Membersihkan Mesin Cuci Samsung

Cara Membersihkan Mesin Cuci Samsung dengan Mudah & Efektif

Posted on

Finoo.id – Cara Membersihkan Mesin Cuci Samsung dengan Mudah & Efektif. Kinerja setiap barang elektronik memang akan menurun seiring pemakaian dalam waktu lama, termasuk mesin cuci sebagai salah satu peralatan rumah tangga.

Namun, untuk membuat peralatan awet, penting untuk menjalankan operasional unit sesuai prosedur dan melakukan perawatan rutin secara rajin. Dengan begitu, pengguna dapat memperoleh manfaat tersendiri.

Membersihkan mesin cuci Samsung secara teratur dapat mencegah penurunan performa serta memperpanjang siklus penggunaannya. Selain itu, mesin cuci yang bersih juga akan terlihat lebih higienis dan enak dipandang, sehingga aktivitas mencuci menjadi lebih menyenangkan.

Harus diakui, noda dan residu dapat menempel pada permukaan mesin cuci Samsung, baik yang terlihat maupun tidak. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui cara membersihkan mesin cuci Samsung dengan benar agar tetap terjaga kebersihannya.

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membersihkan Mesin Cuci Samsung

Jika hendak membersihkan mesin cuci, beberapa alat dan cairan yang mudah ditemukan di lingkungan rumah diperlukan. Berikut adalah alat dan cairan yang perlu dipersiapkan..

1. Sikat Gigi Bekas

Fungsi dari sikat gigi bekas adalah untuk membersihkan noda yang sulit dihapus di sela-sela pintu tabung mesin cuci, tempat deterjen, dan di dalam tabung.

2. Kain Lap

Kain lap dapat dimanfaatkan untuk membersihkan bagian dalam dan luar tabung mesin cuci yang kotor. Lap memiliki bahan fleksibel sehingga dapat menjangkau ke setiap bagian mesin cuci dengan mudah.

3. Karbol atau Cairan Pemutih

Karbol atau cairan pemutih berperan sebagai pembersih untuk isi tabung mesin cuci dan dapat digunakan untuk membersihkan tempat deterjen. Selain itu, cairan ini juga bisa menghilangkan bau tak sedap yang terdapat di dalam tabung mesin cuci.

Baca Juga :   Letak, Cara Reset & Mengganti Kapasitor Mesin Cuci LG 1 Tabung

4. Cuka Putih

Jika tidak memiliki karbol, bahan alami seperti cuka putih dapat digunakan sebagai alternatif untuk membersihkan isi tabung mesin cuci.

5. Air Panas Secukupnya

Penggunaan air panas sangat penting dalam program pencucian untuk membersihkan bagian dalam tabung mesin cuci.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Samsung

Walaupun mesin cuci Samsung terdiri dari beberapa tipe, seperti top loading dan front loading, namun cara membersihkan unit hampir sama dan sangat mudah dilakukan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Selain itu, beberapa tipe mesin cuci canggih dilengkapi dengan fitur pengingat untuk membersihkan produk. Fitur ini membantu pengguna agar tidak lupa atau terlewat dalam merawat mesin cuci dengan baik.

1. Bersihkan Bagian Luar

Permukaan luar mesin cuci Samsung, baik tipe 1 atau 2 tabung, selalu terlihat oleh pengguna sehingga noda kecil pun akan mengurangi tampilannya yang menarik. Sebelum membersihkan, pastikan produk dalam keadaan mati dan kabel power telah dicabut dengan hati-hati.

Memutus arus listrik adalah prosedur penting untuk menjaga keselamatan pengguna dan mencegah risiko sengatan listrik yang berbahaya. Setelah itu, bersihkan permukaan luar mesin cuci dengan kain lembut atau kanebo yang telah dibasahi, dan jika perlu tambahkan sedikit detergen.

Berikut adalah cara membersihkan area pintu mesin cuci Samsung:

  • Buka pintu dan keluarkan semua pakaian dari dalam tabung.
  • Bersihkan sisi-sisi pintu dan segel dengan baik hingga noda hilang.
  • Setelah bagian luar mesin cuci telah bersih, sambungkan kembali kabel power ke sumber listrik.

2. Bersihkan Bagian Dalam

Produk Samsung Indonesia dilengkapi dengan fitur Eco Tube Clean yang memungkinkan membersihkan bagian dalam secara otomatis. Pengingat akan muncul pada panel kontrol dalam interval 1 sampai 3 bulan tergantung pada jumlah siklus yang telah digunakan.

Baca Juga :   Kode Rahasia Samsung Terlengkap Wajib Diketahui

Eco Tube Clean adalah siklus pembersihan mandiri yang mampu menghilangkan jamur dan kotoran di dalam tabung. Selama siklus berlangsung, produk akan memanaskan air hingga mencapai suhu 60-70 derajat Celsius, dan suhu ini tidak dapat diubah oleh pengguna.

Berikut adalah cara menjalankan fungsi Eco Tube Clean pada mesin cuci Samsung:

  • Pastikan tidak ada pakaian dalam tabung sebelum mengaktifkan fungsi pembersihan.
  • Tekan tombol daya untuk menghidupkan mesin cuci Samsung.
  • Putar tombol cycle selector untuk memilih fungsi Eco Tube Clean.
  • Tekan tombol start/pause untuk memulai proses pembersihan.
  • Namun, perlu diperhatikan bahwa Eco Tube Clean hanya tersedia untuk tipe mesin cuci otomatis.
  • Untuk tipe 2 tabung, proses pembersihan harus dilakukan secara manual.
  • Berikut adalah cara membersihkan bagian dalam mesin cuci Samsung secara manual:
  • Siapkan pembersih mesin cuci konsentrat atau bahan lain seperti soda kue.
  • Kosongkan tabung dan pastikan tidak ada pakaian yang tertinggal di dalamnya.
  • Tuangkan air panas secukupnya ke dalam drum hingga mencapai ketinggian yang diinginkan.
  • Tambahkan cairan pembersih atau soda kue ke dalam air.
  • Jalankan siklus pencucian selama 15 menit dan biarkan selama 1 jam.
  • Setelah itu, buang air yang ada di dalam tabung dan ulangi proses sekali lagi.
  • Terakhir, bilas drum dengan air dingin.

Dalam membersihkan unit mesin cuci, hindari menggunakan zat kimia yang bersifat korosi.

Manfaat Membersihkan Mesin Cuci

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membersihkan mesin cuci Samsung secara rutin. Oleh karena itu, disarankan untuk meluangkan waktu sedikit saja untuk melakukan perawatan berkala, setidaknya 1-3 bulan sekali tergantung pada jumlah siklus pencucian yang dilakukan.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membersihkan mesin cuci Samsung:

  • Permukaan luar mesin cuci akan terlihat bersih dan enak dipandang.
  • Masa pakai produk dapat diperpanjang dengan kinerja yang tetap optimal.
  • Bau tak sedap yang mungkin muncul akibat penggunaan sehari-hari dapat dihindari.
  • Jamur, kotoran, sisa residu, dan bakteri yang menempel pada unit dapat dihilangkan.
Baca Juga :   Cara Membersihkan Mesin Cuci LG Paling Mudah

Mempertahankan kebersihan unit mesin cuci Samsung secara tidak langsung akan membantu menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Selain itu, menjemur pakaian dengan baik juga dapat membantu menghilangkan bau.

Perlu diketahui bahwa bau merupakan tanda awal bahwa kotoran dan bakteri telah menumpuk di dalam unit. Jika tidak segera dibersihkan, hal ini tentu akan berdampak pada hasil cucian yang kurang bersih.

Baca Juga :

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah dari finoo.id yang tepat, membersihkan mesin cuci Samsung Anda dapat dilakukan dengan mudah dan efektif. Pastikan Anda mengikuti panduan pengguna yang diberikan oleh produsen untuk menghindari kerusakan pada mesin cuci Anda. Selalu matikan mesin cuci sebelum membersihkan dan jangan lupa untuk memeriksa bagian dalam dan luar mesin cuci secara teratur.

Anda dapat menghapus kotoran dan sisa deterjen dengan membersihkan bagian dalam mesin cuci menggunakan campuran air hangat dan cuka. Pastikan Anda membersihkan bagian drum dan pintu dengan spons atau kain lembut. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Untuk bagian luar mesin cuci, gunakan kain lembut dan basahi dengan air bersih. Jangan menggunakan cairan kimia yang kuat untuk membersihkan bagian luar mesin cuci, karena bisa merusak permukaan dan finishing mesin cuci Anda.

Dengan merawat dan membersihkan mesin cuci secara teratur, Anda dapat memperpanjang umur mesin cuci dan menghindari masalah yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk memeriksa filter dan kondisi selang secara berkala, serta memperhatikan petunjuk penggunaan mesin cuci Samsung Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *