Cara Menghilangkan Sablon

√ Cara Menghilangkan Sablon di Jaket Dengan Mudah

Posted on

Finoo.id – √ Cara Menghilangkan Sablon di Jaket Dengan Mudah. Sablon yang mulai rusak dan mengelupas pada jaket, sweater, atau hoodie mungkin membuat kalian berpikir untuk mengganti pakaian tersebut. Sebelum memutuskan untuk membeli yang baru, periksa terlebih dahulu apakah kain yang menjadi bahan utama jaket masih dalam kondisi baik atau tidak. Jika kainnya masih terlihat bagus, sebaiknya kalian mencari tahu cara menghilangkan sablon pada jaket tersebut.

Terdapat beberapa metode yang dapat kalian gunakan untuk menghilangkan sablon pada jaket dan memperbaiki kondisinya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan sablon pada jaket. Langkah-langkah yang sama dapat kalian terapkan untuk menghilangkan sablon pada sweater atau hoodie kalian.

Cara Menghilangkan Sablon di Jaket Dengan Mudah

Berikut bebrapa cara menghilangkan sablon pada jaket dengan cara yang tepat paling mudah:

1. Menggunakan Bensin Untuk Menghilangkan Sablon

Cara menghilangkan sablon dari jaket selanjutnya adalah dengan menggunakan bensin. Meskipun strategi ini terlihat tidak lazim, namun cukup efektif. kalian dapat membalik bagian dalam jaket, lalu letakkan sehelai kain tipis dan kering di antara tepi jaket, terutama pada bagian yang terdapat sablon. Selanjutnya, tuangkan bensin ke bagian belakang cetakan jaket. Biarkan beberapa menit hingga bagian belakang sablon menjadi kaku, menunjukkan bahwa bensin telah mengering.

Setelah itu, balikkan jaket dan lepaskan sablon dari tepinya. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan pisau atau cutter, meskipun paku juga bisa digunakan untuk mengangkat sablon. Sablon yang terpapar bensin akan menjadi sangat kaku dan mudah ditarik setelah mengering.

2. Menggunakan Cairan M3 Untuk Menghilangkan Sablon

Biasanya, kalian dapat menemukan Cairan M3 di toko bahan kimia. Cairan M3 ini memiliki tingkat kekentalan yang lebih rendah. Cairan ini berguna untuk menghilangkan berbagai jenis sablon, termasuk:

Sablon penghilang jenis pigmen

Teknik sablon ini merupakan kebalikan dari sablon karet. Pada masa lalu, sablon karet umumnya digunakan pada jaket berwarna gelap, tetapi saat ini, sablon pigmen menjadi pilihan utama untuk jaket berwarna terang. Sablon ini memiliki kualitas mirip tinta yang dapat diaplikasikan pada serat kain. Proses penghilangan sablon yang umum digunakan pada warna-warna cerah juga berbeda agar warna jaket tetap terjaga tanpa mudah pudar.

Terdapat beberapa langkah untuk menghilangkan sablon tersebut. Pertama, basahi kain bersih dengan Cairan M3 atau M4 hingga benar-benar jenuh. Oleskan kain yang telah dibasahi ke bagian belakang sablon sampai cairan terserap sepenuhnya. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga :   √ Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning Paling Mudah

Sebagai hasilnya, lem sablon secara perlahan akan larut atau meninggalkan kerutan. Jika jaket sudah menunjukkan tkalian-tkalian ini, sikat sablon dengan sikat gigi atau sikat cucian sampai sablon mulai terlepas. Setelah melewati semua prosedur, kalian dapat mencuci jaket seperti biasa. Gunakan deodoran pada jaket kalian agar aroma menjadi lebih harum dan jaket terlihat lebih bersih.

Penghilangan Sablon Jenis Glitter

Untuk menghilangkan jenis sablon ini, kalian akan memerlukan beberapa alat dan perlengkapan dasar, termasuk kain yang kering dan bersih, pelarut M3 atau M4, serta sikat gigi atau sikat gosok. Setelah semua peralatan dan bahan yang diperlukan telah dikumpulkan, kalian dapat mencoba menghilangkan sablon dari jaket.

Mulailah dengan memastikan bahwa kain yang kalian gunakan untuk mengoleskan cairan ini mencapai bagian belakang sablon. Selanjutnya, oleskan secara merata hingga lem di lapisan bawah sablon naik. Jika pola mulai berkerut, lepaskan pola dengan pisau silet. Setelah selesai, bersihkan sisa lem dengan sikat gigi atau sikat kain. Ulangi proses ini sampai semua lem terlepas.

Sablon semacam ini sering ditemukan pada banyak jaket wanita, di mana ornamen berkilau tampak melalui sablon. Sablon ini umumnya diminati karena memberikan warna yang lebih kaya dan tampil lebih mewah. Terutama saat glitter terpapar cahaya, akan menciptakan efek kilau yang memukau. Setelah menerapkan teknik sablon ini, jaket dapat dibersihkan secara efisien. Uniknya, beberapa orang justru menyukai efek sablon ini.

Ada banyak cara untuk menghilangkan sablon dari jaket. Sebelum melepas jaket, disarankan untuk mengetahui jenis sablonnya agar proses penghilangan dapat dilakukan dengan baik. Mengetahui jenis sablon yang digunakan memungkinkan kalian menghapusnya dengan lebih cepat tanpa merusak jaket favorit kalian.

3. Menghilangkan sablon dengan Pemutih

Selain bensin dan minyak kayu putih, kalian juga dapat menggunakan pemutih kain sebagai alternatif. Namun, jika jaket kalian berwarna putih, opsi ini lebih disarankan. Warna mantel kalian, baik yang gelap maupun terang, seperti merah atau hitam, dapat memudar. Terapkan prosedur ini bahkan jika cetakan pada jaket halus dan mudah lepas selama pemeriksaan.

Persiapkan sebuah ember air panas dan campurkan dengan segenggam deterjen serta pemutih jaket sebanyak 100ml. Aduk campuran deterjen dan pemutih secara merata untuk melarutkannya. Setelah itu, letakkan jaket yang ingin kalian bersihkan dari sablon. Sebelum mencelupkan sablon, pastikan kalian menambahkan pewarna putih secukupnya.

Biarkan jaket terendam selama lima menit sebelum mencoba menghilangkan sablon. Kemudian, coba lepaskan pola sablon dengan menggunakan paku. Jika masih tidak hilang, ulangi prosedur sebelumnya tiga atau empat kali. Selanjutnya, terapkan cairan pemutih, rendam, dan gosok bulunya. Setelah sablon dilepaskan dengan baik, bilas dengan air agar sisa sablon tidak menempel pada bagian jaket lainnya.

Baca Juga :   √ Cara Mebersihkan Lem Kaca Dengan Beberapa Langkah Mudah

Meskipun terdapat metode yang lebih aman untuk menghilangkan sablon dari jaket, tidak ada jaminan bahwa pola sablon akan lepas dengan sempurna. Lama waktu sablon melekat pada jaket juga mempengaruhi seberapa mudah sablon dapat dilepaskan. Dibandingkan dengan sablon baru, sablon yang telah lama terpasang cenderung lebih mudah untuk dihilangkan.

4. Menghilangkan Sablon Dari Jenis Plastol

Sablon plastol umumnya terbuat dari minyak atau PVC sehari-hari. Karena memiliki daya rekat yang sangat baik, sablon ini termasuk salah satu yang paling mahal. Meskipun ukurannya kecil, metode sablon ini mampu mencetak gambar atau teks dengan detail raster atau dot. Kualitas ini membuatnya tidak hanya lebih tahan lama, tetapi juga lebih diminati.

Untuk menghilangkan sablon plastol, kalian perlu membuat cairan M3 atau M4 yang efektif dalam menghilangkan jenis sablon ini. Langkah pertama dalam melepas sablon adalah dengan membasahi kain bersih menggunakan cairan M3 atau M4 hingga benar-benar jenuh. Selanjutnya, tempelkan kain tersebut pada bagian belakang sablon dan tunggu beberapa saat agar cairan meresap ke dalam lem sablon.

Langkah berikutnya dalam melepaskan sablon adalah memastikan bahwa lem terlepas dari sablon. Kerutan pada sablon menunjukkan bahwa lem sudah mulai larut. Sikat sablon dengan sikat gigi atau sikat pembersih. Untuk hasil terbaik, sablon dapat dihilangkan secara bertahap, dan produk kemudian dicuci seperti biasa.

5. Menggunakan Setrika

Ini merupakan metode tercepat untuk menghilangkan sablon. Alat ini mudah diakses karena termasuk barang rumah tangga yang umum. Selain mudah didapatkan, prosedur ini juga paling aman. Cukup setrika bagian permukaan jaket yang memiliki sablon dengan suhu tinggi hingga desainnya mengelupas. Namun, pastikan jaket sudah dipersiapkan dengan baik agar sablon tidak menempel pada setrika.

Selain setrika dan kain kering, kalian memerlukan alkohol dan pisau, atau alternatifnya gunting atau mesin pemotong. Setelah semuanya siap, panaskan setrika selama 3-5 menit. Sesuaikan suhu setrika sesuai dengan jenis kain jaket kalian untuk menghindari kerusakan. Jangan menggunakan suhu yang terlalu tinggi dengan harapan desain segera mengelupas, karena hal itu dapat merusak warna jaket.

Jika kalian tidak memiliki alas setrika, letakkan jaket pada permukaan datar dan tempatkan sablon di atasnya. Tempatkan kain yang agak tebal di belakang tempat sablon pada jaket. Letakkan kain di atas desain sablon yang ingin kalian hapus. Kemudian, tempatkan setrika yang sudah dipanaskan langsung pada pola selama beberapa detik. Oleskan alkohol secara merata saat pola masih hangat.

Jika sablon terlihat kusut dan rusak, tarik sablon dari pola dengan hati-hati. Gunakan pisau, cutter, atau gunting untuk memudahkan penghapusan sablon. Namun, pastikan untuk berhati-hati agar tidak merusak jaket saat menggunakan pisau, cutter, atau gunting. Ingatlah untuk dengan hati-hati menghilangkan sablon sehingga tidak meninggalkan bekas pada jaket.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Volume Acian Semen Per M2 dengan Rumus

6. Menghilangkan Sablon Dari Jenis Polyflex

Penggunaan mesin dalam sablon jenis Polyflex menkaliani awal perkembangan teknologi ini. Fitur-fiturnya yang lebih tipis dan fleksibel membuatnya menjadi pilihan umum dalam berbagai pakaian, mulai dari kemeja hingga produk distro dan jaket. Kabarnya, bekas sablon Polyflex dapat cukup mudah dihilangkan dengan persiapan beberapa alat dan bahan, seperti alkohol, setrika, dan kain dasar.

Panaskan setrika selama 3-5 menit sebelum digunakan. Selanjutnya, letakkan kain di atas jaket agar setrika tidak langsung bersentuhan dengan sablon. Tempatkan setrika di atas lembaran kain dan biarkan selama 5-7 detik. Setelah itu, angkat setrika dan tambahkan alkohol ke sablon yang masih hangat.

Pengolesan alkohol akan menyebabkan sablon mengkerut, dan kerutan ini dapat dihilangkan dengan menggunakan kain. Langkah berikutnya adalah mencuci jaket seperti biasa untuk menghilangkan bekas sablon. Meskipun cara menghilangkan sablon ini cukup sederhana, efektivitasnya tergantung pada jenis bahan Polyflex yang digunakan. Jika sablon pada jaket relatif tipis, seringkali dapat dilepaskan tanpa menggunakan alkohol.

7. Menghilang Sablon Dari Jaket Dengan Hairdryer Panas

Pengering rambut juga dapat digunakan di rumah. Alat ini umumnya dilengkapi dengan sumber udara panas, mirip dengan fungsi setrika. Namun, jika sablon pada jaket sangat tipis dan sebagian besar sudah rusak, pengering rambut dapat menjadi pilihan yang lebih efektif. Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh pengering rambut tidak seintens panas setrika.

Caranya cukup sederhana, kalian tinggal mengarahkan udara panas dari pengering rambut langsung ke atas sablon pada jaket dan tunggu hingga sablon mengkerut. Setelah mengkerut, kalian dapat memulai proses pemotongan menggunakan pisau atau gunting untuk mempermudah.

Baca Juga :

Penutup

Dengan begitu banyak inovasi dalam dunia fashion, seringkali kita menemui jaket yang memiliki sablon yang mungkin sudah tidak sesuai dengan selera atau bahkan sudah rusak.

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan sablon di jaket tanpa harus menggantinya dengan yang baru.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa metode yang dapat kalian terapkan, mulai dari menggunakan setrika, pengering rambut, hingga bahan kimia seperti cairan M3 atau M4.

Dengan mengetahui cara yang tepat, kalian dapat dengan mudah menyegarkan kembali jaket favorit kalian tanpa meninggalkan bekas yang mencolok.

Jadikan artikel finoo.id ini panduan kalian untuk menjadikan jaket kalian kembali seperti baru dengan cara menghilangkan sablon yang efektif dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *