Cara Pasang Parabola K Vision

Cara Pasang Parabola K Vision Mudah dan Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Pasang Parabola K Vision Mudah dan Praktis. Banyak orang memilih menggunakan siaran TV satelit yang tidak memerlukan biaya bulanan karena masih banyak wilayah di Indonesia yang belum tercover oleh sinyal UHF digital.

Keuntungan menggunakan siaran TV satelit adalah jumlah saluran yang lebih banyak dan beragam. Selain itu, sinyal kuat dari siaran TV satelit dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu layanan siaran TV satelit berlangganan yang dapat digunakan sebagai solusi menonton TV digital dengan cara yang mudah adalah K Vision. K Vision menawarkan channel nasional lengkap yang dapat ditonton secara gratis dan mendukung pengisian voucher.

Kami telah menyediakan panduan tentang cara memasang parabola K Vision sendiri tanpa bantuan teknisi. Dengan menggunakan siaran TV satelit, kalian yang memiliki dana terbatas dapat menonton TV sebagai pengganti layanan UHF.

Apa Itu K Vision ?

Bagi yang belum mengenal K-Vision, kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai K-Vision sebelum membahas cara memasang parabola. K-Vision adalah penyedia layanan TV satelit berlangganan dengan sistem penjualan tanpa biaya bulanan.

K-Vision menawarkan channel nasional lengkap yang dapat ditonton secara gratis dan mendukung pengisian voucher. Bagi yang ingin menikmati channel pilihan, dapat melakukan aktivasi K-Vision melalui beberapa cara yang telah disampaikan sebelumnya.

Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Pemasangan

Namun sebelum membahas mengenai cara pemasangan, perlu diperhatikan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pemasangan. Beberapa alat dan komponen yang diperlukan untuk memasang parabola antara lain:

1. Alat-Alat

  • Parabola mini.
  • Receiver, dekoder atau set-top box K Vision.
  • LNB Ku Band.
  • Televisi.
  • Kabel antena (sesuai kebutuhan).
  • Remot TV & receiver Nex Parabola.
  • Smartphone/HP pintar.
  • Tang.
  • Kunci pas.
  • Tangga.
Baca Juga :   Cara Paralel TV Kabel Cukup Gunakan Splitter & LNB Dual Out

2. Pengetahuan Dasar

Selain peralatan, penting bagi kalian untuk memiliki pengetahuan dasar dalam setting atau pemasangan parabola. Pengetahuan dasar tersebut sebenarnya mudah dipelajari oleh para pemula, karena hanya memerlukan sedikit pemahaman tentang teknologi dan pemasangan.

Namun, untuk lebih memperjelas pengetahuan tersebut, kalian dapat mempelajari implementasi dunia satelit dan antena parabola mini. Saat membeli parabola mini dan receiver, biasanya sudah dilengkapi dengan buku panduan atau petunjuk pengoperasiannya.

Cara Pasang Parabola K Vision

Setelah mengetahui apa itu K-Vision sebelumnya, langkah selanjutnya adalah mempelajari panduan tentang cara memasang parabola K-Vision sendiri tanpa bantuan teknisi. Dengan demikian, calon pelanggan yang memiliki dana terbatas dapat menonton siaran TV satelit tanpa membayar biaya bulanan.

Cara memasang parabola K-Vision sebenarnya cukup mudah dan dapat menghemat biaya jasa teknisi pemasangan. Bagaimana caranya? Untuk informasi yang lebih jelas dan mudah dipahami, berikut kami sajikan informasi mengenai cara pemasangan parabola K-Vision.

1. Pasang Parabola Mini

Langkah awal dalam memasang parabola K-Vision adalah memastikan kalian telah memilih parabola mini agar mudah dipasang. Setelah itu, mulailah memasang parabola mini pada lokasi yang tidak terhalang oleh tembok atau pohon.

Selain itu, pastikan tiang antena berdiri tegak lurus agar mempermudah proses pencarian sinyal K-Vision. Pastikan juga tiang penyangga antena kokoh dan tidak goyang, karena hal ini dapat memengaruhi kualitas sinyal.

Setelah itu, hubungkan kabel dan pasang LNB Ku Band secara benar sebagai tahap awal dalam memasang K-Vision. Pastikan kabel tertata rapi dan melewati jalur yang aman.

2. Setting Decoder K Vision

Langkah selanjutnya adalah mengatur decoder, receiver, atau set top box K-Vision. Jika kalian memilih jalur Ku Band, kalian perlu memasukkan parameter satelit dan frekuensi dari Measat 3a. Pertama-tama, hidupkan televisi dan decoder K-Vision, lalu masuk ke pengaturan saluran satelit untuk menambahkan transponder. Berikut adalah parameter frekuensi K-Vision di Measat 3a:

3. Cari / Scan Sinyal K Vision

Langkah berikutnya adalah mencari sinyal K-Vision. Disarankan untuk melakukannya dengan dua orang, di mana satu orang memutar antena dan satu lagi melihat layar televisi. Langkah ini dapat dilakukan dengan berkomunikasi melalui video call menggunakan aplikasi pesan seperti WhatsApp atau Telegram.

Baca Juga :   Antena Parabola Mini Terbaik Bebas Iuran Bulanan Lengkap

Cara paling mudah untuk mencari sinyal K-Vision adalah sebagai berikut:

  • Pasang aplikasi SatFinder yang telah diunduh dari Google Play Store (Android).
  • Buka aplikasi SatFinder dan masukkan satelit Measat 3a.
  • kalian akan melihat arah satelit dan posisi parabola K-Vision yang terpasang.
  • Putar antena parabola mengikuti arah yang ditunjukkan oleh SatFinder.
  • Setelah menemukan sinyal, kencangkan baut untuk mengunci arah parabola.
  • Pastikan kualitas sinyal minimal mencapai 65% untuk kenyamanan menonton siaran.
  • Jalankan prosedur scan otomatis untuk memindai saluran dan menyimpan channel di decoder.

4. Aktivasi STB K Vision

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, untuk dapat menonton siaran channel K-Vision pilihan atau premium, kalian perlu melakukan registrasi dan aktivasi terlebih dahulu untuk membuka siaran gratis.

Cara aktivasi STB K-Vision cukup mudah, yaitu dengan mengirimkan data melalui WhatsApp Bot resmi dari provider dan beberapa cara lainnya. Jika aktivasi berhasil, kalian akan menerima nomor ID pelanggan yang dapat digunakan untuk top up voucher atau membeli paket.

Dengan berhasilnya membeli paket, artinya kalian telah berhasil memasang dan mengatur receiver parabola K-Vision sendiri tanpa bantuan teknisi. Mudah bukan cara memasang parabola K-Vision sendiri?

Estimasi Biaya Pasang Parabola K Vision

K-Vision menyiarkan pada dua jalur frekuensi, yaitu C Band dan Ku Band. Oleh karena itu, hal pertama yang dipertimbangkan oleh calon pelanggan adalah harga pemasangan perangkat. Berapa biaya yang dibutuhkan jika memasang parabola K-Vision oleh teknisi?

Untuk jalur C Band, diperlukan penggunaan piringan antena parabola dengan diameter yang besar, sehingga biayanya relatif mahal. Sementara itu, untuk pita frekuensi Ku Band, sudah menggunakan teknologi terbaru yang hanya membutuhkan parabola berdiameter mini.

Harga satu set antena parabola mini terbilang terjangkau, bahkan lebih murah dibandingkan dengan pembelian perangkat UHF. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa jalur televisi satelit masih banyak diminati oleh banyak orang. Berikut adalah estimasi biaya pasang parabola K-Vision:

Baca Juga :   Cara Setting Receiver Ninmedia Terbaru dan Mudah

  • Satu set parabola mini berdiameter 45 cm lengkap sekitar Rp 125.000.
  • Decoder K-Vision Ku Band sekitar Rp 295.000.

Dengan biaya sekitar Rp 400.000, kalian sudah bisa menikmati siaran TV satelit K-Vision dan mendapatkan channel nasional secara lengkap. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya bulanan untuk menonton sejumlah saluran, alias gratis.

Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika ingin menikmati layanan channel premium, pelanggan perlu melakukan pengisian voucher dan membeli paket untuk membukanya. Masa aktif paket K-Vision adalah 30 hari.

Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli dan Memasang Parabola Mini

Ketika memilih dish parabola mini, perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Semakin besar diameter dish, semakin baik daya tangkapnya terhadap sinyal.
  2. Pilih dish parabola yang terbuat dari material kokoh dan tebal.
  3. Pastikan mudah dalam merakitnya.
  4. Dish terbuat dari material tahan karat atau korosi.
  5. Memiliki titik fokus yang baik.

Ketika memilih receiver, perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Periksa spesifikasi dan kelengkapan fitur yang ditawarkan.
  2. Pastikan mendukung gambar dengan kualitas HD.
  3. Memiliki body yang kuat dan tahan panas.
  4. Remote memiliki respon yang baik ketika digunakan.
  5. Didukung dengan kemampuan update perangkat lunak secara berkelanjutan.
  6. Memiliki dukungan garansi, servis, atau purna jual.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam cara pasang parabola K Vision.

Jika kalian mengikuti panduan di atas dengan benar, maka kalian akan dapat menikmati tayangan televisi dengan kualitas yang lebih baik melalui layanan K Vision. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *