TV LED Polytron Standby Susah Start

Penyebab TV LED Polytron Standby Susah Start & Solusinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab TV LED Polytron Standby Susah Start & Solusinya. Di kesempatan ini, finoo.id akan membahas beberapa kerusakan yang sering terjadi pada posisi standby TV LED Polytron. Posisi standby di sini memiliki arti yang beragam, seperti saat TV dimatikan menggunakan remote kontrol dengan posisi standby off, sehingga TV tidak dapat dinyalakan karena kontrol daya standby.

Namun, ketika TV dinyalakan menggunakan remote kontrol atau tombol pada panel TV, maka TV tersebut akan menyala kembali. Hal ini dikenal sebagai TV standby normal atau dalam keadaan mati karena tidak dinyalakan (standby off).

Kerusakan pada perangkat TV seringkali disebabkan oleh kontak langsung dengan tegangan PLN yang tidak stabil atau short tegangan pada beberapa komponen utama atau bagian dari main board TV LED tersebut.

Untuk lebih memahami tentang permasalahan atau kerusakan TV LED Polytron dalam posisi mati standby atau sulit dinyalakan, simak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi TV LED Polytron Mati Standby

Susahnya TV LED Polytron untuk menyala dari posisi standby bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada TV tersebut, di antaranya adalah:

1. Bord Rusak

Salah satu penyebab masalah susahnya TV LED Polytron untuk menyala dari posisi standby adalah rusaknya board pada TV tersebut. Hal ini dapat diketahui dengan melakukan pengujian menggunakan remote kontrol dan tombol panel pada televisi. Jika hasilnya menunjukkan bahwa kedua kontrol tersebut tidak berfungsi sama sekali, dan lampu indikator LED standby TV hanya menyala merah tetapi tidak berkedip seperti biasanya (yang merupakan ciri khas TV Polytron), maka bisa dipastikan bahwa board pada TV tersebut mengalami kerusakan.

Kedipan lampu standby TV Polytron menjadi salah satu ciri khasnya, yang bisa membantu dalam menebak dan menganalisa lokasi kerusakan pada TV tersebut. Cara mengatasi kerusakan ini cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol On beberapa kali, sehingga TV bisa menyala kembali seperti biasanya.

Baca Juga :   Penyebab TV LED Berubah Warna Serta Cara Mengatasinya

2. Eeprom Rusak

Selain itu, masalah susahnya TV LED Polytron untuk menyala dari posisi standby juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada data di EEPROM (data korup). Hal ini mengakibatkan hanya lampu indikator LED yang menyala, sedangkan televisi tidak bisa dinyalakan dari posisi standby.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan penggantian atau flashing ulang firmware sesuai dengan tipe televisi yang digunakan.

3. IC Micom / IC TZUM 59XX Rusak

Kerusakan pada IC Micom juga bisa menjadi penyebab masalah atau kerusakan yang sama pada TV LED Polytron. Komponen ini seringkali mengalami kerusakan akibat penggunaan TV yang tidak wajar, sehingga dapat menyebabkan panas yang berlebihan (overheat) pada komponen dan akhirnya merusak IC Micom tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan penggantian komponen IC Micom yang rusak dengan yang baru.

4. Elco Power Supply Rusak

Kerusakan pada elco power supply juga sering terjadi pada TV LED Polytron, karena kekurangan nilai tegangan yang diperlukan untuk bekerja dengan baik. Ciri-cirinya biasanya terlihat dari fisik elco yang melembung pada ujungnya.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan penggantian pada elco yang mengalami kerusakan, dengan elco yang memiliki tipe dan seri yang sama.

Tes Poin Mainboard Untuk TV LED Polytron Mati Standby

Sebelum melakukan pengetesan, pastikan untuk menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti Avo meter atau Multi tester (baik yang manual maupun digital). Pengukuran ini bertujuan untuk memastikan bahwa tegangan yang masuk ke mainboard TV LED Polytron berjalan normal.

Ketika terjadi masalah seperti TV susah start, gagal start, atau nyala sebentar kemudian mati lagi, masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode yang telah disebutkan di atas. Setelah melakukan proses perbaikan, sebaiknya dilakukan tes poin tegangan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa nilai tegangan yang ada di mainboard TV LED Polytron sesuai dengan yang seharusnya, yaitu:

  1. VCC 12 volt
  2. 5 volt
  3. 3,3 volt
  4. 1,75 volt
  5. 2,75 volt

Pastikan semua tegangan yang disebutkan di atas tersedia dan memenuhi kebutuhan mainboard sebelum memastikan apakah komponen seperti eeprom yang korup, IC MCU, dan lainnya mengalami kerusakan.

Baca Juga :   Cara Melihat Rating TV Paling Mudah dan Tepat

Sebagai tambahan, periksa tegangan pada mainboard yang normal pada TV LED Polytron tipe PLD24T800 skema serta tegangan PSU normal 5 volt dan 12 volt.

Berikut adalah nilai tegangan normal pada komponen-komponen tersebut:

  1. C44 = sekitar 1,47 volt
  2. Q2 = 12 volt
  3. U1 = 3,39 volt
  4. U2 = 1,29 volt
  5. U3 = 1,83 volt
  6. TU2 = 3,30 volt

TV Polytron LED Gambar Gelap Suara Normal

Ketika TV LED Polytron susah start dan tampilan gambar menjadi gelap, hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Oleh karena itu, sebelum melakukan perbaikan, penting untuk mengenali beberapa jenis tampilan gelap yang mungkin terjadi.

Salah satu contohnya adalah gambar yang gelap karena lampu belakang tidak menyala atau hanya menyala tapi menunjukkan gambar yang gelap. Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain adalah kerusakan pada software, lampu backlight mati, atau kerusakan pada IC pada modul Tcon.

Mari kita bahas satu per satu kemungkinan kerusakan jika LED TV kalian mengalami gambar gelap. Berikut ini adalah penjelasannya.

a. Gelap Akibat Kerusakan Software

Jika TV LED Polytron menampilkan gambar gelap namun lampu LED tetap menyala, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada software.

Untuk memperbaiki masalah ini, dapat dilakukan dengan melakukan flashing firmware yang sesuai dengan tipe TV kalian. Pastikan untuk menggunakan firmware yang tepat dan sesuai saat melakukan flashing pada TV kalian.

b. Gelap Akibat Backlight

Jika TV kalian menampilkan gambar gelap, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa lampu backlight terlebih dahulu. Kemungkinan ada kerusakan pada bagian ini, karena jika lampu backlight tidak berfungsi, maka layar TV tidak akan menampilkan gambar.

Periksa setiap lampu LED yang terpasang pada panel TV LED. Lampu LED tersebut terpasang secara seri, sehingga jika ada satu lampu yang terputus, satu set backlight akan mati.

Gunakan AVO meter atau multitester untuk mengetahui apakah lampu LED masih berfungsi atau tidak. kalian dapat menggunakan AVO meter manual atau digital untuk melakukan pengujian tersebut. Setelah menemukan LED yang rusak, segera ganti dengan tipe yang sama untuk mengatasinya.

c. Gelap Akibat Kerusakan IC pada Modul Tcon

Salah satu cara untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada TV akibat IC adalah dengan memeriksa modul Tcon. Cek bagian dekat modul Tcon, jika terasa panas berlebihan, maka dapat dipastikan ada gangguan pada komponen tersebut. Segera ganti dengan sparepart yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga :   Kode Remot TV Panasonic dan Cara Settingnya Paling Tepat

Apa keunggulan TV Polytron?

Sebagai merek lokal yang telah lama hadir di Indonesia, Polytron telah menjadi brand yang dipercaya oleh masyarakat. Selain beragam produk yang mencakup semua kebutuhan rumah tangga, kualitas Polytron tidak kalah dengan merek internasional. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengapa merek TV Polytron begitu populer di Indonesia. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki Polytron:

  1. Harga TV Polytron dapat dijangkau oleh semua kalangan. Dengan harga yang terjangkau, kualitasnya tidak kalah dengan merek lain.
  2. Tipe TV Polytron sangat beragam. Mulai dari ukuran hingga fitur dapat dipilih sesuai dengan anggaran dan kebutuhan masing-masing.
  3. TV Polytron mudah ditemukan di berbagai toko elektronik karena jangkauan penjualannya yang luas di seluruh Indonesia.
  4. Layanan purnajual yang ditawarkan oleh Polytron sangat baik. Mereka memiliki service center yang tersebar di seluruh Indonesia dan garansi yang menarik bagi konsumen.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas tentang masalah TV LED Polytron yang sulit untuk dihidupkan saat dalam keadaan standby. Kami telah mempertimbangkan beberapa kemungkinan penyebab masalah ini, termasuk masalah daya listrik, kerusakan pada komponen internal, dan masalah pada sistem firmware.

Jika kalian mengalami masalah yang sama, kami merekomendasikan untuk melakukan beberapa troubleshooting sederhana, seperti memeriksa koneksi listrik dan memastikan tombol power pada remote control berfungsi dengan baik. Jika masalah tetap berlanjut, maka sebaiknya kalian membawa TV kalian ke pusat servis resmi Polytron untuk diperbaiki.

Mengatasi masalah TV LED Polytron yang sulit dihidupkan saat dalam keadaan standby memang bisa menjadi pekerjaan yang membingungkan. Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang masalah ini, serta tindakan yang tepat, kita dapat mengatasi masalah ini dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *