Pengertian Application Software

√ Pengertian Application Software: Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Finoo.id – √ Pengertian Application Software: Fungsi dan Jenisnya Lengkap. Berikut ini, kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan perangkat lunak aplikasi dan perbedaannya dari setiap jenis perangkat lunak aplikasi. Yuk, simak artikel di bawah ini.

Perangkat lunak aplikasi merujuk pada segala jenis aplikasi yang diinstal pada komputer untuk menjalankan tugas sesuai permintaan pengguna. Juga dikenal sebagai perangkat lunak aplikasi, kategori ini melibatkan berbagai macam program, termasuk editor teks, spreadsheet, pemutar media, dan sebagainya.

Meskipun ada program yang mampu melakukan tugas kompleks dan spesifik, ketersediaan aplikasi utilitas perangkat lunak sangat luas. Beberapa dirancang untuk menangani kebutuhan aplikasi tertentu, sementara yang lain dibuat untuk tujuan hiburan.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah mengalami kemajuan pesat, menghasilkan alat yang mempermudah individu dalam menggunakan komputer dan perangkat lunak untuk mengatasi berbagai masalah.

Inilah alasan mengapa setiap hari, terus diproduksi dan diperbarui perangkat lunak aplikasi baru untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun demikian, ada lebih dari satu jenis perangkat lunak aplikasi yang dikembangkan untuk memenuhi hampir semua kebutuhan yang dapat kita bayangkan.

Pengertian Application Software

Perangkat lunak aplikasi, atau yang sering disebut sebagai aplikasi, merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk mempermudah pengguna dalam menjalankan berbagai tugas komputasi.

Perangkat lunak ini diciptakan khusus untuk menyederhanakan kegiatan komputasi pengguna, seperti pembuatan lembar kerja, dokumen, pengolahan gambar, video, analisis data, dan sebagainya.

Sebagian orang mungkin mengira bahwa perangkat lunak sistem yang ada di komputer sama dengan perangkat lunak aplikasi. Namun, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan.

Perangkat lunak sistem berfungsi untuk membantu komputer menjalankan sistem operasinya, sementara perangkat lunak aplikasi dirancang secara khusus agar pengguna dapat menjalankan tugas komputasi yang lebih spesifik.

Dengan menggunakan perangkat lunak aplikasi, pengguna dapat menyelesaikan tugas dengan cepat, efektif, dan efisien. Selain itu, aplikasi ini tidak hanya dapat diakses melalui komputer, melainkan juga dapat digunakan pada perangkat mobile, meningkatkan fleksibilitas penggunaannya.

Fungsi Application Software

Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang didesain untuk menjalankan beberapa aktivitas khusus pada komputer. Beberapa kegunaan dari perangkat lunak ini antara lain:

1. Memfasilitasi Komunikasi

Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang membantu pengguna dalam berkomunikasi dan terhubung dengan pengguna lain.

Jenis perangkat lunak ini memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari manusia karena mempermudah proses komunikasi. Dengan adanya perangkat lunak ini, kegiatan komunikasi antar pengguna gadget dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

2. Membantu Tugas Bisnis

Salah satu fungsi lain dari perangkat lunak aplikasi adalah membantu menyelesaikan berbagai tugas, termasuk tugas yang terkait dengan bisnis dan pekerjaan.

Baca Juga :   √ Pengertian Teknisi Komputer: Tugas, Pekerjaan dan Keahliannya

Dengan menggunakan perangkat lunak aplikasi tersebut, berbagai tugas yang berkaitan dengan bisnis dan perkantoran dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat.

3. Membantu Tugas Pendidikan

Perangkat lunak aplikasi juga memiliki peran dalam membantu pengguna menyelesaikan berbagai tugas yang terkait dengan pendidikan.

Terdapat banyak perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas yang bersangkutan dengan dunia pendidikan.

4. Memudahkan Membuat Grafis dan Multimedia

Perangkat lunak aplikasi juga berfungsi sebagai software yang membantu pengguna dalam menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan multimedia dan grafis. Contohnya, seperti mengedit foto, video, dan sejenisnya.

Kategori Application Software

Kategori perangkat lunak aplikasi sendiri dibagi menjadi empat macam. Berikut adalah jenis-jenisnya beserta contoh pemanfaatannya:

1. Educational

Kategori yang pertama dalam perangkat lunak aplikasi adalah yang dibuat untuk kepentingan pendidikan. Fungsinya adalah memudahkan pengguna dalam mencari informasi terkait dunia pendidikan. Beberapa contoh aplikasi yang berkaitan dengan pendidikan antara lain adalah:

  • Zenius:
    Zenius adalah software yang secara khusus dirancang untuk membantu siswa mengakses informasi pendidikan. Aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran mulai dari jenjang SD hingga SMA. Pengguna dapat menemukan berbagai informasi pendidikan yang relevan dengan mudah menggunakan Zenius.
  • Sekolah.mu:
    Sekolah.mu adalah jenis aplikasi yang sangat sesuai digunakan oleh para pelajar. Aplikasi ini menyediakan materi-materi kreatif yang dapat disesuaikan untuk jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA. Dengan materi dan sistem pembelajaran yang kreatif, Sekolah.mu dapat meningkatkan minat pengguna untuk lebih mendalami materi-materi yang disajikan.
  • Brainly:
    Brainly merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh siswa untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Aplikasi ini memfasilitasi interaksi antar pengguna yang ingin berbagi pengetahuan. Brainly menyediakan materi pelajaran untuk lebih dari 25 mata pelajaran dari SD hingga SMA. Selain itu, aplikasi ini dapat diakses dengan mudah dan gratis melalui web serta platform Android dan iOS.

2. Bussiness

Selanjutnya, terdapat juga jenis perangkat lunak aplikasi yang diciptakan khusus untuk mempermudah pekerjaan yang terkait dengan bisnis. Ada berbagai macam software aplikasi yang dapat digunakan untuk kepentingan bisnis, antara lain:

  • HR Management:
    HR Management adalah jenis software yang membantu pengguna dalam mengelola karyawan-karyawan dalam suatu perusahaan. Aplikasi ini mendukung pengguna dalam mengatur, memasukkan, dan melacak data terkait karyawan perusahaan. Manfaatnya sangat penting, terutama bagi departemen HRD, karena dapat memantau sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Customer Relationship Management (CRM):
    CRM merupakan jenis software yang sangat diperlukan oleh perusahaan. Tujuan utama dari perangkat lunak ini adalah memungkinkan pengguna untuk mengelola layanan kepada pelanggan. Dengan CRM, pengguna dapat merancang strategi penjualan, melacak penjualan, pendapatan, dan aspek lainnya yang terkait dengan hubungan pelanggan.
  • Payroll Management:
    Software aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengontrol dan mengelola pembayaran serta manajemen akuntansi. Penggunaan Payroll Management akan membuat tugas merekam sistem keuangan dalam perusahaan menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan aplikasi ini, proses administrasi terkait dengan pembayaran karyawan dapat diotomatisasi, meningkatkan efisiensi dan keakuratan dalam manajemen gaji.
Baca Juga :   √ Jenis Alat Fiber Optik Beserta Fungsinya Lengkap

3. Communication

Selain itu, terdapat juga perangkat lunak aplikasi yang dirancang khusus untuk mempermudah keperluan komunikasi. Beberapa contoh software yang terkait dengan komunikasi antara lain adalah:

  • Line:
    Line adalah aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan orang lain. Didesain agar dapat diakses baik melalui komputer maupun ponsel, pengguna hanya memerlukan koneksi internet yang stabil. Line menyediakan berbagai fitur komunikasi seperti pesan teks, panggilan suara, dan video call, membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk berinteraksi secara virtual.
  • WhatsApp:
    WhatsApp merupakan software aplikasi dengan fitur sederhana, lengkap, dan mudah dipahami. Pengguna dapat mengirim video, foto, pesan, atau dokumen secara gratis kepada pengguna lain. Meskipun menjadi bagian tak terpisahkan dari proses komunikasi yang memudahkan dan memiliki banyak kelebihan, WhatsApp tidak lepas dari beberapa kekurangan, seperti masalah dan gangguan sistem yang sering terjadi. Fitur yang dimiliki juga dianggap kurang lengkap dibandingkan dengan Line.
  • Zoom:
    Zoom adalah perangkat lunak aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pengguna melakukan konferensi video secara bersama-sama. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone atau komputer dengan memerlukan koneksi internet yang stabil. Zoom telah menjadi pilihan utama untuk pertemuan virtual, baik dalam konteks bisnis, pendidikan, atau keperluan pribadi. Fiturnya yang lengkap dan kemudahan penggunaan membuat Zoom menjadi solusi yang efektif untuk komunikasi jarak jauh.

4. Grafis dan Multimedia

Selanjutnya, terdapat jenis perangkat lunak aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang terkait dengan grafis dan multimedia. Beberapa contoh software aplikasi grafis dan multimedia meliputi:

  • Adobe Photoshop:
    Adobe Photoshop merupakan jenis software yang sangat populer untuk pengeditan foto dan video. Namun, kegunaannya tidak terbatas pada itu saja. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan terkait desain grafis, seperti pembuatan banner, poster, logo, dan berbagai kreasi visual lainnya.
  • Corel Draw:
    Corel Draw adalah software aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu pekerjaan dalam desain grafis dan multimedia. Terkenal karena kemampuannya, Corel Draw mendukung pengguna dalam menciptakan karya visual seperti vektor, banner, poster, logo, dan berbagai elemen grafis lainnya.
  • Sketch:
    Sketch merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk para profesional dalam menghasilkan desain digital. Aplikasi ini membantu pengembang dalam menciptakan desain untuk website dan berbagai situs digital lainnya. Dengan fokus pada kebutuhan profesional, Sketch menjadi pilihan yang efektif untuk pengembangan desain digital yang berkualitas tinggi.

Bentuk Application Software

Selain berdasarkan empat kategori di atas, perangkat lunak aplikasi juga dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk, yakni:

1. Custom Software

Perangkat lunak kustom merupakan jenis perangkat lunak aplikasi yang dibuat secara spesifik atau dipesan khusus oleh sebuah perusahaan.

Dalam rangka mendukung operasionalnya, seringkali sebuah perusahaan membutuhkan aplikasi yang dirancang khusus untuk industri atau tugas bisnis tertentu. Namun, terkadang tidak ada perangkat lunak yang sesuai atau cocok dengan kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan harus memesan perangkat lunak secara kustom untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan bisnis mereka dengan optimal.

2. Web Application

Aplikasi web adalah perangkat lunak yang memiliki sifat fleksibel karena dapat diakses melalui berbagai perangkat asalkan terhubung ke internet.

Baca Juga :   √ Apa Itu Jaringan Peer to Peer? Kelebihan dan Kekurangannya

Aplikasi web dapat diakses baik melalui komputer maupun ponsel. Jenis aplikasi web pun sangat bervariasi, ada yang dapat diakses secara gratis dan ada yang memerlukan pembayaran.

3. Open Source

Kategori perangkat lunak aplikasi berikutnya adalah tipe open source. Karakteristik utama dari jenis perangkat lunak aplikasi ini adalah memiliki sumber terbuka yang memungkinkan pengguna untuk melakukan modifikasi, pembelajaran, perubahan, peningkatan, dan kemudian menyebarkannya kembali secara bebas.

4. Packaged Software

Jenis perangkat lunak aplikasi ini adalah produk yang diproduksi secara massal. Setelahnya, perangkat lunak tersebut akan didistribusikan dan digunakan secara massal untuk menjalankan berbagai tugas.

Berbagai jenis paket perangkat lunak dapat ditemukan di pasar dengan variasi yang cukup beragam. Terdapat aplikasi yang memerlukan pembayaran untuk mengaksesnya, sementara ada pula yang dapat diakses secara gratis.

5. Shareware

Shareware merupakan jenis perangkat lunak yang memiliki hak cipta, namun dapat digunakan secara gratis untuk jangka waktu tertentu.

Dengan demikian, pengguna dapat mengakses aplikasi tersebut tanpa dikenakan biaya dalam periode awal penggunaan. Namun, setelah melewati batas waktu tertentu, pengguna diharuskan membayar sejumlah biaya untuk tetap dapat menggunakan aplikasi tersebut.

6. Freeware

Mirip dengan shareware, freeware juga termasuk dalam jenis perangkat lunak yang memiliki hak cipta. Namun, dalam hal penggunaannya, freeware lebih fleksibel karena dapat digunakan tanpa dikenakan biaya atau secara cuma-cuma.

7. Public Domain Software

Perangkat lunak Domain Publik adalah bentuk perangkat lunak aplikasi yang sengaja dirancang untuk dapat digunakan oleh semua orang secara umum. Biasanya, aplikasi ini dapat diakses oleh siapa pun tanpa dikenakan biaya. Contoh perangkat lunak Domain Publik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah Google.

BACA JUGA :

Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa Application Software, atau perangkat lunak aplikasi, adalah suatu jenis perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pengguna dalam menjalankan berbagai tugas di komputer atau perangkat lainnya.

Dari kategori-kategori yang beragam, seperti perangkat lunak khusus pendidikan, bisnis, grafis, hingga yang bersifat open source, Application Software terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern.
Keberagaman ini memberikan fleksibilitas, memungkinkan akses melalui berbagai perangkat, dan menciptakan solusi khusus sesuai kebutuhan.

Sebagai suatu konsep yang sangat penting dalam dunia teknologi informasi, pengertian Application Software mencakup berbagai aspek yang terus mendukung kemajuan dan efisiensi dalam berbagai bidang.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Pengertian Application Software: Fungsi dan Jenisnya Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *