Harga Borongan Pasang Lisplang

√ Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter: Tenaga & Bahan

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter: Tenaga & Bahan. Setiap orang pasti menginginkan memiliki rumah yang terlihat estetis dari semua sudut. Salah satu cara untuk mewujudkan impian tersebut adalah dengan memasang lisplang di atap rumah.

Mungkin sebagian besar orang yang tidak terlalu mengenal dunia konstruksi belum familiar dengan istilah lisplang. Lisplang adalah bagian tambahan dari struktur atap rumah yang berfungsi untuk menyempurnakan ujung atap, sehingga tampil lebih rapi dan bersih.

Selain memberikan sentuhan estetika pada bangunan, lisplang juga berfungsi sebagai pelindung tepi atap dari sinar matahari dan hujan. Dalam beberapa kasus, pemasangan lisplang juga dapat berperan sebagai identitas bangunan atau sebagai pemisah antara lantai satu dan lantai lainnya.

Jika kalian berencana untuk memasang lisplang di rumah, sebaiknya kalian memahami terlebih dahulu estimasi harga pemasangannya per meter. Untuk membantu kalian, pada kesempatan ini kami akan memberikan kisaran harga borongan pemasangan lisplang untuk semua jenis dan ukurannya.

Apa Itu Lisplang ?

Asal usul kata “Lisplang” merujuk pada istilah Latin “coronis” yang memiliki arti “exterior cornice.” Menelusuri lebih jauh, kata “Lisplang” ditemukan berasal dari bahasa Yunani yang artinya adalah mahkota.

Meskipun memiliki variasi arti, Lisplang umumnya diidentifikasi sebagai struktur horizontal yang muncul di garis atap sebuah bangunan. Banyak yang menginginkan rumah yang estetis dari setiap sudut pkalianng, dan dengan desain yang tepat, tampilan rumah dapat menjadi lebih menarik. Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan estetika rumah adalah Lisplang.

Lisplang merupakan sejenis belahan atau bilah papan yang sering diterapkan di pinggir atap, memiliki fungsi untuk mempercantik bangunan sambil menyembunyikan rangka atap. Penggunaan Lisplang umumnya melibatkan rumah dengan rangka atap segitiga, terutama di daerah tropis seperti Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi. Keberadaannya sangat penting karena dapat melindungi rangka atap dari air hujan yang turun.

Baca Juga :   Pengertian Teknik Konstruksi: Contoh dan Kelebihan Menggunakanya

Dengan demikian, Lisplang bukan hanya sebuah elemen dekoratif, tetapi juga memiliki peran fungsional dalam memastikan keberlanjutan dan estetika rumah di berbagai kondisi iklim.

Jenis Lisplang

Biasanya, lisplang digunakan pada rumah dengan atap segitiga di daerah tropis. Di Indonesia, lisplang tersedia dalam berbagai jenis, model, dan ukuran. Oleh karena itu, sebelum mengulas lebih lanjut tentang harga pasang lisplang per meter, penting untuk mengetahui beberapa jenis lisplang berikut.

1. Lisplang Kayu

Lisplang kayu adalah salah satu varian lisplang yang memiliki sejarah panjang di Indonesia. Terutama, jenis lisplang ini sering ditemukan pada bangunan tradisional di Bali dan Jawa. Konstruksi bangunan tersebut menggunakan papan kayu dengan lebar sekitar 20 cm, dan memiliki tingkat ketebalan berkisar antara 2 hingga 3 cm. Lisplang kayu memberikan sentuhan alami pada struktur bangunan, menciptakan nuansa tradisional yang kaya akan nilai budaya.

2. Lisplang Beton

Lisplang beton merupakan jenis lisplang yang terbuat dari bahan dasar beton. Proses pembuatan lisplang beton melibatkan penggunaan cetakan, sehingga bentuk dan ukurannya menjadi lebih presisi. Lisplang beton umumnya sangat cocok digunakan pada rumah-rumah bergaya minimalis modern. Kelebihan dari lisplang beton meliputi kekuatan struktural yang tinggi dan kemampuannya untuk memberikan tampilan yang bersih dan tajam. Dengan kestabilan dan ketahanan terhadap cuaca, lisplang beton menjadi pilihan populer untuk mendukung estetika rumah yang modern dan fungsional.

3. Lisplang Metal

Lisplang metal muncul sebagai alternatif yang menarik, terutama jika harga lisplang kayu terus mengalami kenaikan. Seperti lisplang beton, lisplang jenis metal juga sangat cocok untuk diterapkan pada rumah-rumah bergaya modern minimalis. Biasanya, lisplang metal memiliki ketebalan antara 0,6 cm hingga 0,9 cm, memberikan sentuhan kontemporer pada desain bangunan. Kelebihan lisplang metal meliputi daya tahan yang tinggi terhadap berbagai kondisi cuaca, membuatnya menjadi opsi yang kalianl dan tahan lama.

Baca Juga :   √ Biaya Buat Dapur Type 36: Kebutuhan Material & Ongkos Tukang

4. Lisplang GRC

Lisplang GRC (Glassfiber Reinforced Concrete) merupakan jenis lisplang bangunan yang terbuat dari bahan dasar GRC. Salah satu keunggulan utama lisplang GRC adalah kemampuannya untuk bertahan di berbagai kondisi cuaca, membuatnya sangat cocok untuk digunakan di berbagai wilayah geografis. Keistimewaan lainnya adalah bobot ringan lisplang GRC, memudahkan proses pemasangan. Dengan kombinasi daya tahan dan kemudahan instalasi, lisplang GRC menjadi pilihan yang menarik untuk meningkatkan estetika dan fungsionalitas pada bangunan.

Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter

Seperti halnya dengan tarif atau upah HARGA BORONGAN TENAGA BANGUNAN lainnya, biaya pemasangan lisplang oleh pekerja borongan dapat bervariasi di berbagai wilayah. Perbedaan harga borongan tersebut umumnya disebabkan oleh beberapa faktor tertentu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga borongan pemasangan lisplang meliputi jenis lisplang, kondisi pekerjaan, tingkat kerumitan, dan risiko pemasangan. Harga borongan pasang lisplang per meter persegi biasanya berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 60.000.

Perlu diingat bahwa harga borongan tersebut mencakup hanya biaya tenaga kerja saja. Oleh karena itu, pemilik rumah harus mandiri mencari bahan dasar untuk pembuatan lisplang, baik itu lisplang kayu, beton, metal, maupun lisplang GRC.

Cara Menghitung Biaya Pasang Lisplang

Di atas, telah diuraikan secara rinci mengenai kisaran harga borongan pasang lisplang per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Selanjutnya, penting bagi kalian untuk memahami langkah-langkah menghitung biaya pemasangan lisplang.

Sebenarnya, perhitungan biaya pemasangan lisplang dengan menggunakan pekerja borongan relatif mudah dilakukan. Daripada merasa penasaran, mari simak dengan saksama cara menghitung biaya pasang lisplang berikut ini.

Volume Pekerjaan Lisplang

Langkah awal adalah menentukan total volume atau luas pekerjaan lisplang. Sebagai contoh, jika kalian berencana memasang lisplang kayu dengan panjang 20 meter dan lebar 20 cm, cara menghitungnya dapat dijelaskan sebagai berikut.

Baca Juga :   √ Merk Aluminium Terbaik Lengkap dengan Harga Terbaru

Diketahui :

  • Panjang lisplang : 20 meter.
  • Lebar lisplang : 20 cm (0.2 m).

Perhitungan :

  • Volume lisplang : Panjang x lebar.
  • Volume lisplang : 20 m x 0.2 m = 4 m2.

Biaya Pemasangan Lisplang

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah menghitung total biaya pemasangan lisplang kayu sepanjang 20 meter dengan menggunakan pekerja borongan. Caranya adalah dengan mengalikan volume pekerjaan lisplang dengan harga borongan per meter persegi.

  • Biaya pasang lisplang : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang lisplang : 4 m2 x Rp 60.000 = Rp 240.000.

Dengan demikian, total biaya yang diperlukan untuk pemasangan lisplang kayu sepanjang 20 meter dengan menggunakan pekerja borongan adalah sekitar Rp 240.000. Penting untuk diingat kembali bahwa angka tersebut mencakup hanya upah pekerja borongan, dan belum termasuk biaya pembelian bahan materialnya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menutup pembahasan tentang Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter, penting untuk diingat bahwa estimasi biaya tersebut dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti jenis lisplang, kondisi pekerjaan, dan lokasi geografis.

Mengetahui kisaran harga borongan merupakan langkah awal yang membantu pemilik rumah dalam merencanakan anggaran dengan lebih akurat.

Sebagai saran terakhir, sebelum memutuskan untuk memasang lisplang, disarankan untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai jenis lisplang yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain rumah kalian.

Dengan demikian, kalian dapat membuat keputusan yang tepat dan memastikan bahwa investasi kalian memberikan nilai tambah pada tampilan estetika dan fungsionalitas rumah.

Semoga artikel finoo.id ini dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam merencanakan proyek pemasangan lisplang di rumah kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *