Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Morando

√ Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Morando Semua Jenis!

Posted on

Finoo.id – √ Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Morando Semua Jenis!. Seperti yang diketahui, genteng tanah liat tetap menjadi pilihan utama sebagai penutup atap rumah yang populer hingga saat ini. Pilihan ini tidak terlepas dari keunggulan genteng tanah liat dibandingkan dengan bahan penutup atap sejenisnya.

Genteng tanah liat kini hadir dalam berbagai model, jenis, dan bentuk, termasuk di antaranya genteng morando. Genteng morando dapat dengan mudah ditemukan di pasaran atau langsung dari produsennya dengan ukuran yang sangat presisi.

Ketika kalian memutuskan untuk menggunakan genteng morando sebagai penutup atap rumah, penting untuk mengetahui total kebutuhannya. Namun, beberapa orang mengeluh karena belum mengetahui cara menghitung kebutuhan genteng morando dengan tepat.

Oleh karena itu, bagi yang berencana membeli dan memasang genteng morando untuk atap rumah, disarankan untuk menghitung total kebutuhannya terlebih dahulu. Untuk membantu kalian, kami akan menjelaskan secara rinci cara menghitung kebutuhan genteng morando dari semua jenisnya.

Apa Itu Genteng Morando?

kalian memiliki berbagai pilihan jenis genteng untuk digunakan, dan salah satunya adalah genteng morando. Genteng ini juga dikenal sebagai gojer, yang memiliki bentuk gelombang melengkung ke bawah dan sebagian melengkung ke atas.

Selain itu, genteng morando terkenal karena kekuatannya yang tinggi, bobot yang ringan, permukaan yang halus, dan kekokohannya. Meskipun terlihat ringan, genteng gojer memiliki daya tahan yang sangat kuat.

Genteng ini tersedia dalam ukuran panjang 33 cm, lebar 23 cm, dan berat 2,25 kg. Dibutuhkan 15 buah genteng untuk setiap meter persegi. Genteng ini dapat menjadi alternatif yang lebih ekonomis daripada genteng keramik yang harganya lebih tinggi. Meskipun harganya terjangkau, genteng ini tetap memiliki kualitas baik dan desain yang mewah, menjadikannya pilihan yang baik sebagai penutup atap bangunan.

Meskipun harganya terjangkau, perlu ketelitian dalam pemasangan genteng ini. Meski ekonomis, genteng morando dapat digunakan dengan baik sebagai penutup atap bangunan.

Genteng ini awalnya berasal dari Tiongkok dan diperkenalkan di Indonesia pada masa penjajahan Belkalian. Hingga saat ini, genteng morando banyak diproduksi di Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Morando

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan genteng morando, antara lain :

Kelebihan Genteng Morando

Diantara beragam jenis genteng yang tersedia saat ini, tidak perlu ragu untuk memilih genteng gojer. Berikut beberapa keunggulan genteng gojer yang membuatnya layak dipertimbangkan.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Rumah 2 Lantai Per Meter Paling Tepat

  1. Kekuatan Tinggi: Proses pembuatan morando melibatkan pembakaran pada suhu tinggi, menjadikannya lebih kuat daripada genteng tanah liat biasa. Komponennya juga lebih kokoh, sehingga genteng ini tidak mudah pecah meskipun terkena benturan.
  2. Bobot Ringan: Seperti yang disebutkan sebelumnya, genteng ini memiliki bobot yang relatif ringan. Kelebihan ini memudahkan pengangkutan dari satu tempat ke tempat lain, tanpa memerlukan banyak tenaga, sehingga lebih efisien secara tenaga dan waktu.
  3. Proses Instalasi Mudah: Karena kekuatannya yang baik, proses instalasi genteng ini menjadi cepat. kalian tidak memerlukan tenaga ahli untuk memasangnya, bahkan tukang pemula pun dapat melakukannya. Selain itu, berat produk yang ringan membuat proses pemasangan lebih mudah.
  4. Penahan Panas Baik: Kelebihan morando lainnya adalah kemampuannya menahan panas. Atap dari morando tidak menyerap panas, sehingga ruangan tetap sejuk meskipun cuaca panas. Hal ini membuat banyak orang memilih genteng ini untuk kenyamanan hunian.
  5. Lebih Tahan Lama: Meskipun harganya terjangkau, kualitas morando tetap terjaga. Genteng ini lebih tahan lama karena memiliki sifat anti korosi dan anti jamur. Sebagai hasilnya, genteng ini memiliki masa pakai yang cukup panjang, bahkan bisa mencapai puluhan tahun, terutama jika dirawat dengan baik.

Kekurangan Genteng Morando

kalian juga perlu mengetahui kelemahan dari atap morando sebelum memutuskan untuk memilihnya. Meskipun kekurangannya tidak banyak, namun tetap perlu dipertimbangkan agar tidak mengecewakan.

Pertama-tama, dari segi harga. Jika dibandingkan dengan variasi genteng tanah liat lainnya, morando dianggap lebih mahal. Terutama jika kalian memilih jenis yang sudah diglazur dengan warna lain yang memiliki harga tinggi.

Selain itu, genteng ini juga cukup sulit ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Artinya, jika variasi genteng ini tidak tersedia di daerah kalian, kalian harus mengimpor dari wilayah lain.

Hal ini tentu akan menimbulkan biaya pengiriman yang cukup besar. Oleh karena itu, lebih baik memilih jenis genteng lain jika genteng morando tidak tersedia di daerah kalian.

Ukuran Standar Genteng Morando

Ketika ingin menghitung kebutuhan genteng morando sebagai penutup atap rumah, penting untuk memahami ukuran dan dimensinya terlebih dahulu. Saat ini, di pasaran Indonesia terdapat dua jenis genteng morando, yaitu morando natural dan morando glazur.

Genteng morando natural memiliki ukuran stkalianr dengan panjang 33 cm, lebar 25 cm, tebal 2 cm, dan berat 2.5 kg. Sementara genteng morando glazur biasanya memiliki dimensi sedikit lebih kecil. Hal ini disebabkan oleh proses pembakaran lebih dari satu kali pada genteng morando glazur, yang dapat menyebabkan penyusutan.

Dalam penerapan genteng morando, pemilihan jarak reng sebagai rangka sangat mempengaruhi. Umumnya, orang-orang memasang genteng morando dengan menggunakan rangka reng yang memiliki jarak 26.5 cm, sehingga memerlukan total 19 buah genteng untuk satu meter persegi.

Baca Juga :   √ Biaya Bangun Kontrakan Sederhana: Tips & Cara Hitung Biaya

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Morando

Setelah memahami ukuran stkalianr genteng morando untuk semua jenis, langkah berikutnya adalah mencari tahu cara perhitungannya. Sama seperti saat menghitung kebutuhan genteng metal, perhitungan kebutuhan genteng morando juga memerlukan penggunaan rumus.

Salah satu tujuan penggunaan rumus adalah agar perhitungan kebutuhan genteng morando dapat dilakukan dengan lebih tepat dan akurat. Tanpa perlu penasaran lebih lanjut, mari kita perhatikan dengan seksama cara menghitung kebutuhan genteng morando untuk semua jenis, baik itu berdasarkan luas atap maupun volume pondasi.

Menghitung Berdasarkan Luas Atap

Cara menghitung kebutuhan genteng morando pertama adalah berdasarkan luas atap sebuah bangunan. Sebagai contoh, jika kalian akan memasang genteng morando pada rumah berukuran 10 m x 12 m dengan jarak reng 26.5 cm, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut.

Diketahui :

  • Panjang : 12 m.
  • Lebar : 10 m.
  • Jarak reng : 26.5 cm (19 buah genteng per m2).

Perhitungan :

  • Luas Atap Rumah
  • Luas = (Panjang x Lebar) x 2 (sisi atap).
  • Luas = (10 m x 12 m) x 2.
  • Luas = 120 m2 x 2.
  • Luas = 240 m2.

Kebutuhan Genteng Morando

  • Kebutuhan genteng = Luas atap rumah x Jumlah genteng per m2.
  • Kebutuhan genteng = 240 m2 x 19 buah.
  • Kebutuhan genteng = 4.560 buah.

Berdasarkan hasil perhitungan di atas, untuk membangun atap rumah berukuran 10 m x 12 m dengan jarak reng 26.5 cm diperlukan sekitar 4.560 buah genteng morando.

Menghitung Berdasarkan Panjang dan Lebar Pondasi

Selain menghitung kebutuhan genteng morando berdasarkan luas atap rumah, perhitungan kebutuhan genteng morando juga dapat dilakukan dengan memperhatikan panjang serta lebar pondasi bangunan. Sebagai contoh, jika kalian memiliki rumah dengan panjang 8 m dan lebar 6 m dan berencana memasang genteng morando.

Sebaiknya, tambahkan 1 m untuk panjang dan lebar agar mendapatkan ukuran rumah 9 m x 7 m. Setelah itu, tata cara menghitung total kebutuhan material gentengnya cukup dengan mengalikan luas pondasi dengan angka 35. Perhatikan dengan cermat perhitungannya di bawah ini.

Luas Pondasi Bangunan

  • Luas pondasi = Panjang x Lebar.
  • Luas pondasi = 9 m x 7 m.
  • Luas pondasi = 63 m2.
  • Kebutuhan Genteng Morando
  • Kebutuhan genteng = Luas pondasi x 35.
  • Kebutuhan genteng = 63 m2 x 35.
  • Kebutuhan genteng = 2.205 buah.

Jadi, untuk bangunan dengan panjang pondasi 8 meter dan lebar 6 meter, diperlukan sekitar 2.205 buah genteng morando. Namun, penting diingat bahwa perhitungan tersebut hanya berlaku untuk bagian inti rumah. Jika terdapat struktur bangunan lain seperti teras atau balkon yang juga ingin dilengkapi atap genteng, maka perhitungannya akan berbeda.

Tips Memilih Genteng Morando

Di atas telah diuraikan cara menghitung kebutuhan genteng morando untuk berbagai jenis berdasarkan ukurannya. Selain itu, di bawah ini, kami juga akan memberikan sejumlah tips untuk memilih genteng morando agar kalian dapat memperoleh material yang berkualitas.

Baca Juga :   √ Masalah Pengecoran Beton dan Cara Mengatasinya Paling Tepat

  1. Presisi Bentuk dan Ukuran:
    Pastikan genteng morando yang kalian pilih memiliki bentuk dan ukuran yang presisi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa genteng dapat dipasang dengan rapi dan sesuai dengan desain atap yang diinginkan.
  2. Kemurnian Material:
    Cek kemurnian genteng morando untuk memastikan bahwa bahan yang digunakan berkualitas tinggi. Material yang murni akan memberikan kekuatan dan daya tahan yang optimal terhadap cuaca dan faktor lingkungan lainnya.
  3. Suaranya yang Nyaring:
    Dengarkan suara genteng morando ketika dipukul dengan lembut. Genteng yang berkualitas akan menghasilkan suara yang nyaring dan khas, menunjukkan kepadatan dan ketebalan yang baik.
  4. Kerataan Permukaan:
    Perhatikan kerataan permukaan genteng morando. Permukaan yang rata akan memudahkan proses pemasangan dan memberikan tampilan akhir yang estetis pada atap rumah.
  5. Ukuran Pori-pori:
    Lihat ukuran pori-pori genteng morando. Pori-pori yang seimbang dapat membantu ventilasi dan pengaturan suhu di dalam bangunan. Pilih genteng dengan pori-pori yang sesuai dengan kebutuhan bangunan kalian.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, kalian dapat memastikan bahwa genteng morando yang dipilih tidak hanya memenuhi kebutuhan struktural, tetapi juga memiliki kualitas yang baik untuk jangka panjang.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan melalui panduan ini, kalian sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara menghitung kebutuhan genteng morando untuk berbagai jenis berdasarkan ukurannya.

Dari perhitungan berdasarkan luas atap hingga penggunaan dimensi pondasi, setiap langkah perhitungan dapat membantu kalian merencanakan dengan tepat kebutuhan material genteng morando untuk proyek atap rumah kalian.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan inovasi, mengintegrasikan langkah-langkah perhitungan ini dengan pemilihan genteng morando yang canggih dan berkualitas tinggi akan memberikan hasil yang memuaskan.

Dengan demikian, kalian dapat menciptakan atap rumah yang bukan hanya tahan lama, tetapi juga menawarkan daya estetika dan ketahanan yang optimal.

Semoga panduan dari artikel finoo.id ini bermanfaat dalam memandu kalian menuju proyek atap rumah yang sukses dan memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *