Harga Borongan Cat Pagar Besi

√ Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter Terbaru Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter Terbaru Lengkap. Seiring berjalannya waktu, model pagar besi akan mengalami penampilan yang semakin usang, bahkan mungkin mengalami karat akibat terpapar terus-menerus oleh cuaca panas dan hujan. Ketika kalian ingin memperbaiki penampilan pagar besi di rumah, tentu kalian perlu memperkirakan besaran dana yang diperlukan.

Sama halnya ketika kalian ingin mengganti warna cat pada teralis jendela atau tangga besi di rumah, kalian harus menghitung kebutuhan bahan material dengan teliti, termasuk cat dasar untuk pagar besi. Selain itu, kalian juga perlu memasukkan biaya tenaga kerja konstruksi dalam perencanaan anggaran biaya (RAB) untuk pekerjaannya.

Untungnya, di Indonesia saat ini telah tersedia jasa kontraktor atau pemborong yang menawarkan harga atau upah lebih terjangkau daripada pekerja harian. Biasanya, para kontraktor atau pemborong konstruksi ini menetapkan harga borongan untuk pekerjaan pengecatan pagar besi dengan perhitungan per meter persegi.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk mengecat pagar besi di rumah menggunakan jasa pemborong, sebaiknya kalian mencari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Nah, untuk membantu kalian, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang harga borongan pengecatan pagar besi per meter persegi.

Tujuan Pengecatan Pagar Besi

Sebelum kita melanjutkan ke pembahasan utama mengenai harga borongan pengecatan pagar besi, penting untuk memahami beberapa tujuan dari proses ini. Beberapa dari tujuan pengecatan pagar besi termasuk yang berikut ini:

1. Mencegah Perkaratan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu tujuan utama dari pengecatan pagar besi di rumah adalah untuk mencegah perkaratan. Dengan melapisi pagar besi menggunakan cat anti karat, kalian dapat mengambil langkah yang efektif dalam menghindari terbentuknya korosi pada permukaan besi. Korosi adalah masalah umum yang sering terjadi pada besi yang terpapar cuaca eksternal, dan penggunaan cat anti karat membantu menjaga agar pagar besi kalian tetap tahan lama dan terhindar dari kerusakan.

2. Mencegah Timbulnya Lumut atau Jamur

Tujuan selanjutnya dalam proses pengecatan pagar besi adalah mencegah timbulnya lumut atau jamur. Munculnya lumut atau jamur pada pagar besi biasanya disebabkan oleh tingginya kelembapan udara di sekitarnya. Dengan melapisi pagar besi menggunakan cat yang tahan terhadap pertumbuhan lumut dan jamur, kalian dapat menjaga agar pagar tetap bersih, bebas dari tumbuhan yang tidak diinginkan, dan estetis.

3. Mempercantik Pagar Besi

Tujuan terakhir adalah untuk mempercantik dan memperindah pagar besi. Saat ini, cat besi yang tersedia di pasaran memiliki berbagai pilihan warna yang beragam. Hal ini memungkinkan kalian untuk memilih warna cat yang sesuai dengan selera dan kebutuhan desain rumah kalian. Dengan melakukan pengecatan, kalian dapat mengubah tampilan pagar besi menjadi lebih menarik, sehingga meningkatkan estetika keseluruhan rumah kalian.

Baca Juga :   √ Tips Memilih Cat Luar Rumah Agar Tampak Modern

Jenis Cat Untuk Pagar Besi

Penting untuk diketahui bahwa proses pengecatan pagar besi tidak boleh sembarangan, karena ada beberapa jenis cat yang dirancang khusus untuk menghasilkan hasil yang terbaik pada permukaan besi. Berikut ini adalah daftar beberapa jenis cat yang cocok untuk digunakan pada pagar besi:

  1. Cat Aluminium:
    Cat jenis ini memiliki formula yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan yang optimal terhadap korosi pada permukaan besi. Cat aluminium biasanya digunakan pada pagar besi yang membutuhkan perlindungan tingkat tinggi terhadap kerusakan akibat cuaca dan elemen-elemen eksternal.
  2. Cat Epoxy:
    Cat epoxy adalah jenis cat yang tahan terhadap abrasi dan korosi, sehingga cocok digunakan pada pagar besi di area yang rentan terhadap aus dan kerusakan fisik. Selain itu, cat epoxy memiliki daya rekat yang baik, sehingga cat ini cocok untuk digunakan pada pagar besi yang sering terpapar air atau kelembapan.
  3. Cat Efek:
    Cat efek adalah pilihan yang bagus jika kalian ingin memberikan tampilan yang berbeda pada pagar besi kalian. Cat ini tersedia dalam berbagai jenis efek, seperti efek metailik, marmer, atau tekstur. Dengan cat efek, kalian dapat memberikan tampilan unik dan menarik pada pagar besi kalian.
  4. Cat Pagar Besi Alkyd Sintetik:
    Cat alkyd sintetik dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap korosi dan tahan terhadap cuaca eksternal. Jenis cat ini memiliki daya rekat yang kuat dan tahan lama, membuatnya cocok untuk digunakan pada pagar besi yang terpapar cuaca panas dan hujan.
  5. Cat Duco:
    Cat duco adalah jenis cat yang sering digunakan untuk memberikan tampilan yang halus dan mengkilap pada permukaan besi. Cat ini cocok untuk pagar besi yang ingin memiliki penampilan yang lebih elegan dan bersinar.

Pemilihan jenis cat yang sesuai akan sangat bergantung pada kebutuhan kalian, termasuk tingkat perlindungan yang diperlukan dan estetika yang diinginkan untuk pagar besi kalian. Pastikan untuk memilih cat yang tepat sesuai dengan kondisi dan tujuan pengecatan pagar besi kalian.

Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter

Setelah kalian memiliki pemahaman tentang berbagai tujuan dan jenis-jenis cat yang cocok untuk pagar besi, langkah selanjutnya adalah memahami berapa besar biaya borongan yang diperlukan. Seperti halnya dalam kasus harga borongan pengecatan dinding secara umum, biaya upah atau jasa borongan untuk pengecatan pagar besi juga dapat bervariasi di berbagai wilayah.

Perbedaan harga borongan ini umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kondisi pekerjaan, tingkat kerumitan, dan risiko yang terkait dengan proyek pengecatan. Selain itu, kontraktor dan pemborong seringkali menawarkan dua jenis pilihan kepada klien mereka, yaitu borongan non-material dan borongan plus-material.

Borongan non-material mengacu pada layanan borongan yang hanya mencakup tenaga kerja tanpa menyertakan bahan material yang diperlukan. Sementara itu, borongan plus-material berarti bahwa kontraktor menyediakan layanan pengecatan pagar beserta seluruh bahan material yang diperlukan.

Baca Juga :   √ Katalog Warna Cat Decolith Terbaru: Interior & Eksterior Lengkap

Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut adalah daftar harga borongan pengecatan pagar besi per meter persegi, baik untuk borongan non-material maupun plus-material:

  • Borongan non-material: Rp 200.000 – Rp 250.000 per meter persegi
  • Borongan plus-material: Rp 400.000 – Rp 600.000 per meter persegi

Catatan : Besaran harga borongan cat pagar besi per meter di atas dapat berbeda di sejumlah wilayah, tergantung pada jenis dan merk cat yang dipilih.

Cara Menghitung Borongan Cat Pagar Besi

Terasa kurang lengkap apabila kalian telah memahami besaran harga borongan pengecatan pagar besi per meter, namun belum mengetahui bagaimana menghitung total anggaran biaya yang diperlukan. Secara garis besar, metode perhitungan biaya borongan pengecatan pagar besi hampir sama dengan saat menghitung biaya borongan pengecatan tembok.

Dalam proses ini, kalian perlu menghitung luas atau volume pekerjaan pengecatan pada pagar besi terlebih dahulu untuk menentukan total anggaran biayanya. Untuk memahami lebih rinci, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menghitung biaya borongan pengecatan pagar besi:

Luas Pagar Besi

Langkah pertama adalah mencari tahu luas bidang pekerjaan pada pagar besi yang akan dicat. Sebagai contoh, jika kalian akan melakukan pengecatan pada pagar besi yang memiliki panjang 7 meter dan tinggi 1.5 meter dengan menggunakan jasa pekerja borongan, berikut adalah cara menghitung luas bidang pekerjaannya:

Diketahui:

  • Panjang pagar besi: 7 meter.
  • Tinggi pagar besi: 1.5 meter.

Perhitungan:

  • Luas pagar besi: Panjang x Tinggi.
  • Luas pagar besi: 7 meter x 1.5 meter = 10.5 meter persegi.

Dengan mengetahui luas bidang pekerjaan tersebut, kalian dapat melanjutkan untuk menghitung total anggaran biaya pengecatan pagar besi sesuai dengan harga borongan yang telah kalian ketahui sebelumnya.

Ongkos Borongan

Setelah mengetahui luas bidang pekerjaan pada pagar besi, langkah selanjutnya adalah menghitung besaran biaya jasa borongan. Cara menghitungnya sangat sederhana, kalian hanya perlu mengalikan luas pekerjaan dengan harga borongan pengecatan pagar besi per meter persegi.

Untuk borongan non-material:

  • Luas pekerjaan x Harga borongan per meter persegi = Total biaya.
  • 10.5 m² x Rp 200.000 = Rp 2.100.000.

Sementara untuk borongan plus-material:

  • Luas pekerjaan x Harga borongan per meter persegi = Total biaya.
  • 10.5 m² x Rp 400.000 = Rp 4.200.000.

Dengan data perhitungan di atas, total anggaran biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengecatan pada pagar besi berukuran 7 meter x 1.5 meter menggunakan jasa pekerja borongan adalah sekitar Rp 2.100.000 untuk borongan non-material dan Rp 4.200.000 untuk borongan plus-material.

Tips Memilih Cat Pagar Besi

Di atas, sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pengecatan pagar besi per meter persegi, beserta perhitungan biayanya. Namun, untuk memastikan bahwa kalian mendapatkan hasil pengecatan pagar besi yang berkualitas, ada beberapa tips yang perlu kalian pertimbangkan saat memilih cat besi:

  1. Pastikan Cat Besi Diformulasikan sebagai Anti Karat:
    Memastikan bahwa cat besi yang kalian pilih memiliki formula anti karat sangat penting. Ini akan membantu melindungi pagar besi dari korosi dan memperpanjang umur tahan pagar besi kalian.
  2. Pastikan Cat Besi Anti Jamur dan Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem:
    Pilihlah cat besi yang juga tahan terhadap pertumbuhan jamur dan cuaca ekstrem. Hal ini akan menjaga penampilan pagar besi kalian tetap baik dan melindunginya dari kerusakan akibat lingkungan yang keras.
  3. Perhatikan Bahan Dasar Pembuatan Cat:
    Periksa komposisi bahan dasar cat besi yang kalian pilih. Pastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan adalah berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pengecatan pada besi.
  4. Prioritaskan untuk Membeli Merek Cat Terpercaya:
    Memilih merek cat yang telah terbukti kualitasnya dapat memberikan kepercayaan bahwa kalian akan mendapatkan hasil terbaik. Merek cat yang terpercaya seringkali memiliki formula khusus yang mampu memberikan perlindungan maksimal untuk besi.
  5. Utamakan Kualitas di Atas Harga:
    Meskipun harga adalah faktor penting, selalu utamakan kualitas cat. Pilihlah cat dengan kualitas terbaik, karena ini akan menghemat uang dalam jangka panjang dengan mengurangi biaya pemeliharaan dan perbaikan.
  6. Sesuaikan Warna Cat dengan Konsep Hunian:
    Pilihlah warna cat yang sesuai dengan konsep dan desain hunian kalian. Warna cat yang tepat akan meningkatkan estetika keseluruhan dan memberikan tampilan yang lebih menarik pada pagar besi.
Baca Juga :   √ Rekomendasi Merk Cat Plafon Yang Bagus Untuk Interior

Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa besaran harga borongan pengecatan pagar besi dihitung per meter persegi. Tarif jasa borongan tersebut dapat bervariasi berdasarkan lokasi dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kondisi pekerjaan, tingkat kesulitan, dan risiko pengecatan. Dengan mengikuti tips di atas, kalian dapat memastikan bahwa kalian memilih cat besi yang tepat untuk proyek pengecatan pagar besi kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam rangka mempertahankan keindahan dan ketahanan pagar besi rumah kalian, pengecatan adalah langkah penting.

Namun, untuk membuat keputusan yang bijak mengenai proyek pengecatan pagar besi, kalian harus memperhitungkan harga borongan cat pagar besi per meter.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang harga dan beberapa tips memilih cat besi yang tepat, kalian dapat menghasilkan hasil pengecatan yang berkualitas dan memberikan perlindungan maksimal untuk pagar besi kalian.
Jadi, tak perlu khawatir lagi, karena kalian sekarang memiliki informasi yang kalian butuhkan untuk memulai proyek pengecatan pagar besi kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter Terbaru Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *