Tips Memilih Handle Pintu

√ Tips Memilih Handle Pintu Rumah Dan Jenis-Jenisnya

Posted on

Finoo.id – √ Tips Memilih Handle Pintu Rumah Dan Jenis-Jenisnya. Seperti halaman depan buku, pintu rumah menjadi fokus utama yang akan diperhatikan oleh Sahabat Rucika. Lebih dari sekadar sebagai sarana masuk, pintu rumah juga memiliki peran dalam meningkatkan nilai estetika. Oleh karena itu, penting untuk memilih gagang pintu dengan cermat, bukan hanya untuk keamanan, tetapi juga untuk memberikan tampilan menarik pada pintu rumah.

Namun, proses pemilihan gagang pintu bukanlah hal yang sederhana. Terdapat beberapa faktor yang sebaiknya diperhatikan oleh Sahabat saat memilih gagang pintu, mulai dari fitur dan tingkat keamanan hingga aspek estetika.

Dalam ulasan ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu Sahabat dalam memilih gagang atau handle pintu yang sesuai.

Tips Memilih Handle atau Gagang Pintu

Tanpa handle atau gagang yang berkualitas, pintu akan terasa seperti sekadar lembaran kayu yang digantungkan pada engsel. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih gagang pintu yang dilengkapi dengan fitur lengkap, memiliki tingkat keamanan yang baik, dan tampil menarik.

Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan handle pintu dengan tepat.

1. Menentukan Tujuan dan Kebutuhan

Dalam memilih handle pintu, Sahabat dapat mempertimbangkan pemilihan bentuk yang sesuai dengan preferensi. Bentuknya bisa bersifat modern, klasik, minimalis, mewah, atau bentuk lainnya.

Apabila rumah Sahabat memiliki pintu kusen atau pintu dengan desain klasik, disarankan untuk memilih gagang pintu dengan desain klasik yang serupa. Pada kasus ini, Sahabat dapat memilih gagang pintu yang dihiasi dengan ornamen atau ukiran-ukiran klasik.

Untuk rumah dengan desain yang lebih modern, Sahabat dapat menggunakan gagang pintu yang lebih minimalis atau sederhana, seperti bentuk garis lurus, bulat panjang, atau bentuk lainnya. Warna handle yang sesuai dengan tema modern umumnya berada dalam skala monokrom, seperti hitam, putih, atau abu-abu.

2. Memperhatikan Kenyamanan dan Estetika

Selain menyesuaikan dengan kebutuhan, pemilihan handle pintu sebaiknya juga disesuaikan dengan konsep kenyamanan. Pastikan Sahabat memilih bentuk dan desain yang sesuai.

Sahabat dapat memilih handle yang memiliki desain minimalis dengan bagian samping yang tidak tajam. Hal ini bertujuan untuk menghindari potensi luka atau setidaknya mengurangi risiko kecelakaan.

Keindahan juga menjadi aspek penting bagi beberapa orang, terutama karena desain rumah berperan dalam menciptakan suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan desain dan bentuk handle pintu dengan desain ruangan untuk menciptakan keselarasan visual.

Baca Juga :   √ Apa Itu Plafon PVC? Jenis, Kelebihan dan Kekuranganya

3. Mempertimbangkan Harga dan Kualitas

Dalam memilih handle pintu, tentukan bahan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan serta ketahanan penggunaan dalam jangka waktu tertentu. Untuk penggunaan jangka panjang, disarankan memilih handle pintu yang terbuat dari bahan atau material berkualitas, tahan terhadap berbagai cuaca dan kondisi.

Terdapat berbagai jenis bahan yang dapat dipilih oleh Sahabat untuk handle atau gagang pintu, masing-masing dengan sifat yang berbeda.

  • Handle pintu rumah dari stainless steel, merupakan bahan anti korosi dan mudah untuk dibersihkan.
  • Zinc alloy, merupakan jenis logam yang tidak mudah terkorosi akibat perubahan cuaca ekstrim.
  • Kayu, merupakan material handle pintu rumah yang memberikan nuansa vintage, ringan, dan memiliki gaya klasik.

Selain mempertimbangkan bahan, perhatikan juga tingkat keamanan. Saat ini, terdapat berbagai opsi handle pintu dengan tingkat keamanan yang beragam, mulai dari yang sederhana seperti handle pintu konvensional hingga handle pintu pintar dengan teknologi smart lock.

Jika Sahabat memiliki barang berharga yang disimpan di dalam rumah, disarankan untuk menggunakan handle pintu yang dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi. Gagang pintu dengan smart lock atau kamera dapat menjadi pilihan yang lebih aman.

Ukuran Handle Pintu Yang Sesuai Untuk Rumah

1. Ukuran Dimensi 6 cm x 6 cm x 6 cm

Handle pintu dengan ukuran dimensi 6 cm x 6 cm x 6 cm hadir sebagai solusi yang sangat kompak, tidak hanya menawarkan kepraktisan tetapi juga kenyamanan penggunaan. Dengan dimensi yang begitu kompak, handle ini memberikan kenyamanan saat digenggam, sehingga tidak akan membuat tangan lelah ketika membuka atau menutup pintu.

Produk HANDLE Pintu Solid menawarkan handle pintu dengan ukuran yang pas sesuai dengan kebutuhan kalian. Selain itu, kehadirannya dengan lapisan chrome juga menjadi nilai tambah, karena memberikan perlindungan terhadap potensi karat, menjadikannya tahan lama dan tetap tampak bersih dan bersinar.

2. Ukuran Dimensi 13 x 5 x 6 cm

Ukuran dimensi 13 x 5 x 6 cm pada handle pintu memberikan keseimbangan yang baik antara kepraktisan dan estetika. Handle ini dirancang untuk memberikan kenyamanan genggaman yang pas, sehingga memudahkan pengguna dalam membuka dan menutup pintu tanpa mengorbankan aspek desain.

Produk Paloma HRP 656 merupakan pilihan yang tepat untuk mereka yang menginginkan handle pintu dengan dimensi sedikit lebih besar. Dengan ukuran 13 x 5 x 6 cm, handle pintu ini memberikan kesan elegan dan kokoh. Paloma tidak hanya memprioritaskan kenyamanan penggunaan tetapi juga memberikan sentuhan desain yang menarik melalui ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

3. Ukuran Dimensi 54 x 130 x 21

Ukuran dimensi 54 x 130 x 21 dapat menjadi pilihan yang sangat tepat saat kalian mempertimbangkan ukuran handle pintu untuk rumah atau proyek desain interior kalian. Dengan dimensi ini, handle pintu ini memberikan kepraktisan yang optimal, menjadikannya pilihan yang baik untuk berbagai jenis pintu.

Panjang 130 cm pada ukuran ini masih berada dalam tingkat kenyamanan yang baik, memastikan bahwa handle pintu ini tidak hanya fungsional namun juga nyaman digunakan. Produk ini dipersembahkan oleh Rafes, sebuah merek yang dikenal akan kualitas produknya dalam dunia perlengkapan rumah.

4. Ukuran Dimensi 54 x 140 x 20

Dibandingkan dengan ukuran sebelumnya, dimensi 54 x 140 x 20 memberikan dimensi yang sedikit lebih besar, yaitu 10 cm lebih panjang. Handle pintu dengan ukuran ini tetap memberikan kenyamanan yang optimal untuk digenggam, terlebih lagi dengan desain handle yang dirancang untuk memudahkan penggunaan.

Baca Juga :   Apa itu Epoxy Lantai? Kelebiah dan Kekuranganya Serta Harga Boronganya

Rafes kembali hadir dengan produk ini, menawarkan warna hitam edisi yang memberikan sentuhan modern dan elegan pada pintu kalian. Pilihan ini tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga memberikan pilihan gaya yang dapat menyesuaikan diri dengan berbagai desain ruangan. Rafes memastikan bahwa handle pintu ini tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional, tetapi juga memperkaya estetika ruang kalian.

5. Ukuran Pull Handle 20×40 mm

Pull handle series hadir dengan desain yang menarik dan lebih sederhana, menjadikannya pilihan yang pas untuk tampilan yang modern dan elegan. Dengan ukuran pipa 20×40 mm dan bentuk tegak vertikal, handle ini memberikan sentuhan estetika yang unik pada pintu kalian.

Rafes tipe HK 4728 merupakan salah satu produk yang menarik perhatian dengan desainnya yang stylish. Dengan menggunakan material stainless steel yang tahan lama dan awet, handle pintu ini tidak hanya memberikan tampilan yang menarik tetapi juga memberikan kekalianlan dan ketahanan terhadap kondisi lingkungan.

6. Ukuran Dimensi (30×85)

Ukuran dimensi (30×85) pada handle pintu ini menawarkan kesederhanaan dengan bentuk yang kompak, menjadikannya cocok untuk pintu yang memiliki tampilan simpel atau berukuran kecil. Produk ini, dipresentasikan oleh Dekkson, dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal di tangan pengguna.

Dengan ukuran 30×85, handle ini memberikan kesan yang minimalis namun tetap efisien dalam penggunaannya. Tipe ini cocok untuk pintu dengan kebutuhan tampilan yang lebih sederhana namun tetap ingin memberikan kenyamanan yang optimal saat membuka atau menutup pintu. Dekkson menawarkan pilihan yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan pintu kalian.

Jenis-jenis Handle Pintu Rumah

Belum menemukan handle pintu yang cocok? Jangan khawatir! Di sini, kami menyediakan beberapa jenis handle pintu lengkap dengan karakteristik dan fungsinya untuk membantu kalian memilih yang sesuai.

1. Lever, Handle Pintu Paling Basic

Hampir di setiap rumah, jenis handle pintu ini pasti ditemukan. Jenis ini sangat umum digunakan untuk pintu rumah yang dibuka dengan cara didorong.

Selain memiliki bentuk yang unik dan bervariasi, penggunaan handle pintu Lever juga cukup sederhana. Dari segi mekanisme, handle pintu ini dilengkapi dengan tuas yang dapat ditekan ke bawah untuk membuka pintu.

Namun, sayangnya, handle jenis ini memerlukan perawatan tambahan. Salah satu alasan utamanya adalah karena pegas di bagian dalam komponennya cenderung rentan patah. Selain itu, terdapat potensi tertinggi untuk pakaian atau benda lainnya tersangkut pada gagang pintu, terutama ketika pengguna sedang terburu-buru.

2. Knob, Solusi Handle Pintu Kecil dan Simple

Handle pintu jenis Knob dapat diterapkan oleh Sahabat pada berbagai desain pintu dan ruangan. Hal ini berarti bahwa Knob dapat menjadi pilihan terbaik ketika Sahabat mengalami kebingungan dalam memilih jenis handle pintu.

Keamanan adalah salah satu keunggulan handle pintu jenis ini karena Knob tidak memiliki sudut yang lancip dan tajam. Meskipun demikian, cengkeraman yang kurang lebar pada gagang pintu jenis ini dapat memberikan kesulitan, terutama bagi orangtua atau individu dengan kebutuhan khusus.

3. Recessed, Handle Pintu Rumah Estetik yang Hemat Ruang

Handle ini memiliki keunikan karena dilengkapi dengan alat yang tertanam di dalam pintu, menciptakan kesan pintu yang seakan berlubang. Dengan fitur ini, kamu dapat menyesuaikan bentuk handle sesuai dengan desain yang diinginkan, mulai dari bentuk persegi, setengah lingkaran, hingga oval.

Baca Juga :   Pengertian Plamir Tembok: Fungsi, Jenis dan Penerapanya Yang Tepat

Kelebihan menarik dari jenis handle ini adalah tidak memerlukan banyak ruang, berbeda dengan sebagian besar handle pada umumnya. Meskipun demikian, handle Recessed tidak cocok digunakan untuk semua jenis pintu, melainkan lebih ideal untuk pintu geser.

Perlu diingat, meskipun memiliki keunikannya, jenis handle ini tidak sesuai untuk semua jenis desain pintu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengujinya terlebih dahulu dan memastikan bahwa handle Recessed benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan desain pintu yang dimiliki.

4. Pull, Handle Pintu Rumah Kupu Tarung

Dengan menggunakan jenis handle ini, untuk membuka pintu, kalian hanya perlu memegang, menarik, atau mendorongnya. kalian dapat menyesuaikan desainnya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian, mulai dari model klasik, modern, hingga minimalis.

Dari segi penampilan, handle Pull terdiri dari dua tuas yang terletak di tengah pintu, cocok untuk pintu dengan dua daun. Namun, ada juga yang menggunakan gagang pintu jenis ini pada pintu dengan satu daun.

5. Smart Lock Door, Handle Pintu Rumah Elektronik dengan Keamanan Pintar

Dalam beberapa waktu terakhir, rumah dengan konsep smart home telah menjadi populer. Ada beberapa komponen pendukung dari konsep ini, mulai dari lampu pintar, televisi pintar, pembersih udara, dan salah satunya adalah handle pintu pintar.

Handle pintu pintar dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses rumah dengan menggunakan password, sidik jari, atau bahkan melalui aplikasi di ponsel.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan begitu banyak pilihan handle pintu yang tersedia di pasaran, menemukan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain rumah bisa menjadi tugas yang menantang.

Melalui artikel ini, telah disajikan beragam tips memilih handle pintu yang dapat menjadi panduan kalian dalam mengambil keputusan yang tepat.

Dari jenis-jenis handle pintu hingga pertimbangan keamanan dan desain, setiap detail telah dibahas secara komprehensif.

Dengan menerapkan tips-tips ini, kalian dapat memastikan bahwa handle pintu yang dipilih tidak hanya memenuhi aspek fungsionalnya tetapi juga memberikan sentuhan estetika yang sesuai dengan karakter rumah kalian.

Jangan ragu untuk menjelajahi pasar dengan panduan ini sebagai bekal untuk memilih handle pintu yang ideal dan menciptakan kesan pertama yang memukau untuk setiap tamu yang melangkah ke dalam rumah kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Tips Memilih Handle Pintu Rumah Dan Jenis-Jenisnya. Semoga artikel kai dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *