas ketika mencari kesepakatan yang terlalu murah.
  6. Cari Material Bergaransi: Jika memungkinkan, carilah material triplek yang disertai dengan garansi. Garansi ini dapat memberikan perlindungan tambahan jika terjadi masalah atau kerusakan pada produk dalam jangka waktu tertentu setelah pembelian.

Merawat Plafon Triplek

Plafon dipasang di posisi yang tinggi, tepat di bawah atap, sehingga seringkali sulit dijangkau. kalian mungkin harus menggunakan tangga setiap kali ingin membersihkan plafon tersebut, dan hal ini bisa menjadi tugas yang merepotkan. Akibatnya, kalian mungkin merasa malas untuk melakukan pembersihan rutin. Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah menyediakan sapu khusus untuk plafon. Sapu ini memiliki pegangan yang sangat panjang, sehingga kalian dapat dengan mudah mencapai area plafon tanpa perlu naik tangga atau peralatan tambahan.

1. Bersihkan Minimal Sebulan Sekali

Meskipun luas bidang plafon setara dengan lantai, plafon biasanya membutuhkan perawatan yang lebih sedikit. Posisinya di bagian atas ruangan membuatnya jarang terkena kotoran. Biasanya, hanya partikel debu yang melayang dan menumpuk di permukaan plafon yang bisa mengotori bidangnya. Meskipun tampak sepele, kalian sebaiknya tidak mengabaikan tumpukan debu ini, karena mereka bisa berubah menjadi noda yang sulit dihilangkan, terutama jika noda tersebut berwarna hitam. Agar plafon tetap bersih, kalian disarankan untuk membersihkannya dengan sapu khusus setidaknya sekali sebulan.

2. Berikan Lapisan Finishing yang Tepat

Triplek memiliki pori-pori yang relatif besar, yang dapat dirasakan dengan sentuhan kasar pada permukaannya. Kondisi ini membuatnya rentan terhadap penumpukan partikel debu, dan sebagai akibatnya, plafon triplek cenderung lebih cepat kotor dibandingkan dengan plafon gypsum. Untuk mencegah masalah ini, disarankan untuk memberikan perlindungan dengan mengaplikasikan dempul dan pelitur sebagai lapisan finishing awal. Dengan cara ini, kalian dapat menciptakan tekstur yang lebih halus pada triplek, yang akan membantu mengurangi penumpukan debu dan mempertahankan kebersihan plafon lebih lama.

Baca Juga :   √ Jenis Bahan Wallpaper Dinding Yang Bagus Serta Kelebihanya

3. Segera Perbaiki Atap yang Bocor

Air merupakan musuh utama bagi triplek dan jenis kayu olahan lainnya. Meskipun triplek dapat memiliki kekuatan yang tinggi, jika terkena air dalam jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan kerusakan dan kehancuran yang signifikan. Ketika atap rumah bocor, air hujan dapat merembes dan membasahi plafon, menyebabkan perubahan warna menjadi kecokelat-cokelatan, permukaannya menjadi bergelombang, dan akhirnya plafon tersebut akan mengalami kerusakan serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera memperbaiki kebocoran atap rumah kalian agar melindungi plafon dan menjaga keindahannya.

4. Jaga Suhu Udara di Dalam Ruangan

Ruangan yang akan dilengkapi dengan plafon triplek sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang baik, setidaknya dengan keberadaan jendela. Sirkulasi udara yang lancar membantu menjaga tingkat kelembaban di dalam ruangan tetap terkendali dan mencegah kondisi yang terlalu lembap. Kondisi kelembaban udara yang tinggi dapat menjadi masalah serius bagi plafon triplek, karena dapat mengakibatkan permukaan triplek menjadi bergelombang dan membentuk gelembung yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tingkat kelembaban di ruangan tetap terjaga agar menjaga keindahan dan kualitas plafon triplek.

5. Perbaiki Kerusakan Pada Plafon

Secara umum, plafon triplek memiliki masa tahan sekitar 2-3 tahun. Setelah melewati periode tersebut, berbagai masalah mulai muncul. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah lubang pada plafon triplek, yang seringkali disebabkan oleh aktivitas binatang pengerat seperti tikus. Tikus sering membuat sarang di bagian atas plafon karena tempat tersebut gelap, lembap, dan aman dari gangguan manusia. Dalam keamanan itu, tikus-tikus ini sering menggigit-gigit plafon triplek, mengakibatkan kerusakan berupa lubang. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perbaikan agar keindahan plafon tetap terjaga.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas berbagai faktor yang memengaruhi biaya pasang plafon triplek, termasuk bahan, tukang, dan ukuran ruangan. Semua faktor ini dapat berkontribusi pada total biaya proyek kalian.

Sebelum kalian memulai proyek pasang plafon triplek, pastikan kalian sudah merencanakan anggaran dengan matang. Dengan begitu, kalian dapat menghindari kejutan biaya yang tidak terduga.

Ingatlah bahwa plafon triplek adalah investasi dalam keindahan dan kenyamanan ruangan kalian, dan dengan perencanaan yang baik, kalian dapat meraih hasil yang memuaskan tanpa harus melebihi anggaran yang kalian tetapkan.

Jadi, jika kalian berencana untuk memasang plafon triplek dalam waktu dekat, pastikan kalian telah merencanakan dengan baik dan siap untuk menghadapi biaya yang terkait.

Dengan begitu, kalian dapat membuat ruangan kalian menjadi lebih indah dan nyaman tanpa harus merasa terbebani oleh biaya pasang plafon triplek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *