Mencari Sinyal K Vision

Cara Mencari Sinyal K Vision Yang Mudah dan Simpel

Posted on

Finoo.id – Cara Mencari Sinyal K Vision Yang Mudah dan Simpel. kalian bisa melakukan pemasangan antena parabola mini untuk menangkap siaran TV satelit sendiri. Selain dapat menghemat biaya, kalian tidak perlu membayar biaya teknisi yang cukup mahal.

K Vision adalah salah satu penyedia layanan TV satelit yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Karena menawarkan saluran nasional lengkap yang dapat ditonton secara gratis tanpa biaya bulanan.

Membeli K Vision cukup terjangkau jika kalian memilih tipe parabola mini dan memasangnya sendiri. Banyak orang lebih menyukai siaran televisi satelit, terutama bagi mereka yang tidak dapat menangkap sinyal UHF.

Kami telah merangkum panduan tentang cara menangkap sinyal K Vision sendiri dengan metode yang paling mudah. Ini akan membantu kalian tidak bergantung pada jasa teknisi dan dapat mengatasi masalah sinyal yang hilang dengan cepat.

Sekilas Tentang K VIsion

K-Vision (PT Digital Vision Nusantara) merupakan perusahaan TV Satelit berbayar di Indonesia yang menjadi bagian dari MNC Vision Networks Group, dengan pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, terutama daerah rural dan second cities.

Per Februari 2021, jumlah pelanggan K-Vision mencapai 5,4 juta dengan penambahan sekitar 300 ribu pelanggan per bulan. K-Vision hadir di satelit C-Band (Telkom) dan KU-Band (Measat) dengan berbagai jenis pelanggan, termasuk pelanggan Reguler Satelit/Parabola, pelanggan Corporate, dan pelanggan TV Kabel.

Dengan menggunakan layanan K-Vision, seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke, bahkan di pelosok negeri, dapat menikmati channel-channel nasional terlengkap, termasuk tayangan dari MNC Group, tayangan premium olahraga, anak-anak, film box office, dan tayangan seru lainnya.

Baca Juga :   Cara Setting Nex Parabola Paling Simpel dan Praktis

Cara Mencari Sinyal K Vision

Baik parabola besar maupun parabola mini, cara mencari sinyalnya pada dasarnya sama. Yang penting adalah Kamu harus mengetahui parameter yang direkomendasikan oleh decoder dan mengarahkan parabola ke arah satelit yang tepat.

Untuk memudahkan Kamu dalam melakukan hal tersebut, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Kamu ikuti ketika tidak ada sinyal pada K Vision.

Persiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Pastikan parabola terpasang dengan benar dan kabel terhubung ke decoder yang direkomendasikan. Persiapkan beberapa alat teknis untuk mempercepat proses pencarian sinyal.

Beberapa peralatan umum yang harus Kamu siapkan, seperti kunci pas, tangga, dan dua buah smartphone android.

Memilih Satelit

Untuk menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, K Vision menyiarkan programnya melalui dua pita frekuensi satelit yang berbeda, yaitu Telkom 4 dan Measat 3a.

Pemilihan satelit tergantung dari jenis antena parabola yang digunakan, baik itu parabola berukuran besar maupun kecil.

Jika Kamu menggunakan satelit Telkom 4, disarankan untuk menggunakan frekuensi C Band dan memakai peralatan parabola berdiameter besar.

Namun jika Kamu menggunakan satelit Measat 3a, disarankan untuk menggunakan frekuensi Ku Band dan bisa memakai parabola mini atau besar.

Setting Decoder K Vision

K Vision STB asli adalah jenis hybrid dan mendukung semua frekuensi, termasuk C-band dan Ku-band. Penerapan pengaturan parameter ini akan berbeda-beda tergantung pada pilihan satelit yang ingin Kamu gunakan.

Berikut adalah cara mudah untuk mengatur decoder K Vision:

  1. Nyalakan TV dan Decoder K Vision
  2. Tentukan nama satelit dan input parameter yang sesuai

Putar Antena Parabola

Mintalah bantuan anggota keluarga untuk memudahkan proses pencarian sinyal K Vision. Dua orang yang bekerja sama dapat mempercepat proses pointing satelit K Vision.

Gunakan aplikasi SatFinder untuk melihat lokasi satelit dan arah parabola yang tepat. Setelah menentukan arah, bagi tugas untuk memutar antena dan memantau kondisi sinyal.

Putar parabola secara perlahan-lahan sampai Kamu mendapat sinyal terkuat, dan usahakan sinyal minimal mencapai 65%. Kemudian kencangkan baut parabola.

Baca Juga :   Cara Beli Voucher Nex Parabola Dengan Mudah & Praktis

Banyak pengguna K Vision mengalami masalah tidak ada gambar dan muncul tulisan “No Signal”. Hal ini dapat mengganggu seluruh keluarga saat menonton acara favorit mereka.

Tidak Ada Sinyal Pada Parabola K Vision Yang Dipakai Sehari-hari

Kadang-kadang parabola dapat berfungsi dengan baik, tetapi tiba-tiba saja tidak ada sinyal, baik pada parabola besar maupun mini.

Penyebab dari masalah tersebut biasanya disebabkan oleh tiga faktor berikut:

  1. Terjadi gangguan dari sistem K Vision
  2. Parabola tidak terkunci ke satelit dengan benar
  3. Kabel yang menghubungkan receiver ke LNB terputus

Cara Mengatasi Sinyal K Vision Hilang

Pelanggan K Vision sering mengalami masalah dengan channel gelap dan notifikasi “no signal”. Hal ini sangat mengganggu karena dapat mengakibatkan seluruh anggota keluarga tidak dapat menonton acara favorit.

Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah hilangnya sinyal K Vision:

1. Scan Ulang

Jangan panik jika tiba-tiba channel K Vision menjadi gelap dan hilang. Cukup tekan tombol info pada remote control untuk mengecek apakah kualitas sinyal masih ada dan transmisi data dari satelit berjalan normal.

Mungkin saja provider sedang memperbarui daftar saluran atau masa aktif paket berbayar sudah habis. Jalankan prosedur scan ulang untuk mengatasi masalah tersebut dan berlangganan kembali jika ingin membuka channel premium.

2. Update Frekuensi

Meskipun jarang terjadi, provider K Vision dapat melakukan pembaruan transponder baru untuk meningkatkan kualitas layanan. Dalam hal ini, Kamu harus mengatur ulang decoder dengan memasukkan parameter frekuensi terbaru.

Pergerakan sinyal akan segera terlihat jika Kamu berhasil memasukkan frekuensi K Vision terbaru dengan benar. Kemudian, jalankan prosedur scan ulang untuk memperbarui daftar channel dan menyimpannya secara otomatis.

3. Cek Kabel

Masalah pada sistem pengkabelan dan konektor juga dapat mengakibatkan hilangnya sinyal K Vision secara total. Pastikan terlebih dahulu layanan provider berjalan normal dan tidak ada perubahan frekuensi, kemudian periksa bagian kabel.

Baca Juga :   Kode Remote Joker Untuk Receiver Parabola dan Cara Settingnya

Pastikan konektor terhubung dengan erat ke decoder dan perhatikan kondisi kabel agar tidak ada yang terkelupas. Setelah memastikan pengkabelan normal, seharusnya sinyal K Vision akan muncul kembali dan channel akan terbuka.

4. Ganti LNB

Terkadang, layanan K Vision berjalan normal dan tidak ada perubahan pada frekuensi, namun sinyal tetap hilang. Bagian pengkabelan juga terlihat baik-baik saja dan posisi antena parabola masih sama seperti sebelumnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tekan tombol info pada remote control dan periksa intensitas sinyal. Jika angka menunjukkan nol, maka kemungkinan LNB mengalami kerusakan. Cara memperbaiki masalah ini sangat mudah, cukup mengganti part yang rusak tersebut untuk membuat layanan K Vision kembali normal.

Baca Juga :

Penutup

Dalam mencari sinyal K Vision, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat menemukan sinyal dengan mudah. Pertama, pastikan antena K Vision kalian terpasang dengan baik dan di tempat yang tepat. Kedua, pastikan juga bahwa posisi parabola menghadap ke arah satelit yang tepat. Jika masih sulit menemukan sinyal, cobalah untuk melakukan pencarian sinyal secara manual menggunakan menu pencarian di receiver K Vision kalian.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan pengecekan kondisi receiver K Vision kalian. Pastikan receiver kalian dalam kondisi baik dan terhubung dengan antena K Vision dengan benar. Terakhir, pastikan juga sinyal satelit yang kalian gunakan tidak terhalang oleh bangunan atau pepohonan di sekitar lokasi kalian.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan kalian dapat dengan mudah menemukan sinyal K Vision dan menikmati tayangan favorit kalian tanpa gangguan. Semoga artikel finoo.id ini dapat membantu kalian dalam mencari sinyal K Vision yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *