Pengertian Side Table

√ Pengertian Side Table Serta Kelebihan dan Kekuranganya Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Pengertian Side Table Serta Kelebihan dan Kekuranganya Lengkap. Bisa disampaikan bahwa side table, atau yang sering disebut end table, merupakan jenis meja yang populer digunakan. Kemudian, apa saja keunggulan dan kelemahan dari meja ini? Apakah layak untuk dibeli jika kalian sedang merencanakannya?

Pemilihan meja tentu harus dipertimbangkan dengan matang. Dengan mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki, penting untuk membuat keputusan yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari. Sebelum kalian pergi ke toko, penting untuk mengetahui dengan jelas apa sebenarnya jenis meja ini. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Pengertian Side Table

Side table dapat didefinisikan sebagai meja yang terletak di bagian samping meja utama, berfungsi sebagai pelengkap, aksen dekoratif, atau perpanjangan/peningkatan fungsi dari meja utama. Seringkali, jenis meja ini disertakan sebagai bagian dari satu set dengan meja utama, meskipun tidak selalu, dengan bentuk dan warna yang serupa. Hal ini menciptakan keserasian dan kesesuaian dalam penggunaannya.

Fungsi Side Table

Meja samping atau side table merupakan salah satu elemen krusial dalam penataan ruangan. Meja ini umumnya ditempatkan di sebelah tempat tidur atau sofa di ruang tamu. Meski demikian, terkadang keberadaan meja samping dianggap kurang signifikan.

Padahal, meja samping memegang peran penting dalam memberikan kenyamanan dan menambah keindahan di dalam ruangan. Berikut beberapa fungsi meja samping yang sebaiknya kalian ketahui.

1. Meja samping memberikan sentuhan estetika di ruangan

Meja samping hadir dalam beragam desain dan gaya, memberikan kalian fleksibilitas untuk menyesuaikannya dengan selera dan dekorasi ruangan. Dengan pemilihan yang bijak, meja samping dapat menjadi elemen dekoratif yang mempercantik ruangan di rumah kalian.

2. Meja samping menjadi tempat penyimpanan tambahan

Meja samping umumnya dilengkapi dengan laci atau rak kecil, memungkinkan kalian untuk menyimpan barang-barang kecil dan penting dengan rapi. Keberadaan meja samping sangat bermanfaat, khususnya bagi mereka yang memiliki ruang terbatas dan membutuhkan solusi penyimpanan yang efisien.

Baca Juga :   √ Apa Itu Desain Mezzanine? Fungsi, Kelebihan & Kekuranganya

3. Meja samping bisa dijadikan sebagai tempat display barang kalian

Meja samping juga berperan sebagai tempat untuk menampilkan barang-barang favorit kalian. kalian bisa meletakkan tanaman hias, bingkai foto, atau dekorasi lainnya di rak meja. Ini dapat membantu menciptakan suasana ruangan yang lebih hidup dan menyenangkan.

4. Meja samping fleksibel diletakkan di berbagai ruangan

Tidak hanya terbatas pada penggunaan di ruang tamu atau kamar tidur, meja samping juga dapat ditempatkan di berbagai ruangan. kalian dapat menempatkan meja samping kantor di ruang kerja, dapur, bahkan ruang keluarga.

Itulah beberapa fungsi dari meja samping minimalis. Untuk membantu kalian memilih meja samping yang terbaik, kami telah menyusun beberapa tips pemilihan meja samping. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk side table sofa. Mari simak!

Kelebihan dan Kekurangan Side Table

Setelah memahami beberapa aspek dari jenis meja ini, mari kita bahas tentang Kelebihan dan Kekurangan side table. Mengetahui hal ini menjadi sangat penting, terutama jika kalian berencana untuk membelinya di toko. Berikut penjelasannya.

Kelebihan

1. Membackup meja utama

Pernahkah kalian mengalami situasi di mana ada banyak barang bawaan saat menerima tamu? Bagaimana jika kalian sedang menangani beberapa dokumen bersama klien sambil menyajikan makanan dan minuman? Dalam 90% kasus, meja akan penuh dengan barang-barang tersebut, bahkan ada risiko terburuk yaitu makanan atau minuman tumpah di atas dokumen.

Inilah mengapa jenis meja ini hadir. Penempatannya di samping sangat membantu menyediakan tempat tambahan untuk meja utama. kalian dapat meletakkan hidangan di meja samping dan dokumen di meja utama. Lebih nyaman, bukan?

2. Peningkatan fungsi

Yang dimaksud di sini adalah bagaimana meja utama dapat diperluas dengan adanya meja samping. Dengan demikian, untuk meningkatkan kapasitas meja kalian, kalian tidak perlu mengganti seluruhnya, tetapi cukup menambah bagian meja, salah satunya dengan menggunakan jenis meja samping ini.

3. Dekorasi serbaguna

Selain berfungsi sebagai cadangan untuk meja utama, jenis meja ini juga hadir dalam berbagai desain pilihan yang dapat disesuaikan dengan tata ruang. Banyak produsen yang kini bersaing untuk memproduksi jenis meja yang tidak hanya berfungsi sebagai “meja murni”.

Beberapa varian meja dapat kalian padukan dengan berbagai tema ruangan saat ini, seperti tema minimalis, industri, atau bahkan tema sesuai keinginan kalian sendiri.

4. Pengisi ruangan

Meskipun memiliki ukuran yang relatif kecil, jenis meja ini sangat efektif jika kalian mencari objek untuk mengisi ruangan. kalian dapat meletakkannya secara bawaan di samping meja utama atau di sisi area yang masih kosong. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa hiasan di atasnya agar terlihat lebih menarik!

5. Muat untuk ruang kecil

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, meskipun ruang tamu kalian cukup kecil, hal ini bukanlah masalah besar. Biasanya, jenis meja ini memiliki bentuk dan ukuran yang kompak sehingga tidak akan menyulitkan penggunaannya.

Kekurangan

1. Terkadang perlu membeli secara terpisah

Ketika kalian membeli satu set furnitur untuk ruang tamu, beberapa tipe sudah menyertakan meja samping sejak awal. Tentu saja, memiliki satu set memberikan desain yang serasi, tampilan yang rapi, dan dapat langsung dipasang.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Plitur Kayu Terbaru: Tenaga & Material

Mungkin situasinya berbeda jika kalian tidak mendapatkan jenis meja ini saat pembelian. Dalam hal ini, kalian perlu mencarinya sendiri atau jika memungkinkan, memesannya langsung kepada produsen pembuatnya.

Cara Memilih Side Table

Pada saat ini, terdapat banyak meja samping yang tersedia dengan berbagai desain menarik. Sebelum kalian membelinya, pertimbangkan panduan memilih side table yang akan kami jelaskan di bawah ini. Cari meja samping yang sesuai dengan kebutuhan kalian untuk meningkatkan keindahan interior ruangan rumah kalian.

1. Untuk kamar, pilih side table yang tingginya sama dengan tempat tidur

Perhatikan dimensi produk ketika hendak membeli meja samping untuk kamar tidur, terutama tinggi meja tersebut. Ketinggian meja samping akan memengaruhi fungsionalitas produk tersebut. Jika kalian berencana menempatkan meja samping di sisi tempat tidur, disarankan untuk memilih yang memiliki tinggi sekitar 50–70 cm.

Namun, sebaiknya pilih meja samping yang memiliki tinggi sebanding dengan tempat tidur atau sedikit di atasnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan akses saat kalian ingin mengambil barang di atas meja. Dengan ketinggian yang sesuai, kalian dapat menjangkau barang tanpa perlu bangun dari tempat tidur.

2. Untuk ruang tamu, pilih side table yang sedikit lebih tinggi dari sofa

Tinggi side table ketika diletakkan di sebelah sofa memang dapat bervariasi, tergantung pada tinggi sofa dan preferensi pribadi kalian. Meskipun demikian, kami menyarankan kalian untuk memilih side table yang sedikit lebih tinggi dari sofa. Umumnya, tinggi sofa berkisar antara 35–45 cm. Oleh karena itu, kalian dapat memilih side table dengan ukuran yang melampaui tinggi dudukan sofa tersebut.

Alternatifnya, kalian dapat memilih meja samping yang tingginya sejajar dengan lengan atau armrest sofa. Tinggi side table yang sejajar dengan lengan sofa akan mempermudah kalian dalam meletakkan gelas, buku, atau barang lainnya. Pastikan juga bahwa meja samping sesuai dengan desain interior ruang tamu agar memberikan kesan yang nyaman dan menawan di ruangan.

3. Gunakan meja persegi untuk penyimpanan lebih optimal dan meja bulat agar lebih efisien

Bentuk stkalianr dari side table umumnya adalah persegi atau lingkaran. Oleh karena itu, disesuaikanlah bentuk side table dengan kebutuhan dan tata ruang interior yang kalian miliki. Agar lebih jelas, berikut beberapa keunggulan dari side table berbentuk persegi atau lingkaran.

Meja samping persegi dapat ditempatkan di sudut ruangan tanpa menghabiskan banyak ruang. Lebih dari itu, meja persegi menyediakan tempat penyimpanan yang lebih luas, memungkinkan kalian menyimpan banyak barang.

Sementara itu, meja samping berbentuk bulat memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga efisien jika kalian ingin menghemat ruang. Side table berbentuk lingkaran juga cocok digunakan jika kalian ingin menempatkan vas bunga atau benda kecil di atasnya.

Baca Juga :   Ukuran Kusen Pintu Kupu Tarung Yang Tepat Untuk Rumah Minimalis!

4. Jika ingin nuansa yang hangat, pilih meja kayu

Meja samping yang terbuat dari kayu dapat memberikan sentuhan hangat pada ruangan kalian. Produk ini sangat sesuai untuk penggemar interior bergaya skandinavia, alami, dan country. kalian tidak perlu merasa khawatir ketika ingin meletakkan barang-barang berat di atas meja, karena meja samping berbahan kayu memiliki kerangka yang cukup kokoh.

5. Jika ingin yang harganya lebih terjangkau, pilih material besi atau plastik

Material plastik mampu beradaptasi dengan gaya interior apa pun. Kesan dari side table berbahan plastik juga akan berubah tergantung pada jenis warnanya, apakah glossy atau doff. Kelebihan lainnya, berat yang relatif ringan akan mempermudah siapa pun untuk memindahkannya.

Selain menggunakan material plastik, kalian juga dapat memilih meja samping berbahan besi yang harganya ekonomis. Side table besi memiliki kerangka yang lebih kuat dan tahan terhadap korosi jika dibandingkan dengan bahan plastik. Biasanya, meja samping besi memiliki desain yang lebih modern, memberikan kesan menawan pada ruangan.

6. Agar lebih praktis, carilah meja yang portable dan dilengkapi storage

Saat ini, terdapat berbagai model meja samping yang sudah dilengkapi dengan rak atau laci. Bagi kalian yang ingin menyimpan barang dengan aman, disarankan untuk memilih side table yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang dapat dikunci. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan luas tempat penyimpanannya agar kalian lebih leluasa meletakkan barang di meja samping.

Bagi mereka yang mengutamakan kepraktisan, meja samping portabel adalah pilihan yang cocok. Meja samping portabel ini umumnya dilengkapi dengan roda pada kakinya sehingga mudah untuk dipindahkan. Dengan begitu, kalian dapat membawa meja tersebut ke ruang tamu, ruang keluarga, atau bahkan ruang kerja dengan mudah.

BACA JUGA :

Penutup

Dalam mengakhiri artikel ini, kita telah menjelajahi pengertian side table beserta beragam aspeknya yang mencakup desain, fungsi, serta bahan-bahan pembuatnya.

Side table, meskipun sering dianggap sebagai elemen kecil, ternyata memiliki peran penting dalam mengoptimalkan tata ruang dan memberikan sentuhan dekoratif pada sebuah interior.

Dengan pemahaman mendalam tentang pengertian side table, kalian kini dapat lebih bijak dalam memilih dan menyesuaikan meja samping sesuai dengan kebutuhan dan gaya ruangan yang diinginkan.

Keberagaman model dan material side table membuka peluang untuk mengintegrasikan unsur-unsur kreatif dalam ruang hidup kalian.

Semoga artikel finoo.id ini memberikan wawasan yang bermanfaat dan memperkaya pemahaman kalian tentang pengertian side table. Mari ciptakan ruangan yang fungsional dan estetis dengan memanfaatkan keberagaman meja samping yang tersedia di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *