Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Posted on

Finoo.id – Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Tidak Bisa Spin. Mesin cuci dengan satu tabung merupakan jenis mesin cuci yang memiliki sistem pencucian dan pengeringan di dalam tabung yang sama serta menggunakan motor yang sama. Karena penggunaannya yang lebih ekstensif, sering kali mesin cuci Sharp satu tabung mengalami masalah ketika tidak bisa melakukan spin, sehingga proses pengeringan tidak berhasil.

Jika mesin cuci yang kalian miliki mengalami masalah serupa, kami akan membahas secara detail cara memperbaiki masalah mesin cuci Sharp satu tabung yang tidak bisa spin di bawah ini.

Penyebab Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Seorang teknisi elektronik akan melakukan pemeriksaan komponen secara individu untuk menentukan penyebab kesalahan. Berikut adalah beberapa komponen utama yang dapat menjadi penyebab mesin cuci tidak bisa melakukan spin:

1. Keruskan pada drain motor

Drain motor merupakan perangkat untuk membuang air sisa cucian dari dalam tabung. Jika drain motor rusak atau tidak berfungsi, maka proses pengeringan tidak akan berjalan dengan baik. Air sisa cucian harus dibuang ketika mesin cuci melakukan spin. Biasanya, kerusakan pada drain motor dapat terlihat pada saat proses pembilasan karena proses pembilasan hampir sama dengan proses pengeringan.

Untuk mengatasi masalah pada drain motor, perlu dilakukan pemeriksaan pada perangkat tersebut. Pengecekan dimulai dengan memeriksa kabel yang terhubung ke drain motor, soket, dan kondisi drain motor itu sendiri. Kerusakan pada drain motor biasanya ditkaliani dengan ketidakmampuan perangkat ini untuk menarik tuas pembuangan. Jika drain motor rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru. Lebih baik menggunakan merk dan tipe yang sama, karena jika berbeda merk maka dudukan dan ukurannya juga berbeda, dan hal ini tentunya akan mempersulit proses pemasangan nantinya.

Baca Juga :   Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau dan Error Lainya

2. Kapasitor dinamo

Kapasitor berfungsi sebagai penggerak dinamo pada mesin cuci. Jika kapasitor rusak, maka dinamo tidak akan berputar, dan biasanya ditkaliani dengan suara mendengung pada dinamo saat mesin cuci sedang melakukan spin atau pengeringan. Ciri-ciri kapasitor yang rusak antara lain bentuknya yang menggelembung atau adanya cairan yang keluar dari kapasitor, meskipun hal ini tidak selalu terlihat.

Untuk memeriksa kapasitor, sebaiknya menggunakan multimeter. Jika kapasitor rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru. Pastikan untuk menggunakan kapasitor dengan ukuran yang sama dengan melihat kapasitas mikro.

3. Rem

Pada mesin cuci jenis top loading dengan satu tabung, terdapat rem yang berfungsi seperti pada mesin cuci dua tabung pada bagian pengering. Jika rem ini rusak, maka rem akan menahan kerja dinamo sehingga motor dinamo tidak dapat berputar.

4. Switch pintu

Jika terjadi masalah dengan switch pintu pada mesin cuci, biasanya pada layar display akan muncul kode tertentu, seperti kode “DE” yang berarti “door error”. Untuk mengatasi masalah ini, perlu diperiksa kondisi switch pintu pada mesin cuci, apakah masih berfungsi dengan baik. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan mem-bypass kabel yang menuju soket switch. Jika masih tidak berfungsi, sebaiknya ganti switch pintu dengan yang baru. Penting untuk diketahui bahwa untuk beberapa merek seperti LG, switch pintu menggunakan magnet.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Jika kalian mengalami masalah di mana mesin cuci satu tabung tidak dapat mengeringkan pakaian yang telah dicuci sebelumnya, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengatasinya:

a. Reset Sistem Mesin Cuci

Mereset sistem mesin cuci dapat dilakukan dengan merefresh pengaturan sistem agar eror yang terjadi bisa dihilangkan. Namun, eror yang dimaksud bukanlah eror permanen yang disebabkan oleh kerusakan komponen fisik. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Baca Juga :   Daftar Service Center TV Sharp di Berbagai Kota

  1. Hidupkan mesin cuci terlebih dahulu dan cobalah fitur spin untuk mengeringkan pakaian.
  2. Jika muncul kode eror saat spin gagal berfungsi, segera lepaskan kabel power.
  3. Pasang kembali kabel power dan klik serta tahan tombol start/pause selama sekitar 7 detik.
  4. Nyalakan mesin cuci kembali dengan menekan tombol start.
  5. Jalankan mode spin untuk mencoba apakah mesin dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

b. Ganti Komponen yang Bermasalah

Jika cara memperbaiki mesin cuci Sharp satu tabung di atas tidak berhasil menyelesaikan masalah, maka ganti komponen yang bermasalah. Beberapa komponen yang perlu diganti meliputi:

  1. Kapasitor
  2. Modul
  3. Dinamo
  4. Switch pintu
  5. Drain motor
  6. Rem

Tips Memperbaiki Mesin Cuci Sharp

Sebelum mencoba memperbaiki mesin cuci yang rusak sendiri, sebaiknya ikuti beberapa petunjuk berikut agar dapat melakukannya dengan benar dan aman:

  1. Cabut kabel power yang terhubung ke stopkontak sebelum memulai perbaikan.
  2. Pastikan kalian memiliki peralatan yang lengkap, seperti obeng dan electric-tester.
  3. Jika tidak yakin dengan cara perbaikan, lebih baik percayakan perbaikan mesin cuci kalian kepada teknisi yang berpengalaman dan profesional. Atau jika perlu, hubungi call center Sharp di kota kalian.

    Jika tidak tersedia, jangan ragu untuk meminta bantuan tukang servis mesin cuci terdekat.

  4. Pastikan kalian memahami cara membongkar dan memperbaiki mesin cuci dengan membaca manual atau melihat langkah-langkahnya melalui video.
  5. Pahami arti setiap kode error mesin cuci yang muncul di panel sehingga kalian dapat mengetahui penyebab kerusakan secara spesifik.
  6. Contoh Pengaturan Mesin cuci sharp
  7. Untuk mengatur jenis pakaian yang akan dicuci, pilihlah program normal atau biarkan saja. Tekan tombol Start untuk memulai proses pencucian. Untuk menambahkan pewangi, lakukan setelah proses membilas terakhir (Rinse).
  8. Preset digunakan untuk mengatur durasi setiap tahapan mencuci, yaitu 4 menit, 8 menit, dan 12 menit. Terdapat fungsi untuk mengatur tahapan mencuci yang diinginkan, seperti Soak (merendam), Wash (mencuci), Rinse (membilas), dan Spin (memutar).
Baca Juga :   Mempelajari Skema Modul Mesin Cuci Sharp Yang Tepat

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam mengatasi mesin cuci Sharp 1 tabung yang tidak bisa spin, terdapat beberapa langkah yang bisa kalian lakukan sebelum memanggil teknisi. Pertama, periksa kondisi belt penggerak mesin. Jika belt sudah kendor atau putus, segera ganti dengan yang baru.

Kedua, cek juga kondisi coupling atau kopling mesin. Apabila coupling sudah aus atau rusak, ganti dengan yang baru. Terakhir, periksa juga level air pada mesin cuci. Jika air terlalu penuh atau terlalu sedikit, mesin cuci juga tidak akan bisa melakukan proses spin dengan baik. Semoga tips ini bisa membantu kalian memperbaiki masalah mesin cuci Sharp 1 tabung yang tidak bisa spin.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Tidak Bisa Spin. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *