Harga Jasa Pasang Penangkal Petir

√ Harga Jasa Pasang Penangkal Petir Serta Jenis & Cara Kerjanya

Posted on

Finoo.id – √ Harga Jasa Pasang Penangkal Petir Serta Jenis & Cara Kerjanya. Seperti yang diketahui, petir yang menggelegar dan kilatan cahayanya seringkali menjadi pertkalian awal datangnya hujan. Selain harus waspada terhadap banjir, perlu juga memperhatikan potensi bahaya sambaran petir, baik di sekitar pohon-pohon maupun di dalam rumah.

Sambaran petir sendiri mengandung tegangan listrik yang sangat tinggi. Tanpa penanganan yang tepat, sambaran petir bisa mengancam nyawa manusia dan merusak lingkungan sekitarnya. Inilah salah satu alasan mengapa pemasangan penangkal petir di rumah sangat penting.

Sementara sebelumnya penangkal petir sulit diperoleh oleh banyak orang karena masalah biaya, sekarang situasinya telah berubah. Di Indonesia, tersedia banyak penyedia jasa dan teknisi yang dapat memasang penangkal petir di rumah warga.

Secara umum, penyedia jasa pemasangan penangkal petir menetapkan tarif berdasarkan jenis dan kelengkapan komponennya. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai daftar harga jasa pemasangan penangkal petir untuk semua jenisnya.

Apa Itu Penangkal Petir?

Penangkal petir merupakan perangkat yang sederhana namun sangat penting untuk melindungi bangunan dari bahaya sambaran petir. Perangkat ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu splitzen atau batang penangkal, kawat konduktor, dan grounding atau tempat pembumian.

Pertama, splitzen atau batang penangkal adalah bagian yang berbentuk tombak dan terbuat dari logam yang tajam. Batang ini berfungsi untuk menarik petir ke arahnya saat sambaran petir mendekat.

Kedua, kawat konduktor adalah bagian yang menghubungkan batang penangkal dengan tanah. Kawat ini bertugas sebagai jalur bagi arus listrik dari petir, sehingga arus tersebut dapat diteruskan langsung ke permukaan bumi.

Ketiga, grounding atau tempat pembumian adalah tempat di mana kawat konduktor terhubung dengan tanah. Ini sangat penting karena arus petir yang diteruskan oleh penangkal petir harus dipancarkan dengan aman ke dalam tanah untuk menghindari kerusakan pada bangunan.

Karena bangunan bertingkat tinggi seringkali berada dalam jarak dekat dengan langit, mereka sangat rentan terhadap sambaran petir. Oleh karena itu, penangkal petir seringkali dipasang pada gedung-gedung pencakar langit untuk melindungi bangunan dan orang-orang di dalamnya dari bahaya potensial yang dapat ditimbulkan oleh petir. Dengan rangkaian yang efisien, penangkal petir dapat menjadi perisai vital untuk menjaga keamanan dan mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh sambaran petir.

Fungsi Penangkal Petir

Penangkal petir memiliki peran penting dalam melindungi bangunan dan orang-orang dari bahaya sambaran petir. Fungsi utamanya adalah sebagai media penghantar listrik yang menyalurkan arus listrik yang dihasilkan oleh sambaran kilat, meneruskannya ke media lain, seperti tanah, sehingga arus listrik tersebut tidak merusak bangunan atau peralatan listrik di dalamnya.

Selain sebagai penghantar listrik, penangkal petir juga memiliki kemampuan untuk meredam efek sambaran petir yang dapat sangat membahayakan. Ketika petir menyambar, energi listrik yang sangat besar dilepaskan dalam sekejap, dan ini dapat menyebabkan kerusakan serius. Penangkal petir bertindak sebagai alat yang mengalihkan arus listrik tersebut dengan aman ke tanah, sehingga tidak merusak bangunan atau menyebabkan kebakaran.

Baca Juga :   Apa itu Besi Begel? Fungsi dan Cara Menghitung Kebutuhanya

Selain melindungi dari kerusakan fisik, penangkal petir juga dapat mencegah terjadinya konslet aliran listrik saat cuaca buruk yang disertai banyak sambaran petir. Konslet aliran listrik dapat mengakibatkan pemadaman listrik, kerusakan pada peralatan elektronik, atau bahkan kebakaran. Dengan adanya penangkal petir yang efisien, risiko terjadinya konslet aliran listrik dapat diminimalkan, sehingga kenyamanan dan keamanan penghuni bangunan tetap terjaga.

Cara Kerja Penangkal Petir

Fungsi utama perangkat ini sebenarnya tidak untuk mencegah terjadinya sambaran petir pada benda-benda di bawah awan. Sebaliknya, perangkat ini berperan dalam menangkap daya tarik antara muatan listrik yang berasal dari petir dan mengarahkannya ke dalam tanah.

Ketika petir terjadi, muatan listrik negatif di bawah awan sudah mencukupi jumlahnya. Seiring dengan itu, muatan listrik positif pada permukaan tanah akan terdorong untuk naik. Proses ini terjadi melalui kabel konduktor yang menghubungkan dengan ujung batang penangkal petir. Ketika muatan listrik negatif mendekati batang penangkal di atas atap, daya tarik antara keduanya semakin kuat. Akibatnya, muatan positif pada ujung-ujung penangkal akan tertarik menuju muatan negatif.

Pertemuan muatan ini menghasilkan aliran listrik yang akan mengalir ke dalam tanah melalui kabel konduktor. Hal ini berarti bahwa sambaran petir tidak akan langsung mengenai bangunan itu sendiri. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa sambaran petir masih bisa menjalari kawat jaringan listrik di dalam bangunan dan dapat merusak peralatan elektronik yang terhubung ke jaringan listrik tersebut. Situasi ini juga memiliki potensi menyebabkan kebakaran atau ledakan.

Untuk menghindari kerusakan yang signifikan akibat sambaran petir pada jaringan listrik, biasanya bangunan dilengkapi dengan surge arrester atau alat penstabil arus listrik. Alat ini bertugas untuk mengurangi lonjakan arus yang dapat disebabkan oleh sambaran petir, sehingga perlindungan lebih lanjut diberikan terhadap peralatan elektronik dan keamanan bangunan secara keseluruhan.

Bagian-bagian pada Penangkal Listrik

Sebelum kalian memutuskan untuk membeli dan memasang penangkal petir, penting bagi kalian untuk memahami komponen-komponennya. Ini akan membantu kalian dalam mengecek keberadaan seluruh bagian yang diperlukan saat kalian membelinya. Berikut adalah komponen-komponen utama dari penangkal petir:

1. Air Terminal (Head)

Air terminal atau head merupakan bagian penangkal petir yang terletak di puncaknya. Pada penangkal konvensional, air terminal umumnya memiliki bentuk yang menyerupai ujung tombak, yang dirancang untuk menjadi sasaran utama sambaran petir. Pada penangkal elektrostatis, head biasanya memiliki bentuk yang lebih besar dan lebar, menyerupai payung. Fungsi utama air terminal adalah menarik perhatian dan menangkap sambaran petir, sehingga arus listrik dari petir dapat dialirkan dengan aman ke tanah.

2. Konduktor

Konduktor adalah bagian penting dalam sistem penangkal petir yang berupa kabel. Fungsinya adalah untuk mengalirkan arus listrik yang ditangkap oleh air terminal dan mengarahkannya menuju sistem grounding. Konduktor ini berperan sebagai jalur yang memungkinkan arus listrik dari petir untuk mengalir dengan aman dan efisien menuju bumi, menghindari kerusakan pada bangunan atau peralatan yang terhubung dengan penangkal petir.

Baca Juga :   Pengertian Bekisting: Fungsi dan Jenisnya Lengkap

3. Grounding

Grounding merupakan komponen penangkal petir yang terletak di dalam tanah. Lokasi dan pembuatan grounding harus dilakukan dengan cermat, dan penting untuk menjaga jarak yang cukup jauh dari bangunan rumah. Grounding berfungsi untuk menerima arus listrik dari konduktor dan mengalirkannya dengan aman ke dalam tanah, sehingga arus petir tidak merusak bangunan. Oleh karena itu, grounding harus dirancang dan ditempatkan dengan hati-hati agar dapat mengatasi arus listrik dari petir tanpa menimbulkan kerusakan yang berpotensi membahayakan bangunan maupun penghuninya.

Pemahaman yang mendalam mengenai bagian-bagian ini sangat penting saat memasang penangkal petir, karena komponen-komponen ini bekerja sama dalam melindungi bangunan dan orang-orang dari bahaya sambaran petir. Dengan pengetahuan yang tepat, kalian dapat memastikan bahwa sistem penangkal petir berfungsi sebagaimana mestinya, menjaga keamanan dan melindungi aset kalian dari potensi kerusakan yang disebabkan oleh petir.

Jenis Penangkal Petir

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biaya pemasangan penangkal petir saat ini bervariasi tergantung pada jenis atau tipe penangkal petir beserta kelengkapannya. Di Indonesia, terdapat tiga jenis penangkal petir yang sering dipasang di rumah-rumah pemukiman warga. Untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa jenis penangkal petir.

1. Penangkal Petir Konvensional

Penangkal petir konvensional dapat dijelaskan sebagai perangkat sederhana yang berperan dalam menangkap kilatan petir secara pasif. Perangkat ini memiliki bentuk seperti tiang dan terhubung dengan kabel konduktor. Karena bersifat pasif, bangunan dengan luas yang signifikan seringkali memerlukan beberapa penangkal petir yang ditempatkan di puncak atapnya secara bersamaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan perlindungan yang efektif terhadap bangunan dari bahaya sambaran petir.

2. Penangkal Petir Elektrostatis

Jenis penangkal petir elektrostatik, menggunakan sistem E.S.E atau Early Streamer Emission. Perangkat ini memiliki elemen tambahan berupa head terminal yang mengandung muatan listrik statis pada bagian ujungnya. Keunggulan dari penangkal petir elektrostatik adalah kemampuannya untuk dipasang pada ketinggian yang lebih tinggi, sehingga dapat melindungi area yang lebih luas, dan yang lebih penting, tidak memerlukan penggunaan kabel tambahan.

3. Penangkal Petir Radioaktif

Jenis penangkal petir di rumah terakhir adalah yang tipe radioaktif. Namun, disayangkan, saat ini pemasangan penangkal petir jenis radioaktif telah dilarang berdasarkan kesepakatan internasional mengenai penggunaan zat radioaktif. Keputusan ini diambil karena zat tersebut memiliki potensi untuk mengganggu makhluk hidup dan dapat menimbulkan bencana di lingkungan sekitar.

Harga Penangkal Petir

Harga perangkat penangkal petir dan biaya pemasangannya dapat sangat bervariasi, tergantung pada kebutuhan masing-masing individu. kalian dapat membeli penangkal petir di toko-toko yang menjual peralatan listrik atau memesan melalui penyedia jasa pemasangannya.

Untuk memasang sistem penangkal petir di rumah, tentu saja diperlukan investasi finansial yang signifikan, terutama jika kalian memilih tipe penangkal elektrostatik yang lebih praktis karena mengurangi jumlah splitzen dan jaringan kabel konduktor yang diperlukan. Paket instalasi penangkal petir elektrostatik paling terjangkau biasanya dijual dengan harga sekitar 8-9 juta Rupiah dengan jangkauan radius hingga 150 meter.

Untuk kebutuhan skala lebih kecil, kalian juga dapat membeli dan memasang penangkal petir konvensional sendiri dengan biaya yang lebih terjangkau. Paket perangkat penangkal petir tipe konvensional biasanya tersedia mulai dari 2-3 juta Rupiah, termasuk biaya pemasangan. Jika kalian ingin melindungi peralatan listrik di rumah kalian dari risiko petir, berikut adalah daftar harga yang dapat kalian pertimbangkan:

Baca Juga :   Apa Itu Lisplang: Fungsi, Jenis, dan Ukuranya Yang Tepat

 

Tips Memasang Penangkal Petir

Di atas, telah dijelaskan secara lengkap mengenai harga jasa pemasangan penangkal petir di seluruh wilayah Indonesia untuk berbagai jenis atau tipenya. Namun, agar proses pemasangan penangkal petir di rumah kalian berjalan dengan lancar dan berfungsi sesuai yang diharapkan, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti:

  1. Kenali dan Pahami Jenis-Jenis Penangkal Petir:
    Penting untuk memahami berbagai jenis penangkal petir yang tersedia. Setiap jenis memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Dengan memahami jenis-jenis ini, kalian dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah kalian.
  2. Cocokkan Jenis Penangkal Petir dengan Anggaran Biaya:
    Tentukan anggaran biaya kalian sebelum memutuskan jenis penangkal petir yang akan diinstal. Sesuaikan jenis penangkal petir dengan anggaran yang tersedia agar kalian mendapatkan perlindungan yang optimal tanpa melebihi anggaran yang dimiliki.
  3. Pahami Cara Kerja Penangkal Petir:
    Pelajari dengan seksama cara kerja penangkal petir yang kalian pilih. Memahami prinsip kerjanya akan membantu kalian mengapresiasi keefektifan perlindungan yang diberikan. Ini juga akan membantu kalian menjelaskan perangkat tersebut kepada teknisi yang akan memasangnya.
  4. Pahami Cara Memasang Penangkal Petir dengan Benar:
    Meskipun kalian menggunakan jasa teknisi berpengalaman untuk memasang penangkal petir, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang cara kerja perangkat ini. Ini akan memungkinkan kalian untuk mengawasi proses pemasangan dan memastikan bahwa semuanya dilakukan dengan benar sesuai panduan dan stkalianr keselamatan.

Dengan mengikuti tips di atas, kalian dapat memastikan bahwa pemasangan penangkal petir di rumah kalian akan dilakukan dengan baik dan memberikan perlindungan yang optimal terhadap risiko sambaran petir. Keselamatan dan keamanan kalian serta aset kalian menjadi prioritas utama dalam proses ini.

Baca Juga :

Penutup

Harga Jasa Pasang Penangkal Petir, atau layanan pemasangan penangkal petir, adalah investasi dalam keselamatan dan keamanan properti kalian.

Melindungi bangunan kalian dari hantaman petir dan potensi kebakaran adalah langkah penting dalam pemeliharaan properti. Ingatlah, ini bukan hanya investasi finansial; ini adalah pelindung bagi ketenangan pikiran kalian.

Jadi, jika kalian bertanya-tanya apakah Harga Jasa Pasang Penangkal Petir layak, jawabannya tegas “ya.” Jangan tunggu hingga bencana datang; ambil langkah proaktif untuk menjamin keamanan properti kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Jasa Pasang Penangkal Petir Serta Jenis & Cara Kerjanya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *