Harga Borongan Pasang List Gypsum

√ Harga Borongan Pasang List Gypsum Per Meter Terbaru

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Pasang List Gypsum Per Meter Terbaru. Kesempurnaan pemasangan plafon rumah terasa kurang apabila bagian pinggir pertemuan antara plafon dan tembok tidak diselesaikan setelah pemasangan. Oleh karena itu, penting untuk menyelesaikan bagian pinggir plafon dengan menggunakan profil atau list (lis) plafon gypsum.

Seperti yang diketahui, lis gypsum berfungsi untuk mempercantik tepi plafon dan sekaligus menyembunyikan pertemuan permukaan yang tidak rata. Pemasangan lis gypsum menjadi langkah penting agar rumah tampak lebih rapi dan tertata.

Di Indonesia, saat ini terdapat banyak pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan lis gypsum. Umumnya, para pekerja borongan menetapkan harga atau tarif pemasangan lis gypsum per meter persegi.

Jika kalian berencana menggunakan jasa pekerja borongan untuk memasang lis gypsum di rumah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu estimasi harganya. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap daftar harga borongan pemasangan lis gypsum per meter untuk semua jenis dan ukuran.

Fungsi List Gypsum

Sebelum membicarakan mengenai biaya pemasangan gypsum per meter, penting bagi kalian untuk memahami manfaat pemasangan plafon gypsum di rumah kalian.

Dari segi fungsinya, pemasangan plafon gypsum memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Melindungi Ruangan dari Debu

Kerusakan atap adalah kejadian umum, terutama saat atap mengalami kerusakan atau kekotoran.

Ini disebabkan oleh masuknya debu dan air hujan langsung ke dalam rumah, menyebabkan ruangan mudah tercemar.

Pemasangan plafon dapat melindungi rumah dari debu dan asap karena dapat menghalangi masuknya melalui celah-celah atap.

Efektivitas ini sangat bergantung pada material yang digunakan dalam pemasangan plafon. Semakin baik material yang digunakan, semakin tinggi biaya pemasangan plafon gypsum.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih plafon dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

2. Menciptakan Efek Kedap Suara

Rumah atau bangunan yang tidak dilengkapi plafon memiliki tingkat kebisingan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan plafon gypsum.

Suara di dalam ruangan dapat dengan mudah menyebar ke ruangan lain bahkan di luar rumah.

kalian dapat langsung membandingkan antara ruangan yang dilengkapi plafon dan yang tidak.

Secara teoritis, rumah yang bagian atasnya tertutup oleh plafon akan menahan suara di dalamnya.

Untuk kebutuhan ruangan khusus seperti ruang studio rekaman atau ruang karaoke, biasanya diperlukan anggaran upah pemasangan plafon gypsum yang lebih tinggi karena memerlukan lapisan khusus.

3. Untuk Meletakkan Soket Lampu

Kehadiran lampu di dalam ruangan memiliki peran penting dalam fungsi pencahayaan sebuah bangunan.

Untuk meletakkan lampu, diperlukan soket atau fitting lampu.

Baca Juga :   √ Apa itu Plafon Rumah? Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Keberadaan soket ini akan mempermudah proses pemasangan lampu yang akan ditempatkan pada permukaan plafon gypsum.

Pada beberapa jenis lampu seperti downlight lamp, lampu tersembunyi, atau model lampu lainnya, desain plafon gypsum dibuat untuk mempercantik interior ruangan kalian.

4. Menjadi Tempat Penyimpanan Barang

Bagi mereka yang menghadapi keterbatasan ruang penyimpanan, seperti gudang atau area terbuka, menutup bagian atap dengan plafon yang diperkuat dengan kuda-kuda sebagai lantainya dapat menjadi peluang untuk menciptakan area penyimpanan yang tidak terlihat.

Dengan hanya membuka salah satu bagian plafon, kalian dapat mengubahnya menjadi gudang penyimpanan serba guna.

Menggunakan langit-langit plafon sebagai ruang penyimpanan telah menjadi praktik umum di rumah-rumah di perkotaan padat penduduk, terutama bagi mereka yang mengalami keterbatasan ruang.

Namun, biaya pemasangan plafon gypsum untuk kebutuhan seperti ini masih lebih terjangkau dibandingkan dengan membangun ruangan gudang baru.

5. Tempat Memasang Antena

Memasang antena di luar bukanlah opsi yang ideal saat ini. Risiko seperti tersambar petir, pencurian, atau bahkan roboh akibat angin kencang dapat terjadi.

Adanya plafon dapat menjadi solusi untuk menempatkan antena televisi, radio, wifi, dan perangkat lainnya di dalam rumah.

Selain lebih aman, antena yang terletak di dalam rumah juga lebih mudah untuk diperbaiki jika terjadi masalah.

Selain manfaat fungsionalnya, plafon juga memberikan kontribusi dari segi estetika dan keindahan dekorasi eksterior bangunan. Hal ini dapat dicapai melalui sentuhan seni dari seorang konsultan yang menyediakan jasa gambar rumah dan dipercayai.

6. Memperindah Ruangan

Adanya plafon secara langsung akan meningkatkan estetika dan keindahan ruangan di dalam rumah kalian.

Selain berfungsi sebagai penutup kerangka atap, berbagai desain plafon dapat memberikan tampilan ruangan yang lebih mewah.

Meskipun memerlukan biaya tambahan untuk pemasangan plafon gypsum, hasilnya tidak akan mengecewakan.

Model plafon yang paling umum digunakan adalah model rata atau plat, namun desain ini sudah umum dijumpai. Sebagai alternatif, kalian dapat memilih model drop, list, atau kombinasi lain yang dapat kalian kreasi sesuai selera.

7. Menyembunyikan Instalasi Listrik

Kabel instalasi kelistrikan sering kali terlihat mencolok di permukaan tembok hingga atap, dan keberadaannya dapat merusak keindahan keseluruhan ruangan.

Untuk mengatasi hal ini, penggunaan plafon menjadi solusi untuk menyembunyikan kabel-kabel tersebut. Selain itu, plafon juga dapat mengurangi risiko konsleting karena perlindungan terhadap kabel yang tergores.

Saat ini, terdapat berbagai pilihan material plafon dengan desain yang beragam, serta variasi upah pemasangan plafon gypsum.

Untuk meningkatkan estetika ruangan, disarankan memilih model plafon terbaru dan memberikan sentuhan warna sesuai gaya interior ruangan kalian.

Kelebihan dan Kekurangan List Gypsum

Setiap bahan material bangunan memiliki karakteristik uniknya, termasuk list gypsum. Sebelum melanjutkan pembahasan harga borongan pemasangan list gypsum, penting untuk mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari material tersebut.

Kelebihan:

  1. Harga yang Terjangkau:
    Harga list gypsum cenderung lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis list plafon lainnya, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk perbaikan atau peningkatan interior rumah.
  2. Ketersediaan yang Mudah:
    List gypsum mudah ditemukan di berbagai toko material bangunan, membuatnya sangat aksesibel untuk kebutuhan pemasangan plafon dan dekorasi interior.
  3. Beragam Motif dan Tekstur:
    List gypsum telah tersedia dalam beragam motif dan tekstur, memberikan fleksibilitas desain yang tinggi untuk menciptakan tampilan interior yang sesuai dengan selera dan gaya rumah.
  4. Estetika Menarik dan Mewah:
    Tampilan list gypsum cenderung menarik dan mewah, memberikan sentuhan elegan pada plafon dan ruangan secara keseluruhan.
  5. Perawatan yang Mudah:
    Tata cara perawatan list gypsum sangat sederhana. Pembersihan rutin dengan lap lembut sudah cukup untuk menjaga kebersihan dan keindahannya.
  6. Pemasangan Cepat:
    Proses pemasangan list gypsum tergolong cepat, memungkinkan penghematan waktu dan biaya tenaga kerja dalam proyek pemasangan plafon.
  7. Anti Rayap:
    List gypsum memiliki sifat anti rayap, sehingga tidak rentan terhadap serangan hama yang dapat merusak struktur dan keindahan material.
  8. Tahan Terhadap Api:
    Keunggulan list gypsum juga terletak pada ketahanannya terhadap api. Ini membuatnya menjadi pilihan aman untuk penggunaan di berbagai ruangan, memberikan perlindungan tambahan terhadap bahaya api.
Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Partisi GRC Per Meter Terbaru

Kekurangan:

  1. Tidak Anti Air:
    Salah satu kekurangan utama dari list gypsum adalah bahwa material ini tidak tahan terhadap air. Jika terkena air secara berlebihan atau terendam, list gypsum dapat mengalami kerusakan, deformasi, dan kehilangan kekuatan strukturalnya.
  2. Mudah Kusam:
    Tampilan luar list gypsum cenderung mudah kusam seiring waktu. Faktor-faktor seperti debu, polusi udara, atau paparan sinar matahari berlebih dapat mengurangi kilau dan kecerahan aslinya.
  3. Sensitif Terhadap Benturan:
    List gypsum bersifat sensitif terhadap benturan atau tekanan berlebih. Benturan keras atau tindakan kasar dapat menyebabkan retak, kerusakan, atau deformasi pada struktur list gypsum.
  4. Perawatan Berkala Diperlukan:
    List gypsum memerlukan perawatan secara berkala untuk menjaga keindahannya. Pembersihan dan perawatan rutin diperlukan untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran yang dapat merusak penampilan estetisnya.

Ukuran Standar List Gypsum

Harap dicatat bahwa biaya borongan pemasangan list gypsum dapat dipengaruhi oleh dimensinya. Oleh karena itu, sebelum membeli dan memasangnya, pastikan kalian memilih material atau produk yang sesuai dengan kebutuhan bangunan kalian.

Ukuran stkalianr panjang list gypsum memiliki variasi yang cukup luas, mulai dari 2 meter, 2.20 meter, hingga 2.40 meter. Sedangkan untuk lebar list gypsum juga menawarkan beragam opsi, termasuk 4 cm, 5 cm, 6 cm, 7 cm, 8 cm, 10 cm, 12 cm, 14 cm, 16 cm, 18 cm, 20 cm, 22 cm, hingga 24 cm.

Harga Borongan Pasang List Gypsum

Selain dimensi, beberapa faktor lain juga turut memengaruhi harga borongan pemasangan list gypsum. Beberapa faktor tersebut melibatkan kondisi area kerja, tingkat kesulitan atau kompleksitas pekerjaan, hingga risiko yang terkait dengan proses pemasangan.

Selain itu, besaran harga borongan pemasangan list gypsum per meter juga dapat bervariasi di beberapa wilayah. Untuk menghindari rasa penasaran, berikut ini kami sertakan daftar harga borongan pasang list gypsum per meter untuk beberapa ukurannya.

Ukuran List GypsumHarga Borongan
4 cm – 10 cmRp25,000
12 cm – 16 cmRp35,000
18 cm – 20 cmRp50,000
22 cm – 24 cmRp60,000

Cara Menghitung Biaya Pasang List Gypsum

Setelah mengetahui harga borongan pemasangan list gypsum per meter, langkah berikutnya adalah memahami seberapa besar total biaya pemasangan yang dibutuhkan. Untuk pemahaman yang lebih jelas, perhatikan dengan seksama tata cara menghitung biaya pemasangan list gypsum berikut ini.

Keliling Ruangan

Langkah awal adalah menentukan total keliling ruangan yang akan dipasangi list plafon gypsum. Sebagai contoh, jika kalian berencana memasang list gypsum dengan lebar 18 cm di sebuah kamar berukuran 5 m x 4 m, maka tata cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :   Cara Menghitung Kebutuhan Gorden Paling Tepat Agar Tidak Keliru

Diketahui :

  • Panjang : 5 m.
  • Lebar : 4 m.

Perhitungan :

  • Keliling ruangan : 2 x (Panjang + lebar).
  • Keliling ruangan : 2 x (5 m + 4 m).
  • Keliling ruangan : 2 x 9 m = 18 m.

Biaya Pasang List Gypsum

Langkah selanjutnya adalah menghitung biaya pemasangan list gypsum dengan menggunakan pekerja borongan. Caranya adalah dengan mengalikan total keliling ruangan dengan harga borongan list gypsum berukuran 18 cm.

  • Biaya pemasangan : Keliling ruangan x harga borongan.
  • Biaya pemasangan : 18 m x Rp 50.000 = Rp 900.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk pemasangan list gypsum lebar 18 cm pada ruangan kamar berukuran 5 m x 4 m adalah sekitar Rp 900.000. Harap diingat, biaya tersebut hanya mencakup upah tenaga borongan saja dan belum termasuk biaya pembelian bahan material.

Karenanya, kalian perlu membeli bahan material pemasangan seperti list gypsum, sekrup, atau paku list secara mandiri. Kami merekomendasikan untuk menggunakan produk berkualitas, meskipun HARGA LIST GYPSUM mungkin sedikit lebih tinggi, hal ini akan memberikan hasil yang lebih baik dalam jangka panjang.

3 Faktor Lainnya yang Mempangaruhi Harga Pasang List Gypsum

1. Ukuran Ruangan dan Ukuran Plafon

Ukuran merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan saat memasang list gypsum. Biaya pemasangan list gypsum per meter akan dihitung berdasarkan ukuran plafon ruangan yang akan dipasang. Pengukuran ruangan dapat dilakukan dengan menggunakan rumus keliling, yaitu panjang ruangan dikali dengan lebar ruangan.

2. Tingkat Kesulitan Saat Proses Pemasangan

Selain ukuran ruangan, kondisi bidang pekerjaan juga dapat memengaruhi pemasangan list gypsum. Tingkat kesulitan dan kerumitan saat memasang list gypsum juga akan memengaruhi harga. Resiko yang terkait dengan pengerjaan juga akan dipertimbangkan, terutama jika plafon yang akan dipasang list gypsum memiliki risiko tertentu, misalnya terlalu tinggi.

3. Harga Setiap Daerah Berbeda

Kebijakan setiap daerah dan preferensi pemilik borongan juga turut memengaruhi harga pemasangan. Harga borongan tenaga pemasangan list gypsum tidak akan seragam di seluruh wilayah Indonesia. Harga yang ditetapkan akan tergantung pada ketersediaan bahan di masing-masing daerah. Oleh karena itu, lokasi pemasangan juga memiliki dampak signifikan terhadap harga yang ditetapkan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menyelesaikan proyek pemasangan list gypsum, memahami dan merencanakan budget menjadi langkah krusial.

Artikel ini telah membahas secara komprehensif mengenai faktor-faktor yang memengaruhi Harga Borongan Pasang List Gypsum, mulai dari ukuran ruangan, tingkat kesulitan pemasangan, hingga perbedaan harga di setiap daerah.

Dengan memilih pekerja borongan yang berpengalaman dan memahami kebutuhan kalian, kalian dapat memastikan hasil pemasangan list gypsum yang memuaskan.

Semoga artikel finoo.id ini memberikan panduan yang berguna bagi pembaca yang sedang mempertimbangkan atau merencanakan pemasangan list gypsum di rumah atau bangunan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *