Harga Borongan Cat Duco

√ Harga Borongan Cat Duco Terbaru: Pintu, Jendela & Kitchen Set

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Cat Duco Terbaru: Pintu, Jendela & Kitchen Set. Seperti yang kita ketahui, terdapat berbagai cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penampilan rumah, termasuk salah satunya dengan menggunakan cat. Cat rumah memiliki beragam jenis yang dapat dibedakan berdasarkan fungsi, kualitas, dan bahan dasarnya.

Salah satu jenis cat yang sering digunakan untuk memberikan sentuhan akhir pada furnitur dan konstruksi bangunan berbahan dasar kayu adalah cat duco. Cat duco adalah jenis cat kayu yang digunakan dalam proses penyelesaian dengan cara penyemprotan.

Di Indonesia, penggunaan cat duco dalam konstruksi bangunan seperti pintu, jendela, dan kitchen set mulai populer di kalangan banyak orang. Untungnya, saat ini telah banyak pekerja borongan atau kontraktor yang menawarkan layanan pengerjaan cat duco.

Biasanya, para pekerja borongan untuk pengerjaan cat duco menetapkan tarif atau harga per meter. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai daftar harga borongan cat duco per meter, mulai dari tingkat kilap (gloss), semi kilap, hingga doff.

Apa Itu Cat Duco?

Cat duco adalah jenis cat berkualitas premium yang mampu diaplikasikan pada berbagai permukaan, termasuk logam dan kayu.

Keunggulan utama cat ini adalah kecepatan pengeringan yang tinggi dan kemampuannya untuk menjaga warna dengan sangat baik, sehingga tidak mengherankan jika para seniman mural sering memilihnya.

Cat duco memiliki kepadatan yang tinggi, tahan terhadap air dengan sangat baik, serta memberikan daya tahan yang luar biasa, yang dapat memberikan tampilan rumah yang lebih segar dan artistik.

Bahan dasar cat ini adalah nitrocellulose (NC), dan tersedia dalam beragam warna solid yang dapat dicampur untuk menciptakan warna khusus.

Meskipun awalnya digunakan untuk menghias furnitur kayu, cat duco kini semakin sering digunakan untuk merias jendela, pintu, dan berbagai permukaan lainnya.

Proses pengecatan dengan cat ini memerlukan keahlian dan latihan khusus agar hasilnya maksimal.

Kegunaan Cat Duco

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, cat duco adalah jenis cat yang digunakan dalam proses finishing dengan metode penyemprotan. Biasanya, cat dan teknik ini digunakan untuk berbagai furnitur rumah yang terbuat dari kayu, seperti meja, kursi, dan lemari.

Namun, seiring berjalannya waktu, cat duco juga sering digunakan untuk menyelesaikan konstruksi bangunan lainnya. Beberapa contoh konstruksi bangunan tersebut termasuk pintu, jendela, dinding, dan berbagai benda lain yang terbuat dari kayu.

Kelebihan dan Kekurangan Cat Duco

Tentu, setiap material bangunan memiliki karakteristiknya sendiri, termasuk cat duco. Oleh karena itu, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang harga borongan cat duco, alangkah baiknya jika kita memahami beberapa kelebihan dan kekurangannya yang disajikan di bawah ini.

Baca Juga :   √ Apa Itu Pernis? Manfaat, Jenis dan Cara Menggunakanya

Kelebihan:

  1. Fleksibilitas Material: Cat duco menonjol karena fleksibilitasnya dalam dapat diaplikasikan pada berbagai jenis material kayu. Ini membuatnya menjadi pilihan yang serbaguna untuk berbagai proyek.
  2. Pilihan Warna Tanpa Batas: Keunggulan lainnya adalah kemampuannya dalam memberikan pilihan warna yang hampir tak terbatas. kalian dapat mencampur cat duco untuk mencapai warna yang spesifik sesuai keinginan kalian.
  3. Hasil Akhir Elegan: Cat duco mampu memberikan hasil akhir yang terlihat mewah dan fancy. Ini memberikan sentuhan estetika yang tinggi pada proyek-proyek yang menggunakannya.
  4. Fleksibilitas Hasil Akhir: kalian dapat menyesuaikan hasil akhir pengecatan, baik itu tampak mengkilap (gloss) atau redup (doff), sesuai dengan preferensi desain kalian.
  5. Ekonomis: Salah satu kelebihan cat duco adalah sifatnya yang ekonomis, sehingga menjadi pilihan yang efisien secara biaya.
  6. Kemudahan Pembersihan: Cat duco juga dikenal mudah dibersihkan, sehingga memudahkan perawatan dan pemeliharaan jangka panjang.
  7. Tahan Terhadap Noda: Cat duco memiliki sifat yang tahan terhadap noda membandel, sehingga permukaan yang dicat tetap terlihat bersih dan menarik.

Kekurangan:

  1. Proses Pengerjaan yang Lambat: Proses pengecatan dengan cat duco memerlukan lebih banyak waktu daripada beberapa jenis cat lainnya karena melibatkan beberapa tahapan.
  2. Potensi Risiko Kesehatan: Penggunaan cat duco dapat menimbulkan risiko kesehatan jika tidak dilakukan dengan hati-hati, karena bahan-bahan kimia yang digunakan dalam cat ini.
  3. Perlu Teliti dalam Pengecatan: Proses pengecatan dengan cat duco memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi untuk mencapai hasil yang memuaskan.
  4. Tergantung pada Ketebalan Lapisan dan Tipe Cat: Daya tahan cat duco sangat bergantung pada ketebalan lapisan coating dan jenis cat yang digunakan.
  5. Potensi Mudah Terbakar: Cat duco rentan terhadap risiko kebakaran, sehingga perlu penanganan yang hati-hati dalam penyimpanan dan penggunaannya.
  6. Waktu Pengeringan yang Lebih Lama: Waktu pengeringan cat duco cenderung lebih lama dibandingkan dengan beberapa jenis cat lainnya, yang dapat memperlambat proyek penyelesaian.

Harga Borongan Cat Duco Per Meter

Mungkin besaran harga borongan cat duco per meter hampir serupa dengan HARGA BORONGAN CAT DINDING. Ini karena tarif atau biaya jasa borongan ini seringkali bervariasi antara daerah atau wilayah, dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Biasanya, beberapa faktor yang memengaruhi harga borongan ini termasuk kondisi lapangan kerja, teknik pengecatan, dan risiko yang terlibat dalam proses pengecatan. Jadi, alih-alih merasa penasaran, mari kita langsung lihat dengan saksama daftar harga borongan cat duco per meter untuk berbagai jenis finishing di bawah ini.

1. Cat Duco Finishing Gloss

Cat duco dengan tingkat kilap tinggi (finishing gloss) biasanya memiliki tingkat kilap antara 60% hingga 80%. Jenis ini sering dianggap sebagai pilihan terbaik jika kalian menginginkan hasil akhir yang bersinar dan mengkilap. Keunggulan utama dari finishing gloss adalah kemudahan dalam membersihkannya, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada pintu, jendela, atau lemari. Hasilnya memberikan tampilan yang mewah dan bersinar.

KeteranganSatuanHarga
Kusenm1Rp180,000
Daun Jendelam1Rp200,000
Daun Pintu Panelm2Rp300,000
Kitchen Setm2Rp900,000
Baca Juga :   √ Katalog Warna Cat Propan Terbaru: Interior & Eksterior

2. Cat Duco Finishing Semi Gloss

Cat duco dengan finishing semi gloss memiliki tingkat kilap yang sedikit lebih rendah, biasanya antara 40% hingga 60%. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika kalian menginginkan tampilan yang agak mengkilap, tetapi tidak terlalu berkilau. Jenis finishing ini cocok untuk berbagai aplikasi, seperti furnitur, pintu, atau jendela, di mana kalian menginginkan kesan yang halus dan menarik.

KeteranganSatuanHarga
Kusenm1Rp180,000
Daun Jendelam1Rp200,000
Daun Pintu Panelm2Rp300,000
Kitchen Setm2Rp900,000

3. Cat Duco Finishing Doff

Sementara cat duco dengan finishing doff memiliki tingkat kilap yang rendah, sekitar 20% hingga 30%. Meskipun tidak mampu memantulkan cahaya dengan sempurna seperti gloss atau semi gloss, finishing doff memiliki keunggulan lain. Ia mampu menyembunyikan noda di permukaan material dengan baik, sehingga merupakan pilihan yang baik jika kalian ingin menciptakan tampilan yang lebih mat dan tidak terlalu mencolok. Finishing doff sering digunakan pada permukaan yang rentan terhadap noda, sehingga menjaga tampilan yang tetap bersih dan menawan.

KeteranganSatuanHarga
Kusenm1Rp190,000
Daun Jendelam1Rp210,000
Daun Pintu Panelm2Rp310,000
Kitchen Setm2Rp900,000

Persiapan Pengecatan dengan Cat Duco

Sebelum melangkah ke proses pengecatan dengan cat duco, ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan oleh Kalian:

  1. Pastikan Ruangan Terdilusi dengan Baik: Ruangan yang akan dicat perlu memiliki ventilasi udara yang baik. Ini penting untuk menghindari penumpukan partikel cat di udara dan untuk menjaga sirkulasi udara yang sehat.
  2. Gunakan Alat Pelindung Diri: Karena proses penyemprotan cat duco dapat menghasilkan partikel yang tersebar di udara, sangat penting untuk menggunakan masker, kacamata, dan sarung tangan demi keselamatan kalian.
  3. Persiapkan Permukaan yang Akan Dicat: Sebelum pengecatan, pastikan untuk menghilangkan semua lapisan yang ada pada furnitur dengan mengamplas atau mengikis permukaannya. Ini memastikan hasil akhir yang baik.
  4. Hindari Sumber Api: Perlu diingat bahwa cat duco mengandung bahan yang mudah terbakar, sehingga selalu menjauhkannya dari sumber api selama proses penyemprotan.
  5. Gunakan Tenaga yang Berpengalaman: Pengecatan dengan cat duco memerlukan keterampilan khusus. Oleh karena itu, sebaiknya aplikasi cat ini dilakukan oleh orang yang berpengalaman dalam proses pengecatan.
  6. Sediakan Cat yang Cukup: Pastikan kalian memiliki cukup cat duco dalam galon untuk menyelesaikan proyek pengecatan. Ini membantu memastikan konsistensi warna yang baik.
  7. Lindungi Area Sekitar: Sebelum memulai, tutupi area sekitarnya dengan plastik dan selotip. Hal ini akan membantu mencegah percikan cat yang tidak diinginkan pada permukaan lain.
  8. Bersihkan Alat Pengecatan: Setelah selesai digunakan, selalu bersihkan pistol semprotan cat untuk menjaga alat tersebut dalam kondisi yang baik dan siap digunakan lagi.

Cara Pengaplikasian Cat Duco Kayu

Berikut adalah tahapan yang harus diikuti oleh seorang tukang dalam proses pengecatan menggunakan cat duco pada kayu:

  1. Tutup Bagian yang Tidak Akan Dicat: Mulailah dengan menutupi bagian permukaan furnitur yang tidak akan dicat menggunakan koran dan selotip. Contohnya, saat kalian mengecat pintu atau jendela, yang perlu ditutup adalah bagian kaca (jika ada) dan pegangan pintu.
  2. Amplas Permukaan Kayu: Gunakan amplas gird #100 untuk mengamplas permukaan kayu dengan baik.
  3. Tutup Lubang dan Cacat: Selanjutnya, tutupi permukaan kayu dengan dempul secara merata, terutama jika ada lubang atau cacat pada kayu. kalian dapat menggunakan dempul wood putty atau polyester putty 2 komponen atau 1 komponen, seperti sanpolac, Alfagloss, Isamu, dan sebagainya.
  4. Biarkan Mengering: Biarkan dempul mengering sempurna selama sekitar 2 jam. Setelah itu, gunakan amplas grid #120-180 untuk mengamplas seluruh permukaannya, dan lebih baik lagi jika kalian menggunakan mesin amplas orbital sander.
  5. Aplikasikan Cat Primer: Setelah permukaan halus dan merata, aplikasikan cat primer Bioduco dengan mencampurkannya dengan air dan aduk secara merata.
  6. Gunakan Spray Gun: Selanjutnya, mulailah mengaplikasikan cat primer tersebut ke seluruh permukaan kayu menggunakan spray gun.
  7. Tunggu Mengering: Tunggu hingga cat primer mengering sempurna, kemudian lanjutkan dengan pengamplasan menggunakan amplas grid #240/280. Pengamplasan dapat dilakukan dengan cara basah atau kering.
  8. Aplikasikan Cat Duco: Lapisan selanjutnya adalah cat duco. kalian dapat menggunakan produk seperti Bioduco, Nippe 2000, Danagloss, Blinken, atau yang lainnya yang memiliki beragam pilihan warna. Campurkan cat duco berbasis air tersebut dengan air sesuai komposisi yang tertera di dalam kemasan. Kemudian semprotkan cat duco ke seluruh permukaan kayu menggunakan spray gun.
  9. Finishing dengan Clear Coat: Setelah cat duco mengering sempurna, kalian juga dapat melapisinya dengan clear gloss atau clear doff. Untuk hasil yang mengkilap, kalian dapat menggunakan glossy clear coat, sementara untuk tampilan yang lebih teduh atau agak gelap, gunakan doff clear coat.
Baca Juga :   √ Cara Menghitung Borongan Cat Tembok Per Meter: Biaya & Volumenya

Baca Juga :

Penutup

Dalam mengejar hasil pengecatan yang indah dan tahan lama, pengetahuan tentang harga borongan cat duco adalah hal yang penting.

Dengan memahami berapa biaya yang akan kalian keluarkan untuk proyek pengecatan ini, kalian dapat merencanakan dengan lebih baik dan memastikan bahwa hasil akhirnya memenuhi harapan.

Tak hanya itu, pengetahuan mengenai jenis finishing yang sesuai dengan kebutuhan kalian juga akan memainkan peran kunci dalam menghasilkan tampilan yang sesuai dengan preferensi kalian.

Dengan demikian, informasi mengenai harga borongan cat duco dapat menjadi lkaliansan awal yang baik untuk memulai proyek pengecatan kayu kalian.

Semoga artikel finoo.id ini bermanfaat dalam membantu kalian merencanakan dan melaksanakan proyek pengecatan dengan cat duco yang memukau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *