Cara Membersihkan Lantai Berminyak

√ Cara Membersihkan Lantai Berminyak Paling Mudah & Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Cara Membersihkan Lantai Berminyak Paling Mudah & Tepat. Pernahkah kalian mengalami situasi di mana lantai rumah terasa licin dan berminyak? Ini tidak hanya terjadi di area dapur, tapi mungkin juga menyebar ke seluruh ruangan karena berbagai alasan, seperti jejak minyak dari kaki yang tidak dibersihkan dengan baik atau tumpahan makanan berminyak yang tidak segera diatasi.

Tetapi, yang penting adalah mengetahui cara membersihkannya. Menariknya, mengelap lantai bukanlah satu-satunya metode untuk mengatasi lantai berminyak. Ada cara lain yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Dengan cepat, minyak dapat terserap dan lantai pun kembali bersih. Ayo, simak bahan apa saja yang dapat digunakan dan bagaimana caranya.

Cara Membersihkan Lantai Berminyak

Minyak yang tumpah akibat proses menggoreng atau makanan yang terjatuh mungkin terlihat remeh. Namun, jika tidak segera dibersihkan, hal ini dapat membuat lantai rumah kalian menjadi berminyak dan kotor. Jika sudah terlanjur, kalian dapat membersihkannya dengan menggunakan beberapa bahan di bawah ini.

1. Manfaatkan Kertas Koran

Jangan terburu-buru membuang koran bekas yang kamu miliki. Koran bekas ternyata dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya membersihkan lantai yang tidak sengaja terkena tumpahan minyak. Kertas koran memiliki pori-pori yang cukup besar, sehingga mampu menyerap minyak dengan baik, mempermudah proses pembersihan lantai.

Contohnya, jika kamu mengalami tumpahan minyak di lantai dapur, segera ambil koran dan letakkan di atas lantai yang kotor. Tunggu beberapa menit hingga minyak terserap dan koran menjadi basah. Ulangi langkah ini sampai minyak terabsorpsi sepenuhnya. Setelah itu, tinggal menyempurnakan prosesnya dengan mengusap lantai menggunakan tisu atau lap bersih hingga kering.

Baca Juga :   √ Cara Mengatasi Pipa Macet Menggunakan Bahan Kimia

2. Gunakan Tepung Terigu

Tepung terigu, bahan umum yang selalu tersedia di dapur, ternyata memiliki fungsi lebih dari sekadar bahan masakan. Tepung terigu dapat digunakan untuk mengikat minyak, sehingga ketika lantai terkena tumpahan minyak, tepung terigu bisa menjadi solusi efektif untuk membersihkannya.

Caranya sangat mudah. Taburkan tepung terigu secukupnya di atas lantai yang terkena tumpahan minyak hingga seluruh area yang kotor tertutupi. Biarkan beberapa saat hingga tepung terigu menyerap minyak. Setelah itu, sapulah tepung terigu dari lantai seperti biasa, dan terakhir bilas lantai menggunakan air dan cairan pembersih lantai untuk hasil bersih dan bersinar.

3. Manfaatkan Baking Soda

Jika seringkali kamu mengalami bercak minyak di lantai, sebaiknya kamu selalu memiliki “ramuan” kalianlan untuk mengatasi masalah ini. Bahan utama yang diperlukan adalah baking soda, yang telah lama terkenal karena kemampuannya membersihkan noda yang sulit di berbagai permukaan.

Untuk membuat cairan pembersih minyak untuk lantai, campurkan sekitar 125 ml air, 2-3 sendok makan baking soda, dua sendok makan cuka putih, dan satu sendok makan detergen ke dalam botol semprot. Kocok hingga semua bahan larut, dan voila! Cairan pembersih minyakmu sudah siap digunakan.

Semprotkan cairan ini ke area lantai yang berminyak, biarkan sebentar, dan kemudian lap dengan kain bersih. Untuk menghilangkan sisa cairan baking soda, cukup gunakan air dan cairan pembersih lantai, lalu pel lantai seperti biasa. Dengan cara ini, lantaimu yang tadinya berminyak dan kotor akan langsung bersinar dan terlihat bersih.

4. Gunakan Campuran Garam dan Cuka Apel

Selain memanfaatkan campuran baking soda, kamu juga bisa membuat cairan pembersih minyak dengan menggunakan garam dan cuka apel. Caranya sangat mudah, tinggal mencampur garam dan cuka apel tanpa dilarutkan dengan air. Aduk atau kocok hingga semua bahan tercampur secara merata.

Masukkan larutan garam dan cuka apel ke dalam botol semprot. Semprotkan campuran ini pada bagian lantai yang berminyak, lalu lap menggunakan kain bersih. Jika minyak terlanjur bandel dan sulit diangkat, semprotkan kembali dan biarkan beberapa waktu agar cairan dapat bekerja dengan lebih efektif. Setelah itu, lap kembali dengan kain bersih, dan bilas lantai menggunakan air dan cairan pembersih lantai yang biasa kamu pakai.

Baca Juga :   √ Daftar Alat Pembersih Kaca Jendela Terbaik, Wajib Dimiliki!

5. Gunakan Sabun Cuci Piring

Jika tidak ingin repot dengan berbagai campuran yang mungkin tidak familiar, cara termudah adalah menggunakan sabun cuci piring. Larutkan beberapa tetes cairan pencuci piring dan tambahkan sedikit air. Celupkan spons ke dalam larutan hingga basah, lalu gunakan untuk membersihkan minyak yang menempel.

Jika minyak terlalu sulit diangkat, ulangi langkah di atas hingga lantai menjadi kesat dan bebas minyak. Terakhir, usap lantai menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi untuk menghilangkan bekas sabun cuci piring agar lantaimu tetap kesat dan tidak licin. Pastinya, kamu tidak ingin terpeleset karena sabun cuci piring yang tertinggal di lantai, bukan?

6. Taburkan Pasir Kucing

Bagi yang memiliki kucing di rumah, ternyata pasir kucing atau cat litter yang biasanya digunakan sebagai tempat pee dan poo juga dapat digunakan untuk membersihkan lantai yang berminyak. Pasir kucing memiliki kemampuan serap yang sangat baik. Dengan menggunakannya untuk mengatasi minyak yang tumpah di lantai, minyak akan terserap dengan cepat dan dapat dengan mudah dibersihkan.

Caranya sangat sederhana. Taburkan pasir kucing bersih di atas lantai yang berminyak. Biarkan selama 10-30 menit, sehingga pasir dapat menyerap minyak dengan baik. Setelah itu, cukup sapu pasir kucing tersebut seperti biasa dan bilas lantai menggunakan campuran air dan pembersih lantai.

7. Gunakan Cairan Pembersih Lantai

Terakhir, bagi yang malas menggunakan bahan-bahan di atas, kamu dapat membersihkan lantai yang berminyak langsung dengan menggunakan cairan pembersih lantai. Caranya cukup mudah, serap minyak yang tumpah atau menetes di lantai menggunakan tisu atau koran, lalu bilas lantai menggunakan pembersih lantai tanpa perlu dilarutkan dalam air.

Baca Juga :   √ Cara Menghindari Distorsi Pengelasan dan Memperbaikinya

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cairan pembersih lantai secara berlebihan dapat membuat lantai menjadi lebih licin. Pastikan kamu menggunakan hanya beberapa tetes cairan, dan ratakannya dengan kain pel untuk memastikan lantai tetap kesat, bersih, dan bebas minyak. Selain itu, aroma harum dari cairan pembersih juga dapat membuat kamu betah berlama-lama di lantai.

Baca Juga :

Penutup

Dengan berbagai metode yang telah dibahas di atas, kini kamu memiliki pilihan cara membersihkan lantai berminyak yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan di rumah.

Mulai dari bahan alami seperti baking soda, garam, dan cuka apel hingga solusi praktis menggunakan pasir kucing atau cairan pembersih lantai, semuanya dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah lantai yang berminyak.

Ingatlah untuk selalu menyesuaikan metode pembersihan dengan jenis lantai yang kamu miliki agar hasilnya maksimal.

Dengan rajin membersihkan lantai, bukan hanya tampilan rumah yang bersih dan rapi, tetapi juga keamanan dan kenyamanan di dalam rumah dapat terjaga.

Sekarang, tidak perlu khawatir lagi jika tumpahan minyak terjadi di lantai. Cukup pilih salah satu cara di atas, dan lantai berminyakmu akan kembali bersih dan bebas licin.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Cara Membersihkan Lantai Berminyak Paling Mudah & Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *