Harga Borongan Pasang Partisi Gypsum

Harga Borongan Pasang Partisi Gypsum Per Meter Terbaru Lengkap

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Pasang Partisi Gypsum Per Meter Terbaru Lengkap. Seperti yang umum diketahui, gypsum adalah salah satu bahan material bangunan yang sering digunakan sebagai plafon di rumah. Gypsum sendiri terbuat dari campuran kapur dan sulfat yang diolah menjadi lembaran tipis yang dilapisi kertas.

Selain berperan sebagai material plafon, gypsum juga sering digunakan sebagai partisi pembatas ruangan atau sebagai lapisan penutup dinding. Penggunaan ini tentu memiliki alasan kuat, karena gypsum memiliki berbagai keunggulan seperti kekuatan yang tinggi dan daya tahan terhadap benturan.

Di Indonesia, saat ini ada banyak pekerja kontraktor yang menawarkan jasa pemasangan partisi gypsum. Namun, setiap kontraktor pasti memiliki ketentuan harga jasa borongan yang berbeda-beda dalam proses pemasangan partisi gypsum.

Oleh karena itu, jika kalian berencana untuk memasang gypsum sebagai dinding bangunan, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu berapa biaya borongan yang diperlukan. Pada kesempatan ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai harga jasa borongan pemasangan partisi gypsum per meter untuk berbagai jenis dan ukuran.

Fungsi Partisi Ruangan

Partisi ruangan memiliki beberapa peran penting, namun yang paling pokok adalah untuk memisahkan satu ruangan dari yang lain. Selain itu, terdapat beberapa fungsi tambahan, di antaranya:

1. Memberikan Privasi Ruangan yang Lain

Terdapat beberapa rumah yang dibangun tanpa adanya penyekat antara ruang tengah dan ruang tamu. Hal ini bisa disebabkan oleh desain asli yang diinginkan oleh pemilik rumah atau karena itulah yang disediakan oleh kontraktor pembangunan.

Biasanya, calon pembeli ingin menambahkan pembatas di antara kedua ruangan ini untuk menciptakan dua ruang terpisah yang menawarkan privasi. Dengan cara ini, ketika ada tamu di ruang tamu, orang yang berada di ruang tengah tidak akan terganggu, dan sebaliknya, tamu juga tidak akan terganggu oleh aktivitas di dalam rumah. Oleh karena itu, penggunaan partisi ruangan sangat membantu dalam hal ini.

2. Pemisah Ruangan

Memiliki ruang yang luas dalam beberapa bagian rumah, seperti kamar, tentu memiliki keuntungan tersendiri. Namun, kadang-kadang keberadaan ruang yang luas ini dapat menggoda kita untuk membuat ruangan tambahan yang bermanfaat tanpa harus repot-repot melakukan perombakan besar. Salah satunya adalah menciptakan ruang kerja.

Penggunaan partisi ruangan adalah solusi yang sangat sesuai dalam situasi ini. Kemudahan pemasangan dan kemampuan untuk mempercantik ruangan membuat partisi ruangan menjadi pilihan yang sangat menarik. kalian dapat memilih jenis partisi ruangan yang sesuai untuk memisahkan ruangan ini sesuai kebutuhan kalian.

3. Menambah Estetika

Partisi ruangan memiliki berbagai tipe dan jenis yang dapat kalian pilih. Bentuknya yang tidak selalu harus seperti tembok memberikan fleksibilitas dalam memilih jenis partisi yang sesuai untuk rumah kalian. Dalam hal ini, partisi ini tidak hanya berfungsi sebagai penyekat antara dua ruangan, tetapi juga dapat memberikan sentuhan dekoratif yang mempercantik ruangan kalian.

Beda Dinding dan Partisi Gypsum

Sebenarnya, dinding dan partisi gypsum memiliki fungsi dasar yang serupa, yaitu untuk mengatur batas antara ruangan tertentu. Namun, dinding memiliki fungsi tambahan yang sangat penting, yaitu sebagai elemen struktural yang mendukung bangunan itu sendiri. Dinding memiliki sifat yang kaku dan tetap, sehingga tidak dapat dipindahkan seperti partisi. Ini merupakan perbedaan mendasar antara keduanya.

Baca Juga :   √ Apa Itu Angkur? Fungsi, Jenis dan Cara Memasangnya

Partisi gypsum memiliki desain yang menarik dan dapat digunakan untuk mempercantik ruangan. Selain itu, partisi gypsum juga memiliki fleksibilitas untuk ditempatkan sesuai keinginan kalian. Kelebihan lainnya dari partisi ini adalah variasi bahan yang digunakan dalam pembuatannya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Partisi gypsum mulai dikenal luas sejak tahun 1920, dan kehadirannya telah mengubah pkalianngan kita tentang fungsi material bangunan.

Jenis Papan Gypsum

Jika kalian berencana menggunakan gypsum sebagai partisi di kantor atau beberapa ruangan di rumah, ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan. Salah satunya adalah jenis papan gypsum yang akan digunakan. Papan gypsum ini umumnya digunakan untuk dinding dalam ruangan atau partisi gypsum. Selain itu, ada berbagai jenis papan yang dapat kalian pilih, di antaranya:

1. Tipe X

Papan tipe X memiliki keunggulan yang sangat penting, yaitu sifat tahan terhadap api dan panas. Ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk lingkungan yang membutuhkan perlindungan terhadap bahaya kebakaran dan suhu tinggi. Penggunaan papan tipe X sering direkomendasikan dalam konstruksi di area yang memerlukan perlindungan tambahan terhadap risiko api dan panas.

2. Vapor Barrier

Jenis papan ini dilengkapi dengan lapisan foil yang menjadikannya tahan terhadap kelembapan. Lapisan foil ini membantu mencegah penetrasi kelembapan ke dalam struktur, menjaga kestabilan papan, dan mencegah masalah yang dapat timbul akibat kelembapan seperti korosi atau pertumbuhan jamur. Vapor barrier sangat penting terutama dalam konstruksi di lingkungan yang cenderung lembap.

3. Gypsum board anti air

Seperti namanya, papan gypsum ini memiliki keunggulan dalam sifat tahan air. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk penggunaan di area seperti kamar mandi, dapur, atau area lain yang berisiko terkena air. Dengan sifat water-resistant-nya, gypsum board anti air mampu menghadapi paparan air dan menjaga integritas struktur selama waktu yang lebih lama.

4. Gypsum board eksterior

Papan gypsum eksterior umumnya digunakan di langit-langit atau bagian atap bangunan. Mereka dirancang untuk menahan tekanan dan beban tertentu yang mungkin diterimanya. Penggunaannya dapat memberikan penampilan yang estetis dan kekuatan yang diperlukan dalam situasi yang memerlukan papan gypsum di luar ruangan, seperti bagian eksterior bangunan.

Kelebihan dan Kekurangan Partisi Gypsum

Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, salah satu keunggulan partisi gypsum adalah tingkat daya tahannya yang cukup tinggi. Walaupun demikian, hal ini tidak berarti bahwa material tersebut tidak memiliki kekurangan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk mempertimbangkan karakteristik partisi gypsum sebagai bahan material bangunan. Sebagai panduan sebelum kalian memutuskan untuk membeli dan memasangnya, berikut kami akan memberikan daftar kelebihan dan kekurangan dari partisi gypsum.

Kelebihan:

  1. Proses pemasangannya praktis: Pemasangan partisi gypsum relatif cepat dan sederhana, yang membuatnya menjadi pilihan yang praktis dalam konstruksi.
  2. Dapat dipasang untuk melapisi dinding bata: Partisi gypsum dapat digunakan untuk melapisi dinding bata, memberikan tampilan yang lebih modern dan rapi.
  3. Mampu mengurangi panas di dalam ruangan: Gypsum memiliki sifat isolasi termal yang membantu mengurangi perpindahan panas antara ruangan, menjadikannya pilihan yang baik untuk mengatur suhu dalam rumah.
  4. Ramah terhadap lingkungan: Gypsum adalah material yang umumnya mudah didaur ulang dan memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah daripada beberapa alternatif lainnya.
  5. Tata cara perawatannya tergolong mudah: Perawatan partisi gypsum umumnya mudah dan memerlukan sedikit perhatian, seperti membersihkan debu atau noda.
  6. Dapat dibentuk melengkung: Gypsum bisa dibentuk dengan mudah menjadi desain yang melengkung, menambah fleksibilitas dalam desain interior.
  7. Bobotnya cenderung lebih ringan: Partisi gypsum lebih ringan daripada beberapa material penyekat lainnya, sehingga mengurangi beban struktural pada bangunan.
Baca Juga :   √ Harga HPL Taco Semua Ukuran Terbaru: Per Lembar & Per Meter

Kekurangan:

  1. Tidak semua partisi gypsum tahan terhadap air: Beberapa jenis partisi gypsum rentan terhadap kerusakan akibat air, sehingga perlu perhatian khusus dalam penggunaannya di area dengan paparan air.
  2. Memerlukan perawatan secara berkala: Meskipun perawatan umumnya mudah, partisi gypsum mungkin memerlukan perbaikan atau perawatan berkala tergantung pada kondisi lingkungan dan pemakaian.
  3. Rentan terhadap benturan keras: Partisi gypsum bisa rusak jika terkena benturan keras, sehingga perlu dihindari dalam area yang berisiko terhadap benturan.
  4. Tampilannya mudah kusam: Seiring waktu, tampilan partisi gypsum dapat menjadi kusam jika tidak dirawat dengan baik.
  5. Mudah terserang jamur: Di lingkungan lembap, partisi gypsum bisa menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan jamur jika tidak dijaga kebersihannya.
  6. Proses pemasangannya memerlukan ketelitian lebih: Agar hasil akhir terlihat rapi, pemasangan partisi gypsum memerlukan ketelitian dan keterampilan khusus.
  7. Tidak kedap suara: Partisi gypsum umumnya tidak memiliki kemampuan kedap suara yang kuat, sehingga mungkin perlu tambahan isolasi akustik jika dibutuhkan.

Ukuran Standar Partisi Gypsum

Ukuran material umumnya memiliki dampak langsung pada harga borongan pemasangan partisi gypsum per meter. Di pasar Indonesia, partisi gypsum tersedia dalam beragam jenis, motif, dan ukuran.

Ukuran stkalianr material gypsum yang sering digunakan untuk partisi rumah adalah 1.200 mm x 2.400 mm. Sementara ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pemilik rumah, dengan pilihan ketebalan mulai dari 6.4 mm, 8 mm, 9.5 mm, 12.7 mm, 15.9 mm, hingga 25 mm.

Harga Borongan Pasang Partisi Gypsum Per Meter

Sama seperti proses perhitungan harga borongan pemasangan plafon gypsum, harga borongan pemasangan partisi gypsum juga diukur per meter persegi. Selain itu, tarif borongan dapat bervariasi di berbagai daerah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Beberapa faktor yang memengaruhi harga borongan ini termasuk kondisi atau lokasi tempat pekerjaan dilakukan, tingkat kesulitan pemasangan, dan risiko yang terkait dengan pemasangan partisi gypsum. Perlu diingat bahwa harga borongan ini mencakup biaya tenaga kerja dan bahan material yang digunakan dalam pemasangan.

Saat ini, harga borongan pemasangan partisi gypsum dapat berbeda tergantung pada pilihan jenis material, jumlah rangka yang diperlukan, serta jumlah sisi yang akan dipasang. Untuk mengetahui lebih detail, berikut adalah daftar harga borongan pemasangan partisi gypsum per meter persegi yang perlu kalian perhatikan.

Partisi Gypsum 1 Rangka Hollow 1 Sisi

Jenis GypsumJenis Rangka HollowHarga Per Meter
Jayaboard 9 mm0.30 mmRp85,000
Jayaboard 9 mm0.35 mmRp95,000
Jayaboard 9 mm0.50 mmRp115,000
Elephant 9 mm0.30 mmRp82,000
Elephant 9 mm0.35 mmRp92,000
Elephant 9 mm0.50 mmRp112,000
Knauf / Aplus0.30 mmRp80,000
Knauf / Aplus0.35 mmRp90,000
Knauf / Aplus0.50 mmRp110,000

Partisi Gypsum 1 Rangka Hollow 2 Sisi

Jenis GypsumJenis Rangka HollowHarga Per Meter
Jayaboard 9 mm0.30 mmRp135,000
Jayaboard 9 mm0.35 mmRp145,000
Jayaboard 9 mm0.50 mmRp155,000
Elephant 9 mm0.30 mmRp130,000
Elephant 9 mm0.35 mmRp140,000
Elephant 9 mm0.50 mmRp150,000
Knauf / Aplus0.30 mmRp130,000
Knauf / Aplus0.35 mmRp140,000
Knauf / Aplus0.50 mmRp150,000

Partisi Gypsum 2 Rangka Hollow 2 Sisi

Jenis GypsumJenis Rangka HollowHarga Per Meter
Jayaboard 9 mm0.30 mmRp170,000
Jayaboard 9 mm0.35 mmRp190,000
Jayaboard 9 mmGalvanis 0.50 mmRp230,000
Elephant 9 mmGalvanis 0.30 mmRp164,000
Elephant 9 mmGalvanis 0.35 mmRp184,000
Elephant 9 mmGalvanis 0.50 mmRp224,000
Knauf / AplusGalvanis 0.30 mmRp160,000
Knauf / AplusGalvanis 0.35 mmRp180,000
Knauf / AplusGalvanis 0.50 mmRp220,000
Baca Juga :   √ Jenis Triplek Terbaik Untuk Kebutuhan Rumah dan Industri

Partisi Rangka Baja Ringan dan Metal Stud

Jenis GypsumJenis RangkaHarga Per Meter
Jayaboard 9 mmBaja ringanRp170,000
Jayaboard 9 mmMetal studRp160,000
Elephant 9 mmBaja ringanRp162,000
Elephant 9 mmMetal studRp155,000
Knauf / Aplus 9 mmBaja ringanRp160,000
Knauf / Aplus 9 mmMetal studRp150,000

Informasi mengenai daftar harga borongan pemasangan partisi gypsum di atas kami peroleh dari berbagai sumber yang terpercaya, sehingga dapat dijadikan sebagai referensi atau pedoman saat kalian mempertimbangkan penggunaan jasa pemasangan partisi gypsum di daerah kalian.

Cara Menghitung Biaya Pasang Partisi Gypsum

Di atas telah dijelaskan secara komprehensif mengenai daftar harga borongan pemasangan partisi gypsum per meter persegi. Selanjutnya, kami juga akan memberikan panduan mengenai cara menghitung biaya pemasangan partisi gypsum di rumah kalian.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama adalah untuk menentukan total volume atau luas area dinding yang akan dipasangi partisi gypsum. Sebagai contoh, jika kalian ingin memasang partisi gypsum Jayaboard 9 mm dengan 2 rangka hollow 0.35 mm dan 2 sisi pada dinding kamar berukuran 5 m x 3 m, cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Informasi yang telah disediakan:

  • Panjang dinding: 5 meter.
  • Tinggi dinding: 3 meter.

Perhitungan:

  • Volume pekerjaan: Panjang x tinggi.
  • Volume pekerjaan: 5 meter x 3 meter = 15 meter persegi.

Biaya Pasang Partisi Gypsum

Setelah menentukan total luas area pekerjaan, selanjutnya langkahnya adalah menghitung biaya pemasangan. Caranya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dinding dengan tarif borongan pemasangan partisi gypsum Jayaboard 9 mm, dengan 2 rangka hollow 0.35 mm dan 2 sisi per meter persegi.

  • Biaya pemasangan partisi: Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pemasangan partisi: 15 meter persegi x Rp 190.000 = Rp 2.850.000.

Jadi, total biaya yang perlu disiapkan untuk memasang partisi gypsum Jayaboard dengan ketebalan 9 mm, menggunakan 2 rangka hollow 0.35 mm dan dengan 2 sisi pada dinding berukuran 5 m x 3 m adalah sekitar Rp 2.850.000. Harap diingat bahwa harga borongan ini mencakup biaya tenaga kerja pemasangan serta pembelian bahan materialnya.

Kami menyarankan untuk memilih material berkualitas, meskipun harganya mungkin sedikit lebih tinggi. Hal ini penting agar konstruksi partisi gypsum di dalam rumah kalian menjadi kuat dan memiliki umur pakai yang lebih lama.

Baca Juga :

Penutup

Dalam rangka memahami perhitungan biaya dan anggaran yang dibutuhkan untuk pemasangan partisi gypsum, informasi mengenai harga borongan pasang partisi gypsum per meter adalah kunci.

Dalam artikel finoo.id ini, kami telah merinci cara menghitung biaya pemasangan partisi gypsum serta faktor-faktor yang memengaruhi harga.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang proses perhitungan ini, kalian dapat merencanakan dan mempersiapkan anggaran dengan lebih akurat ketika ingin menggunakan jasa pemasangan partisi gypsum.

Pastikan untuk memilih material berkualitas agar konstruksi partisi gypsum di rumah kalian menjadi kuat, tahan lama, dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *