Harga Borongan Pasang Partisi GRC

√ Harga Borongan Pasang Partisi GRC Per Meter Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang Partisi GRC Per Meter Terbaru. Beton Serat Kaca atau yang lebih dikenal sebagai GRC adalah bahan konstruksi yang terdiri dari campuran beton dan serat kaca. Kombinasi kedua bahan tersebut memberikan GRC kekuatan serupa dengan beton, daya tahan yang baik, dan kemudahan aplikasi untuk berbagai kebutuhan konstruksi.

Dalam konteks konstruksi bangunan, GRC umumnya digunakan sebagai sekat dinding atau partisi. Penggunaan GRC tidak terbatas pada rumah tinggal saja, melainkan juga sering digunakan dalam bangunan umum seperti gedung perkantoran, taman, dan sebagainya.

Menariknya, saat ini terdapat banyak pemborong dan kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan partisi GRC, baik dalam bentuk tenaga kerja saja maupun paket lengkap dengan material. Secara umum, kontraktor menetapkan tarif atau harga borongan pemasangan partisi GRC per meter persegi, baik untuk dinding eksterior maupun interior rumah.

Jika kalian berencana untuk menggunakan jasa borongan untuk memasang partisi GRC di rumah, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu estimasi harga borongan. Oleh karena itu, dalam artikel ini, penulis akan memberikan daftar kisaran harga borongan pemasangan partisi GRC per meter persegi beserta contoh perhitungan biaya pemasangannya.

Kegunaan Partisi GRC

Harga partisi GRC dengan rangka baja ringan tentu akan bervariasi tergantung pada cara penggunaannya. Partisi GRC memiliki berbagai manfaat, mengingat daya tahannya yang kuat terhadap cuaca dan fluktuasi suhu. Sehingga, partisi ini sesuai untuk digunakan baik di dalam maupun di luar bangunan. Berikut beberapa manfaat dari partisi GRC.

Sebagai Dinding Bangunan

Partisi GRC dengan rangka baja ringan merupakan pilihan yang ideal bagi mereka yang ingin merancang desain interior temporer, baik di rumah maupun perkantoran. Dinding bangunan yang menggunakan partisi GRC memberikan fleksibilitas, karena sekat ini dapat dibongkar pasang sesuai keinginan. Meskipun dapat disesuaikan kapan saja, partisi GRC tetap kokoh sebagai pemisah ruangan saat digunakan. Hal ini membuatnya menjadi solusi praktis untuk menciptakan ruang yang sesuai dengan kebutuhan tanpa harus melakukan perubahan konstruksi permanen.

Sebagai Lisplang

Selain berfungsi sebagai dinding bangunan, lisplang GRC juga menjadi elemen dekorasi yang sering digunakan. Keberadaan lisplang ini memberikan sentuhan estetika yang elegan, menjadikan bangunan terlihat lebih berkelas, terutama dalam ruang yang memiliki keterbatasan luas tanah. Lisplang GRC sering digunakan untuk kubikal toilet dan pemasangan plafon, memberikan tampilan yang estetis dan fungsional. Pemilihan lisplang GRC tidak hanya menciptakan tata ruang yang efisien, tetapi juga menambahkan nilai estetika yang signifikan pada desain interior.

Kelebihan dan Kekurangan Partisi GRC

Dalam industri konstruksi, setiap bahan material bangunan memiliki karakteristik khusus, termasuk GRC. Partisi GRC memiliki berbagai keunggulan dan kelemahan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca Juga :   √ Apa Itu Glass Block? Fungsi, Kelebihan dan Tips Merawatnya

Sebagai langkah pertimbangan sebelum melakukan pembelian dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai harga borongan pemasangan partisi GRC, disarankan untuk memeriksa beberapa kelebihan dan kekurangannya yang tercantum di bawah ini.

Kelebihan:

  1. Ringan dan Kuat: Partisi GRC termasuk dalam kategori bahan ringan yang tetap mempertahankan kekuatan struktural, sehingga tidak memberikan beban berlebih pada struktur bangunan.
  2. Tahan Terhadap Cuaca dan Panas: Keunggulan lainnya adalah ketahanan terhadap cuaca ekstrem, kelembaban, dan panas. Hal ini membuatnya cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan.
  3. Non-Mudah Terbakar: Kehadiran GRC sebagai bahan yang tidak mudah terbakar menjadikannya pilihan yang aman, memberikan perlindungan tambahan terhadap risiko kebakaran.
  4. Tahan Lama dan Anti Pembusukan: Partisi GRC memiliki daya tahan yang tinggi dan tidak mengalami pembusukan, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami penurunan kualitas.
  5. Pemasangan Cepat: Proses pemasangan partisi GRC lebih cepat, memberikan efisiensi dalam waktu pengerjaan proyek konstruksi.
  6. Permukaan Halus dan Hasil Akhir Rapi: Kehadiran permukaan halus pada partisi GRC memberikan hasil akhir yang rapi dan estetis.
  7. Proses Finishing Mudah: Proses finishing partisi GRC dapat dilakukan dengan mudah, memberikan fleksibilitas dalam desain dan tampilan akhir.
  8. Perawatan Mudah dan Ekonomis: Perawatan partisi GRC relatif mudah, menghasilkan penghematan biaya dalam jangka panjang.
  9. Fleksibilitas Desain: Sifat fleksibel partisi GRC memungkinkannya untuk diubah menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan desain.
  10. Penggantian Mudah: Jika ada kerusakan pada partisi GRC, penggantian dapat dilakukan dengan mengganti satu panel saja, menghemat waktu dan biaya perbaikan.
  11. Cocok untuk Indoor dan Outdoor: Bisa digunakan baik di dalam maupun di luar bangunan, memberikan keberagaman penggunaan.
  12. Aman untuk Kesehatan: Partisi GRC aman bagi kesehatan manusia, tidak mengeluarkan zat berbahaya atau beracun.
  13. Kedap Suara: Kemampuan partisi GRC untuk meredam suara membuatnya ideal untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman.
  14. Kuat di Segala Cuaca: Ketahanan terhadap berbagai kondisi cuaca menjadikan partisi GRC dapat dikalianlkan di berbagai lokasi geografis.

Kekurangan:

  1. Proses Produksi di Pabrik: Pembuatan partisi GRC harus dilakukan melalui proses produksi di pabrik oleh tenaga ahli. Hal ini mungkin menjadi kendala bagi proyek konstruksi yang membutuhkan kecepatan dalam pengerjaan atau di lokasi terpencil yang sulit diakses.
  2. Tidak Dapat Dibuat Custom: Salah satu kelemahan partisi GRC adalah ketidakmampuannya untuk dibuat sesuai dengan keinginan atau desain khusus pelanggan. Ini bisa menjadi kendala bagi mereka yang menginginkan solusi yang sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan proyek tertentu.
  3. Ketersediaan Terbatas di Beberapa Tempat: Meskipun GRC semakin populer, mungkin masih ada beberapa daerah di Indonesia yang belum menyediakan partisi GRC dengan baik. Ketersediaan yang terbatas dapat menjadi hambatan bagi proyek di daerah-daerah tertentu.
  4. Harga yang Lebih Tinggi: Harga partisi GRC cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan beberapa material sejenisnya. Meskipun keunggulannya dapat mengimbangi biaya tambahan ini, faktor harga tetap menjadi pertimbangan penting, terutama dalam proyek dengan anggaran terbatas.
  5. Tidak Dapat Dibentuk Custom: Keterbatasan dalam menciptakan bentuk sesuai dengan keinginan dapat menjadi kendala bagi proyek-proyek yang memerlukan desain partisi yang unik dan khusus. Keberagaman bentuk dapat menjadi faktor yang membatasi kreativitas desain.
  6. Keterbatasan Lokasi: Di beberapa tempat, partisi GRC mungkin belum tersedia secara luas. Hal ini bisa menjadi kendala logistik dan penyebaran material, terutama di daerah yang jauh dari pusat produksi atau distribusi.
  7. Keterbatasan Warna dan Tekstur: Meskipun partisi GRC dapat di-finishing dengan berbagai warna, tekstur yang dapat diterapkan mungkin lebih terbatas dibandingkan dengan beberapa bahan dekoratif lainnya. Ini bisa menjadi kekurangan bagi mereka yang mencari variasi yang sangat spesifik dalam desain interior atau eksterior.
Baca Juga :   √ Apa Itu Roller Blind? Fungsi, Jenis dan Cara Pengoprasianya

Ukuran Stkalianr Partisi GRC

Perlu dicatat bahwa besaran harga borongan pemasangan partisi GRC per meter persegi umumnya dipengaruhi oleh ukuran atau dimensinya. Secara umum, partisi GRC yang tersedia di pasar Indonesia memiliki ukuran stkalianr sekitar 60 cm x 120 cm, sejajar dengan ukuran plafon GRC yang umum digunakan.

Adapun ketebalan partisi GRC bervariasi, mulai dari 4 mm, 6 mm, 8 mm, 9 mm, hingga 15 mm per lembarnya. Umumnya, pemasangan partisi GRC dilakukan dengan menggunakan rangka kayu, besi hollow, metal stud, atau baja ringan, tergantung pada preferensi pemilik rumah.

Beruntungnya, saat ini di pasaran Indonesia, terdapat banyak pilihan jenis GRC yang dapat digunakan untuk dinding luar maupun dalam rumah. Setiap jenis, ukuran, dan merek partisi GRC memiliki harga yang bervariasi. Semakin tinggi kualitas materialnya, semakin tinggi pula harga GRC yang akan diterapkan.

Harga Borongan Pasang Partisi GRC Per Meter

Perlu dicatat bahwa pada saat ini, besaran harga borongan pemasangan partisi GRC di Indonesia sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan tarif jasa pemasangan partisi gypsum. Hal ini disebabkan oleh penggunaan material serupa dalam pemasangan partisi gypsum dan GRC, seperti besi hollow, metal stud, atau baja ringan.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, ukuran partisi GRC juga akan memengaruhi besaran harga borongan. Namun, umumnya pemborong atau kontraktor menentukan harga jasa pemasangan partisi GRC dengan menghitung per meter persegi. Berikut adalah tabel dengan daftar harga borongan pemasangan partisi GRC per meter persegi beserta spesifikasinya:

SpesifikasiJenis RangkaHarga Borongan
GRC 4 mmBesi HollowRp155,000
GRC 4 mmMetal StudRp160,000
GRC 4 mmBaja RinganRp170,000
GRC 6 mmMetal StudRp230,000
GRC 6 mmBaja RinganRp260,000

Perlu diingat bahwa harga borongan partisi GRC di atas sudah termasuk biaya tenaga kerja dan bahan material pemasangannya, baik partisi GRC maupun rangkanya. Meskipun demikian, perlu diingat kembali bahwa harga borongan tersebut dapat bervariasi di beberapa wilayah, tergantung pada kebijakan pemborong atau kontraktor setempat.

Cara Menghitung Biaya Pasang Partisi GRC

Setelah mengetahui perkiraan harga borongan pemasangan partisi GRC untuk berbagai jenis dan ukuran, langkah selanjutnya adalah memahami cara menghitung biaya pemasangannya. Sebenarnya, proses perhitungan biaya pemasangan partisi GRC dengan pekerja borongan hampir mirip dengan saat memasang partisi triplek.

Baca Juga :   √ Trik Pemasangan Keramik Diagonal Paling Mudah & Tepat

Pertama-tama, kalian perlu menghitung luas atau volume dari area pekerjaan dinding yang akan dipasangi partisi GRC. Setelah itu, barulah dapat dihitung rincian biayanya. Agar lebih jelas, berikut adalah tata cara menghitung biaya pemasangan partisi GRC dengan pekerja borongan:

Volume Partisi GRC

Langkah awal adalah menghitung luas atau volume bidang dinding yang akan dipasangi partisi GRC. Sebagai contoh, jika kalian hendak memasang partisi GRC dengan ketebalan 4 mm menggunakan rangka baja ringan pada ruangan dengan panjang 14 meter dan tinggi 3.5 meter, langkah-langkah perhitungannya sebagai berikut:

Diketahui :

  • Panjang dinding : 14 m.
  • Tinggi dinding : 3.5 m.

Perhitungan :

  • Volume dinding : Panjang x Tinggi.
  • Volume dinding : 14 m x 3.5 m = 49 m2.

Biaya Pasang Partisi GRC

Setelah itu, langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan partisi GRC dengan ketebalan 4 mm menggunakan rangka baja ringan pada dinding seluas 49 meter persegi dengan menggunakan pekerja sistem borongan. Dengan merujuk pada daftar harga borongan pemasangan partisi GRC 4 mm rangka baja ringan di atas, total biaya pemasangannya dapat dihitung seperti perincian di bawah ini:

  • Biaya pasang partisi GRC : Volume dinding x Harga borongan.
  • Biaya pasang partisi GRC : 49 m2 x Rp 170.000 = Rp 8.330.000.

Dari hasil perhitungan di atas, total anggaran biaya yang perlu disiapkan untuk pemasangan partisi GRC dengan ketebalan 4 mm menggunakan rangka baja ringan pada dinding berukuran 14 m x 3.5 m adalah sekitar Rp 8.330.000. Dalam perhitungan biaya pemasangan partisi GRC tersebut, sudah termasuk biaya pembelian material dan ongkos pekerja borongan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menutup artikel ini, dapat disimpulkan bahwa mengetahui harga borongan pasang partisi GRC menjadi langkah penting dalam perencanaan proyek konstruksi.

Dalam konteks ini, pemahaman akan kisaran harga berbagai jenis partisi GRC, ukuran, dan spesifikasinya dapat membantu para pemilik proyek untuk membuat estimasi anggaran yang akurat.

Harapannya, artikel ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pembaca yang tengah merencanakan atau sedang dalam proses pengerjaan proyek konstruksi.

Pemahaman mengenai harga borongan pasang partisi GRC tidak hanya sebagai referensi biaya, tetapi juga sebagai langkah awal untuk memastikan keberlanjutan dan kualitas proyek konstruksi yang dijalankan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Pasang Partisi GRC Per Meter Terbaru. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *