Harga Borongan Pasang Plafon

√ Harga Borongan Pasang Plafon Per Meter: Semua Jenis & Ukuran

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Plafon Per Meter: Semua Jenis & Ukuran. Plafon memiliki peran yang sangat signifikan dalam sebuah bangunan. Fungsinya adalah untuk menutupi bagian langit-langit dari rangka atap rumah, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Material ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan estetika dan daya tarik rumah. Selain itu, plafon juga berperan dalam menciptakan kenyamanan, keamanan, dan keindahan dalam suatu ruangan di dalam rumah.

Pada dasarnya, tujuan utama pembuatan plafon adalah untuk melindungi interior rumah dari pengaruh cuaca eksternal, seperti panas atau dingin yang dapat langsung masuk melalui atap. Meskipun demikian, plafon saat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif yang dapat mempercantik interior suatu bangunan.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas secara detail mengenai harga borongan terbaru dalam pekerjaan pemasangan plafon. Mari simak penjelasan mengenai harga borongan pemasangan plafon di bawah ini.

Harga Borongan Pasang Plafon Terbaru & Terlengkap

Biasanya, plafon dibuat pada tinggi tertentu. Namun, beberapa orang memiliki kreativitas dalam penerapannya sehingga plafon tidak selalu dibuat secara rata. Variasi ini dikenal sebagai plafond drop ceiling, di mana material plafon dibuat lebih tinggi daripada yang lain.

Kegunaan Plafon

Selain memberikan sentuhan keindahan pada rumah, plafon juga memiliki sejumlah kegunaan dan fungsi yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, plafon juga dapat dijadikan sebagai acuan dalam menghitung BIAYA PEMBANGUNAN RUMAH. Berikut adalah beberapa manfaat plafon di dalam hunian:

  1. Merapikan Konstruksi Rumah:
    Plafon membantu merapikan konstruksi rumah dengan menyembunyikan bagian atas rangka atap. Hal ini menciptakan tampilan yang bersih dan terorganisir, memberikan kesan yang lebih teratur dan rapi pada ruangan.
  2. Meminimalisir Kotoran dan Debu:
    Fungsi plafon tidak hanya bersifat estetis, tetapi juga praktis. Plafon dapat menjadi penghalang bagi kotoran dan debu yang mungkin masuk ke dalam rumah melalui celah-celah atap. Ini membantu menjaga kebersihan interior rumah dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat.
  3. Memperbaiki Tampilan Rumah:
    Plafon dapat memperbaiki tampilan rumah secara keseluruhan. Dengan desain yang tepat, plafon dapat memberikan sentuhan elegan pada ruangan dan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan.
  4. Pelengkap Artistik Interior:
    Selain sebagai elemen fungsional, plafon juga dapat dijadikan sebagai pelengkap artistik dari interior rumah. Desain dan tekstur plafon dapat menambahkan dimensi artistik pada ruangan, menciptakan atmosfer yang unik sesuai dengan gaya dan preferensi pemilik rumah.
Baca Juga :   Pengertian Milestone: Tujuan, Tahapan, dan Kriterianya

Dengan memahami berbagai kegunaan plafon ini, pemilik rumah dapat membuat keputusan yang lebih bijak dalam memilih desain dan material plafon yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hunian mereka.

Material Pemasangan Plafon

Pada masa sekarang, terdapat beragam jenis plafon yang umumnya digunakan sebagai material bangunan, seperti plafon gypsum, PVC, triplek, GRC, ACP, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk material yang dibutuhkan dalam proses pemasangan plafon, terdapat beberapa jenis bahan bangunan yang bisa kalian peroleh di toko material terdekat. Beberapa di antaranya mencakup:

  1. Rangka Metal (Besi Hollow) 2 cm x 2 cm Panjang 4 m:
    Sebagai elemen struktural, rangka metal berbentuk besi hollow dengan ukuran 2 cm x 2 cm dan panjang 4 meter. Fungsinya adalah sebagai pendukung utama dalam pemasangan plafon, memberikan kestabilan dan kekuatan pada konstruksi plafon.
  2. Gypsum Board 120 x 240 x 9:
    Gypsum board dengan dimensi 120 x 240 x 9 menjadi bahan utama dalam konstruksi plafon. Kelebihannya terletak pada ringan, kemudahan pemasangan, dan hasil akhir yang rata dan halus. Dimensi stkalianr ini mempermudah proses instalasi plafon sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.
  3. Paku Kalsiboard:
    Penggunaan paku kalsiboard juga termasuk dalam material pemasangan plafon. Paku ini digunakan untuk mengamankan dan memperkuat koneksi antara rangka metal dan gypsum board, sehingga memastikan kekokohan dan ketahanan plafon.
  4. Penting untuk dicatat bahwa pemasangan plafon tidak selalu mengkalianlkan gypsum dan rangka hollow, karena dapat bervariasi tergantung pada ketersediaan bahan di daerah masing-masing. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai berbagai jenis material membantu memilih opsi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi lokal.

Ongkos Tenaga Pemasangan Plafon

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai harga borongan pemasangan plafon, penting untuk memperhatikan biaya tenaga kerja yang terlibat dalam pekerjaan tersebut. Apabila kalian berencana untuk melakukan pemasangan plafon dengan skala yang besar, kemungkinan kalian akan memerlukan lebih dari satu tukang untuk melaksanakan tugas tersebut. Berikut adalah beberapa jenis tenaga atau tukang yang terlibat dalam proses pemasangan plafon:

  1. Pekerja:
    Pekerja umumnya melibatkan tenaga kerja yang terampil dalam pekerjaan konstruksi secara umum. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas fisik yang diperlukan dalam pemasangan plafon, seperti mengangkat, memotong, dan memasang material.
  2. Tukang Plafon atau Tukang Besi:
    Tukang plafon atau tukang besi memiliki keahlian khusus dalam pemasangan struktur plafon. Mereka bertanggung jawab untuk merakit rangka metal, memasang gypsum board, dan menghasilkan konstruksi plafon yang kokoh dan sesuai dengan desain yang diinginkan.
  3. Mandor:
    Mandor memainkan peran pengawas di lapangan. Mereka mengorganisir pekerjaan, mengarahkan tugas-tugas yang perlu dilaksanakan, dan memastikan proyek berjalan sesuai rencana. Mandor biasanya memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang konstruksi dan memimpin tim tukang.
  4. Kepala Tukang atau Mandor:
    Pada proyek pemasangan plafon dengan skala kecil, kalian mungkin dapat menghilangkan peran kepala tukang atau mandor. Pekerjaan tersebut dapat diawasi oleh tukang plafon dan tukang lainnya, tanpa memerlukan posisi manajerial yang terpisah.
Baca Juga :   √ Desain Dapur Kontrakan 3 Petak Terbaru: Minimalis & Modern

Dengan memahami peran masing-masing tenaga kerja, kalian dapat merencanakan anggaran dengan lebih akurat dan mengoptimalkan pekerjaan pemasangan plafon sesuai dengan skala dan kompleksitas proyek yang diinginkan.

Cara Menghitung Volume Pemasangan Plafon

Perhitungan volume pekerjaan pemasangan plafon dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dilakukan berdasarkan luas permukaan langit-langit ruangan yang akan dipasang plafon. Berikut ini merupakan rumus untuk menghitung luas ruangan:

Luas langit-langit (m2) = Panjang x Lebar ruangan

Harga Borongan Pemasangan Plafon

Berikut ini telah kami susun untuk kalian informasi mengenai daftar harga borongan pemasangan plafon. Silakan perhatikan tabel di bawah ini dengan seksama.

1. Harga Pemasangan Plafon

SPESIFIKASISATUANHARGA
Jasa Tukangm2Rp52,000
Plafon Gypsumm2Rp 150.000 – Rp 185.000
Plafon GRCm2Rp 160.000 – Rp 185.000
Plafon PVC Standarm2Rp 210.000 – Rp 255.000
Plafon PVC Shundam2Rp 310.000 – Rp 355.000

2. Harga Desain Plafon

BENTUKSATUANHARGA
Model Drop Ceilingm1Rp60,000
Model Up Ceilingm1Rp105,000
Model Drop Ovalm1Rp175,000

Silakan simak dan perhatikan baik-baik informasi dalam tabel di atas untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai harga borongan pemasangan plafon dan opsi desain yang tersedia.

Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan Plafon

Tentu saja, setiap material bahan bangunan memiliki karakteristik yang unik, termasuk material plafon. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan dalam penggunaan plafon pada rumah yang perlu kalian pertimbangkan.

Keunggulan Plafon

  1. Harganya Terjangkau: Plafon memiliki keunggulan dalam segi harga yang terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk mendekorasi ruangan.
  2. Material Mudah Didapatkan: Ketersediaan material plafon yang luas membuatnya mudah diakses di berbagai toko bangunan, meningkatkan kemudahan dalam pengadaan.
  3. Motif yang Beragam: Plafon menawarkan variasi motif yang beragam, memberikan fleksibilitas dalam menciptakan desain interior yang sesuai dengan selera dan gaya rumah.
  4. Tampilan Menarik dan Mewah: Keindahan visual plafon dapat memberikan sentuhan estetika yang menarik dan menciptakan kesan kemewahan di dalam ruangan.
  5. Dapat Dijadikan Bentuk Bertingkat: Fleksibilitas plafon memungkinkan pembentukan struktur bertingkat, memberikan dimensi visual yang menarik pada langit-langit ruangan.
  6. Perawatannya Mudah dan Murah: Plafon memiliki perawatan yang relatif mudah dan ekonomis, dengan kemampuan membersihkan atau melapisi untuk menjaga kebersihan dan daya tahan.
  7. Proses Pemasangannya Cepat: Pemasangan plafon dapat dilakukan dengan cepat, mengurangi waktu pengerjaan proyek dan memungkinkan ruangan segera digunakan.
  8. Tahan Terhadap Serangan Rayap: Material plafon umumnya tahan terhadap serangan rayap, memberikan keamanan tambahan pada struktur bangunan.
  9. Daya Tahan Tinggi Terhadap Api: Plafon memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap api, menambah lapisan perlindungan terhadap risiko kebakaran.
Baca Juga :   √ Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Baik Indoor atupun Outdoor

Kelemahan Plafon

  1. Tidak Tahan Air: Kelemahan utama plafon adalah ketidakmampuannya menahan air dengan baik, sehingga rentan terhadap kerusakan jika terkena air berlebihan.
  2. Tampilan Mudah Kusam: Seiring waktu, plafon dapat mengalami penurunan kilau dan tampilan yang mudah kusam, memerlukan perhatian ekstra dalam pemeliharaan.
  3. Peka Terhadap Benturan: Plafon cenderung peka terhadap benturan, sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan fisik.
  4. Perlukan Perawatan Berkala: Meskipun perawatan plafon relatif mudah, namun tetap diperlukan perawatan berkala untuk menjaga keindahannya dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan begitu banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan proyek pemasangan plafon, salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan adalah harga borongan.

Harga borongan pasang plafon dapat sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis plafon, ukuran ruangan, dan kompleksitas desain yang diinginkan.

Sebelum memutuskan untuk memulai proyek pemasangan plafon, disarankan untuk meminta penawaran dari beberapa penyedia jasa dan mendiskusikan spesifikasi proyek secara detail.

Hal ini akan membantu kalian mendapatkan perkiraan harga yang lebih akurat dan memastikan bahwa proyek berjalan sesuai rencana tanpa adanya kejutan biaya tambahan.

Dengan begitu, kalian dapat menikmati keindahan plafon baru tanpa merasa terbebani oleh aspek keuangan proyek tersebut.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Plafon Per Meter: Semua Jenis & Ukuran. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *