Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision

Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision : Transponder 1 & 2

Posted on

Finoo.id – Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision : Transponder 1 & 2. Beberapa saluran televisi gratis (FTA) dan beberapa saluran televisi yang berada di satelit Palapa D bermigrasi atau pindah ke Telkom 4 pada tanggal 1 Juli 2020. Namun, tidak semua saluran TV FTA atau saluran TV berlangganan pindah saat itu, sehingga meskipun sudah tersedia di satelit Telkom 4, saluran di Palapa D masih ada yang bertahan.

Banyak pengguna TV berlangganan yang menggunakan Palapa D mengeluh, karena semua saluran TV berlangganan tidak dapat dinikmati kembali. Pengguna siaran TV berlangganan K Vision juga mengeluhkan hal yang sama. K Vision adalah penyedia layanan TV berlangganan yang resmi diluncurkan pada 18 April 2014, dengan menggunakan satelit Palapa D (C band) dan Measat 3a (Ku Band) pada frekuensi LNB atau penyedia 12396 H 31000 dan 12436 H 31000.

Mengenai keluhan ini, K Vision sebenarnya telah memberikan informasi melalui situs web resminya dan juga melalui teks berjalan di televisi bahwa layanan K Vision (C band) akan beralih ke satelit lain. Layanan K Vision sepenuhnya beralih dari Palapa D ke Telkom 4 Merah Putih pada tanggal 1 Oktober 2020. Jadi, bagi pengguna K Vision, pastikan untuk mengarahkan parabola ke Satelit Telkom 4 untuk mendapatkan lebih banyak dan lebih berkualitas saluran.

Satelit Palapa D seharusnya dapat mengorbit selama 15 tahun setelah diluncurkan, yaitu sampai tahun 2024. Namun, Palapa D dijadwalkan berakhir lebih awal pada tahun 2020. Setelah mengorbit selama 11 tahun, Palapa D akan berakhir pada bulan Juli dan digantikan oleh Palapa N1 (Nusantara 2). Namun sayangnya, Palapa N1 mengalami kegagalan saat diluncurkan pada 9 April 2020 dan hancur saat mengudara, yang mengakibatkan satelit gagal mengorbit. Kegagalan penggantian Palapa D inilah yang menyebabkan saluran yang ada di Palapa D harus bermigrasi atau pindah ke satelit lain, yaitu Telkom 4 atau Merah Putih.

Baca Juga :   Indovision VS K Vision Pilih Mana? Berikut Perbandinganya

Frekuensi LNB Telkom 4 K Vision

K Vision, penyedia saluran televisi berbayar, akhirnya bermigrasi atau pindah ke satelit Telkom 4. Frekuensi LNB K Vision atau transponder di Telkom 4 sudah aktif, jadi bagi pengguna atau pelanggan receiver K Vision, Optus OP66, Gardiner Ottimo, dan LGsat Stars HD 101 sudah bisa mengarahkan parabola ke satelit Telkom 4.

Pada satu frekuensi LNB di satelit Telkom 4, terdapat kurang lebih 38 saluran. Namun, di satelit Telkom 4 ini ada tiga saluran premium terbaru yang belum tersedia seperti pada frekuensi Ku Band Measat 3A, yaitu saluran HBO, HBO Hits, dan Cinemax. Berikut adalah frekuensi LNB K Vision pada satelit Telkom 4:

1. Frekuensi LNB K Vision di Telkom 4 (Transponder 1)

ProviderK Vision
Frekuensi LNB Ku Band9750 – 10600
Frekuensi LNB C Band5150
Frekuensi3860
PolaritasVertikal
Simbol Rate31000
SistemDVBS 2, MPEG 4, SD

2. Frekuensi LNB K Vision di Telkom 4 (Transponder 2)

ProviderK Vision
Frekuensi LNB Ku Band9750 – 10600
Frekuensi LNB C Band5150
Frekuensi4060
PolaritasVertikal
Simbol Rate31000
SistemDVBS 2, MPEG 4, SD

Sekarang beberapa saluran telah beralih ke satelit Telkom 4, tetapi masih ada beberapa saluran yang tetap menggunakan Palapa D. Mengapa pindah ke Telkom 4? Selain karena berada dalam satu negeri, pengguna TV satelit biasanya telah memasang 2 LNB atau lebih dengan mengunci posisi Palapa D di 113 derajat Bujur Timur dan Telkom 4 di 108 derajat Bujur Timur.

Perlu diketahui bahwa satelit Telkom 4 juga merupakan satelit baru, sehingga mencari saluran televisi lokal nasional akan menjadi lebih mudah. Untuk mencari saluran dari K Vision dan saluran lainnya yang ada di Telkom 4, khususnya bagi pengguna parabola besar (jaring), berikut adalah trik atau cara dalam menyetel parabola kalian.

Jika siaran parabola hilang sinyal pada bulan Agustus 2020, kemungkinan parabola belum beralih ke Telkom 4, jadi harus dilakukan pengaturan ulang pada receiver terlebih dahulu. Namun, jika siaran masih tidak muncul, artinya parabola belum mengarah ke satelit Telkom 4, sehingga perlu dilakukan Repointing Parabola terlebih dahulu sebelum melakukan pemindaian transponder terbaru K Vision di Telkom 4.

Baca Juga :   Cara Pasang TV Tuner Gadmei Paling Mudah Dijamin Berhasil

Berapa frekuensi lnb telkom 4 ?

Satelit Telkom 4 hanya menggunakan unit transponder dengan frekuensi C band. Oleh karena itu, frekuensi LNB Telkom 4 berbeda dengan satelit yang menggunakan frekuensi Ku band.

Frekuensi LNB satelit Telkom 4 adalah 5150 dan digunakan untuk spektrum frekuensi C band yang dikenal memiliki kestabilan yang cukup baik bahkan di saat cuaca buruk.

Selain untuk frekuensi C band, frekuensi LNB 5150 juga digunakan untuk mengatur spektrum sinyal satelit S band. Jenis sinyal satelit S band ini digunakan oleh penyedia layanan TV berlangganan MNC Vision, yang sebelumnya dimiliki oleh Indovision.

Cara Setting Frekuensi LNB Telkom 4

Faktanya, LNB parabola hanya dapat terhubung dengan sistem penerima sinyal pada receiver jika konfigurasinya benar. Namun, kesalahan dalam konfigurasi LNB Telkom 4 dapat menyebabkan proses tracking gagal total.

Hal ini disebabkan karena receiver tidak akan mampu melacak keberadaan sinyal, meskipun koordinat satelit sudah tepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasukkan parameter frekuensi LNB yang benar sebelum melakukan pointing.

Berikut adalah cara mengatur frekuensi LNB Telkom 4:

1. Catat Nomor LNB

Telkom 4 memiliki sekitar 60 transponder aktif dengan frekuensi yang berbeda, yang masing-masing berisi berbagai saluran menarik. Namun, untuk proses tracking, kalian hanya perlu memilih satu kode nomor sinyal terkuat.

Sebagai contoh, frekuensi terkuat dari satelit Telkom 4 adalah:

  • Provider: Telkomsat
  • Transponder: 3720 H 32727

Pastikan untuk mencatat nomor frekuensi LNB Telkom 4, yaitu 5150 MHz, serta transponder terkuat untuk proses pointing. Dengan cara ini, kalian dapat menikmati sinyal yang kuat dan jernih dari satelit Telkom 4.

2. Input Frekuensi LNB

Setting frekuensi LNB terletak pada receiver parabola yang mungkin memiliki tampilan berbeda. Oleh karena itu, pastikan kalian memahami arti simbol remote kontrol dan fungsi menu sistem.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengkonfigurasi sistem pada receiver parabola:

  1. Hidupkan TV LED dan receiver parabola menggunakan tombol power.
  2. Tekan tombol menu pada remote kontrol asli receiver untuk mengakses beberapa menu utama untuk konfigurasi sistem.
  3. Sorot opsi instalasi lalu pilih menu pengaturan antena.
  4. Tampilan untuk menambah satelit Telkom 4 akan muncul.
  5. Masukkan data koordinat satelit Telkom 4 dan tekan OK.
  6. Pilih opsi frekuensi LNB untuk mengubah parameter dan masukkan nomor frekuensi LNB – C-Band, yaitu 5150 MHz.
  7. Konfigurasi lainnya dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi.
  8. Sebagai contoh, masukkan transponder Telkom 4 terkuat.
  9. Simpan pengaturan untuk melihat intensitas sinyal.
  10. Putar dish parabola perlahan sampai menemukan sinyal.
  11. Jika sinyal muncul, tekan tombol scan untuk memindai.
  12. Seluruh channel yang tersedia akan tersimpan secara otomatis.
Baca Juga :   Cara Setting Receiver Ninmedia Terbaru dan Mudah

Berapa garis bujur telkom 4 ?

Letak koordinat bujur satelit Telkom 4 berada pada garis khatulistiwa di posisi 108,0° BT. Area koordinat ini berada di sekitar sebelah barat pulau Kalimantan.

Posisi satelit Telkom 4 saat ini sebenarnya merupakan bekas letak satelit Telkom 1 yang sudah tidak beroperasi lagi.

Frekuensi terkuat telkom 4

Satelit Telkom 4 dilengkapi dengan tidak kurang dari 60 unit transponder yang memiliki frekuensi yang berbeda. Setiap transponder terdiri dari satu atau lebih saluran televisi yang menggunakan sistem MPEG 4 maupun MPEG 2.

Di antara semua kode frekuensi transponder pada satelit Telkom 4, terdapat satu transponder dengan kualitas sinyal yang baik dan dianggap sebagai transponder terkuat. Frekuensi transponder terkuat Telkom 4 adalah 3720 H 32727, yang merupakan kepemilikan dari provider Telkomsat.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas mengenai frekuensi LNB Telkom 4 yang digunakan oleh layanan televisi berlangganan K Vision. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi terkait frekuensi LNB tersebut.

Penting untuk diingat bahwa frekuensi LNB dapat berbeda-beda tergantung pada wilayah masing-masing, oleh karena itu pastikan untuk mengecek frekuensi yang tepat untuk wilayah kalian sebelum melakukan pemasangan atau penyesuaian.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *