Harga Borongan Bangunan

√ Harga Borongan Bangunan Plus Material Per Meter Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Bangunan Plus Material Per Meter Yang Tepat. Memiliki rumah impian akan menjadi lebih memuaskan jika dibangun berdasarkan ide sendiri tanpa perlu membeli rumah yang sudah jadi. Namun, mewujudkan rumah dari tanah kosong bisa dibilang mudah-mudah sulit.

Tentu, untuk membangun tempat tinggal, perencanaan yang matang sejak awal sangat diperlukan. Tujuannya agar proses pembangunan berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Dalam membangun rumah, banyak hal yang diperlukan seperti dana, peralatan, bahan bangunan, dan para pekerja yang juga sangat penting. Oleh karena itu, perhitungan harga yang akurat, khususnya untuk biaya pekerja, sangat diperlukan agar tidak terjadi kerugian.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas secara lengkap berbagai jenis pekerjaan borongan dalam proses pembangunan beserta harga materialnya. Mari kita simak penjelasan lengkap mengenai harga borongan bangunan beserta materialnya di bawah ini.

Jenis Borongan Bangunan

Borongan bangunan memiliki beberapa jenis, dan setiap jenisnya memiliki harga borongan yang berbeda. Umumnya, harga borongan dari masing-masing jenis dipengaruhi oleh jumlah tukang yang terlibat dalam pekerjaan tersebut dan jumlah material yang digunakan.

1. Borongan Tukang Plus Material

Jenis borongan ini dianggap sebagai opsi yang lebih ekonomis karena klien menyerahkan semua aspek pekerjaan kepada jasa borongan bangunan, baik itu tukang maupun materialnya. Klien hanya perlu membayar biaya borongan bangunan, dan dengan menentukan jangka waktu tertentu, bangunan akan selesai sesuai rencana.

Namun, kelemahan dari jenis ini terletak pada potensi bahwa jasa borongan bangunan mungkin mengambil keuntungan dengan memilihkan material yang kurang berkualitas atau tidak awet. Oleh karena itu, penting bagi klien untuk melakukan pemantauan dan memastikan bahwa material yang digunakan memenuhi stkalianr kualitas yang diinginkan.

2. Borongan Tukang Tanpa Material

Jenis borongan kedua hampir mirip dengan yang pertama, dengan perbedaan bahwa dalam opsi ini, klien membeli material sendiri tanpa melalui pihak jasa borongan bangunan. Dengan cara ini, klien memiliki kontrol lebih besar terhadap kualitas material yang digunakan, sesuai dengan preferensi dan anggaran yang dimilikinya.

Klien hanya perlu membayar biaya tukang borongan tanpa perlu memikirkan pembelian material karena sudah diurus sendiri. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada klien untuk memilih bahan bangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan stkalianr kualitas yang diinginkan.

3. Borongan Ruko dan Kantor

Jenis borongan pembangunan untuk ruko dan kantor umumnya disesuaikan dengan anggaran klien, mengingat membangun ruko dan kantor dari awal membutuhkan investasi yang cukup besar. Beberapa klien mungkin lebih memilih opsi menyewa ruko dan kantor daripada membangunnya dari awal, terutama jika anggaran terbatas.

Baca Juga :   Harga Borongan Pasang Turap Batu Kali Per Meter Yang Paling Tepat

Meskipun demikian, pembangunan ruko dan kantor dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Setelah selesai dibangun, klien dapat menyewakannya kepada pihak lain untuk mendapatkan pengembalian investasi dan keuntungan jangka panjang.

4. Borongan Pembangunan Rumah Kos

Umumnya, pembangunan rumah kos menggunakan sistem borongan yang tidak termasuk materialnya. Hal ini disebabkan karena rumah kos sering dianggap sebagai investasi oleh klien. Oleh karena itu, klien cenderung memilih material berkualitas tinggi yang tahan lama, bukan material stkalianr.

Pentingnya menggunakan material berkualitas ini adalah untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada para penyewa rumah kos. Dengan demikian, orang yang menempati rumah kos dapat merasakan tingkat kualitas yang baik, meningkatkan nilai investasi jangka panjang, dan memberikan pengalaman tinggal yang positif bagi penyewa.

5. Borongan Renovasi Rumah

Jenis borongan ini sangat diminati oleh klien, karena seringkali renovasi rumah yang menggunakan sistem borongan dapat diselesaikan lebih cepat dibandingkan dengan metode tanpa borongan.

Dengan menerapkan sistem borongan, proses renovasi rumah dapat diselesaikan sesuai dengan jangka waktu yang diestimasikan. Meskipun material yang digunakan biasanya disediakan oleh penyedia jasa borongan bangunan, keuntungan utama bagi klien adalah penghematan biaya yang dapat diperoleh saat melakukan renovasi dengan sistem borongan.

Daftar Harga Borongan Bangunan Plus Material

Perlu dipahami bahwa di Indonesia, terdapat beberapa jenis sistem kerja yang umum digunakan dalam proses pembangunan, seperti sistem harian dan sistem borongan. Apabila kalian memilih untuk membangun sebuah struktur dan mengadopsi sistem borongan termasuk penyediaan material, maka seorang mandor akan bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan seluruhnya.

Mandor ini memiliki tanggung jawab untuk membayar upah kepada para pekerja dan mengatur segala kebutuhan selama proses pembangunan, termasuk pengadaan material bahan bangunan. Material-material tersebut melibatkan komponen seperti semen, pasir, batu bata, paku, dan berbagai jenis bahan lainnya.

1. Harga Borongan Bangunan Plus Material Terbaru

Dalam konteks harga borongan bangunan plus material terbaru, berikut adalah rincian kegiatan yang terlibat dalam proses pembangunan menggunakan sistem borongan plus material:

URAIAN KEGIATANSATUANHARGA
Pekerjaan Pondasi Galian Tanahm3Rp80,500
Pemasangan Batu Kalim3Rp93,200
Pekerjaan Urugan Tanahm3Rp50,000
Pekerjaan Lantai Kerjam2Rp18,200
Pekerjaan Sloof Betonm1Rp52,200
Pekerjaan Beton Bertulang Kolom Praktism1Rp42,200
Pekerjaan Ring Balok Beton Bertulangm1Rp49,200
Pekerjaan Dak Beton Balokm1Rp71,200
Pekerjaan Dak Beton Platm2Rp60,200
Pemasangan Batu Batam2Rp90,200
Pekerjaan Plester dan Acim2Rp65,200
Pekerjaan Sekonenganm1Rp55,200
Pekerjaan Tali Airm1Rp55,200
Pemasangan Kusen PintuunitRp110,200
Pemasangan Panel Daun PintuunitRp150,200
Pemasangan Kusen JendelaunitRp75,200
Pemasangan Daun JendelaunitRp77,200
Pemasangan Atap (kuda-kuda, usuk, reng)m2Rp98,200
Pekerjaan Listplankm1Rp41,200
Pekerjaan Kerpusm1Rp80,200
Pemasangan Talangm1Rp45,200
Pemasangan Plafon Gypsumm2Rp34,200
Pemasangan List Plafon Gypsumm1Rp10,200
Pemasangan Lantai Keramik 30 x 30m2Rp30,200
Pemasangan Lantai Keramik 40 x 40m2Rp31,200
Pemasangan Lantai Keramik 60 x 60m2Rp37,200
Pemasangan Lantai Keramik 80 x 80m2Rp45,200
Pemasangan Lantai Keramik 100 x 100m2Rp52,200
Pemasangan Lantai Kamar Mandi/WCm2Rp30,200
Pemasangan Dinding Keramikm2Rp62,200
Pekerjaan Plin Keramikm1Rp20,500
Pekerjaan Fiting Lampu dan SakelartitikRp75,200
Pemasangan Stop KontaktitikRp75,200
Pemasangan Closet DudukunitRp175,200
Pemasangan Closet JongkokunitRp100,200
Pemasangan WastafelunitRp160,200
Pemasangan Wall ShowerunitRp55,200
Pemasangan BathunitRp890,200
Pemasangan KeranunitRp15,200
Pemasangan FloordrainunitRp25,200
Pemasangan Pipa Air Bersihm1Rp20,500
Pemasangan Pipa Air Kotorm1Rp22,200
Pemasangan Bak KontrolunitRp175,500
Pengecatan Dindingm2Rp10,500
Pengecatan Duco Kusen (dengan material)m1Rp90,200
Pengecatan Duco Daun Jendela (dengan material)m1Rp90,200
Pengecatan Duco Daun Pintu (dengan material)unitRp90,200
Pengecatan Duco Ram/List (dengan material)m1Rp40,200
Baca Juga :   √ Apa Itu Gording? Berikut Penjelasanya Secara Lengkap

2. Harga Borongan Bangunan Rumah Sederhana

Harga borongan untuk pembangunan rumah sederhana biasanya berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per meter persegi. Berikut adalah rincian kegiatan yang mencakup proses pembangunan rumah minimalis sederhana:

PEKERJAANSPESIFIKASISATUAN
PondasiBatu Kali dan Beton Berlubangm2
StrukturBeton Berlubang Ø6 , Ø8, Ø10m2
AtapBaja Ringan dan Genteng Betonm2
PlafonRangka Hollow dan Gypsumm2
LantaiKeramik Milan Asia Tile 40 x 40m2
DindingBata Merah, Plester dan Acianm2
CatInterior Vinilex dan Aquaproofm2
SanitasiDBS atau Pratom2
KusenKamper (aluminium lokal)m2

3. Harga Borongan Bangunan Rumah Mewah dan Modern

Untuk pembangunan rumah mewah dan modern, harga borongan biasanya berada dalam kisaran Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per meter persegi. Berikut adalah rincian pekerjaan yang mencakup proses pembangunan rumah dengan stkalianr mewah dan desain modern:

PEKERJAANSPESIFIKASISATUAN
PondasiBatu Kali dan Beton Berlubangm2
StrukturBeton Berlubang Ø8, Ø10, Ø12m2
AtapBaja Ringan dan Genteng Beton Flatm2
PlafonRangka Hollow dan Gypsumm2
LantaiGranit ex DBSm2
DindingBata Merah, Plester dan Acianm2
CatCATYLAC dan Aquaproofm2
SanitasiAmerican Standard atau TOTOm2
KusenKamper (aluminium Alexindo)m2

Tips Terbaik Memilih Tukang Bangunan

Setelah mengetahui harga borongan bangunan plus material, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tukang bangunan atau kontraktor. Simak penjelasan di bawah ini dengan baik:

1. Konsultasikan dengan Arsitek Sebelum Memilih Tukang Bangunan

Sebelum mencari tukang bangunan, disarankan untuk menggunakan jasa seorang arsitek. Arsitek dapat membantu menentukan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk proyek pembangunan. Hal ini akan memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa realistis anggaran yang perlu disiapkan.

2. Teliti Reputasi Tukang Bangunan atau Kontraktor

Mengetahui dengan cermat dan teliti informasi mengenai reputasi tukang bangunan atau kontraktor yang akan dipekerjakan sangat penting. Cari referensi, ulasan, atau testimoni dari proyek-projek sebelumnya yang telah mereka kerjakan. Reputasi yang baik menjamin kualitas pekerjaan dan keterampilan tukang bangunan.

3. Pahami Jenis Pekerjaan yang Akan Dilakukan

Ketahui dengan jelas jenis-jenis pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan oleh tukang bangunan atau kontraktor. Ini mencakup detail seperti struktur bangunan, instalasi listrik, pemasangan pintu dan jendela, serta pekerjaan finishing. Pastikan tukang bangunan memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan proyek.

4. Buat Kontrak Tertulis untuk Keamanan Bersama

Adalah penting untuk membuat kontrak tertulis dengan pihak kontraktor. Kontrak ini harus mencakup semua detail terkait proyek, termasuk batasan waktu, harga total, jenis material yang akan digunakan, dan syarat-syarat lainnya. Dengan memiliki kontrak tertulis, kedua belah pihak dapat menjaga diri dari potensi masalah atau kendala di tengah-tengah proses pembangunan.

Baca Juga :   √ Cara Mengatasi Dak Bocor dan Penyebabnya Paling Tepat

Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut, pemilihan tukang bangunan atau kontraktor dapat dilakukan dengan lebih bijak dan memberikan kepastian dalam pelaksanaan proyek pembangunan.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Upah Borongan

Setelah kalian memutuskan untuk mengadopsi sistem borongan dalam pembangunan rumah, penting untuk memperhatikan beberapa kelebihan dan kekurangannya yang disajikan di bawah ini.

Kelebihan Sistem Borongan

  1. Ketetapan Upah: Dengan sistem borongan, tukang bangunan atau kontraktor mengetahui pasti jumlah upah yang akan diterima, memberikan kejelasan dalam hal pengeluaran pekerjaan.
  2. Harga Lebih Murah: Secara umum, sistem borongan dianggap lebih ekonomis ketika dilihat dari sisi harga. Klien memiliki gambaran yang lebih jelas tentang biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek.
  3. Proses Cepat dan Tepat Waktu: Proses pembangunan cenderung lebih cepat dan dapat selesai tepat waktu sesuai yang telah disepakati sebelumnya. Ini memberikan keuntungan dalam hal efisiensi waktu dan perencanaan.

Kekurangan Sistem Borongan

  1. Anggaran Besar dalam Satu Waktu: Salah satu kekurangan sistem borongan adalah kewajiban untuk menyediakan anggaran dana yang cukup besar dalam satu waktu. Hal ini dapat menjadi beban keuangan yang signifikan untuk beberapa pihak.
  2. Potensi Kualitas Kurang Bagus: Dalam upaya untuk menyelesaikan proyek sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan, terkadang pekerjaan dilakukan dengan buru-buru, yang dapat mengakibatkan hasil akhir yang kurang rapi. Kualitas rumah bisa terpengaruh jika pekerjaan dilakukan dengan tergesa-gesa. Sehingga, perlu kehati-hatian dan pengawasan ekstra untuk memastikan kualitas tetap terjaga.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan mengeksplorasi lebih dalam mengenai Harga Borongan Bangunan Plus Material, kita dapat memahami bahwa pemilihan sistem ini membawa sejumlah kelebihan dan kekurangan.

Kejelasan dalam pembayaran upah, efisiensi harga, serta penyelesaian proyek yang cepat dan sesuai waktu adalah aspek positif yang dapat dinikmati.

Namun, perlu diingat bahwa kewajiban menyediakan anggaran besar dalam satu waktu serta potensi pengorbanan kualitas pekerjaan sebagai akibat dari tekanan waktu menjadi pertimbangan kritis.

Dalam memilih jalur pembangunan, baik keputusan untuk menggunakan sistem borongan maupun alternatif lainnya, penting untuk melibatkan profesional seperti arsitek dan kontraktor yang terpercaya.

Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa proyek pembangunan berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan hasil yang memuaskan.

Kesadaran akan kelebihan dan kekurangan Harga Borongan Bangunan Plus Material menjadi kunci untuk membuat keputusan yang cerdas dan terinformasi dalam merencanakan dan melaksanakan proyek konstruksi.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Bangunan Plus Material Per Meter Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *