Kerusakan TV LED Changhong

Penyebab Kerusakan TV LED Changhong Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Penyebab Kerusakan TV LED Changhong Paling Lengkap. Dalam melakukan perbaikan pada perangkat televisi, penting untuk dilakukan dengan hati-hati dan teliti karena televisi merupakan perangkat elektronik yang memiliki tegangan listrik yang tinggi. Kesalahan dalam perbaikan dapat berakibat fatal.

Selain itu, kerusakan pada televisi tidak selalu disebabkan oleh komponen yang rusak. Salah satu penyebab kerusakan adalah solderan yang kurang baik atau rusak sehingga kaki komponen tidak terhubung dengan sempurna ke PCB. Gejala kerusakan juga beragam, seperti televisi mati total, mati standby, protek, dan lain sebagainya.

Untuk memperbaiki kerusakan, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar proses perbaikan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Jika sebelumnya telah dibahas tentang kerusakan pada televisi LED Toshiba, maka kali ini kita akan membahas kerusakan pada televisi LED Changhong. Jadi, bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya di bawah ini.

TV LED Changhong

TV LED Changhong adalah salah satu produk televisi yang patut diperhitungkan. TV ini diproduksi oleh Changhong, perusahaan televisi terbesar kedua di Tiongkok yang sudah berdiri sejak tahun 1958.

Selain dikenal dengan produk televisinya yang berkualitas, TV Changhong juga terkenal dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga menjadi pilihan banyak orang sebagai pelengkap hiburan di rumah.

TV LED Changhong dirilis pada pertengahan tahun 2019, dan merupakan smart TV dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Selain itu, TV LED Changhong menggunakan komponen yang efisien sesuai dengan program Go Green, yang merupakan program ramah lingkungan yang diusung oleh produsennya.

Dengan demikian, selain memberikan kualitas gambar dan suara yang lebih baik daripada televisi merek lainnya, TV LED Changhong juga ramah lingkungan. Oleh karena itu, TV LED Changhong sangat direkomendasikan bagi mereka yang mengutamakan kualitas dan harga yang terjangkau, serta peduli dengan lingkungan.

Kerusakan TV LED Changhong

Dalam melakukan perbaikan pada perangkat televisi, perlu dilakukan dengan hati-hati dan ketelitian yang tinggi. Hal ini disebabkan karena televisi merupakan perangkat elektronik yang memiliki tegangan listrik yang tinggi. Beberapa kerusakan yang sering terjadi antara lain:

Baca Juga :   Frekuensi RTV Paling Terbaru dan Paling Lengkap

Kesalahan dalam melakukan perbaikan dapat berakibat fatal. Selain itu, kerusakan pada televisi tidak selalu disebabkan oleh komponen yang rusak. Salah satu penyebab kerusakan pada televisi adalah solderan yang kurang baik atau rusak sehingga kaki-kaki komponen tidak terhubung dengan sempurna ke PCB.

Gejala dan penyebab kerusakan pada televisi bervariasi, seperti TV Changhong yang mati total, mati standby, protek, dan lain sebagainya. Untuk melakukan perbaikan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab kerusakan pada televisi tersebut.

Dengan mengetahui penyebabnya, maka proses perbaikan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien, sehingga dapat mempercepat proses perbaikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan langkah-langkah perbaikan dengan hati-hati dan ketelitian yang tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada TV LED Changhong:

1. TV Changhong Backlight Inverter Protek

Kerusakan seperti ini serupa dengan kerusakan pada Tcon atau panel LCD, sehingga perlu analisis yang lebih teliti. Apabila televisi mengalami kerusakan seperti ini, layar akan gelap saat pertama kali dinyalakan, namun ada cahaya yang berkedip sesaat pada layar dan setelah itu layar menjadi gelap seperti televisi dalam kondisi off tetapi masih ada suara.

Saat dilakukan pengukuran pada setiap bagian power supply, kondisinya normal, tetapi di bagian rangkaian backlight inverter terdapat kejanggalan yaitu saat dihidupkan, pada bagian primer dan sekunder travo backlight inverter hanya terdapat tegangan sesaat lalu menjadi 0 volt, sedangkan arus tegangan backlight normal.

Meskipun semua kapasitor elko pada bagian tersebut sudah diganti, hasilnya masih sama (masih protek). Untuk mengatasi protek pada backlight inverter, harus mematikan sistem protek tersebut. Pada TV Changhong, sistem proteknya menggunakan IC TL494C, dan pin protek terdapat pada pin 1 dan pin 16. Dengan mematikan pin protek ini ke ground, maka backlight inverter akan normal kembali dan televisi bisa menyala normal.

2. TV Changhong Mesin Mendesis / Bunyi Ciii..t

Pada perangkat televisi, regulator berfungsi sebagai sumber tegangan untuk rangkaian mesin televisi dari yang terkecil hingga yang paling besar. Namun, jika terjadi masalah pada regulator, seperti terdengar bunyi mendesis atau bunyi ciii..t, biasanya hal tersebut disebabkan oleh komponen yang rusak atau komponen yang mengalami short sehingga menyebabkan arus pendek.

Biasanya, arus pendek yang menyebabkan bunyi tersebut akan disertai dengan hilangnya sebagian atau bahkan semua tegangan supply, dari yang kecil hingga besar. Jika dibiarkan, hal ini akan mempengaruhi kinerja regulator dan bahkan bisa menyebabkan regulator terbakar, terutama pada televisi yang tidak memiliki sistem protek seperti TV China.

Baca Juga :   Pin Protek TV Sanyo IC La76818a Yang Paling Tepat

Untuk mengatasi masalah tersebut, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Putuskan jalur tegangan B + Flyback

Setelah memutus jalur tegangan B+, langkah selanjutnya adalah menyalakan televisi dan mendengarkan apakah masih terdengar suara. Jika suara sudah hilang dan semua tegangan kembali normal, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada masalah pada flyback.

  • Solder Ulang Pin B+ Flyback

Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa flyback tidak mengalami masalah. Setelah melakukan solder ulang pada jalur tegangan B+, langkah berikutnya adalah memutus satu per satu jalur tegangan pada semua kaki-kaki flyback, khususnya pada kolektor dari yang terkecil hingga yang terbesar. Setelah itu, nyalakan televisi dan dengarkan apakah masih terdengar bunyi. Jika tidak terdengar bunyi, maka masalah ada pada kolektor.

Biasanya, salah satu dioda besar yang terletak di sekitar kapasitor mengalami short sehingga menyebabkan arus pendek dan bunyi mendesis. Untuk mengatasinya, lakukan penggantian pada dioda yang rusak.

3. TV Changhong Mati Total

Selanjutnya, kerusakan yang sering terjadi pada TV Changhong adalah mati total. Penyebabnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

  • Faktor alam atau cuaca
  • Faktor kesalahan manusia
  • Faktor usia pemakaian

Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan kerusakan atau kelemahan pada komponen yang terdapat di dalam blok mesin, yang pada akhirnya menyebabkan televisi mati total. Blok-blok tersebut meliputi:

  • Blok power supply
  • Blok mainboard
  • Bagian firmware

4. TV Changhong Mati Standby

Untuk kerusakan TV yang mati standby, ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi, di antaranya adalah:

  • IC dan rangkaian kontrol kotor atau lembab
  • Power supply lemah atau tidak bekerja maksimal
  • Tuts yang short atau kotor
  • Rangkaian OSC dan driver horizontal rusak
  • Proteksi

Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki masalah TV yang mati standby:

  1. Membersihkan rangkaian kontrol dan sekitar IC kontrol menggunakan kuas dan cairan pembersih. Kemudian, mencoba menyalakan televisi.
  2. Melakukan penyolderan ulang pada kaki-kaki IC kontrol dan IC prosesor serta rangkaian lainnya. Setelah itu, mencoba menyalakan televisi.
  3. Memeriksa Tuts dengan cara mencabutnya, membersihkannya, dan kemudian memasangnya kembali. Setelah itu, mencoba menyalakan televisi.
  4. Memeriksa rangkaian power supply, khususnya tegangan B+ yang harus berada pada rentang antara 100-115 volt untuk televisi dengan ukuran 14-21 inci dan 135-145 volt untuk televisi dengan ukuran 28-29 inci. Selain itu, periksa juga tegangan 5 volt atau 3 volt untuk tegangan IC kontrol dan memori, karena biasanya elco yang sudah lemah bisa menjadi penyebab masalah ini.
Baca Juga :   Cara Setting WiFi Di Smart TV Sharp Yang Paling Tepat

Tips Membeli TV Changhong Agar Tidak Menyesal

Beberapa pengguna telah merasakan beberapa kelemahan pada TV Changhong, seperti audio yang kurang jelas. Hal ini telah dilaporkan oleh beberapa pelanggan di kota Bandung. Selain itu, juga ada masalah dengan kecerahan dan masalah dasar lainnya.

Namun, ketika pelanggan mengajukan keluhan dan agen tidak merespon dengan baik, bahkan terkesan hanya berputar-putar dan mengatakan ada kerusakan kabel dan lain-lain, padahal TV tersebut masih baru.

Sebagai pelanggan yang cerdas, kalian dapat mencoba beberapa tips berikut sebelum membeli TV:

  1. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai merek dan model TV yang ingin dibeli. Cari informasi tentang review dan pengalaman pengguna lainnya.
  2. Periksa spesifikasi TV secara detail, termasuk kecerahan, kontras, resolusi, dan fitur-fitur lainnya. Pastikan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian.
  3. Cek garansi dan layanan purna jual dari agen atau toko tempat membeli TV. Pastikan kalian memilih agen atau toko yang dapat memberikan layanan purna jual yang baik.
  4. Jika terjadi masalah pada TV yang baru dibeli, jangan ragu untuk menghubungi agen atau toko dan menyampaikan keluhan dengan jelas dan tegas. Jika perlu, gunakan hak konsumen kalian untuk mendapatkan solusi yang adil dan memuaskan.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, kerusakan TV LED Changhong bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti masalah hardware atau software.

Namun, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan seperti menjaga kebersihan TV, memeriksa kabel dan sambungan, serta menghindari mengganti suku cadang sendiri tanpa pengetahuan yang cukup.

Jika TV LED Changhong mengalami kerusakan, sebaiknya segera meminta bantuan teknisi yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam memperbaiki TV. Dengan demikian, kalian dapat memperpanjang umur TV LED Changhong dan menikmati pengalaman menonton yang lebih baik.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab Kerusakan TV LED Changhong Lengkap dengan Solusinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *