Harga Borongan Pasang Paving

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru Paling Lengkap. Paving, juga dikenal sebagai conblock, adalah salah satu bentuk produk beton pracetak yang terdiri dari blok-blok bata beton kecil. Produk bahan bangunan ini digunakan sebagai penutup perkerasan tanah atau sebagai alternatif untuk aspal dan cor beton.

Paving umumnya diproduksi secara massal melalui proses fabrikasi menggunakan mesin, sehingga ukurannya konsisten. Selain itu, paving hadir dalam berbagai jenis, motif, dan tekstur yang beragam, sehingga sering digunakan untuk merapikan lahan di depan atau belakang rumah, sambil menambah estetika.

Jika kalian berencana menggunakan paving, penting untuk mengetahui biaya pemasangannya terlebih dahulu. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan informasi rinci mengenai harga pemasangan paving per meter untuk semua jenisnya. Kami juga akan menjelaskan langkah-langkah menghitung kebutuhan paving untuk area tertentu.

Apa Itu Paving Block?

Paving Block atau Conblock adalah produk beton pracetak yang terbuat dari campuran bahan bangunan seperti semen Portland, pasir, batu screening, air, dan berbagai agregat lainnya. Bahan-bahan ini dicampur dengan perbandingan komposisi khusus untuk mencapai kualitas beton yang diinginkan.

Setelah bahan-bahan campuran merata, campuran ini dimasukkan ke dalam cetakan. Proses pencetakan Conblock dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu menggunakan mesin Press Manual atau mesin Press Hidrolik.

Dari segi kualitas, paving block yang dicetak dengan mesin Press Hidrolik cenderung lebih padat dan menghasilkan beton yang lebih berkualitas daripada paving block yang dicetak dengan mesin Press Manual. Namun, dari segi harga, paving block manual tentu lebih terjangkau daripada paving block press hidrolik.

Pilihan ada di tangan kalian, apakah kalian ingin mencari paving block dengan harga terjangkau yang mungkin memiliki kualitas stkalianr, atau memilih paving block berkualitas dengan harga yang lebih tinggi namun memiliki ketahanan jangka panjang.

Manfaat paving block

Berikut adalah beberapa keuntungan Paving Block yang penting untuk dipahami guna membantu kita dalam memilih material yang tepat untuk perkerasan jalan, apakah itu menggunakan konblok, aspal, atau cor beton, karena setiap pilihan memiliki keunggulan dan keterbatasannya masing-masing.

1. Penyerapan Air Lebih Baik

Paving block memiliki kemampuan untuk menyerap air hujan pada sisi-sisinya dengan baik. Hal ini membantu mengurangi genangan air di permukaan jalan. Kelebihan ini bukan hanya memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, tetapi juga mendukung pelestarian sumber air tanah yang sangat penting. Dengan meminimalkan genangan air, paving block berperan sebagai solusi pengerasan jalan yang ramah lingkungan karena membantu menjaga keseimbangan ekosistem air dan sumber daya alam.

2. Aplikasi Beragam

Salah satu manfaat utama dari paving block adalah kemampuannya untuk diaplikasikan dalam berbagai kondisi jalan dan lingkungan. Paving block dapat digunakan di berbagai lokasi seperti halaman rumah, trotoar, tempat parkir motor atau mobil, serta di jalan-jalan perumahan. Selain itu, paving block juga cocok untuk penggunaan di lingkungan industri yang dilewati oleh kendaraan berat seperti truk tronton atau kontainer. Kehkalianlan paving block dalam berbagai aplikasi ini membuatnya menjadi pilihan yang serbaguna dan efisien untuk berbagai kebutuhan konstruksi jalan dan permukaan luar ruangan.

Baca Juga :   √ Cara Merawat Besi agar Tidak Berkarat Dengan Mudah

3. Pemasangan dan Perawatannya Mudah

Keunggulan penting dari paving block adalah kemudahan dalam proses pemasangan. Paving block telah dirancang dalam bentuk balok-balok siap pakai, sehingga dapat disusun sesuai dengan desain pola yang diinginkan. Proses pemasangannya lebih sederhana dan lebih cepat dibandingkan dengan aspal atau cor beton, yang seringkali memerlukan peralatan tambahan dan ketrampilan khusus. Selain itu, jika ada kerusakan pada paving block, perbaikannya pun sangat mudah dilakukan. kalian hanya perlu mengangkat blok yang rusak, menggantinya, dan melakukan perbaikan pada area yang terkena masalah. Hal ini mengurangi biaya perawatan jalan dan memudahkan perbaikan yang diperlukan.

4. Memiliki Nilai Estetika

Paving block memiliki beragam bentuk dan warna yang memungkinkan untuk menciptakan pola-pola yang menarik dan estetis. Kemampuan ini menjadikan paving block pilihan yang sangat cocok untuk meningkatkan nilai estetika di lingkungan perumahan. kalian dapat menggabungkan berbagai warna dan bentuk paving block untuk menciptakan desain yang menarik dan sesuai dengan gaya desain yang diinginkan. Ketersediaan berbagai contoh pola paving block dan informasi mengenai kalkulasi kebutuhan untuk setiap modelnya juga mempermudah kalian dalam merencanakan penggunaan paving block sesuai dengan preferensi estetika kalian.

Jenis-Jenis Paving

Sebagaimana kita ketahui, saat ini pasar telah menyediakan berbagai jenis paving block yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen. Hingga saat ini, terdapat setidaknya enam jenis paving block yang tersedia di pasaran, antara lain:

  1. Paving Uskup: Jenis paving ini dikenal dengan bentuknya yang biasanya berupa segi empat dengan ukuran yang seragam. Paving uskup sering digunakan untuk area jalan, trotoar, dan halaman depan rumah.
  2. Paving Trihex: Paving trihex memiliki bentuk segitiga yang unik. Pola segitiga ini menciptakan tampilan yang menarik dan dapat digunakan untuk memberikan sentuhan estetika pada permukaan jalan atau area terbuka.
  3. Paving Bata: Paving bata meniru tampilan bata tradisional dengan tekstur dan warna yang mirip. Hal ini menciptakan kesan klasik dan cocok untuk desain yang lebih tradisional.
  4. Paving Segi Enam (Hexagon): Paving segi enam atau hexagon memiliki bentuk enam sisi yang menciptakan tampilan geometris yang menarik. Jenis paving ini sering digunakan dalam desain yang lebih modern.
  5. Paving Cacing: Paving cacing memiliki bentuk yang melengkung, menyerupai cacing, dan sering digunakan untuk membuat pola berliku atau mengikuti kontur tertentu dalam desain jalan atau taman.
  6. Paving Rumput: Paving rumput adalah jenis paving block yang dirancang dengan ruang kosong di tengahnya yang dapat diisi dengan tanaman atau rumput. Hal ini menciptakan tampilan yang lebih hijau dan alami, sering digunakan dalam desain yang mengutamakan unsur alam.

Masing-masing jenis paving block ini memiliki karakteristik unik dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan fungsional dan estetika pada proyek konstruksi kalian.

Cara Menghitung Kebutuhan Paving

Sebetulnya, perhitungan total kebutuhan paving bisa dilakukan dengan cukup mudah, asalkan kita mengerti rumus perhitungannya. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang harga pasang paving per meter, penting untuk memahami cara menghitung kebutuhannya terlebih dahulu.

Rumus Menghitung Kebutuhan Paving

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, untuk menentukan total kebutuhan paving, kita perlu menggunakan rumus perhitungan. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung kebutuhan paving block:

Baca Juga :   √ Cara Menghilangkan Karat pada Besi dengan Mudah & Praktis

  • Total kebutuhan paving: Luas area pemasangan x Kebutuhan paving block per meter persegi
  • Luas area pemasangan: Panjang x Lebar

Contoh Perhitungan

Sebagai contoh, jika kalian hendak memasang paving block pada halaman rumah berukuran 5 meter x 6 meter, perhitungannya akan sebagai berikut:

Luas halaman: 5 meter x 6 meter = 30 meter persegi

Kemudian, untuk menghitung jumlah kebutuhan paving block sesuai jenisnya, dapat dihitung sebagai berikut:

  • Paving bata persegi panjang: 30 meter persegi x 44 blok/meter persegi = 1320 blok.
  • Paving segi enam (hexagon): 30 meter persegi x 25 blok/meter persegi = 750 blok.
  • Paving cacing: 30 meter persegi x 39 blok/meter persegi = 1170 blok.
  • Paving trihex: 30 meter persegi x 39 blok/meter persegi = 1170 blok.
  • Paving ubin kecil: 30 meter persegi x 88 blok/meter persegi = 2640 blok.
  • Paving ubin besar: 30 meter persegi x 22 blok/meter persegi = 660 blok.

Dengan begitu, kalian dapat menghitung kebutuhan paving block berdasarkan jenisnya sesuai dengan luas area yang akan dipasang paving.

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter

Setelah memahami cara menghitung kebutuhan paving block, penting juga untuk memahami berapa biaya jasa pemasangannya, yang dikenal sebagai harga borongan per meter. Salah satu alasan mengapa memilih pekerjaan borongan lebih menguntungkan adalah karena biayanya cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan sistem harian.

Harga borongan pasang paving per meter bisa bervariasi di berbagai wilayah, berkisar antara Rp 135.000 hingga Rp 165.000 per meter, tergantung pada tingkat kesulitan pemasangan. Harga tersebut mencakup biaya seluruh proses pemasangan, termasuk upah tenaga kerja dan tahap finishing.

Sementara itu, jika kalian memilih harga borongan pasang paving per meter tanpa material, biayanya sekitar Rp 22.000 per meter persegi. Meskipun harganya lebih terjangkau, kalian perlu menyediakan semua bahan material sendiri, termasuk pasir sebagai alas dasar untuk pemasangan paving block.

Kami merekomendasikan untuk memilih material berkualitas meskipun mungkin harganya sedikit lebih tinggi. Hal ini akan memastikan bahwa pemasangan paving pada halaman rumah kalian akan tahan lama, bahkan dalam menghadapi cuaca ekstrim. Investasi dalam material berkualitas akan membawa manfaat jangka panjang.

Tips Memilih Paving Block

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kami telah memberikan informasi lengkap mengenai harga borongan pasang paving per meter di berbagai daerah seperti Malang, Semarang, Surabaya, dan lain sebagainya. Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa tips penting dalam memilih paving agar kalian dapat mendapatkan material berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

  1. Pilihlah Paving dengan Bentuk Presisi: Pastikan paving block memiliki bentuk yang presisi dan tepat. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mereka dapat dipasang dengan rapi dan menghasilkan permukaan yang datar serta estetis.
  2. Perhatikan Tekstur Kasar: Paving dengan tekstur kasar cenderung memiliki daya cengkeram yang lebih baik, yang akan membantu mencegah permukaan jalan menjadi licin, terutama ketika basah.
  3. Keseragaman dalam Ukuran: Pastikan paving block memiliki ukuran yang seragam. Ini akan mempermudah proses pemasangan dan menciptakan tampilan yang lebih konsisten pada jalan atau area yang kalian pasangi paving.
  4. Daya Tahan Tinggi dan Kokoh: Pilihlah paving block yang memiliki daya tahan tinggi dan kokoh. Material yang tahan terhadap beban dan cuaca ekstrim akan memastikan bahwa paving block tetap dalam kondisi baik selama bertahun-tahun.
  5. Perhatikan Pilihan Warna dan Desain: Jika estetika menjadi pertimbangan penting, pilih paving block yang memiliki pilihan warna dan desain yang sesuai dengan gaya kalian. Pilihan yang beragam akan memungkinkan kalian untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan keinginan kalian.
Baca Juga :   √ Cara Mengatasi Air Sumur yang Bau Dengan Mudah

Dengan memperhatikan tips di atas, kalian akan lebih mungkin memilih paving block yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kalian, baik dari segi fungsionalitas maupun estetika.

Kelebihan dan Kekurangan Paving

Setiap material bahan bangunan tentu memiliki karakteristik yang unik, termasuk paving block. Sebagai pertimbangan sebelum memasangnya, berikut ini kami akan menyajikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari material paving.

Kelebihan:

  1. Tampilan yang Menarik: Paving block hadir dalam berbagai tampilan menarik, mulai dari tekstur, motif, hingga warna yang beragam. Hal ini memungkinkan kalian untuk menciptakan desain permukaan yang estetis sesuai dengan preferensi kalian.
  2. Daya Serap Air yang Baik: Paving block memiliki kemampuan untuk menyerap air melalui celah-celah pada susunannya dengan sangat baik. Hal ini membantu menjaga keseimbangan air tanah dan mengurangi genangan air di permukaan jalan.
  3. Bobot yang Lebih Ringan: Dibandingkan dengan beberapa jenis pengeras jalan lainnya, paving block cenderung memiliki bobot yang lebih ringan. Ini mempermudah proses instalasi dan mengurangi tekanan pada struktur bawah.
  4. Biaya Pemasangan dan Perawatan Terjangkau: Paving block memiliki biaya pemasangan yang terjangkau, dan perawatannya juga mudah dan ekonomis. Jika ada kerusakan, blok yang rusak dapat diganti dengan mudah.
  5. Kemungkinan Pemasangan Ulang: Paving block dapat dipasang kembali jika diperlukan, selama bloknya tidak mengalami retak atau pecah selama proses pengangkatan.

Kekurangan:

  1. Risiko Permasalahan Pemasangan: Proses pemasangan paving cenderung lebih rentan terhadap permasalahan seperti ketidakrataan permukaan jika pondasi atau struktur dasar tidak kuat atau tidak diperlevel dengan baik.
  2. Keterbatasan Lokasi: Tidak semua lokasi atau jenis jalan cocok untuk dipasangi paving block, terutama jika jalan tersebut akan dilewati oleh kendaraan berat. Pemilihan material harus disesuaikan dengan kondisi dan tujuan penggunaan.
  3. Potensi Pergeseran: Jika pemasangan paving block tidak dilakukan dengan benar atau sesuai pedoman, ada potensi untuk terjadi pergeseran atau ketidakcocokan susunan, yang dapat mengakibatkan kerusakan dan kekurangan dalam struktur jalan.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari material paving block, kalian dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan tepat saat memilihnya untuk proyek pengerasan jalan atau area luar ruangan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam panduan ini, kami telah menjelajahi dunia Harga Borongan Pasang Paving, memberikan wawasan tentang biaya, bahan, dan faktor-faktor yang memengaruhi proyek pengecoran kalian.

Ingatlah bahwa membuat pilihan yang tepat memerlukan pertimbangan hati-hati terhadap anggaran, lokasi, dan preferensi kalian.

Dengan mengikuti tips dan rekomendasi dalam artikel ini, kalian akan siap dengan baik untuk memulai perjalanan pengecoran kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Harga Borongan Pasang Paving Per Meter Terbaru Paling Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *