Biaya Pasang CCTV

Biaya Pasang CCTV Semua Merk Terbaru dan Terlengkap

Posted on

Finoo.id – Biaya Pasang CCTV Semua Merk Terbaru dan Terlengkap. Salah satu metode yang paling efektif untuk mengurangi tindak kejahatan di rumah adalah dengan menginstal kamera pengawas atau CCTV. Dengan adanya CCTV, para pencuri yang mencoba merampok rumah akan berpikir dua kali ketika mereka melihat perangkat tersebut, bahkan mungkin akan membuat mereka melarikan diri dengan cepat.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika CCTV, atau dalam bahasa Inggris disebut Closed Circuit Television, kini semakin umum digunakan di berbagai lokasi, termasuk rumah-rumah tinggal, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Selain itu, CCTV juga memiliki beberapa manfaat lain, salah satunya adalah untuk mengawasi aktivitas anak-anak di dalam rumah.

Untungnya, di Indonesia, saat ini terdapat banyak jasa pemborong dan teknisi yang menyediakan layanan pemasangan CCTV. Namun, setiap teknisi biasanya memiliki tarif atau biaya yang berbeda-beda untuk layanan mereka, baik itu berdasarkan per titik atau paket.

Jika kalian berencana untuk menginstal CCTV di rumah kalian dengan bantuan seorang teknisi berpengalaman, sebaiknya kalian mencari tahu terlebih dahulu berapa biayanya. Untuk membantu kalian, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang biaya pemasangan CCTV untuk semua merek, baik itu per titik atau per paket.

Fungsi CCTV

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, CCTV memiliki fungsi dan tujuan utama dalam mencegah kejahatan yang baru terjadi. Tidak hanya di tempat umum seperti pusat perbelanjaan, namun sekarang CCTV juga sudah mulai dipasang di rumah-rumah tinggal.

Selain itu, CCTV atau kamera pengawas juga memiliki beberapa fungsi tambahan yang penting. Oleh karena itu, sebelum kita melanjutkan untuk membahas poin utama tentang biaya pemasangan CCTV, ada baiknya untuk memahami beberapa manfaat atau fungsi tambahan berikut ini:

  1. Mengawasi aktivitas anak di dalam rumah.
  2. Berpotensi menjadi bukti yang dapat diserahkan kepada pihak berwajib jika terjadi tindakan kriminal di dalam rumah.
  3. Membantu dalam menemukan barang-barang yang hilang atau terselip.

Faktor Penting Pada Pemasangan CCTV

Penting untuk dicatat bahwa ada beberapa faktor yang akan memengaruhi biaya pemasangan CCTV di rumah. Tentu saja, faktor-faktor ini perlu dipertimbangkan agar kalian dapat memperkirakan seberapa besar anggaran yang harus disiapkan untuk menginstal CCTV.

Beberapa faktor penting yang akan memengaruhi biaya pemasangan CCTV di rumah tersebut antara lain seperti berikut ini.

1. Letak CCTV

Hal pertama yang sangat penting ketika hendak memasang CCTV adalah lokasi pemasangannya, baik itu di dalam ruangan atau di luar ruangan. Perbedaan utamanya terletak pada jarak jangkauan lensa CCTV. Kamera CCTV outdoor, secara khusus, dirancang untuk digunakan di luar ruangan karena memiliki daya tahan yang tinggi terhadap panas dan hujan.

Baca Juga :   √ Cara Menghitung Volume Acian Semen Per M2 dengan Rumus

2. Format Rekaman Video

Format perekaman video pada kamera CCTV juga akan berdampak pada biaya pemasangannya. Saat ini, telah tersedia format DVR (Digital Video Recorder) yang memungkinkan pemiliknya mengunggah rekaman ke situs online. Dengan demikian, jika terjadi pencurian, kalian tetap memiliki rekaman video tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih CCTV dengan format seperti ini.

3. Jenis CCTV

Secara umum, saat ini CCTV dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sistem kabel dan nirkabel. Jika kalian menggunakan sistem kabel, kualitas gambar CCTV akan jauh lebih jernih. Sementara itu, pada sistem nirkabel, kualitas gambar CCTV sangat bergantung pada kondisi cuaca.

4. Akses CCTV

Faktor terakhir yang berdampak pada biaya pemasangan CCTV adalah jenis aksesnya. Apakah kalian dapat mengawasi rumah melalui aplikasi di smartphone, fitur live view, atau cloud. Namun, penting untuk diingat bahwa semakin tinggi harga CCTV, kualitasnya juga akan semakin baik.

Jenis Kamera CCTV

Sebelum melakukan pemasangan, penting untuk mengetahui jenis-jenis kamera CCTV yang tersedia. Berikut ini penjelasannya:

  1. Kamera Dome: Pemasangannya cukup mudah, sehingga cocok digunakan di rumah, sekolah, atau restoran. Desainnya juga modis dan terlihat menarik.
  2. Kamera IP (Internet Protocol): Salah satu jenis kamera dengan biaya pemasangan yang terjangkau. Ukurannya kecil, memudahkan penempatannya di sudut-sudut sulit. Kamera ini dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan nirkabel.
  3. Kamera Weatherproof: Cocok digunakan di area luar rumah karena tahan terhadap air dan segala jenis cuaca.
  4. Kamera Speed Dome: Kelebihan kamera ini adalah kemampuannya untuk berputar tanpa suara dan menghasilkan gambar yang jernih.
  5. Kamera Explosion Proof: Ideal untuk ditempatkan di area berbahaya, seperti sudut yang sering terkena suhu ekstrim dan ruangan yang berpotensi meledak.
  6. Kamera Camouflage atau Kamera Penyamar: Dengan desain mencolok, kamera ini cocok digunakan untuk tujuan pemantauan yang lebih tersembunyi.

Harga Pasang CCTV Rumah dengan Tenaga Profesional atau Ahli

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biaya pemasangan CCTV di rumah dapat bervariasi tergantung pada jumlah kamera yang dipasang. Berikut adalah estimasi biaya pemasangan CCTV dengan bantuan ahli profesional yang umumnya tersedia:

  1. Paket 2 Kamera:
    Dalam paket ini, dua kamera akan dipasang, baik di dalam maupun di luar rumah. Pemasangan oleh operator biasanya tidak dikenakan biaya tambahan. Kisaran harga untuk paket CCTV dengan dua kamera ini adalah sekitar Rp2.500.000.
  2. Paket 4 Kamera:
    Jika kalian membutuhkan pemantauan yang lebih lengkap, kalian dapat memilih paket dengan empat kamera. Dalam paket ini, dua kamera akan dipasang di dalam rumah dan dua di luar. Estimasi harga pemasangan paket ini adalah sekitar Rp3.600.000.
  3. Paket 6 Kamera:
    Pemasangan paket ini biasanya mencakup empat kamera di dalam rumah dan dua di luar. Harga estimasinya adalah sekitar Rp5.700.000.
  4. Paket 8 Kamera:
    Paket ini memiliki harga estimasi sekitar Rp6.900.000. Pembagian lokasi pemasangan kamera bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
  5. Paket 12 Kamera:
    Jika rumah kalian besar dan kalian memiliki anggaran lebih, kalian bisa memilih paket dengan 12 kamera. Harga estimasinya adalah sekitar Rp11.800.000.
  6. Paket 16 Kamera:
    Paket dengan 16 kamera cocok untuk rumah besar atau digunakan untuk keperluan kantor. Estimasi harga pemasangannya sekitar Rp14.700.000.
Baca Juga :   √ Daftar Alat Pembersih Kaca Jendela Terbaik, Wajib Dimiliki!

Harga Pasang CCTV Rumah di Marketplace

Jika kalian ingin lebih hemat, kalian dapat membeli CCTV dari platform marketplace dan memasangnya sendiri di rumah. Harga CCTV yang tersedia pun beragam, sehingga kalian dapat memilih sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kalian. Berikut rincian harganya:

  • Paket 2 kamera dengan harga sekitar Rp2.000.000-an.
  • Paket 4 kamera dengan harga sekitar Rp5.000.000-an.
  • Paket 6 kamera dengan kisaran harga sekitar Rp5.000.000 – Rp7.000.000.
  • Paket 8 kamera dengan kisaran harga sekitar Rp7.000.000 – Rp9.000.000.
  • Paket 10 kamera dengan kisaran harga sekitar Rp8.000.000 – Rp12.000.000.
  • Paket 12 kamera dengan kisaran harga sekitar Rp14.000.000-an.
  • Paket 16 kamera dengan kisaran harga sekitar Rp18.000.000.

Harga Pasang CCTV rumah di IndiHome

Sebagai alternatif, jika kalian tidak ingin repot, kalian dapat memasang CCTV di rumah langsung melalui penyedia jaringan internet. Salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan adalah IndiHome.

Menurut penjelasan di situs resminya, IndiHome sebenarnya tidak menjual CCTV, tetapi menyediakannya untuk disewa. Harga sewa per bulannya kurang lebih sekitar Rp25.000 saja. Namun, jika kalian ingin menyewa CCTV dari IndiHome, kalian harus memiliki jaringan internet atau WiFi dari IndiHome di rumah.

Selain itu, kalian juga perlu membayar biaya registrasi awal, sekitar Rp125.000 untuk kamera pertama. Sedangkan untuk kamera kedua dan seterusnya, kalian hanya perlu membayar sekitar Rp100.000 saja. Untuk informasi lebih lengkap, kalian dapat mengunjungi situs resminya atau menghubungi layanan pelanggan (CS).

Cara Pasang CCTV Rumah Sendiri

Jika kalian ingin memasang CCTV di rumah sendiri, maka perlu memperhatikan langkah-langkahnya agar instalasinya berjalan lancar. Ini penting agar kalian tidak bingung selama proses instalasi dan CCTV dapat terhubung dengan baik. Berikut adalah cara memasang CCTV sendiri di rumah:

  1. Pilih lokasi, area, sudut, atau ruangan di mana kalian ingin memasang CCTV.
  2. Pastikan kabel dan konektor dari CCTV terlindungi dari cuaca atau gangguan dari faktor luar, seperti tikus dan hujan.
  3. Ketika menempatkannya, disarankan agar CCTV diletakkan pada tempat yang tinggi dan terhindar dari potensi bahaya agar terhindar dari kerusakan atau terganggu.
  4. Pastikan posisinya dekat dengan area yang ingin kalian awasi, seperti pintu depan atau kamar bayi. Pastikan juga bahwa cakupan pkalianngannya mencakup seluruh ruangan dan sudut yang kalian inginkan.
  5. Jangan biarkan CCTV terkena sinar matahari langsung, agar kinerjanya sebagai alat pemantau di area tertentu lebih optimal. Selain itu, ini akan mencegah gambar yang dipantau terlalu silau.
  6. Setelah menemukan posisi yang sesuai, bor lubang pada tembok dan pasang sekrup. Jika kalian ingin memasang CCTV di bahan kayu, kalian dapat langsung memasang sekrup di permukaannya.
  7. Arahkan kamera CCTV ke area yang ingin kalian pantau dengan mengendurkan tiga sekrup di permukaan kamera.
  8. Setelah itu, kencangkan kembali sekrup pada kamera.
  9. Sambungkan kabel daya kamera ke soket yang sesuai.
  10. Hubungkan output video dan kabel listrik DC kamera ke konektor yang telah disiapkan.
  11. Sambungkan masing-masing kabel konektor ke DVR.
  12. Sambungkan adaptor daya atau splitter daya ke stopkontak untuk mencegah kerusakan.
Baca Juga :   √ Cara Mencuci Jaket Waterproof dan Merawatanya Agar Awet

Tips Memasang CCTV yang Benar

Untuk memastikan pemasangan CCTV yang efektif, berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan, seperti yang dikutip dari laman Security Solutions:

1. Pertimbangkan Pencahayaan CCTV

Pencahayaan adalah aspek penting dalam pemasangan CCTV. Pastikan area yang ingin kalian awasi memiliki pencahayaan yang cukup dan konsisten agar kamera dapat menangkap detail pengenal, seperti fitur wajah. Ini akan membantu meningkatkan kualitas rekaman dan memudahkan identifikasi jika diperlukan.

2. Pasang Kamera di Titik Tersembunyi

Umumnya, pelaku kriminal akan menghindari titik-titik CCTV yang mudah terlihat agar keberadaan mereka tidak bisa dilacak. Oleh karena itu, pastikan kalian menempatkan kamera di beberapa titik yang tersembunyi namun masih dapat menjangkau pkalianngan kamera. Ini akan memungkinkan pengawasan yang optimal sambil menjaga agar kamera tidak terlalu mencolok.

3. Sembunyikan Kabel CCTV

Saat memasang CCTV, pastikan bahwa kabel-kabelnya tidak mudah terlihat. kalian dapat menyembunyikan kabel-kabel ini di belakang tembok atau menggunakan medium lainnya agar orang lain tidak dengan mudah bisa menonaktifkan kamera. Dengan menyamarkan kabel-kabel, kalian juga akan menjaga tampilan yang lebih bersih dan rapi di sekitar instalasi CCTV kalian.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas secara rinci tentang biaya pasang CCTV.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya pasang CCTV dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis sistem CCTV yang dipilih, jumlah kamera yang dibutuhkan, tingkat keamanan yang diinginkan, dan lokasi pemasangan.

Demikianlah informasi mengenai biaya pasang CCTV. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan keamanan lingkungan kalian.

Jangan ragu untuk menghubungi penyedia jasa CCTV terpercaya untuk konsultasi lebih lanjut dan memulai langkah menuju keamanan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *