Cara Memperbaiki Mesin Cuci Aqua Japan

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Aqua Japan dengan Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Memperbaiki Mesin Cuci Aqua Japan dengan Mudah. Produk elektronik pada umumnya akan mengalami penurunan kinerja atau kerusakan seiring pemakaian dalam waktu yang lama. Meski begitu, ada perbedaan mengenai seberapa cepat kerusakan terjadi pada produk tersebut. Ada produk yang cepat rusak, namun ada juga yang awet.

Salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang sangat dibutuhkan adalah mesin cuci. Mesin cuci membantu meringankan pekerjaan mencuci pakaian agar lebih cepat, praktis, dan efisien tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Aqua Japan Indonesia adalah salah satu vendor yang menyediakan beragam produk mesin cuci berkualitas untuk masyarakat. Mungkin saja, kamu sudah menjadi pelanggan setia merek ini karena telah membeli unit dengan tipe tertentu.

Namun, saat mengoperasikan mesin cuci setiap hari, mungkin saja kamu mengalami masalah dengan produk tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengetahui cara memperbaiki mesin cuci Aqua japan sebelum memutuskan untuk memanggil teknisi.

Kecanggihan Fitur Self Diagnosis Untuk Mengetahui Error Pada Mesin Cuci Aqua Japan

Sebenarnya, apakah sebuah mesin cuci awet atau tidak tergantung pada bagaimana pengguna mengoperasikan dan merawat mesin cuci secara berkala. Namun, jika terjadi error, kalian tidak perlu khawatir lagi karena Aqua Japan telah menyediakan fitur self diagnosis.

Mesin cuci Aqua kini dilengkapi dengan fitur self diagnosis yang secara otomatis dapat mendeteksi kendala yang terjadi pada unit. Fitur ini bekerja dengan menampilkan kode error tertentu di papan kontrol mesin cuci Aqua Japan.

Setiap kode error mesin cuci Aqua memiliki artinya sendiri, tergantung pada lokasi kegagalan fungsi ataupun kerusakan yang terjadi. Dengan begitu, pengguna dapat mengetahui apa yang sedang terjadi pada unit dan mencoba menyelesaikan masalah tersebut sendiri.

Fitur pembaca error ini dapat mengurangi ketergantungan pengguna untuk menghubungi layanan service center ketika terjadi masalah. Karena tidak semua masalah mesin cuci menkaliankan kerusakan, namun bisa juga hanya masalah error biasa.

Baca Juga :   Mesin Cuci untuk Daya Listrik 450 Watt Yang Disarankan

Self diagnostic merupakan bukti bahwa mesin cuci Aqua Japan memanfaatkan teknologi terkini sebagai solusi untuk memperbaiki error. Namun, perlu diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia pada mesin cuci 1 tabung dan belum tersedia pada mesin cuci 2 tabung.

Kode Error Mesin Cuci Aqua Japan

Meskipun telah dibantu dengan adanya fitur self diagnosis, masih banyak pengguna yang belum mengetahui arti dari setiap kode error mesin cuci Aqua. Namun, tidak perlu khawatir jika kalian termasuk salah satu dari mereka.

Kami akan memberitahukan kepada kalian semua arti dan penyebab error pada mesin cuci Aqua. Berikut adalah kode error mesin cuci Aqua yang perlu kalian ketahui.

1. Kode E1

Kode error E1 pada mesin cuci Aqua muncul ketika terjadi kerusakan pada saluran masuk air ke dalam tabung. Jika kode E1 muncul di papan kontrol, artinya ada beberapa kemungkinan:

  • Keran air belum dibuka, sehingga tidak ada air yang masuk ke tabung.
  • Jaringan filter katup untuk memasukkan air tersumbat.
  • Mesin cuci sudah mengambil air selama lebih dari 30 menit, tapi volume air yang masuk masih kurang.

2. Kode E2

Kode error E2 pada mesin cuci Aqua menunjukkan adanya masalah pada saluran pembuangan. Kesalahan ini biasanya terjadi karena saluran air tersumbat atau tidak mengalir dengan lancar.

3. Kode E3

Kode error ini menunjukkan adanya masalah pada bagian pengeringan mesin cuci Aqua yang mengindikasikan bahwa pengeringan tidak berfungsi dengan baik atau sama sekali tidak berjalan. Hal ini terjadi karena CPU (Central Processing Unit) mengalami kerusakan sehingga diperlukan penggantian CPU baru untuk memperbaiki masalah tersebut.

4. Kode E4

Kode error E4 muncul karena pintu mesin cuci Aqua tidak ditutup dengan benar atau kurang rapat. Selain itu, kode error ini juga dapat disebabkan oleh kabel switch yang terputus, sehingga diperlukan penggantian sambungan lid switch pada mesin cuci Aqua kalian.

5. Kode E5

Kode error E5 masih berhubungan dengan pintu mesin cuci Aqua, namun dalam kondisi yang berbeda. Jika kode ini muncul, kemungkinan pintu mesin cuci tidak tertutup karena fitur child lock aktif atau ada kerusakan pada saklar pintu.

6. Kode EA

Fitur ketinggian air pada mesin cuci Aqua dilengkapi dengan deteksi yang dapat memunculkan kode error EA pada tampilan kontrol. Jika kalian mengalami masalah dengan fitur ini, solusinya adalah dengan menggantinya.

Baca Juga :   Fungsi dan Cara Kerja Water Level Mesin Cuci Otomatis

7. Kode EC

Kode error EC pada mesin cuci Aqua Japan menkaliankan adanya kerusakan pada sensor penimbangan cucian. Sensor ini berfungsi untuk menimbang beban pakaian atau kapasitas cucian, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan air yang tepat dan sesuai dengan jumlah cucian yang ada.

Jika terjadi error pada sensor ini, maka mesin cuci tidak dapat menyesuaikan kebutuhan air dengan benar, sehingga perlu diperbaiki atau diganti agar mesin cuci dapat kembali berfungsi dengan baik.

8. Kode FA

Kode error FA pada mesin cuci Aqua Japan menkaliankan adanya masalah pada sensor pengendali level air. Jika kode error ini muncul, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa level air, soket, dan kabel daya mesin cuci.

Jika setelah dilakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan masalah, coba periksa modul kontrol output tegangan power supply 12V dan 5V. Selain itu, jalur sensor yang terhubung dengan display juga perlu diperiksa.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Aqua Japan

Ada beberapa masalah pada mesin cuci Aqua yang dapat kamu perbaiki sendiri tanpa harus memanggil teknisi atau menghubungi layanan service center resmi. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki mesin cuci Aqua:

1. Proses Pencucian Bermasalah

Banyak pengguna mesin cuci Aqua mengalami kendala saat proses pencucian. Namun, sebelum memastikan sebuah kerusakan, lakukanlah analisa terlebih dahulu. Misalnya, mesin tidak akan beroperasi sebelum ketinggian air mencapai level tertentu meskipun tidak ada pengaturan manual. Oleh karena itu, tunggulah sejenak hingga level terpenuhi, baru mesin cuci dapat beroperasi.

Selain itu, kendala pada proses pencucian bisa juga terjadi karena pulastor yang bermasalah. Komponen penting ini bertanggung jawab agar mesin dapat berputar. Pastikan beban cucian tidak terlalu berat agar dinamo beroperasi dengan maksimal, dan pastikan tidak ada benda asing yang tersangkut dalam drum.

Berikut beberapa solusi untuk mengatasi kendala pada proses pencucian:

  • Pastikan beban cucian tidak melebihi kapasitas mesin cuci.
  • Periksa drum mesin cuci untuk memastikan tidak ada benda asing yang tersangkut atau tertinggal di dalamnya.
  • Pastikan aliran listrik terhubung dengan benar dan stabil.
  • Pastikan memilih mode pencucian yang sesuai dengan jenis cucian.
  • Tekan tombol start atau mulai untuk memulai proses pencucian.
Baca Juga :   Skema & Cara Pasang Modul Universal Mesin Cuci Front Loading

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kamu dapat mengatasi beberapa masalah pada mesin cuci Aqua dan memastikan mesin cuci bekerja dengan baik. Namun, jika masalah masih terjadi, sebaiknya hubungi teknisi atau service center resmi untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan akurat.

2. Perendaman Bermasalah

Mesin cuci otomatis dilengkapi dengan fitur siklus pencucian, salah satunya adalah merendam. Namun, terkadang kendala dapat terjadi dan menyebabkan unit tidak dapat menyelesaikan proses pencucian dengan baik.

Salah satu kendala yang sering terjadi adalah masalah pada fitur perendaman. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada tombol perendaman (soak), misalnya karena konsleting pada tombol atau bocornya bagian penahan air. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk memanggil teknisi agar mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Pengering Bermasalah

Tahap terakhir dalam siklus pencucian mesin cuci otomatis adalah proses pengeringan dan pembuangan air. Namun, tak jarang para pengguna mengalami kendala pada tahap ini seperti suara hentakan keras atau operasional yang macet.

Bagi pengguna mesin cuci tipe 2 tabung, sebaiknya isi drum dengan penuh dan rata agar tidak mengeluarkan suara bising. Pastikan juga pintu mesin cuci ditutup dengan baik karena mesin tidak akan beroperasi jika pintu belum ditutup dengan benar.

Solusi untuk masalah pengering yang bermasalah:

  • Periksa stop kontak dan pastikan aliran listrik menyala.
  • Pastikan pintu mesin cuci tertutup dengan baik untuk pengguna tipe 2 tabung.
  • Aktifkan program spin/rinse untuk pengeringan.
  • Pastikan selang pembuangan terhubung dengan benar pada posisi yang sesuai dengan prosedur.
  • Aktifkan tombol start/pause untuk produk 1 tabung.

Penutup

Demikianlah cara memperbaiki mesin cuci Aqua Japan yang dapat kalian coba. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat melakukan perbaikan pada mesin cuci kalian sendiri tanpa harus memanggil teknisi.

Namun, jika permasalahan yang kalian alami terlalu rumit atau sulit untuk diatasi, disarankan untuk segera meminta bantuan dari teknisi terpercaya. Pastikan juga untuk selalu melakukan perawatan rutin pada mesin cuci kalian agar dapat berfungsi dengan baik dan awet digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *