Harga Borongan Bekisting Per M2

√ Harga Borongan Bekisting Per M2: Semua Jenis & Ukuran

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Bekisting Per M2: Semua Jenis & Ukuran. Saat merencanakan pembangunan suatu struktur, penting untuk memperhatikan biaya pekerjaan dan material. Upah pekerja biasanya dihitung per hari atau dalam bentuk borongan, tergantung pada kesepakatan awal antara pekerja dan pemilik bangunan.

Besaran upah pekerja bisa bervariasi, namun banyak orang lebih memilih sistem borongan atau kontraktor karena dianggap lebih ekonomis dibandingkan upah harian.

Dalam konteks konstruksi bangunan, bekisting memiliki peran krusial terhadap kekuatan dan daya tahan struktur. Oleh karena itu, perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang matang sejak awal sangat penting dalam pembuatan bekisting.

Sebelum memulai proyek, penting untuk mengetahui harga borongan untuk pembuatan bekisting. Dalam kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara rinci mengenai harga borongan bekisting per meter persegi untuk berbagai jenisnya.

Apa Itu Bekisting?

Bekisting adalah suatu elemen penting dalam dunia konstruksi yang berfungsi sebagai cetakan sementara. Dalam proses pembangunan, bekisting digunakan untuk menahan beton selama tahap pengecoran, memungkinkan beton untuk mengeras dan membentuk struktur yang diinginkan. Fungsinya mencakup memberikan bentuk dan dukungan sementara, memastikan bahwa beton dapat dikonfigurasi sesuai dengan desain yang diinginkan.

Pada dasarnya, bekisting bertindak sebagai bingkai atau kerangka yang mendefinisikan bentuk akhir dari elemen beton, seperti dinding, balok, atau kolom. Cetakan ini dapat terbuat dari berbagai bahan, termasuk kayu, logam, atau bahan sintetis, tergantung pada kebutuhan proyek dan jenis struktur yang dibangun.

Proses penggunaan bekisting dimulai dengan penempatan cetakan di sekitar area yang akan dicor. Setelah itu, beton dituangkan ke dalam ruang yang dibatasi oleh bekisting. Bekisting tersebut akan memandu beton untuk membentuk bentuk yang diinginkan saat mengeras. Setelah beton mencapai tingkat kekerasan yang diinginkan, bekisting dapat dibuka atau dihapus.

Penting untuk merencanakan dan menghitung bekisting dengan cermat sejak awal proyek untuk memastikan keakuratan dimensi dan bentuk struktur yang akan dibangun. Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang matang juga melibatkan perhitungan biaya bekisting, sehingga pemilik bangunan atau kontraktor dapat memperkirakan dengan akurat total biaya konstruksi.

Baca Juga :   Pengertian Bekisting: Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Fungsi Bekisting

Fungsi bekisting dalam konstruksi sangat penting karena melibatkan beberapa aspek krusial dalam pembentukan dan penguatan struktur beton. Beberapa fungsi utama bekisting antara lain:

1. Penahan Beton Sementara

Bekisting bertindak sebagai penahan beton selama proses pengecoran. Ini memungkinkan beton untuk mengalami pengerasan secara tepat dan merata, sehingga struktur dapat mencapai kekuatan yang diinginkan. Bekisting memberikan dukungan sementara dan melindungi beton dari deformasi yang mungkin terjadi selama proses pengerasan.

2. Pembentukan Beton

Bekisting berperan penting dalam membentuk beton menjadi bentuk yang diinginkan. Dengan menggunakan bekisting, kontraktor atau pekerja konstruksi dapat menciptakan berbagai elemen struktural, seperti dinding, kolom, dan balok, dengan akurasi dimensi yang tinggi sesuai dengan rencana desain.

3. Memfasilitasi Proses Konstruksi

Penggunaan bekisting mempermudah proses konstruksi secara keseluruhan. Cetakan ini dirancang untuk memandu beton ke dalam bentuk yang diinginkan, mengoptimalkan efisiensi dan kecepatan pelaksanaan proyek. Dengan begitu, bekisting tidak hanya berfungsi sebagai penahan beton, tetapi juga sebagai alat yang memfasilitasi pengerjaan konstruksi secara umum.

4. Pengaruh Terhadap Kualitas Beton

Kualitas bekisting berpengaruh langsung terhadap hasil akhir beton. Sebuah bekisting yang baik akan menghasilkan permukaan beton yang halus dan dimensi yang tepat. Oleh karena itu, pemilihan material bekisting dan perencanaan yang cermat sangat penting untuk memastikan kualitas dan kekuatan struktur beton yang optimal.

Jenis Jenis Beksiting

Seperti yang kita ketahui, dari segi bahan dasarnya, bekisting dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni bekisting kayu, plat besi (knock down), dan bekisting fiberglass. Penjelasan mengenai ketiga jenis bekisting tersebut dapat ditemukan di bawah ini.

1. Bekisting Kayu

Bekisting kayu merupakan salah satu jenis yang sangat umum digunakan di Indonesia. Dibuat dari bahan dasar kayu berkualitas tinggi, jenis ini dirancang untuk mampu menahan beban konstruksi dengan baik. Sayangnya, kelemahan utama bekisting kayu terletak pada sifatnya yang hanya dapat digunakan sekali. Meskipun memberikan kekuatan yang diperlukan, penggunaan bekisting kayu hanya bersifat sementara, dan setelah proses pengecoran selesai, bekisting ini biasanya tidak dapat digunakan kembali.

2. Bekisting Plat Besi

Bekisting plat besi, seperti namanya, terbuat dari plat baja dan besi hollow. Keunggulan utamanya terletak pada keawetan dan daya tahan yang lebih baik. Penggunaan bekisting plat besi dapat meningkatkan masa pakai konstruksi, menjadikannya pilihan yang lebih tahan lama. Kelebihan lainnya adalah kemampuannya untuk mempercepat proyek konstruksi, memberikan efisiensi waktu bagi para pekerja.

Baca Juga :   √ Apa Itu Nat Granit? Serta Alasan Mengapa Nat Itu Penting!

3. Bekisting Fiberglass

Jenis bekisting terakhir adalah bekisting fiberglass, terbuat dari bahan fiberglass yang tahan terhadap air. Bekisting ini sangat cocok untuk aplikasi di konstruksi bawah tanah karena ketahanannya terhadap kelembaban. Selain itu, kelebihan bekisting fiberglass meliputi ketahanan terhadap korosi, sifat ramah lingkungan, ringan, mudah dibersihkan, dan kemudahan pemasangan. Dalam hal harga, bekisting fiberglass cenderung lebih hemat jika dibandingkan dengan bekisting plat besi, menjadikannya pilihan ekonomis yang tetap berkualitas.

Harga Borongan Bekisting Per M2

Harga borongan bekisting per meter persegi umumnya termasuk dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) Borongan Tenaga Cor Dak per meter persegi. Hal ini dikarenakan pekerjaan bekisting di dalam struktur bangunan secara erat terkait dengan kegiatan pengecoran, terutama pada bagian pengecoran dak.

Selain itu, pekerjaan bekisting dalam konstruksi bangunan dapat dibedakan ke dalam beberapa spesifikasi. Agar tidak menimbulkan rasa penasaran, berikut kami sajikan ringkasan harga borongan bekisting per meter persegi untuk beberapa jenis pekerjaan bekisting tersebut.

PekerjaanSatuanHarga Borongan
Bekisting pile capm2Rp37,500
Bekisting luifel / shadingm2Rp37,500
Bekisting kolom praktism2Rp40,000
Bekisting ring balokm2Rp52,000
Bekisting plat dakm2Rp55,000
Bekisting sloofm2Rp57,500
Bekisting balok dakm2Rp58,000
Bekisting tanggam2Rp115,000

Tips Memilih Pekerja Borongan

Sudah kami bahas secara detail mengenai harga borongan bekisting per meter persegi untuk berbagai jenis pekerjaan. Memang benar bahwa pekerja sistem borongan sering dianggap lebih ekonomis dibandingkan dengan pekerja harian.

Meskipun begitu, pemilihan pekerja borongan atau kontraktor harus dilakukan dengan cermat dan tidak sembarangan. Untuk membantu kalian dalam memilih pekerja borongan atau kontraktor yang berkualitas, berikut beberapa tips yang dapat kalian pertimbangkan:

  1. Pengalaman yang Memadai:
    Pastikan pekerja borongan yang kalian pilih memiliki pengalaman yang cukup dalam bidangnya. Pengalaman yang luas biasanya mencerminkan keahlian dan kemampuan untuk menangani berbagai tugas konstruksi.
  2. Cocokkan dengan Keahlian:
    Sesuaikan pekerja dengan keahliannya, karena setiap tukang bangunan memiliki karakteristik dan keterampilan yang berbeda. Pastikan mereka memiliki keahlian yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan.
  3. Komunikasi Teratur:
    Pilih pekerja borongan yang menjaga komunikasi teratur dengan pemilik rumah. Komunikasi yang baik akan memastikan pemilik bangunan tetap terinformasi tentang perkembangan proyek.
  4. Keterbukaan dalam Pendapat:
    Pilih pekerja borongan yang terbuka dalam menyampaikan pendapat. Keterbukaan ini dapat membantu mengatasi potensi masalah atau perubahan yang mungkin timbul selama proses konstruksi.
  5. Kapasitas Tukang Borongan:
    Pastikan bahwa pekerja borongan memiliki kapasitas yang mencukupi untuk menangani proyek kalian. Memahami kapasitas mereka akan membantu menghindari penundaan dan masalah lainnya.
  6. Tentukan Lama Kerja atau Tenggat Waktu:
    Tetapkan lama kerja atau tenggat waktu yang jelas ketika bekerja pada sebuah bangunan. Hal ini membantu mengatur proyek secara efisien dan menghindari keterlambatan yang tidak diinginkan.
  7. Buat Kontrak Tertulis:
    Selalu buat kontrak secara tertulis dengan pemborong. Kontrak ini harus mencakup semua detail pekerjaan, biaya, dan persyaratan lainnya untuk menghindari ketidakjelasan di masa depan.
  8. Pilih Kontraktor dengan Masa Garansi:
    Pilih kontraktor yang menyediakan masa garansi. Ini memberikan keamanan tambahan jika terjadi masalah atau kerusakan setelah proyek selesai.
Baca Juga :   Cara Menghitung Kebutuhan Bekisting Plat Lantai Yang Paling Tepat

Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, kalian dapat meningkatkan peluang untuk memilih pekerja borongan atau kontraktor yang hkalianl dan dapat dikalianlkan untuk proyek konstruksi kalian.

BACA JUGA:

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, memahami dan merencanakan dengan baik mengenai harga borongan bekisting per meter persegi (m2) menjadi kunci utama dalam menjalankan proyek konstruksi dengan sukses.

Pemilihan jenis bekisting dan pemilihan pekerja borongan yang tepat tidak hanya memengaruhi aspek ekonomis, tetapi juga dapat berdampak pada kualitas dan kekalianlan struktur bangunan.

Dalam merangkum, perencanaan yang matang, pemilihan bahan dan pekerja yang sesuai, serta keterbukaan dalam berkomunikasi menjadi kunci sukses dalam melibatkan aspek harga borongan bekisting per m2 dalam proyek konstruksi.

Dengan demikian, dapat diharapkan bahwa keseluruhan proses konstruksi dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan bangunan yang kokoh serta sesuai dengan harapan pemiliknya.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Bekisting Per M2: Semua Jenis & Ukuran. Semoga artikel kamai dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *