Apa Itu Bar Stool

√ Apa Itu Bar Stool? Jenis dan Keuntungan Menggunakanya Dirumah

Posted on

Finoo.id – √ Apa Itu Bar Stool? Jenis dan Keuntungan Menggunakanya Dirumah. Kursi bar sangat diminati dan umum ditemui di cafe dan bar, kadang-kadang juga sering digunakan di beberapa restoran. Meskipun bentuknya umum, tahukah kalian bahwa kursi bar sebenarnya memiliki beberapa tipe yang berbeda?

Pada pkalianngan pertama, mungkin sulit membedakan antara satu jenis kursi bar dengan yang lain, karena mereka cenderung mirip satu sama lain. Namun, sebenarnya ada perbedaan-perbedaan tertentu di antara beberapa tipe kursi tersebut, selain dari tinggi kursi yang menjadi ciri khasnya.

Apa Itu Bar Stool?

Seringkali, ketika melihat kursi-kursi khusus bar, orang hanya mengenalinya dari bentuknya tanpa mengetahui secara pasti tentang jenis kursi tersebut. Padahal, tipe kursi ini berbeda dengan kursi-kursi restoran pada umumnya.

Definisi dari bar stool adalah jenis kursi khusus untuk “bar” yang memiliki tinggi lebih besar dibandingkan dengan tipe kursi lainnya. Hal ini terlihat jelas dari panjang kaki yang dominan menjulang, serta bentuk bantalan kursi yang umumnya sedikit lebih kecil.

Tipe kursi ini sangat berbeda dengan kebanyakan kursi lainnya, seperti sofa yang cenderung lebih menekankan pada nilai kenyamanan dengan bantalan punggung yang empuk.

Dibandingkan dengan bar stool, tipe kursi ini lebih fokus pada tinggi kursi dalam pengaplikasiannya. Sehingga, menggunakan kursi bar ini memberikan pkalianngan yang lebih tinggi, namun tetap mempertahankan sisi kenyamanannya.

Jenis-Jenis Kursi Bar Stool

1) Bistro Style Bar Stools

Kursi bistro seringkali memiliki desain yang terbuat dari kayu dengan bagian punggung menggunakan bingkai besi. Jenis kursi ini sangat sesuai dengan berbagai gaya dekorasi, dan bahan yang digunakan mudah dibersihkan.

Dapat dengan mudah terlihat daya tarik dari kursi bistro, mencakup aspek seperti gaya ala Perancis yang diterapkan, tingkat kenyamanan, dan bobot yang ringan. Beberapa tipe kursi bistro memiliki skalianran untuk lengan, sementara yang lain tidak. Kursi dengan gaya bistro telah menjadi elemen desain yang signifikan dalam dunia desain.

Baca Juga :   Cara Menghitung Kebutuhan Gorden Paling Tepat Agar Tidak Keliru

2) Bucket Stool

Bar stool tipe bucket memiliki kerangka fisik yang kuat, sehingga dapat menahan keausan lebih baik daripada kebanyakan jenis kursi bar. Bucket juga merupakan salah satu tipe kursi yang populer digunakan, terutama di restoran atau bar. Dari segi bentuk, kursi ini menyerupai ember vinyl.

Di sisi lain, bucket stool menggunakan jenis bahan yang mudah dibersihkan. Hal ini memudahkan pemilik kursi dalam hal pemeliharaan, terutama jika jumlahnya cukup banyak.

3) Tipe Stationary

Pasti kalian akrab dengan jenis stationary, bukan? Betul, kursi bar stationary sering kali dikenali dari bagian tengah kakinya, yang dilengkapi dengan pijakan (umumnya berbentuk melingkar). Keberadaan fitur ini memberikan kenyamanan ekstra untuk kaki saat duduk, terutama bagi mereka yang memiliki ukuran kaki yang tidak terlalu panjang.

Stationary juga termasuk salah satu tipe yang sering digunakan, cukup lihat saja di sekitar daerah kalian, mungkin saja kalian akan menemukan kursi bar tipe stationary seperti ini.

4) Pub Style

Seperti gaya pub yang umum di banyak negara Eropa, bar stool pub style sangat cocok digunakan di bar maupun kafe. Memberikan kesan maskulin namun tetap dengan tampilan yang elegan, kalian dapat menggunakan jenis kursi bar dengan warna hitam sepenuhnya.

5) Tipe Distressed Metal

Bar stool tipe distressed metal memiliki tampilan yang lebih kuat daripada kebanyakan jenis kursi bar. Desain kursi yang tangguh ini memberikan sentuhan maskulin pada konsep yang digunakan.

Bagi kalian yang merupakan pengusaha bar yang menerapkan gaya rustic, tipe kursi ini merupakan pilihan yang sesuai untuk gaya tersebut.

6) Tipe Backless

Backless menjadi pilihan kursi bar yang menarik untuk digunakan. Dari segi desain, kursi backless memiliki daya tarik yang sesuai tidak hanya untuk restoran, tetapi juga menjadi pilihan menarik untuk bagian dapur.

Bentuk kursi backless ditkaliani dengan desain bergelombang pada bagian atas, memberikan posisi duduk yang kokoh dan mengurangi risiko terjatuh. Dari segi bentuk, backless memiliki desain yang lebih sederhana.

Lalu, Apa Keuntungan Pakai Kursi Bar di Rumah?

Kursi ini seringkali dipilih untuk digunakan di mini bar dapur rumah minimalis. Sehingga, area dapur bisa memberikan nuansa seperti berada di bar atau kafe.

Baca Juga :   √ Apa Itu Roller Blind? Fungsi, Jenis dan Cara Pengoprasianya

Ternyata, jenis kursi ini memiliki banyak kelebihan ketika digunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja kelebihannya? Mari simak berikut ini.

1. Membuat Tulang Belakang Tegak Secara Alami

Secara umum, kursi bar memang tidak dilengkapi dengan skalianran tinggi seperti kursi kerja atau kursi makan. Namun, hal ini justru dapat memberikan keuntungan yang tidak terduga.

Pasalnya, ketika kalian duduk di kursi bar, tulang belakang kalian akan mengambil posisi yang lebih alami karena tidak ada skalianran yang menopang punggung. Sebagai hasilnya, kalian dapat meluruskan punggung secara otomatis.

2. Bisa Mengatasi Sakit Punggung

Dengan postur tubuh yang dipertahankan tegak, tekanan pada daerah tulang belakang akan berkurang. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan timbulnya rasa sakit di bagian punggung. Selain itu, kalian juga akan lebih terlatih untuk duduk dengan posisi tegak dan menghindari membungkuk.

3. Membuat Paha Miring ke Bawah

Selain itu, saat kalian duduk di kursi bar, paha akan berskalianr ke bawah. Pasalnya, desain kursi yang tinggi ini memaksa kalian untuk meluruskan kaki.

Dengan cara ini, punggung bagian bawah dan panggul akan berada dalam posisi netral. Dengan postur tersebut, tekanan pada tulang belakang kalian akan berkurang.

4. Menopang Diri Secara Aktif saat Duduk

Tanpa adanya skalianran punggung, kalian akan secara aktif menopang tubuh saat duduk. Ini memungkinkan kalian untuk belajar duduk dengan postur tegak dan punggung yang lurus.

Dengan terbiasa duduk tegak, kalian dapat meningkatkan kekuatan otot pada bagian atas tubuh. Selain itu, kebiasaan duduk tegak juga dapat memberikan kesegaran sehingga kalian tetap produktif saat bekerja.

5. Menghadirkan Suasana Modern Ala Cafe

Kursi bar mampu memberikan sentuhan gaya baru pada hunian modern dengan desainnya yang trendy. Pasalnya, kursi ini dapat menciptakan suasana ruangan yang mirip dengan cafe yang instagrammable! Dengan begitu, kalian dapat merasakan atmosfer cafe tanpa harus meninggalkan rumah.

Kami juga memiliki rekomendasi stool ala cafe yang dapat kalian gunakan, seperti yang tercantum di bawah ini.

6. Ketinggian yang Dapat Diatur

Jenis kursi ini termasuk yang sangat fleksibel. Kamu dapat memilih kursi dengan ketinggian yang dapat diatur, sehingga memudahkan penggunaan kursi ini dalam berbagai kegiatan.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Meja Dapur : Material & Biaya

Dengan demikian, jika kamu ingin bekerja di meja bar, kamu dapat menyesuaikannya dengan tinggi badan dan meja agar jarak antara mata dan monitor tetap sesuai.

7. Menghemat Tempat

Model kursi ini memiliki bentuk ramping dan tinggi, sehingga tidak akan memerlukan banyak ruang untuk ditempatkan. Ini bisa menjadi solusi yang cocok untuk rumah minimalis.

Dengan begitu, kamu dapat membuat tempat makan di ruangan lain tanpa membuatnya terasa sempit.

8. Bisa Sesuaikan dengan Tema Rumah

Stool bar mulai bermunculan dengan beragam model dan material. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah menentukan model yang sesuai dengan tema dan aktivitas di rumah.

Contohnya, untuk keperluan bekerja, kamu dapat memilih model kursi yang terbuat dari bahan yang kokoh dengan warna-warna netral, seperti yang tercantum di bawah ini.

BACA JUGA :

Penutup

Dalam dunia furnitur, terdapat salah satu elemen yang sering kali menjadi fokus perhatian di ruang makan, kafe, atau bahkan bar.

Apa Itu Bar Stool? Bar stool, atau kursi bar, bukan sekadar perabotan duduk biasa. Artikel ini telah membahas ragam jenis dan keunggulan kursi bar, memperlihatkan fleksibilitas dan gaya yang ditawarkannya.

Dari kursi tanpa skalianran hingga model yang dapat diatur tingginya, bar stool membawa suasana yang berbeda ke dalam ruangan.

Maka, apakah kalian siap untuk menjadikan kursi bar sebagai pilihan unik dan fungsional dalam mendesain ruang kalian? Temukan lebih banyak lagi tentang apa itu bar stool dan eksplorasi berbagai opsi yang tersedia untuk menciptakan atmosfer yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Apa Itu Bar Stool? Jenis dan Keuntungan Menggunakanya Dirumah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *